Cara Menyusun KPI Individu atau KPI Karyawan

Penyusunan scorecard untuk level pegawai pada prinsipnya sama dengan penyusunan balanced scorecard pada level bidang, yakni terdapat komponen sasaran strategis (dalam level pegawai sebutannya berubah menjadi Sasaran Kinerja/Performance Goals). Sasaran kinerja ini kemudian dilengkapi dengan KPI dan penatapan angka target yang jelas.

Selain itu yang sedikit berbeda, dalam level pegawai, penetapan sasaran kinerja tidak lagi dipetakan dalam empat perspektif. Cukup hanya disusun dalam bentuk daftar sasaran kinerja (list of performance goals). Untuk setiap pegawai, daftar sasaran kinerja ini lazimnya berjumlah antara 5 – 8 sasaran.

Contoh tabel KPI HRD Manager bisa dilihat DISINI.

Jika kantor Anda membutuhkan konsultasi penyusunan KPI karyawan dan KPI korporat, silakan dapatkan informasi lengkap mengenai tahapan kegiatan dan sampel projeknya DISINI.

Terdapat sejumlah tahapan untuk menyusun tabel sasaran kinerja pegawai, yakni sbb:

Langkah pertama adalah melakukan review Sasaran Strategis dari bagian/bidang dimana si pegawai bekerja. Kemudian pelajari Sasaran Strategis dan KPI yang proses pencapaiannya berhubungan dengan bidang tugas Anda.

Langkah kedua adalah melakukan review tugas inti/uraian pekerjaan anda (berdasar job description yang ada). Kemudian pelajari aktivitas utama apa saja yang menjadi tanggungjawab Anda.

Langkah ketiga adalah menyusun sasaran kinerja pegawai berdasar hasil review yang telah dilakukan pada dua tahapan sebelumnya. Seperti yang sudah dituliskan, jumlah sasaran kinerja ini antara 5 – 8 sasaran.

Langkah berikutnya adalah menentukan bobot dari setiap sasaran kinerja yang sudah dirumuskan. Penentuan besarnya bobot ini dilakukan berdasar kriteria berikut:

• Kepentingan dan prioritas sasaran kinerja. Semakin penting sasaran kinerja itu (penting dalam arti menjadi prioritas tugas Anda), maka sebaiknya bobot lebih besar. Sasaran kinerja yang menjadi prioritas ini juga artinya membutuhkan alokasi tenaga dan waktu yang relatif lebih besar dibanding sasaran kinerja lainnya.

• Tingkat kesulitan untuk mengerjakan sasaran tersebut (semakin sulit, sebaiknya bobot semakin tinggi dan sebaliknya).

Tahapan yang terakhir adalah menentukan KPI dan angka target untuk setiap sasaran kinerja yang telah disusun.

Contoh tabel KPI HRD Manager bisa dilihat DISINI.

Author: Yodhia Antariksa

Yodhia Antariksa