Blog Strategi + Manajemen mendapat Award sebagai Blog Bisnis Terbaik No. 1

pencilsre.jpgBlog Strategi + Manajemen yang tengah Anda nikmati saat ini telah dinobatkan sebagai blog terbaik No. 1 dalam kategori business entrepreneurship pada ajang pertemuan tahunan para blogger seluruh Indonesia yang digelar di Rasuna Epicentrum (pada tanggal 30 Oktober kemarin). Hadiahnya lumayan juga : sebuah netbook merek Acer plus uang 5 juta rupiah.

Namun bukan hadiahnya yang penting. Yang lebih utama, penghargaan itu memberikan dorongan agar blog ini terus menghidangkan tulisan-tulisan yang renyah nan bermutu dalam bidang management skills, business strategy dan people development. Dan memang, upaya semacam ini yang telah dengan penuh ketekunan coba terus dibentangkan sejak blog ini hadir menyapa pemirsa sekitar tiga tahun silam.

Esensi dari kegiatan blogging sejatinya adalah menulis. Atau bagaimana merajut kata dan menyulam diksi demi hadirnya sebuah tulisan yang bernas dan relevan bagi segenap pembaca. Dalam rangka merayakan penghargaan sebagai best business blog, saya akan mencoba mendiskusikan tiga tips praktis cara memproduksi tulisan yang bagus dan layak dikenang.

Tips # 1 : Untuk menjadi penulis yang baik, banyak-banyaklah membaca buku. Seorang penulis yang mumpuni pastilah juga seorang pembaca yang tekun dan gigih. Sebabnya sederhana : bagaimana mungkin kita bisa menghasilkan tulisan yang bermutu – dalam bidang bisnis dan manajemen misalnya – jika kita nyaris tidak pernah membaca buku berbulan-bulan lamanya.

Penulis yang baik ditagih untuk terus memproduksi gagasannya yang renyah dan up to date. Nah, dari mana sumber inspirasi dan gagasan itu bisa diringkus jika kita malas membaca buku?

Namun manfaat membaca buku bukan hanya mendapatkan sumber gagasan dan insipirasi untuk bahan menulis. Tekun membaca buku – utamanya buku yang bermutu – akan mendidik otak kita untuk juga bisa menuangkan pikiran secara logis dan sistematis (persis susunan isi buku). Pelan-pelan proses semacam ini akan membuat kita terlatih untuk merangkai susunan kalimat dengan baik dan enak dibaca.

Sebaliknya, orang yang tidak tekun membaca biasanya akan menemui kesulitan untuk menulis rangkaian kata dengan baik. Sebabnya sederhana : lantaran jarang membaca, otaknya menjadi tidak terlatih untuk menyusun kalimat dengan struktur yang baik. Bentuk tulisannya, meski hanya satu pragraf sering kacau balau dan tidak mudah dipahami.

Tips # 2 : untuk menghasilkan tulisan yang baik, upayakan untuk selalu memproduksinya dengan bahasa yang mudah dicerna, runtut dan disertai sejumlah contoh nyata yang mudah dipahami. Ilustrasi berupa contoh, cerita atau kisah yang menggugah merupakan salah satu elemen yang amat diperlukan untuk menyusun tulisan yang bermutu cemerlang.

Meski demikian, banyak orang yang entah kenapa, kadang menuturkan tulisannya dalam bahasa yang rumit, berpanjang-panjang dan tidak mudah dicerna. Tentu saja tulisan semacam ini hanya akan membikin pembacanya termehek-mehek.

Namun jangan salah : menulis dengan kalimat yang runtut, mudah dicerna dan enak dibaca juga bukan hal yang mudah dilakukan. Dibutuhkan latihan (practice) yang terus berulang. Dan memang latihan demi latihan (misal dengan cara menuliskannya melalui blog) akan makin mengasah ketrampilan kita dalam menulis.

Tips # 3 : menghasilkan tulisan yang layak dikenang biasanya juga membutuhkan “style menulis yang unik dan berkarakter”. Karena itu usahakan agar kita juga bisa memiliki style sendiri yang cukup unik. Disini mungkin kita bisa belajar dari para suhu penulis seperti Goenawan Mohamad, atau dari tulisan pakar bisnis seperti Hermawan Kartajaya, Rhenald Kasali atau gaya penulisan Tung Desem Waringin.

Apapun gaya penulisan yang mau kita rajut, yang penting adalah membuat tulisan kita menjadi lebih rancak dan renyah dibaca. Saya sungguh tidak nyaman jika harus membaca sebuah tulisan yang “kering” dan monoton.

Itulah kenapa saya kadang berusaha untuk menampilkan tulisan yang sedikit “meliuk”, bergaya prosais, disertai dengan narasi contoh yang ilustratif. Juga kadang dengan kalimat provokatif yag menghentak. Ini semua demi hadirnya sebuah tulisan yang kaya nuansa dan enak dibaca.

Demikianlah tiga tips sederhana untuk memproduksi tulisan-tulisan yang bermutu. Akhir kata, terima kasih atas support Anda selama ini, sehingga Blog Strategi + Manajemen mendapat predikat sebagai the best business blog.

Photo credit by : La Ciudad @ Flickr.com

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.

Contoh FONT

85 comments on “Blog Strategi + Manajemen mendapat Award sebagai Blog Bisnis Terbaik No. 1
  1. Selamat mas. Saya penikmat blog ini sejak jaman “senin-kamis”. Konsistensi yang melahirkan apresiasi tentu hanya soal waktu. Sekali lagi, selamat!

  2. Pingback: Twitter Trackbacks for Blog Strategi + Manajemen mendapat Award sebagai Blog Bisnis Terbaik No. 1 | blog strategi + manajemen [strategimanajemen.net] on Topsy.com

  3. sebuah penghargaan niscaya selalu diikuti dengan sepikul tanggung jawab yang memang harus terus menerus dipertahankan,dan Layaknya seorang pelari estafet,anda dapat berlari dengan konsisten dgn terus menyajikan hidangan yang renyah untuk dibaca dan dimengerti..
    Blog anda memang layak menyandang BLOG BISNIS TERBAIK NO 1. sekali lagi SELAMAT BUNG!!anda layak dapat BINTANG!!

  4. Selamat mas atas anugerah yg didapat di pesta blogger kemarin.

    Itu sangat layak untuk strategi manajemen, terutama atas konsistensi mas dalam menyajikan tulisan yang bernas tiap senin pagi. Semoga tahun depan giliran saya yg mendapat anugerah itu.. amin.. ehhehehe

  5. Selamat and layak dapat bintang, terutama bintang blogger manajemen, dan tentunya saya mendukung sekali jika blog ini di nobatkan sebagai yang terbaik karena memang ok sekali dan terus memiliki cita rasa yang unik dan selalu menarik untuk di baca , sekali lagi selamat dan terus jaga kwalitasnya .

    See You THe Top !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!111111111111111111

  6. Selamat Pak Yodhia dengan Reward yang diterima,buat saya dengan membaca blog ini saya merasa tidak terlalu banyak membaca dan mengoleksi buku yang “Mahal” dan semakin tidak dapat dijangkau untuk orang yang “Haus” akan membaca..Sekali lagi Selamat Pak dan Terima Kasih telah menyajikan yang terbaik untuk anak negeri.

  7. Bang Yodh,

    Selamat atas pencapaiannya! Saya mengagumi konsistensi dan endurance anda dalam mendeliver tulisan-tulisan bermutu secara reguler. Menurut saya hal ini didasari oleh niat yang kuat dan kompetensi yang tinggi. Sungguh suatu contoh yang baik untuk kami semua. Terus menulis, bung, dan tetap semangat..!!

    salam,
    FT

  8. Selamat Pak Yodhia, semoga anda semakin produktif memberi pencerahan dalam blog ini. Sukses terus buat kita semua.

  9. Selamat ya mas..

    Saya mengaku, udah jarang baca tulisan bernas, baik dari blog maupun buku. Mungkin hal ini yang mejadi penyebab utama, saya sulit memulai untuk menulis lagi, meski tulisan ga penting alias tulisan sampah.

    InsyaAllah mau mendisiplinkan lagi membaca tulisan-tulisan bernas, terutama dari blog the best ini.. salut.. dan terima kasih atas berbaginya. Berbagi tak pernah rugi..

    Salam..

  10. Selamat atas penghargaan sebagai “The Best Business Blog” semoga ini sebagai modal dan motivasi untuk terus melahirkan tulisan dan gagasan yang bermutu.

  11. Selamat Boss, Anda emang layak mendapatkannya …. teruslah berkreasi dengan artikel yang semakin menggigit, renyah, bergizi tinggi dengan gaya bahasa yang membumi dan membuat pembaca makin terkiung-kiung.

  12. Selamat, Pak. Mudah-mudahan sukses selalu. Saya adalah penggemar tulisan-tulisan Bapak.
    Hormat saya, Mohammad Qasim. Manager Pemasaran PT Bina Agung Damar Buana Purwokerot

  13. Selamat Pak, memang sangat-sangat layak
    maju terus Pak, postingan setiap Senin yg banyak kami tunggu

  14. Selamat pak..
    Untuk blog sebaik ini,
    memang sudah selayaknya memperoleh
    penghargaan tersebut.

    Sekali lagi selamat,
    jangan berhenti berbagi.

    Salam

  15. Selamat mas yodhia atas penghargaan yang diterimanya, YOU DESERVED IT. BRAVO!

    Blog inilah yang pertama kali mendorong saya untuk tetap menulis dan saya ucapkan terima kasih untuk itu.

    Sukses terus dengan kerenyahannya…..

    Salam,

    Faizal

  16. Selamat Pak…saya ga pernah melewatkan tuk membaca blog ini…sangat inspiratif…seandainya semua management di Indonesia berfikir seperti bapak..saya yakin Indonesia akan maju pesat….

  17. Selamat Pak Yodhia, tulisan2 Anda banyak menginspirasi, mudah dicerna & aplikatif. Sharing Bapak jadi ilmu jariah yang bermanfaat.
    Terus berkarya, terus maju.

  18. Selamat P Yodhia!

    Sukses selalu, semoga kemenangan ini dapat mensupport bpk untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi.

  19. oke bang “selamat” anda layak dapat bintang.

    demikian pula pertahankan teruss bintang yang sudah ada digenggaman dengan tetap menjaga konsistensi untuk selalu memberikan yang terbaik untuk semua kalangan pengguna, dan semoga yang paling penting agar bisa lebih aplikatif dalam kehidupan nyata dan berdaya guna.

  20. GReat…Selamat pak yodhia, Blog ini memang pantas mendapatkan penghargaan. Informasinnya sangat bagus dan enak dibaca, thx.

  21. Selamat mas Yodhia dan sukses slalu. Terus berkarya. Terima kasih atas ilmu yang penjenengan gehok tularkan selama ini. Membuat saya menjadi lebih bersemangat dan selalu tercerahkan. Mudah-mudahan jadi amal jariyah. Amien. Salam dari Solo.

  22. Bapak Yodhia,
    Selamat atas prestasi & penghargaan yang diterima.
    Saya tetap menunggu tulisan-tulisan Bapak selanjutnya.
    Semoga semakin renyah & mudah dicerna

  23. Selamat buat penganugerahan blog strategi manajemen ini Mas.
    Pada prinsipnya memang blog ini sangat menginspirasi, saya sudah mengikuti blog ini kurang lebih setahun lalu, dan saya mendapatkan banyak insight dari tulisan-tulisan Mas Yodhia.

    Thanks a lot.

  24. jujur, setiap minggu malam saya sudah tidak sabar menunggu esok pagi untuk membaca blog ini. serasa ada yang belum lengkap kalo hari selasa tidak memikirkan topik yang di angkat di blog ini di hari senin.

    terus menulis mas yodhia…dan bagi2 e-booksnya juga :)

  25. selamat tuk blog startegi dan manajemen…semoga tetap berbagi updates terbaru dunia enterpreuner dan manajemen serta seluk beluknya

  26. Selamat P’ Yodhia, disetiap tulisan diblog ini menarik dan mudah dicerna serta bermanfaat buat saya, . Sukses dan terus menyajikan tulisan yang inspiratif

  27. Congratz Pak,,,saya tidak heran atas prestasi anda,,eits!!! tapi ingat, kami “customer anda” juga menuntut “produk tulisan” dari anda yang konsisten dan bermutu lo……keep on writing n be inspiring

  28. Selamat Mas, saya tidak heran blog ini memperoleh penghargaan, karena kerja keras Mas Yodhi yang cukup lama, gaya penulisan yang telah diasah sejak lama.
    Sejak Mas Yodhi Kuliah, gaya penulisan Mas Yodhi terus berkembang dan makin menggigit. Sejak saya berkenalan dengan Blog ini saya juga sudah menduga bahwa Blog ini pantas dapat sesuatu. Mantap.

  29. Selamat ya …. semoga para pembacanya juga memperoleh manfaat yang sudah dirasakan sehingga meraih prestasi yang sama. Sukses selalu …

  30. SELAMAT PAK YOD
    ANDA LAYAK DAPAT BINTANG …

    THANKS YA ATAS BANTUAN DAN SHARINGNYA DALAM PENYUSUNAN KPI INDIVIDU

    SUKSES N GODLUCK

    N MADE OKA

  31. Selamat pak atas penghargaannya, makasih atas pembelajarannya.. Saya jadi semangat pengen banyak baca lagi dan nulis sebanyak mungkin

  32. EMANG SUDAH SEPANTASNYA PENGHARGAAN ITU, AKU SUDAH MENGIKUTI SEJAK KELAHIRANNYA 3 TAHUN LALU, DAN SUDAH MENDUGA AKAN ADA APRIASIASI YANG SETIMPAL. TERUSLAH BERKARYA DAN BERBAGI ..BUNG

Comments are closed.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!