What Are Your Business/Career Goals in 2011?

Tahun 2011 baru saja berjalan. Karena itu mungkin ada baiknya jika kita mencoba menelisik goals yang hendak kita rajut di tahun ini. Membentangkan sasaran tahunan (annual goals) yang jelas dan spesifik mungkin merupakan sebuah rute yang kudu dilakoni saat kita mau menjemput destinasi yang kita angankan.

Sebab dengan itulah kita bisa meracik sejumput action plan dan merajut sederet key initiatives supaya goals itu bisa menjelma menjadi kenyataan, dan bukan terus tergantung dalam ilusi. Sebab dengan itulah kita lantas bisa mengukur, apakah kita telah move on the right track atau tergelincir ke tepi jalanan.

So, what are your career and business goals in the year of 2011?

Kalaulah kita hendak berbincang, tentang career and business goals, maka mungkin kita bisa memilahnya menjadi dua bagian besar : sasaran tahunan yang telah dipatok oleh kantor dimana Anda bekerja; dan tentu saja your own personal/professional goals.

Bicara mengenai organizational goals, kita membayangkan departemen/bagian dimana Anda berkiprah telah mantap dengan goals yang hendak diraih pada tahun 2011, lengkap dengan sejumlah program kerja yang jelas dan terukur.

Dalam konteks sasaran company-wide, mestinya perusahaan Anda telah men-declare target pertumbuhan bisnis yang hendak diraih. Salah satu target kunci tentu saja : berapa sales revenue mesti tumbuh di tahun ini. Jika sebuah perusahaan sudah matang, target angka pertumbuhan itu harus sudah dikomunikasikan secara intensif ke segenap pegawainya. Disitu pula terbentang, strategi kunci yang mau diracik oleh perusahaan untuk merengkuh target yang telah dibidik.

Sayangnya, di banyak perusahaan/organisasi publik, target dan inisiatif strategis semacam itu tak terkomunikasikan dengan jelas. Banyak karyawan yang sungguh tak tahu berapa target pertumbuhan bisnis perusahaan yang hendak dikejar. Apalagi inisitif strategis untuk mengejarnya. (Jangan-jangan Anda juga seperti itu, tak pernah tahu berapa target pertumbuhan bisnis di tempat Anda bekerja. Doh).

Padahal angka target dan strategic actions itu harus diketahui dengan baik oleh segenap karyawan. Sebab dengan itulah, lantas masing-masing departemen/bagian (termasuk bagian dimana Anda bekerja) bisa ikut merumuskan program untuk membantu pencapaian sasaran utama perusahaan. Bagaimana departemen HRD misalnya bisa merancang program yang tepat, jika tidak tahu target pertumbuhan bisnis yang dituju perusahaan?

Oke, anggaplah goal perusahaan sudah dipahami dengan baik. Dan sekarang, tiba giliran masing-masing departemen/bagian (termasuk bagian Anda) untuk merumuskan goal-nya dengan jelas. Tentu termasuk didalamnya serangkaian inisiatif/program kunci yang hendak diusung di tahun ini.

Mudah-mudahan departemen/bagian dimana Anda bekerja telah merumuskan semuanya dengan detil, sistematis dan terperinci. Artinya, kini saatnya untuk segera mulai melakukan eksekusi terhadap semua rancangan program kerja yang telah disusun (jika departemen Anda belum clear dengan annual goals and programs ini, ya segeralah menyusunnya dengan sigap dan cermat).

Yang tak kalah penting, apapun rancangan inisiatif dan key actions yang telah disusun oleh departemen/bagian Anda, maka bentangkan komitmen Anda untuk ikut merealisasikannya dengan sempurna. Hadirkan tekad sepenuh hati untuk menghadirkan kontribusi yang layak dikenang. Sebab dengan inilah, perjalanan karir Anda di tahun ini juga akan ikut tumbuh dengan mantap.

Selain organizational goals, tentu saja Anda mesti merumuskan your own professional goals di tahun ini. Jadi apa sasaran personal Anda di tahun ini? Tentu saja kita tidak harus menuliskannya dengan terlalu rinci dan njelimet. Namun setidaknya ada “tema strategis” yang harus Anda kejar di tahun ini.

Barangkali di tahun ini Anda ingin menjalani kuliah lagi (pasca sarjana mungkin). Atau mungkin Anda mau merintis usaha sendiri yang sudah lama diangan-angankan. Atau mungkin mau lebih giat membaca buku-buku manajemen bisnis yang bermutu. Atau boleh jadi, mau ikut kursus yang bisa meningkatkan kompetensi : entah kursus advance management, kursus membuat website/blog atau kursus memasak (siapa tahu kelak Anda bisa buka usaha resto sendiri).

Apapun sasaran personal Anda, silakan luangkan waktu sejenak untuk merenungkan apa yang ingin Anda raih di tahun ini. Reflect and think these goals seriously.

Akhir kata mudah-mudahan di tahun ini, ada sejumlah “special achievements” yang layak Anda kenang dalam sejarah perjalanan hidup Anda semua.

Have a FANTASTIC year, my dear friends !!

Note : Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi tentang management skills, business strategy dan HR management silakan klik DISINI.

If you think this article is inspiring, please share it via FB by clicking this small button :

Related Post

Pelajaran Bisnis dari Mas Sandiaga Uno Mas Sandiaga Uno mungkin adalah sosok pria yang digandrungi banyak kaum perempuan : muda, very handsome, kaya raya dan rendah hati. Sosok Sandi memang...
Menangis Dikejar-kejar Debt Collector demi Mewujudkan Passion Yeah, hidup mungkin akan terasa indah kalau saja kita bisa bekerja mencari sekeping nafkah sesuai dengan passion yang kita miliki. Bekerja mencari na...
Blackberry 10 : Mencoba Bangkit dari Bayang-bayang Kehancuran Tanggal 30 Januari 2013 lalu mungkin akan dikenang sebagai salah satu babakan sejarah penting dalam perjalanan Blackberry. Tanggal itu, seri produk pa...
13 comments on “What Are Your Business/Career Goals in 2011?
  1. Tidak muluk2 pak, target saya tahun ini minimal bz $1rb / bln dr clickbank. Untuk meraihnya saya akan belajar SEO dan artikel marketing.

    Terimakasih inspirasinya mas Yodhia. Sukses selalu buat anda.

  2. Nah…trima kasih sdh di ingatkan kembali…. Mungkin ada yg mau share pengalaman di perush korea dg budaya mereka menyiapkan goal obejctives? khususnya dibidang HR…?
    trima kasih sebelumnya… kalo ada via japri saja… mungkin Mas Yodh ada pengalaman?

    Imran

  3. Pak Yodhia, jika ternyata perusahaan kita belum menshare targetnya di tahun 2011 ini, apakah etis jika kita menanyakan hal itu pada pimpinan kita untuk kemudian kita share kembali ke team?

  4. Hmmmm… saya ga punya gol tahunan…
    Saya sudah cukup senang hidup untuk hari ini:-)
    Mengalir bak air di sungai… hehehehehe…
    Hidup saya cuma mencari dan menciptakan peluang, kesempatan dan keahlian sehari demi sehari…
    Semangat selalu:-)

  5. Alhamdulillah, goal saya di awal tahun untuk memulai bisnis sendiri sudah tercapai, klien pertama sudah diperoleh, proyek selanjutnya sudah menunggu, selalu mencari, menciptakan dan memanfaatkan peluang yang ada, menetapkan sasaran lebih spesifik agar roda bisnis berputar lebih stabil dan kencang. Buat rekan semua, selalu semangat!

  6. Saya ketemu dg mas Yodhia pada saat milad TDA ke 3, pada saat itu omset usaha saya baru 16% dari omset saat itu. Tahun ini target naik 300%, tentunya ini akan memerlukan kerja keras dan smart. Boleh dong mas Yodhia kasih kita advice..!!!

  7. wah wah wah benar2 wah.

    gimana kalau nggak wah. wong pengin sesuatu yg lebih ya harus pakai strategi. pakai etung2an. bener kalau nggak dietung akeh sing ILUSI. hiiii ilusi. aku nggak mau ilusi. tapi the real. the fact. etc. goop pak yodya. . . .

  8. Kita harus punya rencana atau goal yang jelas dan terinci gambarannya supaya otak kita mudah menangkapnya, sehingga secara tidak langsung akan menuntut kita untuk mewujudkannya

Comments are closed.