Konsultan Penyusunan KPI – Konsultan KPI – Konsultan Pengembangan KPI Karyawan

Jika kantor Anda membutuhkan konsultasi penyusunan KPI karyawan dan KPI korporat, silakan dapatkan informasi lengkap mengenai tahapan kegiatan dan sampel projeknya DISINI.

Kegiatan pengembangan dan penyusunan KPI karyawan dan perusahaan, biasanya dilakukan dengan tahapan berikut. Pertama perusahaan mestinya dapat menyusun terlebih dahulu peta strategis melalui pendekatan balanced scorecard.

Pendekatan balanced scorecard adalah cara untuk mengelola kinerja perusahaan dalam empat aspek utama, yakni aspek keuangan, aspek pelanggan, aspek proses bisnis dan aspek pengembangan SDM dan organisasi. Dalam tahapan ini akan dibangun balanced scorecard untuk level korporat. Dalam setiap aspek bsc ini ditetapkan sasaran strategis lengkap dengan masing-masing KPI-nya.

Tahapan ini dilakukan dengan melakukan review terhadap keseluruhan proses bisnis yang ada di Klien. Selain itu, juga dilakukan review terhadap business strategy and business objective Klien.

Selanjutnya, dilakukan workshop dan panel discussion dengan segenap jajaran manajemen Klien untuk membangun draft corporate scorecard (strategy map dan key performance indicators). Kemudian Konsultan akan melakukan refinement dan finalisasi corporate scorecard Klien.

Dalam tahapan selanjutnya, dilakukan proses cascading (penurunan) dari scorecard level korporate ke level departemen/divisi. Tahapan ini dilakukan dengan melakukan review terhadap proses bisnis dari setiap divisi/departemen yang ada di Klien. Selanjutnya, dilakukan juga serangkaian briefing session dan panel discussion dengan manajemen dari setiap divisi yang ada di Klien untuk membangun draft division scorecard (strategy map dan KPI). Pada langkah selanjutnya, Konsultan akan melakukan proses refinement dan finalisasi untuk setiap KPI atau balanced scorecard divisi/department.

Output dari tahapan diatas ini adalah tesusunnya Balanced Scorecard Level Divisi/Department yang ada di Klien; mencakup :
• Strategy Map dan Balanced Scorecard Level Divisi
• Tabel Key performance indicators, lengkap dengan definisi dan metode pengukuran serta monitoringnya
• Tools untuk memantau pencapaian data KPI
• Tools untuk melakukan perhitungan skor Balanced Scorecard Level Divisi

Langkah selanjutnya adalah menyusun KPI karyawan. Dalam hal ini dilakukan review terhadap role description dari setiap posisi (hingga level supervisor) yang ada di Klien. Juga dilakukan serangkaian briefing session dan discussion dengan staff yang ada di Klien untuk membangun employee scorecard (performance goals dan KPI). Didesain pula proses discussion antara employee dengan atasannya untuk menyempurnakan KPI employee. Setelah itu, dilakukan proses refinement dan finalisasi untuk setiap employee KPI.

Jika kantor Anda membutuhkan konsultasi penyusunan KPI karyawan dan KPI korporat, silakan dapatkan informasi lengkap mengenai tahapan kegiatan dan sampel projeknya DISINI.

Baner Tools
2 comments on “Konsultan Penyusunan KPI – Konsultan KPI – Konsultan Pengembangan KPI Karyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>