Perusahaan – Perusahaan Terbaik untuk Dijadikan Tempat Bekerja

Bagi Anda yang memilih berkarir sebagai pekerja profesional (karyawan), maka pilihan tempat atau perusahaan untuk bekerja merupakan sebuah pilihan yang amat kritikal. Sebab disitulah, sketsa nasib kita akan mulai di-lukis : adakah kita akan terdampar pada tempat indah untuk mengukir kemakmuran dan pertumbuhan karir yang cemerlang. Atau sebaliknya : kita tergelincir pada ruang yang buram, dimana arah masa depan selalu redup dan remang-remang.

Berikut ini akan ditampilkan profil tentang perusahaan-perusahaan yang selama ini menjadi favorit bagi para pemburu pekerjaan (job hunters). The best place to work, begitu para pakar SDM menyebutnya.

Semua perusahaan yang disebut disini adalah yang beroperasi di Indonesia, meski tak terelakkan, nama-nama multi national companies mendominasi daftarnya (sebuah hal yang wajar adanya). Mari kita telisik daftar perusahaan terbaik untuk bekerja di Indonesia.

Unilever. Perusahaan raksasa consumer goods ini tak pelak merupakan salah satu tempat dambaan untuk berkarir. The Best Marketing School in Indonesia, begitu banyak orang menyebutnya. Perusahaan ini memang dikenal merupakan tempat pengemblengan top marketers untuk produk consumer goods di tanah air. Kalau Anda ingin belajar dan menjadi marketer yang tangguh, disinilah tempatnya.

Namun bukan hanya itu. Perusahaan asli Belanda ini menawarkan peluang karir yang bagus (lantaran mereka memiliki banyak posisi yang bisa saling di-rotasi). Selain itu, secara berkala diberikan career assignment di banyak negara, mulai dari Singapore, Malaysia, hingga ke Belanda dan Inggris. Ini tentu memberikan global experience yang bagus bagi  your personal development and growth.

Perusahaan consumer goods lokal yang juga menjadi favorit untuk dijadikan tempat berkarir adalah Indofood Sukses Makmur dan Garuda Food.

Citibank. Lepas dari kasus Malinda yang sensional itu, Citibank tetaplah Citibank – Citi that Never Sleeps. Kalau Unilever adalah best marketing school, maka Citibank adalah best banking school. Alumnus Citibank pastilah akan selalu diburu oleh para head hunters yang tak henti menawari mereka dengan berderet pekerjaan yang atraktif.

Selain iklim kerja yang profesional dan rapi, Citibank merupakan tempat yang memberikan gaji amat layak bagi para pegawainya. Seorang manajer senior di bank ini bisa bergaji 40 juta/bulan dengan bonus tahunan 5 kali gaji. Dengan bonus semacam ini, tiap tahun Anda bisa pergi liburan keliling Eropa (so siapa bilang, kalau menjadi karyawan tidak akan bisa kaya?).

Selain Citibank, maka bank lain yang juga menjadi favorit bagi para job hunters adalah Standard Chartered, Bank Danamon, BRI, dan CIMB Niaga.

Mc Kinsey. Ini adalah lembaga konsultan strategi nomer wahid di dunia. Bekerja di Kantor Pusat Mc Kinsey selalu menjadi incaran bagi para lulusan top business school seperti Harvard, Stanford dan University of Chicago. Mc Kinsey memang merupakan tempat terbaik untuk memproduksi konsultan global yang top markotop.

Di Indonesia, McKinsey juga punya kantor cabang, dan selalu diburu oleh para young professionals. Selain Mc Kinsey, terdapat lembaga konsultan yang juga favorit seperti Dunamis, Hay International ataupun DDI. Saran saya, kalau kelak Anda mau membangun bisnis sendiri dalam bidang konsultan manajemen, Anda mestilah mampir bekerja di salah satu tempat tersebut.

Exxon International. Siapa yang tidak mau berkarir di perusahaan minyak? Seorang staf biasa di perusahaan ini bisa bergaji 20 juta/bulan (atau 10 kali lipat di tempat lain). Seorang teman yang bekerja disini juga bilang, setiap enam bulan sekali di kirim ke luar negeri untuk training (oh ya, tentu saja sambil jalan-jalan dan cuci mata)

Selain Exxon, berkarir di Chevron/Caltex, Pertamina atau Medco (perusahaan minyak lokal) juga menjadi incaran bagi para lulusan perguruan tinggi.

Demikianlah daftar ringkas mengenai perusahaan-perusahaan yang menjadi favorit para pencari pekerjaan. Dan terpilih menjadi karyawan di perusahaan diatas juga bukan hal yang sulit, jika Anda memang kompeten.

Jadi sekarang, kalaulah Anda masih bekerja pada perusahaan yang agak abal-abal, dengan gaji yang juga abal-abal, ya ndak usah ngomel-ngomel dan menyalahkan manajemen, pemilik perusahaan, bos, atau atasan Anda.

Solusinya simpel : bulan depan resign, dan segera pindah ke perusahaan-perusahaan yang saya sebutkan diatas. Sederhana tho?

Hidup itu memang sederhana. Jadi ndak usah dibikin yang rumit-rumit.

~
Note : Jika Anda ingin men-download slide presentasi bagus tentang career development, silakan klik disini.

Photo credit by : Lucia Debelkova @Flickr.com

Anda pilih Misqien atau Kaya? Dapatkan Ebook yang Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Kekayaaan dan Financial Freedom. Gratis. Download Sekarang.

Related Post

Menangis Dikejar-kejar Debt Collector demi Mewujudkan Passion Yeah, hidup mungkin akan terasa indah kalau saja kita bisa bekerja mencari sekeping nafkah sesuai dengan passion yang kita miliki. Bekerja mencari na...
Kenapa 63% Sarjana di Indonesia Bekerja Tidak Sesuai dengan Jurusannya? Ya benar, data dari Kemenaker menunjukkan bahwa mayoritas atau lebih dari 60% lulusan sarjana di tanah air bekerja di area yang tidak sesuai dengan ju...
3 Cara Dahsyat untuk Meningkatkan Produktivitas dan Kinerja SDM Great companies are always built by great people. Kecemerlangan sebuah organisasi bisnis pada akhirnya memang dikibarkan oleh barisan SDM-nya yang ber...
36 comments on “Perusahaan – Perusahaan Terbaik untuk Dijadikan Tempat Bekerja
  1. Bagaimana dengan
    1. ABB
    2. Honeywell
    3. Haliburton

    Boleh dijabarkan nominal gaji karyawanny?
    Dr engineer – director.
    Untuk pengetahuan saja.
    Thank you.
    Balas ke email.juga boleh.

  2. Sekitar 5-10 thn yg lalu..setahu saya IBM selalu masuk 10 besar di setiap rangking.

    Namun skr sdh jarang nongol lagi ya..tampaknya perusahaan berbasis hitech,telco begitu berat pesaing untuk bertahan dlm long life achievement seperti perusahaan yg berbasis kuat dlm hal marketing, distribusi atau mgk konsultasi.

    barangkalia pak yodhia bs membahas lebih jauh.

    Salam,
    Wahyudi
    http://www.whjobs.info

  3. “Jadi sekarang, kalaulah Anda masih bekerja pada perusahaan yang agak abal-abal, dengan gaji yang juga abal-abal, ya ndak usah ngomel-ngomel dan menyalahkan manajemen, pemilik perusahaan, bos, atau atasan Anda”

    Sepakat sekali, syukuri saja apa yang ada sambil coba ikhtiar untuk kearah yang lebih baik… Masih bagus punya pekerjaan. Jutaan orang masih menganggur.

  4. syukuri aja jangan terlalu melihat keatas, banyak pengangguran enak aja ngomong Solusinya simpel : bulan depan resign, dan segera pindah ke perusahaan-perusahaan yang saya sebutkan diatas. Sederhana tho?

    bagianda ia apa g mikir bagi org lain yg hidupnya g semunjur anda ?

  5. ada satu lagi, yakni oilfield services macam Schlumberger atau Halliburton.

    tapi dari kedua itu, saya lebih mendukung Schlumberger.

    pendapat saya mungkin bias – karena saya pernah bekerja di sana, akan tetapi sudah pasti pekerja di oilfield services seperti Schlumberger dan Halliburton mendidik pada pekerjanya dengan pilihan karir yang terbuka lebar, income yang mengundang decak kagum, hingga tantangan yang beragam.

  6. Loh memang kalo bukan dari Reputable University bisa pak masuk ke perusahaan2 tersebut.

    di vacancies disebutkan ‘fresh graduate dari reputable university or pilihan lain berpengalaman min. 2 tahun

    So bagaimana kalau ingin mencoba bidang lain but no experience walau kita pikir kita bisa, sedangkan kompeten atau tidak sudah disaring diawal oleh company based on our experience in reputable company or our reputable school.

    Answer please, thanx

  7. Mas Yodhia,

    Bagaimana kalo perusahaan media televisi atau media entertainment yang ada di Indonesia, kenapa secara salary itu jauh sekali di bawah rata2 dibandingkan di singapore atau malaysia (ga usah jauh2 ke amrik or other countries :p). adakah advise untuk para orang2 yang sudah mempunyai background tersebut untuk bisa dapet perusahaan yang layak untuk di gaji besar? thanks a lot Mas…

    Comment ke Yoan: menurut saya setiap orang pasti punya mimpi yang besar, siapa yg ga mau punya gaji yang besar? untuk melihat kebawah perlu, tapi melihat ke atas juga perlu supaya bisa dapet duit yang banyak, dan bisa bantu orang2 yang dibawah. kalo melihat kebawah terus kapan bisa bantu mereka untuk melihat ke atas?

  8. Solusinya gak setuju mas….gak semudah itu masuk ke perusahaan-perusahaan raksasa itu…

    kalo saya sih prinsipnya “what you get is what you pay” sama perusahaan..

    Jadi you gaji 500 dapet 500 juga..you gaji 100 dapet 100 juga…

    Jangan nuntut 500 tapi cuma bisa menggaji 100..hehehe…

    Sekarang tujuan saya sih tidak meningkatkan gaji..tapi meningkatkan penghasilan…Beda toh penghasilan dan gaji??dan itu sudah berhasil dengan mengelola http://www.hobijadul.com selama hampir 3 tahun ini….salam

  9. Masalah sensitif kalau membahas masalah gaji, penghasilan, karir or tempat bekerja…karena menyangkut nasib kita sekarang. Siapa sih yang tidak ingin bekerja di perusahaan besar yang bonafide dan bergaji buesarrr..??

    Hal yang sangat manusiawi bagi semua orang untuk mapan, sekarang tinggal bagaimana caranya untuk memenuhi hal tsb..pakai tuyul atau b**i ngepet pun silahkan, asalkan resiko ditanggung yaa 🙂

  10. Andrea (13) : Reputable school itu memag acap dijadikan saringan awal…lantara saking banyaknya pelamar….meski saya lihat banyak juga yang dari sekolah biasa-2 juga bagus kerjanya. Tergantung skill dan ETOS kerja orangnya.

    Cuman untuk saringana administratif awal, status sekolah acap dipake….ya tentu sejak awal kita memang harus juga bisa masuk ke sekolah yang lumayan mutunya….

    Saya kira sih, mindset kita yang juga perlu dipacu….be confident….ndak usah minder kalau kita berasal dari “ordinary school”….kalau kita pede, punya mindset berani fight….semua ini bisa ditaklukan.

    Ada lho orang lulusan SMEA bisa jadi manajer top di Citibank, dan juga ada lulusan sekolah biasa saja yang jadi manajer handal di IBM.

    Jadi semuanya terpulang pada your mindset.

    If you can DREAM it, you can ACHIEVE it.

  11. Hobijadul (16) : saya sepakat dengan opini Anda, mengenai meningkatkan INCOME, bukan salary.

    Cara yang Anda lakukan dengan bikin http://www.hobijadul.com sangat bagus. Toko online Anda ini sangat kreatif dan prospektif.

    Pendapatan dari bisnis online itu saya kira bisa berlipat dibanding gaji (kalau Anda memang masih juga bekerja sebagai karyawan).

  12. Trisa (14) : industri tv kalau hanya jadi kru saja ya gaji memang rata-rata….namun kalau bisa jadi host kayak tukul, kan incomenya milyaran juga…..:):)

    Kalau begitu, kenapa Anda ndak pindah saja ke KL atau Spore? Atau bikin bisnis media sendiri? Punya usaha sendiri dalam bidang media (atau yang berhubungan dengan media televisi) pasti prospektif juga.

  13. yang lulusan SMA ya harus kuliah dulu kan kalau mau level setinggi itu, hahaha.. saya masih ingat kalau nggak salah beberapa tahun lalu pak yodhia juga membahas city bank, ya tetep mantep ya itu perusahaan.. 🙂

  14. Ayo ajak para pengajar di SMK dan para alumninya untuk bisa memasuki perusahan-perusahan itu, bahkan mempersiapkan anak didiknya agar siap bersaing di dunia kerja yang SAKPORE !!!

  15. just learn and positive thinking. We will create our own world!1 kenapa mas yodhia ga jminat jadi trainer? Boleh juga tuh mas buat sampingan… hehehe..

  16. “bulan depan resign, dan segera pindah ke perusahaan-perusahaan yang saya sebutkan diatas. Sederhana tho?”

    ha…ha…adakah solusi yg lebih “sederhana” tapi masuk akal untuk semua orang???

    dan saya lebih setuju dengan hobijadul shop…..

  17. bukan masalah sih sebener nya kita mau kerja di mana juga atau dengan gaji berapa juga asalkan tempat kerja itu nyaman dan cocok untuk kita..

    percuma klo kita bisa dapet pekerjaan dengan gaji 20j/bulan misalkan tp kita tidak nyaman bekerja di perusahaan itu saya jamin ga kan lama pasti tu orang resign..

    ERP Specialis

    Agus H
    wgs.co.id

  18. Perusahaan-perusahaan yg disebutkan Mas Yodh di atas memang menggiurkan. Tidak hanya gaji namun juga personal growth & development, KPI yg jelas, Role Profile yg clear.

    Kebetulan saya baru bergabung di salah satu oil & gas company yg disebutkan Mas Yodh. Ternyata work life balance juga sangat diperhatikan. Ini yg bagi saya priceless and worth to fight for.

    Cuman ya, butuh proses Mas. Enam tahun membangun reputasi dulu shg dilirik perusahaan migas ternama 🙂

Comments are closed.

Pilih Kaya atau Misqien?

Dapatkan Buku yg Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Financial Freedom yg Barokah. GRATIS!