Ranking 10 Perusahaan Paling Inovatif Di Dunia

innovation-resize.jpgInovasi – inilah sepenggal mantra sakti yang mungkin mesti terus dilafalkan tatkala sebuah perusahaan hendak menjadi pemenang dalam sirkuit persaingan bisnis yang kian brutal. Tanpa kepiawaian merajut proses inovasi secara konstan, sebuah organisasi bisnis bisa tewas terkapar dalam dinamika perubahan yang bergerak dengan cepat. Innovate or die, begitu sebuah slogan yang pernah dipekikkan oleh para pakar manajemen.

Pertanyaannya kini adalah : perusahaan apa yang kira-kira layak dinobatkan sebagai paling inovatif didunia, yakni perusahaan yang selalu mempu mengelola proses inovasi dengan brilian? Setiap tahun majalah Business Week melakukan survei ekstensif kepada ribuan eksekutif di seluruh dunia. Kepada mereka ditanyakan pertanyaan tentang perusahaan apa saja yang menurut mereka paling inovatif di dunia? Berikut daftar ranking 10 pemenangnya.

1. Apple
2. Google
3. Toyota Motor
4. General Electric
5. Microsoft
6. Tata Group
7. Nintendo
8. Procter and Gamble
9. Sony
10. Nokia

Ada beberapa catatan yang bisa kita eksplorasi berkaitan dengan hasil ranking The World’s Most Innovative Companies versi BusinessWeek tersebut. Catatan yang pertama adalah tentang lokasi geografis dari para pemenang inovasi. Dari 10 daftar diatas, Amerika diwakili oleh 5 perusahaan (yakni Apple, Google, GE, Microsoft dan P&G), sedangkan Asia diwakili oleh 4 perusahaan (tiga dari Jepang yakni Toyota, Sony dan Nintendo, serta satu dari India yakni Tata Group). Sedangkan dari Eropa hanya diwakili satu perusahaan yakni Nokia (dari Finlandia).

Apa artinya ini? Dalam aspek inovasi, ternyata perusahaan-perusahaan dari Asia lebih unggul dibanding Eropa. Saya sendiri berharap dalam dekade mendatang, perusahaan-perusahaan dari Asia bisa kian unggul dalam aspek inovasi ini. Sebab seperti artikel saya sebelumnya tentang Kebangkitan Asia Raya (yang bisa Anda baca disini), saat sekaranglah momentum kebangkitan Asia – sebuah momentum historik untuk merobohkan dominasi Eropa. Ratusan tahun silam, negara-negara Eropa melakukan penjajahan terhadap Benua Asia. Kini saatnyalah melakukan “serangan balik”. Dan hasil ranking inovasi diatas dengan jelas menunjukkan, Asia memiliki modal yang amat kokoh untuk benar-benar menaklukkan Eropa dalam perang ekonomi global.

Catatan berikutnya adalah tentang daftar 3 pemenang teratas. Seperti Anda lihat, jawara nomer satu perusahaan paling inovatif di dunia adalah Apple. Sungguh, melalui parade produk-produknya yang merupakan perpaduan sempurna antara teknologi dan seni (the art of technology), Apple memang rasanya amat layak untuk duduk dalam singgasana kemenangan. Karya-karya Apple seperti iPod, iPhone dan MacBook Air pada akhirnya memang karya teknologi nan elegan dengan sentuhan seni yang menggetarkan. Melalui deretan produk ini, Apple juga telah memberikan pelajaran yang amat berharga kepada dunia tentang apa itu makna inovasi sejati (ulasan saya yang lebih ekstensif mengenai rahasia sukses Apple dalam meracik inovasi bisa Anda baca disini).

Pemenang kedua dalam ranking itu adalah Google. Kini setiap orang yang berselancar di internet, siapa yang tak kenal dengan Google. Saat ini Google memang telah menjadi Sang Dewa Internet Dunia. Instrumen search engine yang dirancang oleh dua pendiri Google, Sergei Brin dan Larry Page, boleh jadi merupakan salah satu inovasi yang paling brilian dalam jagat dunia maya yang bergerak dengan cepat. Melalui rangkaian algoritme yang rumit dan kompleks, mesin pencari Google tak pelak telah menjadi sahabat setia bagi ratusan juta peselancar dalam petualanagn di dunia maya tanpa batas. Dan dengan mesin pencari yang bisa kita ibaratkan “lampu aladin” itu, Google dengan cepat menaklukan jagat online – memukul KO Yahoo dan Microsoft.

Pemenang ketiga dalam parade inovasi ini adalah Toyota. Kemenangan Toyota ini boleh jadi dipicu oleh dua faktor. Faktor yang pertama adalah kehebatan perusahaan ini dalam melakukan inovasi pada aspek proses manufaktur mobil – jadi bukan semata inovasi dalam aspek produk. Selama ini, Toyota memang amat dikenal melalaui beragam inovasinya dalam aspek proses pembuatan mobil, dan dari merekalah lahir beragam pendekatan inovatif seperti konsep lean production system, zero inventory, ataupun konsep kaizen (continuous improvement). Faktor kedua yang juga membuat Toyota menjadi pemenang adalah kisah kegemilangan mereka dalam memproduksi mobil hybrid (mobil dengan energi campuran antara bensin dan tenaga listrik) pertama didunia dan kebetulan laku keras, yakni mobil Toyota Prius. Inovasi dalam memproduksi green car ini tak pelak telah melentingkan reputasi Toyota – terlebih saat ini ketika isu global warming telah menjadi perbincangan hangat dimana-mana.

Itulah dua catatan ringkas yang layak dikemukakan berkaitan dengan hasil Rangking 10 Perusahaan Paling Inovatif Di Dunia. Dinamika bisnis global terus berjalan, dan karnaval inovasi pasti akan terus dibentangkan. Melalui caranya masing-masing, ke-10 perusahaan inovatif ini telah memberikan warna yang semarak dalam perjalanan sejarah inovasi dunia.

Note : Jika Anda ingin mendapatkan file powerpoint presentation mengenai management skills, strategy, marketing dan HR management, silakan datang KESINI.

Photo Credit by : Thomas Hawk under common creative license

Baner Tools
26 comments on “Ranking 10 Perusahaan Paling Inovatif Di Dunia
  1. Perusahaan dari Indonesia kok nggak pernah diperhitungkan ya mas Yodhia.
    Kan sangat banyak perusahaan besar di negeri ini, dan tentunya mereka punya banyak pakar inovasi, pakar perubahan. Kira-kira kenapa ya?

    Lha kalo perusahaan saya sih perusahaan lokal..jelas nggak diperhitungkan …hehehe.. :D

    Salam dari Surabaya,
    Wuryanano

  2. yang hebat adalah bagaimana perusahaan2 bangkotan macam toyota atau GE itu bisa bertahan sebagai perusahaan inovatif…mengingat pesaing2nya adalah perusahaan2 yg “lebih muda”…kesimpulannya, untuk bisa bertahan, mau gak mau sebuah perusahaan harus tetap inovatif sepanjang masa…

  3. Mas Wuryanano, setahu saya Indonesia juga punya Perusahaan2 inovativ, yaitu Persh2 Seluler. yg selalu bikin pelanggan2nya mumet dg tarip2nya itu .Sampai2 ada yg iklannya ” manusia kawin sama wedus !” Inovativ kan ?

  4. hmm…makasih ulasannya mas Yodhia, sy berharap ada perusahaan Indonesia yang bisa masuk jajaran elit sbg perusahaan inovatif dimasa yang akan datang, setuju tuh dengan yang diatas,utk perush seluler.. inovatif kok dipenawaran tarif doank…coba lebih inovatif dalam pengembangan produk dan layanan…pasti otomatis akan menguasai pasar…

  5. ayo kita mulai dari kita masing-2 ….
    mumupung masih dalam suasana hari kebangkitan..
    sekaligus ikut mensukseskan kebangkitan asia…

    tidak ada sesuatu yang tidak mungkin…
    didunianya serba mungkin

  6. Kira-kira kriteria inovatif yang digunakan dalam penilaian tersebut apa saja ya? Siapa tahu nanti Bajigur! bisa menerobos masuk ke jajaran sepuluh besar…

  7. Saya mulai kenal blog ini minggu lalu pas browsing cari2 bahan buat nambah wawasan manajeman saya. Selanjutnya saya sering baca deh tulisan2 mas Yodhia. Terkait dengan inovasi ini emang sedih juga sih perusahaan negeri kita tercinta ini gak ada yang masuk. Tapi siapa tau kita bisa jadi negara pioneer pemakain bahan bakar non minyak. Kalo Jepang green car nya pake listrik (yang nota bene untuk menghasilkannya tetep perlu BBM) Indonesia pake air…. hehe. Apa kabar ilmuwan2 kita ?

  8. Apple memang patut diakui. Konsep ‘dari mata turun ke hati’ nya emang bener2 kuat. Satu hal yang kurang dari produk2 IT lokal. Bisa bikin website, fungsi boleh dibilang sama, tapi koq kurang enak dipandang, atau dipake. Koq sepruh2 gitu kerjannya …sayang deh.

    Indonesia harusnya banyak juga inovasi2 yg bermanfaat. Mungkin pak Yodhia harus lebih banyak mengulas pengusaha lokal kali. Setidaknya bantu promosi Indonesia. Kalo yg di omongi org bule terus, ya mereka tambah bagus terus donk. :)

  9. # Andri dan lainnya; untuk yang dalam negeri (lokal), perusahaan (skala menengah) yang amat inovatif adalah PESONA EDU . Produksi software edukasi mereka dipuji pemenang Nobel Fisika; dan sudah menembus 23 negara. Ini hebat – siapa tahu mereka bisa menguasai pasar sofwate edukasi global.

  10. Kalo saya lihat, perusahaan2 yang 10 besar itu perusahaan yang langsung bersentuhan dengan konsumen akhir. Mungkin lebih susah tuk berinovasi kalo perusahaannya B2B, CMIIW.
    Denger2 P&G sangat inovatif, kenapa gak masuk 10 besar ya..

  11. Inovasi perusahaan di Indonesia kita tercinta mungkin yang punya banyak peluang adalah : “Komentator” yang sedang trend di televisi swasta nasional. dan tidak menutup kemungkinan dari komentator – komentator tersebut lahir sebuah produk yang yang selalu inovative dan berkelanjutan layaknya 10 perusahaan besar dunia yang survive tersebut….:-)

  12. sayangnya Apple inovatif hanya bergantung kpd 1 orang, sekali Steve Jobs keluar sy yakin apple kan kembali limbung, beda dengan Toyota yang bergantu kpd sistem, siapapun yg keluar, sy rasa proses inovatif di toyota akan terus berjalan …

  13. ko ga ada perusahaan Tahitian Noni?
    itu perusahaan yg produksi minuman yang terbuat dari mengkudu yang memiliki kandungan tertentu, yang hanya dapat dihasilkan di Tahitian & banyak manfaatnya tentunya..
    wktu ak ikutan seminar Tahitian Noni, katanya dia perusahaan dunia peringkat ke-4 setelah google, microsoft dan FedEx..dilihat dari revenueNya. Tapi dia perusahaan yang baru lahir beberapa belakangan tahun ini.
    emang iya ya???

  14. ranking ini diupdate per tahun atau one time aja?

    kenapa google ga nomer 1 ya, secara inovasi produk bukannya dia lebih banyak dan hasilnya bisa berguna untuk lebih banyak orang?

    Apple mungkin menang cuman karena dia ada output hardware aja

  15. toyota memang hebat
    tapi kl bicara di indonesia. satu-satunya perusahaan mobil yang export sampai ke jepang masih di pegang oleh daihatsu motor

  16. Lebih mantap kalau ada survey 10 perusahaan paling inovatif di Indonesia. Survey kecil-kecilan saja. Tentukan parameter terbatas agar tidak terlalu ribet.
    Misal: Untuk perusahaan yang sudah berdiri selama minimal 10 tahun. Berapa produk yang dihasilkan dalam kurun waktu 5 tahun?

  17. Dear mas Yodhia, saya salah satu penggemar ayat-ayat anda….sesekali mohon diulas dan dikaji perusahaan2x di negara kita baik BUMN, BUMD dan Swastanya…..lalu dibandingkan dengan negara tetangga (Asia)…..agar kita tahu posisioningnya dan jika ada yang kurang, kita terinspirasi untuk membenahinya…..thanks ya mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>