Setelah Chairul Tanjung/TransTV Mencaplok Detik.com

Chairul Tanjung, pebisnis top yang kerajaan bisnisnya membentang mulai dari TransTV, Para Group hingga Bank Mega mungkin merupakan salah satu pengusaha asli tanah air yang layak di-stabilo. Ia punya visi ingin membangun bisnisnya masuk dalam jajaran Fortune 500 (daftar 500 perusaahan terbesar di dunia berdasar revenue). Sebuah impian yang mak nyus dan amat dibutuhkan untuk membawa dunia bisnis Indonesia masuk dalam jajaran global.

Padahal dulu ia hanyalah salesman alat-alat kesehatan. Padahal dulu ia hanya anak muda ingusan yang berjibaku masuk dari satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya untuk berjualan. “You are what you believe,” begitu ia pernah berbisik. “Dan saya percaya suatu saat saya akan bisa menjadi a great entrepreneur”, ia melanjutkan bisikannya.

Kini kita memang melihat kang Chairul sebagai pebisnis tangguh nan cemerlang. Dalam waktu singkat, ia menjadikan TransTV sebagai salah satu televisi unggul di tanah air. Ia lalu membeli TV7 (kini Trans7), dan segera menyulapnya : lalu bergulirlah program-program yang disukai masyarakat seperti Opera Van Java dan Bocah Petualang.

Lalu ia layak mendapat keplokan ketika memutuskan untuk mengakuisisi kepemilikan saham Carrefour, retail raksasa dari Perancis. Sebuah langkah win-win. Dengan itu, Carrefour bisa menepis isu penjajahan retail asing (sebab sekarang sudah dimiliki pengusaha pribumi). Pada sisi lain, CT (begitu kang Chairul Tanjung biasa disapa oleh para sekondan-nya) bisa memanfaatkan jaringan retail itu untuk memperluas bisnisnya secara dramatis.

Aspirasi bisnis CT belum juga berhenti (ingat ia sangat ingin masuk jajaran elit Fortune 500). Begitulah, ia lalu mendirikan Trans Studio di Makassar yang sukses besar (dengan itu pula, Indonesia Timur punya ikon wisata yang layak dibanggakan). Menyusul kemudian Trans Studio Bandung yang mungkin juga akan sukses (tapi gila juga, antrinya bisa sampe 4 jam, pas liburan sekolah seperti sekarang ini !!).

Dan dua minggu lalu, ia akhirnya berhasil mewujudkan keinginan lama yang telah ia pendam begitu lama : mencaplok Detik.com – sebuah portal online legendaris yang begitu dominan dalam sejarah internet di tanah air.

Akuisisi itu nilainya konon mencapai ratusan milyar (maka dua pendiri utama Detik.com mendadak menjadi milyuner — itulah enaknya menjadi pemilik bisnis). Apapun, proses akusisi ini layak dipandang sebagai langkah cerdik CT untuk menguasai jagat online tanah air.

Detik.com bagaimanapun hingga hari ini masih tetap menjadi dewa dalam dunia informasi online tanah air. Memang serbuan Kompas.com dan Vivanews (yang agresif beriklan di Facebook) pelan-pelan bisa menggoyang kejayaan Detik.com. Ini juga yang mulai terjadi – Kompas.com dan Vivanews kian meningkat trafik pengunjungnya.

Itulah kenapa Detik.com mungkin perlu suntikan kreativitas yang segar untuk mencegat laju para pesaingnya yang terus berinovasi. CT dengan visi dan sumber daya yang melimpah mungkin bisa segera membawa Detik.com terbang melesat.

Pada sisi lain, akuisisi Detik.com memang membuat CT bisa dengan mudah menguasai jagat online dibanding ia harus membangun brand sendiri dari nol. Barangkali ia akan tertatih-tatih seperti upaya bos RCTI yang membangun portal online bertajuk Okezone.com.

Ke depan, Detik.com mungkin bisa menjadi kuda troya bagi CT untuk benar-benar menguasai panggung online tanah air (ingat, pengguna internet Indonesia akan mencapai 100 juta pada tahun 2020).

Ia tetap bisa mempertahankan gaya khas Detik.com yang selama ini sudah ada. Namun ia kemudian bisa melakukan kolaborasi dan sinergi antara Detik.com dengan TransTV, atau antara Detik.com dengan Trans Studio-nya. Atau antara Detik.com dengan Carrefour untuk membangun online retailer raksasa seperti kisah sukses Amazon.com (web online ini akan segera menjadi retailer terbesar di dunia, mengalahkan sang raja Walmart).

Dengan segala sepak terjangnya, CT merupakan figur bisnis yang menarik. Ia anak asli Indonesia, dan menjadi besar tanpa dukungan nama besar orang tua. Ia juga punya impian besar untuk membangun kerajaan bisnis yang menyediakan ribuan tenaga kerja.

Kang Chairul, you rock.

Note : Jika Anda ingin mendapatkan kaos Blackberry dan Android yang keren abis, silakan KLIK DISINI.

Photo credit by : DanielKHC @flickr.com

9 Ilmu Online yg Membuatmu Makin Tajir dan Kaya. Pelajari Sekarang.

Laydown

49 comments on “Setelah Chairul Tanjung/TransTV Mencaplok Detik.com
  1. Sangat Mencerahkan Pak yodhia, mungkin figure seperti beliau (pak CT) , yang sangat di butuhkan di negeri ini , dengan basic usaha dan kerja keras.. bagi orang seperti saya, hal seperti ini menjadi pemacu bagi saya untuk jadi lebih baik, walaupun saya tidak di dukung dengan nama besar orang tua, dan hanya tamat tingkat SLTA, Saya juga pengikut falsafah “You are what you believe,”, Terima Kasih Pak Yodhia.. :)

  2. tulisan yg sangat menarik pak. tapi, saya sangat menyesal sama orang-orang indonesia, dikit-dikit mereka bilang orang barat lebih hebat dan orang indonesia cuma bisa jadi pemakai aja, apalagi saya yg kuliah di bidang komputer selalu melihat hadir-hadirnya produk barat, mana bikinan orang kita, coba bikin yang banyak ga usah ngeluh ngeluh produk barat lebih unggul dari kita.

    buktinya aja bapak CT mampu menunjjukkan taji nya sebagai orang indonesia yg hebat. bahkan produk orang barat kayak carrefor aja berhasil di akuisisi salut buat CT deh

  3. Bener2 pemilihan waktu update yg pas pak. Tiap senin pagi. Memulai minggu dgn optimisme. Pengusaha yg besar tanpa nama besar orang tua. Like it pak !!!

  4. Terima kasih Pak Yodhia, benar benar membangkitkan semangat untuk memulai aktivitas diminggu ini.

  5. mantap luar biasa, klo ada 15% aja masyarakat indonesia yang jadi pengusaha, indonesia akan maju dan makmur,… tp kebanyakan orang indonesia memilih menjadi PNS dan karyawan (EMPLOYER)

  6. thank’z mas yodhia… untuk inspirasi paginya
    “do or do not there is no try”
    “just do it!”

  7. Saya, kita semua boleh bangga melihat sepak terjang Pak CT sebagai pengusaha pribumi yang sukses. Namun jangan lupa pak CT memperhatikan kesejahteraan para Staff dan Karyawannya !!!! Tolong sampaikan pak Yodhia kepada pak CT ya. TQ

  8. inspiratif dan membanggakan seorang CT….semoga kelak ia mau dan mampu memimpin negeri ini dan membuka miliaran lapangan pekerjaan, membangkitkan perekonomian negeri, tidak gentar dan tidak takut dengan para politikus oportunis. aamiin.

  9. Inspiratif sekali Pak Yodhia.. kisah2 orang sukses yang membangkitkan semangan kerja di awal pekn. Terimakasih..

  10. sangat inspiratif sekali, menarik dan memebri semangat saya di awal pekan seperti ini dengan tuntutan pekerjaan dari BOS.
    dari dulu saya juga punya keinginan untuk menjadi pengusaha sukses dan menjadi the great enterpreneur seperti pak CT. wish me Luck n Go Ahead.
    “we are what we think”

  11. Saya suka sekali sengan tulisannya mas Yodia. Setiap tulisannya yg saya baca membawa aroma tersendiri. Informasi apapun bila di ulas oleh mas Yodia akan membawa spirit yg powerfull. Terima kasih, Salam

  12. Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu pada saat Milad UMY Pak CT berkenan hadir untuk memberikan pencerahan.. beliau memang pengusaha dengan visi yang besar

  13. Nothing Imposible!!!

    Untuk para pemimpi yg memimpikan cita2nya, bukan tidak mungkin bisa terwujud seperti Pak CT ini. Yang penting ada kemauan, semangat dan pantang menyerah dalam menjalankan “mimpinya”.

    Saya juga mempunyai mimpi yg cukup besar, yaitu ingin menjadi orang tersukses di Kuningan Jawa Barat, tanah kelahiran saya. :)

    Dan akan menyatakan bahwa nothing imposible in the world.

    Rgd,
    Didin A

  14. Kangen komentar di sini, mas!

    Saya melihat CT adalah sebuah fenomena. Mudah2an cita2nya bisa dilakukan. Amin

  15. Luar Biasa, sangat inspiratif Pak Yodhia!
    minta tolong dibahas juga beberapa profile pengusaha indonesia yg lainnya, yg memang berangkat dari nol, tdk.dpt back up nama besar orang tua,kalo bisa yg berpendidikan dan bisa melakukan akselerasi bisnis dengan sedemikian cepatnya, sehingga sejarah bisnis tanah air mencatatnya..terima kasih

    Salam,
    wahyudi
    http://www.whjobs.info

  16. hebat dan makin semangat untuk berusaha…tapi walau bagaimanapun dukungan orang terdekat pasti ada… itu yang memotivasi kita untuk tetap semanat berjuang dan berhasil

  17. insya ALLAH jika Chairul Tanjung bisa jadi pengusaha sukses saya pun bisa tunggu saya ya….. the next entrepeuner success is Yadi Cahyadi (YC)

  18. ada yang menarik dr sepak terjang pak CT, ketika membangun sebuah usaha pak CT tidak lupa dengan kesejahteraan bagi para karyawannya bukan hanya secara financial, karyawannya diberikan keleluasaan untuk selalu berinovasi, kreatif..

    jadilah grup perusahaan pak CT salah satu grup perusahaan yg menjadi icon di indonesia.. I

    ntinya, kesejahteraan itu adalah Kenyamanan secara financial, kenyamanan untuk berkreasi, kenyamanan untuk bertanggung jawab…

  19. Target saya ke depan bukan cuma masuk fortune 500, tapi jadi orang terkaya di dunia, masuk majalah forbes, walaupun cuma setahun, karena setelah itu 50% kekayaan akan saya amalkan.

  20. Artikel semacam ini perlu selalu disajikan agar kita menyadari bahwa untuk menjadi sukses perlu kerja keras dengan kekuatan yang ada dan
    diusahakan dari tidak ada menjadi ada dan bukan sebaliknya.

  21. Salam sukses buat Para group. dan pak yudhitia, saya murid dr ebooks anda dr aceh

    To the point aja. Saya berharap Para group bisa menjadi icon dari perusahaan yang memajukan daerah tertinggal padahal kaya potensi. khususnya Aceh dan Papua.

    Untuk itu, saya mengajak Para Group untuk membangun aset di Aceh. Karena Aceh kaya akan Potensi baik secara historis maupun alamnya. Salah satu potensi Aceh adalah pusat perdagangan Asia dulu. Jika Para group bisa menjadi bagian dari bangkitnya era ini. Saya sangat mengucapkan banyak terimaksih. by Ibnu Muzab Ary

  22. sangat menginspirasi….mungkin untuk mas yodie sering untuk menampilkan kisah2 PENGUSAHA-PENGUSAHA sukses dalam negeri,,karna bisa menjadi role model bagi saya dan anak2 MUDA INDONESIA lainnya…tks

  23. Thanks Pak Yodhia, sangat inspiratif & menggugah jiwa. Saya rasa sangat syah apabila pak CT kita sebut sebagai salah satu Jendral Perang melawan merosotnya mental bangsa.

    Tetapi Kita jg harus ingat 1 hal! Bahwa untuk menuju Kesuksesan itu ditentukan oleh 3 tangan:
    1. Buah tangan; hasil kerja keras kita
    2. Turun tangan; bantuan orng lain
    3. Garis tangan; alias takdir

    * Maka kita tdk perlu khawatir; krn apabila ada kemauan, disitulah ada jalan ??

Comments are closed.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!