5 Buku Strategi Terbaik Sepanjang Masa

harvard-books.jpgCorporate strategy atau business strategy tak pelak merupakan salah satu disiplin ilmu yang amat penting bagi dinamika pertumbuhan sebuah entitas bisnis. Kisah kebesaran Apple, Nokia, Toyota, Nike dan lain-lainnya tentu sebagian disebabkan oleh kejelian mereka dalam merumuskan arah strategis bisnis secara tepat. Disini, kemahiran dalam meracik strategi akan sangat menentukan arah masa depan : apakah organisasi bisnis kita bisa tetap menjulang atau tergeletak mati digilas roda persaingan.

Lalu, kira-kira buku strategi mana yang layak dianggap terbaik sepanjang sejarah? Dalam pertumbuhannya yang pesat sejak tahun 60-an, ilmu strategi (atau strategic management) memang telah melahirkan tokoh-tokoh besar yang layak dikenang. Berikut daftar lima buku yang saya kira layak dinobatkan sebagai 5 Buku Strategi Terbaik Sepanjang Masa (untuk daftar 5 buku manajemen terbaik bisa dibaca DISINI). Kelimanya ditulis oleh giant thinkers dalam disiplin ilmu manajemen strategi. Berikut daftar lima buku itu.

Competitive Strategy karya Michael Porter
strategy-re.jpgOke, buku ini mungkin sudah terlanjur menjadi semacam kitab suci bagi para business strategic thinkers. Dan penulisnya, Michael Porter juga telah dinisbatkan menjadi sang dewa strategi. Melalui bukunya ini, Porter – yang berlatar belakang ekonomi industri – memang telah meletakkan dasar yang amat penting bagi pertumbuhan ilmu manajemen strategi di kemudian hari. Ajarannya tentang five competitive forces dan competitive strategy model telah menjadi rujukan dimana-dimana. Meski telah banyak dikritik (lantaran pendekatannya dianggap terlalu statis) buku ini tak pelak merupakan salah satu buku terpenting dalam ranah ilmu strategi.

hypercompetition.gifHypercompetition karya Richard D’aveni
Dibanding empat buku strategi yang saya sebut disini, saya merasa buku inilah yang terbaik. Isinya sangat ekspansif, disusun dengan ragam ilustrasi yang amat kaya, dan menguraikan dinamika kompleksitas strategi bisnis dengan sangat mengesankan. Koherensi gagasan dan kedalaman analisanya saya kira lebih cemerlang dibanding buku-nya Porter dan bahkan lebih solid dibanding Blue Ocean Strategy. Saya membaca buku ini pertama kali sekitar 15 tahun silam ketika masih duduk dibangku kuliah; namun minggu lalu buku ini saya baca lagi, dan oh man, isinya masih sangat relevan dengan dunia kita saat ini.

bos-re.jpgBlue Ocean Strategy karya W. Chan Kim dan Renée Mauborgne
Buku yang menjadi best seller dimana-mana ini memang menyajikan sebuah gagasan yang cerdik. Saya suka dengan analisanya mengenai strategy canvas yang membantu kita untuk mendeteksi seberapa merah samudera bisnis yang tengah kita geluti. Analisanya mengenai Four Action Framework juga sangat aplikatif dan memudahkan kita untuk mengidentifikasi blue ocean market yang potensial untuk kita selami.

Strategy Process karya Henry Mintzberg et.al.
strategy-process-re.jpgHenry Mintzberg, salah satu penulis buku ini merupakan penulis yang layak dikagumi. Gaya menulisnya indah dan tajam, gabungan khas antara dunia manajemen, sosiologi dan sedikit sentuhan estetis sastra. Buku strategi yang ditulisnya ini mengajukan sebuah premis penting: proses permusan strategi bisnis sejatinya tidak berjalan secara linear mengikut pola yang runtut dan baku; namun benar-benar bersifat random dan tak terduga. Buku ini tak pelak mencoba menawarkan sebuah pendekatan yang dekat dengan realitas keseharian para eksekutif bisnis; dan itu memberikan sebuah cerminan yang saya kira lebih realistik mengenai praktek manajemen strategi.

strategy-re.jpgStrategy Maps karya Kaplan dan Norton. Dilihat dari sisi kedekatan dengan profesi saya yang banyak bergerak dibidang corporate performance management, buku ini merupakan yang paling aplikatif dan banyak membantu saya dalam menyelesaikan pekerjaan. Buku yang ditulis oleh Kaplan dan Norton (pencipta Balanced Scorecard) ini memberikan arahan yang jelas tentang bagaimana melakukan proses mapping strategy secara efektif dan komprehensif. Isinya sangat aplikatif dan menawarkan banyak contoh riil strategy map yang sangat membantu kita dalam memahami dan mengimplementasikan strategi.

Demikianlah lima buku strategy yang kira-kira layak dikategorikan sebagai the best strategy books. Kalaulah sampeyan belum sempat membacanya, silakan luangkan waktu sejenak untuk mencoba menekuni buku-buku bagus ini.

Note : Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi tentang management skills, business strategy dan HR management silakan klik DISINI.

NOTE :
Mau update artikel2 mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja invite PIN BBM saya : 2B18E347. Atau invite + save no WA saya di 0812 8644 8789. Bagi yg invite, akan saya berikan BONUS tiga ebook bagus tentang mindset, kebebasan finansial dan cara meraih karir impian. Slide BiruPakar Hijau

29 comments on “5 Buku Strategi Terbaik Sepanjang Masa
  1. Alahamdulilah, saya ketemu buku2 yang bermutu, saat say di Industri pernah mempelajari Blue Ocean Strategy karya W. Chan Kim dan Renée Mauborgne, saat itu bagus dan mudah di pahami, namun stelah ada buku lainya, membuat saya jadi lebih leluasa untuk menerapkan strategi yang terbaik di lingkungan saya makasih mas Yodhia Antariksa, BRAVO buat kejelian analisa anda.
    salam koko

  2. Untuk newbie seperti saya ini, rekomendasi buku-buku dari Mas Yodhia senantiasa menambah wacana keilmuan. Membuat saya menyerap proses pembelajaran dan pengalaman lebih cepat.

    Terimakasih, Mas Yodh untuk referensinya yang selalu saja ciamik.

    Mas, sekedar masukan, ‘kisanak dan sampeyan’nya kurang masuk ke soul blog ini ah. Terlalu ‘ndorokakung ingkang pecasndahe’

  3. Baca buku dan PRAKTEK-kan. Perubahan ke arah yang lebih baik terjadi kalau kita punya wawasan yang cukup. Baca buku adalah salah satu upaya penting. Setelah itu, aplikasikan pada organisasi/perusahaan dengan menyesuaikan dengan variabel-variabel perusahaan, agar pengetahuan tidak hanya menyesaki otak kita, tapi berguna bagi lingkungan.

  4. Mantap. Dalam bidang saya, Blue Ocean dengan “Strategy Canvas” nya sangat membantu klien saya menjadi lebih tajam memposisikan bisnisnya dari red area yang berdarah-darah masuk ke blue area yang membuat persaingannya sudah tidak berarti lagi. Thank mas, presentasi anda di rajapresentasi juga mempermudah saya memahami dan mengimplementasiklan Blue Ocean Strategy …

    salam
    edwar

  5. @ Edwar, ya saya kira tool strategy canvas itu sangat praktikal, aplikatif dan powerful; mudah-mudahan Anda sukses membantu klien Anda untuk mengarungi birunya samudra luas yang membentang…:) Goodluck!

  6. Mas mau tanya apakah ke lima buku itu saling mengisi dan beririsan atau berdiri sendiri,bagaimana menyikapi buku2 di atas tersebut dalam mengimplementasikannya..

    atau jika kita memilih satu buku saja untuk di baca, di dalami itu sudah cukup??

    thx

  7. @ Gumilar, saya kiran kelima-nya saling mengisi dan saling berkaitan. Seseorang yang ingin menjadi CEO, marketing manager atau corporate planning strategist yang kompeten, saya kira wajib membaca lima buku diatas.

  8. Hi Mas Yodhia, thanks banget yah. Buku2 tsb sangat saya butuhkan saat ini dalam menjalankan strategi bisnis saya ini.
    You are the best!!!

  9. Yah, lagi-lagi FB dikritik di sini :D Tapi gak papa, toh tujuannya baik, biar gak terlalu jauh dengan FB dan lebih jauh lagi dengan buku-buku di atas !

  10. Blue Ocean Strategy karya W. Chan Kim dan Renée Mauborgne. Pertama membaca langsung gandrung nich. Kami di DUNIA Pendidikan Formal (SMA SWASTA) sangat merasakan samodra merah berdarah-darah telah banyak menyebabkan “strategi berorientasi MENJATUHKAN ” terjadi. Seolah “MUSTAHIL” ada samudra lain di belahan bumi sana.
    Dengan menerapkan strategi samudra biru ini , kami merasakan lembaga pendidikan kami menjadi “DIPERHITUNGKAN” dengan “ciri khasnya ” yang melekat kuat.
    Buku ini memang sangat BERMANFAAT, dan terasa manfaatnya ketika kita menutup buku tersebut lalu ….ACTION….

  11. Kalau boleh ditambahkan ada satu buku manajemen lagi yg tidak boleh ketinggalan untuk di baca yaitu buku seri manajemen “Kaizen Strategies”. Buku ini luar biasa, mulanya saya baca satu buku strategi kaizen utk kepedulian pd pelanggan. Hasilnya? Alhamdulillah, bahkan disaat krisis sekalipun kami mampu meningkatkan laba perusahaan sebesar 20 persen.

  12. Pak ada buku strategi yg the best dari masa ke masa yaitu 36 stratagems.

    skrg banyak yang mulai mempopulerkan setelah ada film red cliff.

    bahkan salah seorang konglomerat ikut2an tulis buku ini di Indonesia.

  13. Pingback: Yeti’s Blog

  14. Yodh, menurut saya, buku COO-PETITION dari Bradenberger lebih pas masuk 5 besar ketimbang Blue Ocean Strategy. Mengapa? Blue Ocean Strategy menurut saya kembangan lebih lanjut dari konsep generic strategy-nya Michael Porter dalam buku Competitive Strategy. Sementara itu Coo-petition betul-betul memberikan paradigma baru dalam konsep strategi, yaitu cooperation through competition …

  15. Yodh, satu lagi, itu ilustrasi (gambar) buku di atas dapat di mana ? atau motret sendiri ? .. semua buku tsb ada di rak buku gue tuh … hahahaha … thanks for this great article Yodh ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!