Berapa Rata-rata Income Orang Indonesia dalam Setahun?

bali-viewre.jpgBerapa rata-rata annual income penduduk Indonesia? Data terakhir menunjukkan, tahun 2010 ini rata-rata pendapatan setiap penduduk Indonesia (per kapita/per kepala) sudah berada pada angka USD 3000 per tahun. Ini artinya setiap tahun, rata-rata setiap penduduk Indonesia mendapatkan penghasilan sebesar USD 3000 (atau setara Rp 27 juta per tahun).

Angka itu adalah angka rata-rata. Tentu ada sebagian penduduk yang annual income-nya mencapai 200 juta rupiah per tahun. Dan ada pula yang hanya 12 juta per tahun. Ada pula yang setahun menembus angka 60 juta. Namun semua ini jika di-rata-rata akan menghasilkan angka income sebesar USD 3,000 per penduduk (per kapita) per tahun.

Angka pendapatan per kapita adalah salah satu indikator penting untuk mengukur kemajuan ekonomi bisnis sebuah bangsa. Dan pencapaian sebesar USD 3000 adalah sebuah milestone bagi negeri ini yang layak di-syukuri. Ada tiga catatan penting yang hendak disajikan berkaitan dengan tembusnya angka USD 3000 ini.

Catatan yang pertama : angka USD 3000 adalah angka keramat yang dianggap sebagai treshold (tipping point) ketika sebuah negeri hendak melesat. Maksudnya, begitu sebuah negara bisa mencapai pendapatan per kapita sebesar USD 3000, maka ekonomi negeri itu biasanya akan bergerak cepat seperti putaran bola salju.

Itulah dulu yang terjadi pada negara Jepang dan Korea. Begitu masing-masing pendapatan per kapita dua negeri ini menembus angka 3000, saat itu pula terjadi akselerasi ekonomi yang amat pesat.

Kenapa? Sebab begitu pendapatan per kapita sebuah negara menembus angka USD 3000, ini artinya pada negara tersebut telah terbentuk kekuatan daya beli yang luar biasa – yang dengan cepat bisa mengakselerasi pertumbuhan ekonomi bisnis.

Catatan kedua : angka USD 3000 terasa lebih kecil dibanding misalnya pendapatan per kapita Singapore yang sudah berada pada angka USD 40,000 atau Malaysia yang besarnya : USD 7,500. Tapi jangan lupa : untuk mengukur skala (size) ekonomi sebuah bangsa, angka itu harus dikalikan jumlah penduduk.

Dan persis disitulah, ekonomi Indonesia mendadak menjelma menjadi raksasa. Angka USD 3000 jika dikalikan 230 juta penduduk segera akan membuat skala ekonomi Indonesia sebagai salah satu raksasa ekonomi dunia. Angka ini juga akan membuat skala ekonomi Singapore (penduduk cuman 4 juta) dan Malaysia (25 juta penduduk) ndak ada apa-apanya dibanding negeri ini (USD 3000 x 230 juta JAUH LEBIH BESAR dibanding USD 40,000 x 4 juta).

(Uraian diatas yang juga menjelaskan kenapa China menjadi raksasa ekonomi dunia. Rata-rata pendapatan per kapita China cuma USD 4000, tapi kalau angka itu dikalikan 1,3 milyar penduduk, maka hasilnya adalah wow. Ini yang membuat skala ekonomi mereka saat ini nomer dua di dunia setelah Amerika).

Catatan ketiga : USD 3000 dikalikan 230 juta penduduk adalah sebuah potensi pasar dan bisnis yang amat menggiurkan. Bayangkan, jika angka itu juga kelak menembus USD 5000. Itulah kenapa banyak perusahaan yang beramai-ramai ekspansi membangun pabrik atau kantor cabang baru untuk menyambut prospek bisnis yang amat cemerlang itu.

Nah, langkah antisipatif dan proaktif semacam itulah yang mungkin juga perlu kita lakukan sebagai warga atau individu ekonomi/bisnis. Alih-alih berfokus pada negative issues dan menghamburkan sumpah serapah yang melulu negatif (angka pengangguran masih tinggi-lah, kemiskinan masih banyak-lah, dan blah-blah negatif lainnya); mengapa kita tidak menyiapkan diri kita menyambut prospek ekonomi yang kian membaik?

Sebab, berfokus pada hal yang melulu negativ hanya akan menghabiskan energi kita (itulah kenapa saya tidak suka nonton TV talkshow para pengamat ekonomi, yang isinya melulu berisikan negative opinions). Sebaliknya, berfokus pada positive sides akan membuat kita lebih optimis dan membuat kita yakin bahwa ada kemajuan yang telah dipahat.

Angka USD 3000 bagi saya adalah momentum positif yang layak di-apresiasi. Dan sekali lagi, saya harus secara proaktif dan kreatif menyiapkan diri agar bisnis saya bisa ikut tumbuh sejalan dengan kian makmurnya negeri ini.

Saya harap Anda juga melakukan hal yang sama. Sehingga kita semua bisa bahu-membahu membawa negeri ini menemus angka USD 10,000.

Photo credit by Daniel KHC @Flickr.com