Jika Anda ingin mendapatkan informasi lengkap mengenai jasa konsultan manajemen SDM, silakan klik DISINI.

Pekerjaan menjadi konsultan manajemen SDM adalah sebuah pekerjaan yang penuh tantangan. Pada dasarnya pekerjaan menjadi konsultan manajemen SDM bertujuan untuk membantu klien dalam mengembangan dan sekaligus mengimplementasikan sistem manajemen SDM yang efektif dan mampu secara optimal mendukung peningkatan kinerja bisnis.

Untuk menjadi konsultan manajemen SDM yang bagus tentu kita harus memiliki kualifikasi yang memadai. Dalam hal ini pendidikan minimal S-2 dalam bidang manajemen SDM barangkali merupakan sebuah kebutuhan; selain pendidikan S-1 dalam bidang yang relevan (misal dalam bidang manajemen, psikologi atau tenologi industri). Syukur-syukur jika pendidikan S-2 manajemen SDM-nya didapat melalui universitas di luar negeri seperti di AS, Australia ataupun Inggris.

Untuk menjadi konsultan manajemen SDM yang baik kita juga harus menguasai segenap fungsi dalam manajemen SDM, mulai dari fungsi rekrutmen, pelatihan, manajemen kinerja, perencanaan karir hingga masalah pengembangan sistem remunerasi. Selain itu, kita juga harus menguasai ilmu dalam bida organizational development (OD).

Memang dalam perkembangannya, banyak konsultan manajemen SDM yang melakukan spesialisasi. Misal ada yang khusus memberikan jasa asesmen calon pegawai. Ada yang khsusu memberikan jasa training saja. Atau juga ada yang khsusu menekuni bidang performance management saja. Memang dengan spesialisasi ini, ilmu konsultan manajemen SDM akan lebih lebih dalam dalam satu bidang tertentu, dan ini akan memberikan kelebihan ketika ia melakukan proses konsultasi.

Salah satu lembaga yang menawarkan jasa konsultasi manajemen SDM yang spesifik, adalah PT. Manajemen Kinerja Utama, yang khusus memberikan layanan konsultasi dalam pengembangan manajemen kinerja, khususnya mengenia training penyusunan KPI. Anda bisa melihat materi training penyusunan KPI bagi karyawan DISINI.