Komunitas Tangan Di Atas dan Tentang Mimpi Membangun An Entrepreneur Nation

nation-re.jpgBeberapa waktu lalu, kita telah membahas tentang pentingnya menginjeksikan spirit kesaudagaran manakala sebuah bangsa hendak melenting menuju ranah kemakmuran. Narasi tentang kemonceran sebuah negeri dengan kata lain selalu dibentangkan oleh kisah heroisme barisan para entrepreneurnya.

Sayang, seperti yang pernah saya tulis disini, masih banyak ikhtiar yang perlu dirajut untuk bisa membentangkan benih-benih kemandirian ekonomi itu dalam keseharian masyarakat kita. Beruntung kini banyak anggota masyarakat yang dengan penuh kegairahan mencoba menegakkan kembali spirit entrepeneurship itu. Salah satunya adalah sebuah komunitas yang heroik nan penuh gairah bernama Tangan Di Atas – sebuah komunitas yang ingin menegakkan sebuah mimpi tentang terciptanya an entrepreneur nation.

Nama Tangan Di Atas sendiri diracik lantaran para anggotanya berniat untuk menjadi insan yang memiliki tangan diatas – maksudnya ingin menjadi insan yang senantiasa bisa menciptakan dan memberikan pekerjaan bagi sesama; dan tidak selamanya menjadi TDB (tangan dibawah) – maksudnya setiap bulan masih menerima gaji. TDA juga berarti ingin menjadi insan yang mandiri secara ekonomi dan finansial; dan pada ujungnya senantiasa ingin menjadi insan yang bisa menebarkan rahmat dan kemuliaan bagi sesama.

TDA sendiri lahir lantaran sebuah blog yang diasuh oleh anak muda progresif bernama Roni Yuzirman. Melalui beragam tulisan di blognya tentang entrepreneurship dan bisnis, ia memprovokasi dan menginspirasi pembacanya untuk berani mengambil tindakan menjadi insan-insan mandiri. Only Inspired Action Brings You Closer To Your Dreams, begitu semboyan yang selalu ia suarakan dengan penuh kegairahan.

Demikianlah, melalui interaksi antara dia dengan segenap pembacanya lalu terbentuklah Komunitas Tangan Di Atas pada tahun 2006 lalu. Kini, komunitas ini telah memiliki anggota lebih dari 2000-an orang dan tersebar di segenap penjuru Nusantara; dan banyak diantaranya masih berstatus karyawan yang ingin belajar dan berniat menjalankan bisnis sendiri.

Sampai saat ini Roni sendiri tetap rajin mengupdate isi blognya. Tulisannya asyik untuk dibaca, tangkas dan cergas. Saya nyaris tak pernah melawatkan isi postingannya. Sebab disana saya selalu bisa menemukan buih-buih pembalajaran yang kaya nuansa, bijak dan juga inspiratif (thanks Ron for your insightful blog !!).

Melalui serangkaian program yang digelar secara rutin – baik melalui media online ataupun offline, komunitas TDA tampaknya telah berhasil menumbuhkan para entrepreneur muda yang terus dengan gigih menjalankan roda usahanya. Begitulah, disitu kita kita bisa mendengar kisah tentang seorang star employee di perusahaan mutinasional Pfizer yang memutuskan untuk resign, dan kemudian memilih menjadi juragan batik online.

Juga tentang seorang profesional muda di perusahaan farmasi raksasa Pfizer yang mantap mengundurkan diri, dan kemudian memilih menjadi saudagar Emas yang kini kian menjulang bisnisnya. Atau juga seorang ibu muda elegan nan rupawan yang memutuskan untuk pindah kuadran, dan kemudian menekuni bisnis kaos yang terus berkibar-kibar.

Setiap tahun TDA melakukan semacam annual conference. Mereka menyebutnya Milad TDA. Tahun ini miladnya akan diselenggarakan pada tanggal 28 Feb – 1 Maret mendatang. Selama dua hari itu, kita akan disuguhi beragam sesi pembelajaran yang spektakuler, mulai tentang strategi bisnis oleh pakar dari MarkPlus, sesi motivasi oleh sang guru Tung Desem Waringin, hingga pelajaran leadership oleh sang pengarang buku Kubik Leadership yang fenomenal itu. Biayanya cuma Rp 400 ribu, sebuah harga yang murah untuk sesi seminar selama dua hari dengan para pembicara yang bermutu unggul. Saya sendiri memutuskan untuk ikut hadir dalam Milad itu : mencoba merengkuh beragam pengetahuan dan ketrampilan yang kiranya sangat bermanfaat. Jika Anda kebetulan ada waktu dan menginginkan ikut hadir, Anda bisa mendaftar DISINI.

Komunitas TDA dengan beragam kiprahnya mungkin telah memberikan kontribusi yang berarti bagi penumbuhan iklim kemandirian ekonomi di negeri ini. Impian tentang terwujudnya an entrepreneur nation boleh jadi masih jauh, namun setidaknya sebuah langkah konkrit telah dijejakkan. Inilah sederet jejak tentang sebuah perjuangan untuk membangun rumah besar bernama kesejahteraan dan kemuliaan.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi tentang entrepreneurship dan management skills, silakan klik DISINI.

Photo Credit by : MorBCN @ Flickr

Baner Tools
59 comments on “Komunitas Tangan Di Atas dan Tentang Mimpi Membangun An Entrepreneur Nation
  1. menarik untuk menyimak apa yang membuat orang2 tsb sukses berpindah kuadran, apa yg membuat orang takut berpindah kuadran, serta apa yg membuat org gagal (belum berhasil)saat berpindah kuadran. Setuju, komunitas itu penting untuk mengkondisikan diri dan sharing dengan rekan2 senasib. Btw, situs resminya TDA apa ya pak YOdhia. Saya juga lagi ancang2 dan sedang merintis nyebrang kuadran juga nih..

    Thx atas artikelnya yng sangat inspiratif.

  2. akhirnya komunitas ini di muat juga…, dengan lomba logo TDA yang dimenangkan oleh teman saya, saya jadi kenal komunitas ini, dan akhirnya ini diulas juga di blog ini. lengkaplah jadinya..semakin terinspirasi dah…

    thank pak yodhia

  3. Thanks mas, mudah-mudahan komunitas ini akan semakin membesar dan menggugah pengambil keputusan.

    saya selaku aktivis di komunitas ini merasakan betul manfaatnya.
    sampai bertemu ya mas di milad nanti..

    salam
    didin razani

  4. semoga tercipta lebih banyak lagi entrepreneurship2 handal di negara ini sehingga dapat merubah negara ini dari negara ketiga menjadi negara maju amiiieennnn…..

    (entrepreneurship tidak sama dengan pebisnis)

  5. keinginan kita semua untuk membangun negri ini, kemandirian mnjadi satu pilarnya. mungkin ini memang salah satu ikhtiar kita untuk bs bangkit ya Mas… menginspirasi sekali penggunaan nama tangan diatas!, istilah yg diambil dari hadits Nabi SAW. setahu sy, ada juga riwayat yg mengebutkan, …”dari 20 pintu rizki yang Allah sediakan, 19 diantaranya untuk para entrepreneuship…!” Allahu ‘a’lam. tq mas Yod…!

  6. welcome to the community.. banyak berbagi, banyak menebar rahmat..

    sampai ketemu di Festival Entrepreneur Indonesia aka Milad3 TDA,
    semoga bisa meng-inspirasi kita semua untuk lebih yakin bahwa Rizqi Allah ada di mana-mana..tinggal di jemput saja..

    yg mau mulai usaha silahkan hadir, karena akan ada 100 usaha yg mencari keagenan dan sinergi..

    kami tunggu ya..

    salam,

    Diah Yusuf
    Ketua Panitia Milad 3 TDA
    http://www.qimosnet.page.tl

  7. TDA keren emang keren. Pembelajaran yang saya dapat; betapa kuat dan pentingnya inspirasi untuk merubah hidup menjadi lebih baik. Dan semoga, TDA dapat terus menyebarkan inspirasinya untuk generasi muda negeri ini.

    Kalau tidak salah (tolong koreksi !) TDA juga akan menjadi mitra Indonesia Business Link dalam program Youth Entrepreneurship, apakah sudah berjalan?

    salam
    edwar

  8. saya sedang mencoba merintis jalan untuk menjadi seorang entrepreneur.
    quote anda bagus sekali “Only Inspired Action Brings You Closer To Your Dreams” yaaa…saya lagi mencoba merealisasikanya

  9. iya.. saya juga sudah mulai melirik situasi, dan mencari situasi yang mendukung. dengan ikutan bisnis pulsa yang tidak perlu jualan pulsa, saya kira bisa menjadi alternatif termurah (tanpa modal) dalam mengembangkan bisnis di masa yang sulit ini.

  10. wah seneng nya bisa dapet bacaan se inspiratif gini. biyar dapet inspisi lagi sebenere apa sih blognya TDA biyarpun masih berusia muda aku kepengen banget bisa ber wira usaha.sebab capek jadi tangan di bawah teruh..
    mohon Doa nya ya…..

  11. Info dong
    Ane seorang karyawan, dan sudah punya usaha disamping bekerja, namun ingin bergabung dengan komunitas TDA, GUNA mengembangkan usaha, dan bagi yang jago marketing silahkan bergabung dengan ane.

    Ane ingin agar tangan diatas benar benar tercapai sehingga bisa menampung pengangguran, yang punya motivasi dan masih banyak diluar sana.

    Wassalam
    Chu

  12. Hai blogers..saya Ardi, saya adalah seorang yang melepaskan pekerjaan demi mengejar impian untuk membangun usaha sendiri. akan tetapi teman saya yang mengajak saya untuk memulai semua rencana dan cita-cita, telah menyalahi komitmen kerja dan usaha yang telah disepakati. akhirnya modal saya ludes.

    akan tetapi saya tidak mau menyerah, saat ini saya dengan beberapa rekan saya yang mempunyai akses kepada beberapa investor atau pendana, siap membantu pihak pemilik proyek yang membutuhkan pendanaan.

    adapun persyaratan secara garis besar yang harus dipenuhi :

    1. Memilikki jaminan yang memadai dan marketable
    2. Dokumen yang lengkap dan valid atas jaminan
    3. Legalitas dan kelengkapan dokumen yang valid atas proyek tersebut
    4. Memilikki proyek yang prospektif dan memilikki value yang sepadan
    dengan nominal pendanaan.

    Jika ada yang berminat, kami siap membantu tanpa meminta biaya apapun dimuka, selama proyek yang membutuhkan pendanaan bersifat visible dan capable untuk didanai. proyek yang banyak diminati adalah bersifat property dan pembangunan pabrik, dan tidak menutup kemungkinan pula untuk proyek yang lain selama memilikki prospek yang bagus. kami pun siap membantu bagi pihak yang membutuhkan dana bridging, karena kami memilikki akses investor yang siap membantu dana bridging.

    Jika memilikki minat kami insya allah akan mencoba membantu, yang tentunya kami akan men-seleksi setiap permohonan yang masuk terlebih dahulu untuk melihat apakah pengajuan proyek tersebut prospektif. dan dalam hal ini kami hanya ingin berhubungan langsung dengan owner/pemilik proyek/jaminan yang bersangkutan, tanpa campur tangan mediator, walau kami adalah lengan perpanjangan dari para investor tapi kami memilikki akses langsung dengan investor tanpa melalui mediator apapun, dan semua semata-mata adalah untuk kelancaran proses. karena kami melikki banyak pengalaman yang kurang baik karena campur tangan mediator yang terlalu jauh melebihi kapasitasnya.

    Jikalau pun ada keterlibatan mediator maka pihak mediator yang menghubungi kami diawal harus dapat langsung mempertemukan kami dengan pemilik/owner langsung.

    jika ada pertanyaan lebih lanjut silahkan menghubungi email saya di

    danz_mazterzone@yahoo.com

    kami saat ini berada diwilayah jabodetabek, dan proyek yang kami prioritaskan adalah yang berada di wilayah jawa barat dan sekitarnya.

  13. Sampai sekarang saya masih sangat kesulitan dalam menumbuhkan apalagi mengembangkan usaha masyarakat di lingkungan saya. Saya hampir tidak tahu lagi dengan cara apa masyarakat di lingkungan saya ini segera bergerak maju. Adakah suatu cara untuk menggugah kesadaran mereka?

  14. wah tertarik juga ini ikutan milad TDA..acaranya dimana maz…
    TDA di medan dh ada blm maz?kl blm saya siap dan beredia menjadi wasilah u komunitas ini mudah2n menjadi ajang silaturrahmi dan merubah mindset elama ini…saatnya tangan diatas….!!

  15. asalamu alaikum wr,wb

    Bapak2 para pengurus Forum TDA, ada satu hal yg ingin saya tanyakan, bisakah saya di bantu … dlm artian keadaan sy sekarang sedang nganggur, dan saya ingin sekali memulai usaha, spt orang2 yg sukses di Komunitas TDA

    masalah saya… saya tak tahu usaha apa yg dpt saya kmbangkan dan modal pun saya tak ada …
    mohon bantuanya … Trima kasih !!!

  16. salam kenal.. :)
    saya temannya reza yang ada di nomor 46.. sama.. masih entrepeneuer pemula.. :)

    semoga kita bisa saling belajar satu sama lain.

  17. ASSALAMU’ALAIKUM

    mas gimana cara gabung di TDA?
    SAYA ANAK MUDA YG PENGEN JADI WIRAUSAHA, BOLEH NGGAK?
    Siapa tahu saya bisa belajar bisnis…

  18. Kami dariHMJAN (Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara) FISIP MOESTOPO Jakarta mau mengadakan seminar atau workshop kewirausahaan sekitar bulan november mohon izin bilamana komunitas pengusahamuslim.com dapat memberikan kontribusinya+terhadap para mahasiswa. terima kasih.

    UNIVERSITAS PROF. DR. MOESTOPO (BERAGAMA)
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Jl. Hang Lekir I/8
    Telpn. 7261474 Fax. 7252683

  19. Kami dariHMJAN (Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara) FISIP MOESTOPO Jakarta mau mengadakan seminar atau workshop kewirausahaan sekitar bulan november mohon izin bilamana Yodhia Antariksa, msc in hr management dapat memberikan kontribusinya terhadap para mahasiswa. terima kasih.

  20. Aslkm..saya tertarik membaca dan mendengar komunitas tangan di atas…bolehkah saya ikut bergabung…
    Salam
    Supriyanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!