Satu Kata Ajaib yang akan Mengubah Hidup Anda untuk Selamanya

Tanpa sadar, waktu sering berlalu dengan sangat cepat. Hari berganti, bulan berlalu, dan tahun datang silih berganti.

Lalu, adakah perjalanan waktu yang terasa cepat ini kita telah menyisakan jejak yang berharga bagi babakan sejarah hidup Anda? Or just another year : waktu yang lewat begitu saja dalam hidup Anda yang terus menggelinding, tanpa meninggalkan sekeping makna yang layak dikenang?

Apapun jawabannya, di pagi ini saya hendak mengajak Anda untuk menyelami satu kata ajaib (one magic word) yang terbukti telah memberikan pengaruh begitu dramatis dalam mengubah nasib orang. Apa gerangan kata ajaib itu, dan bagaimana menumbuhkannya dalam sekujur raga kita; mari kita tengok bersama-sama.

Dalam semesta kehidupan manusia yang begitu panjang, terbukti ada sebuah kata ajaib yang again and again memberikan powerful impact dalam mengubah nasib seseorang.

Satu kata yang ajaib itu simpel dan sederhana : syukur (atau gratitude dalam bahasa Inggrisnya). Ya, rasa syukur yang terus mengalir. Never ending gratitude for life.

Sungguh, syukur adalah sebuah habit yang begitu mudah dilakoni, namun begitu dramatis manfaatnya bagi hidup kita.

Landasan spiritual tentang syukur atas segenap anugerah Sang Pencipta juga begitu kuat. Begitulah, kita ingat akan  firman ini : Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah nikmat kepadamu (QS 14 : 7).

Ada hukum resonansi yang mau dihadirkan disini : semakin sering Anda bersyukur, maka biasanya yang Anda syukuri itu akan makin sering menghampiri Anda.

Sebaliknya, ingat ini : semakin Anda sering mengeluh, maka biasanya yang Anda keluhkan itu justru akan makin sering menghampiri Anda.

Ada hukum tarik menarik disini. Begitulah, jika Anda sering mengeluh mengenai bos atau kerjaan di kantor Anda, maka yang Anda keluhkan itu malah makin akan sering mendatangi Anda.

Kalau Anda sering mengeluh mengenai kekurangan gaji, maka biasanya yang Anda keluhkan ini justru akan terus menghampiri Anda. Begitu seterusnya. Alam semesta sekedar mengirim balik persis apa yang ada dalam pikiranmu.

Sebaliknya, limpahan rasa syukur yang terus Anda lantunkan akan membuka tabir Kebesaran Ilahi, dan “Invisible Hand” pelan-pelan akan mengirimkan paket kejutan pada Anda : apa yang terus Anda sukuri itu akan makin rajin menghampiri Anda.

Anda bersyukur atas kesehatan Anda, maka Anda akan makin sehat bugar. Anda bersyukur atas gaji yang Anda peroleh, maka niscaya Anda akan makin bertambah penghasilannya. Hukum resonansi dan tarik menarik kembali berlaku disini.

Ada banyak kiat untuk menginjeksikan rasa syukur ini dalam lelakon hidup Anda, namun disini saya hanya akan membahas dua saja diantaranya.

Gratitude Act # 1 : Setiap pagi ketika bangun tidur (akan jauh lebih afdol jika dilakukan selepas shalat shubuh atau shalat tahajud), ucapkan rasa syukur atas 5 hal yang Anda dapatkan selama ini : misal syukur atas nikmat sehat sehingga mata Anda masih bisa membaca blog ini; syukur atas rezeki yang Anda peroleh; atas pekerjaan yang Anda dapatkan; atau syukur atas beragam nikmat yang telah diberikan (maka nikmat Tuhanmu manakah yang engkau dustakan, QS 55 : 12 ).

Beragam studi empiris menunjukkan, habit mengucap syukur di pagi hari atas setidaknya 5 anugerah dalam hidup; akan membuat orang itu makin happy, dan selanjutnya akan mampu merajut hidup yang sejahtera.

Gratitude Act # 2 : Teknik yang kedua ini saya sebut sebagai “Future Visualization with Gratitude”. Maksudnya begini : bangunlah visualisasi tentang masa depan yang Anda inginkan, dan kemudian hadirkan rasa syukur seolah-olah visualisasi itu telah terwujud.

Contohnya begini : misalkan suatu saat nanti Anda ingin naik haji, maka bayangkan ekspektasi ini sambil membatin dalam hati : ya Allah, saya bersukur padaMU karena dengan karuniaMU, saya bisa berangkat naik haji.

Atau contoh lain : Anda memiliki ekspektasi untuk membangun bisnis sendiri yang sukses; maka bangunlah visualisasi tentang bisnis Anda yang sukses; sambil berbisik dalam hati : ya Allah, saya bersyukur padaMU karena dengan anugerahMU saya bisa mewujudkan impianku ini.

Jangan pernah under estimate dengan teknik diatas : saya mengalaminya berkali-kali. Dulu sebelum dapat beasiswa sekolah di Amerika, saya membangun visualisasi yang kuat tentang kuliah di Amerika, sambil bersyukur seolah-olah hal itu telah terjadi. Keajaiban Ilahi kemudian datang; dan mimpi itu terwujud.

Sama, bertahun-tahun sebelum punya blog ini, saya selalu punya visualisasi kuat tentang blog yang hendak saya bangun; sambil terus bersyukur bahwa “Invisible Hand” akan hadir membantu. Dan akhirnya terbukti : blog itu benar-benar hadir di hadapan Anda, persis seperti yang saya angankan bertahun-tahun sebelumnya. (Bisnis konsultan juga saya wujudkan dengan teknik ini, yakni Positive Visualization with Gratitude).

Demikianlah, satu kata ajaib yakni SYUKUR, dan dua kiat praktis untuk menumbuhkannya dalam lelakon hidup kita.

Akhit kata : mari sama-sama kita bersyukur bahwa kita masih diberi kesempatan untuk menjalani hidup yang mulia ini.

TERUSLAH BERSYUKUR, dan percayalah : keajaiban hidup akan segera menghampirimu.

Photo credit by : Salim AlHarthy @flickr.com

banner 6 banner 7

66 comments on “Satu Kata Ajaib yang akan Mengubah Hidup Anda untuk Selamanya
  1. Ditambah dengan menuliskannya Pak, ada audio ada visual. Tiap pagi berdoa dan menuliskannya, mudah-mudahan bisa membekas, teringat dan memperjuangkan.

    @rizalarable

  2. Alhamdulillah,dalam hal dunia, lihatlah orang yang dibawah agar kita bersyukur, namun dalam urusan akhirat, lihatlah orang yang terdepan dalam beramal untuk akhirat, agar kita bersemangat untuk mengejar akhirat jg..

  3. Pak, jadi beryukur itu untuk yang sudah terjadi atau belum?

    Atau mungkin dalam hal jika kita ingin naik Haji, kita seharusnya memohon diberikan rejeki dan umur panjang supaya bisa naik Haji, pula beryukur selama ini telah diberikan pekerjaan yang mumpuni sehingga dapat menabung guna terwujudnya impian naik Haji…..

    Oh ya, menurut saya mengeluh itu hal yang manusiawi, hanya saja ya jangan berlebihan (karena sesuatu yg berlebihan memang merusak)….

    Mungkin Demonstrasi buruh itu lahir dari akumulasi keluhan banyak buruh…dan menjadi salah satu faktor penentu keluarnya kebijakan kenaikan UMP sekian persen.

    Oh ya lagi, bukankah didalam banyak peraturan perusahaan terdapat pasal mengenai “keluhan karyawan”….

    Hehehhe…….Selamat Pagi

  4. Saya setuju dengan tulisannya pak Yodhia mengenai bersyukur dan visualisasi keberhasilan. Karena dalam melakukan itu sebenarnya kita telah berkomunikasi dengan Tuhan semesta alam sehingga Dia tau apa yang kita inginkan dan mengabulkannya.

    Dialah Tuhan yang Maha berdiri sendiri tidak ada sekutu baginya.

  5. Harus diakui tulisan anda yg ini sangat menginspirasi. Orang orang seperti anda harus dikloning dalam jumlah besar di indonesia ini. Hahhahaaha….salam sukses.

  6. Wujud syukur yang lebih penting adalah dengan tindakan nyata atas nikmat yg diberikan, misal kita diberi rejeki lebih banyak di bulan ini dibandingkan dengan bulan lalu, maka sedekahkanlah, begitupun seterusnya untuk hal lainnya.

    Jika syukur msdh sebatas ucapan dan perasaan, maka yg menikmati hanya diri anda, namun jika syukur sdh dlm bentuk tindakan, maka yg menikmati anugerah tersebut adalah sesama, maka bersyukurlah..

    Salam,
    Wahyudi
    http://www.afscmelocal512.org

  7. Great Inspiring…., akan lebih afdhol lagi kalau bersyukur itu diimplementasikan dg lebih banyak sedekah; kita bersedekah apapun sejumlah deret hitung…akan mendapat balikan kebaikan sejumlah deret ukur..percayalah.

  8. Ini ilmunya “The Secret”, klo kata Erbe Sentanu “Quantum Ikhlas”.

    Saya juga sudah mempraktekan ilmu ini dan memang ini kunci kebahagiaan yang luar biasa.

    Mid Tahun 2011 saya hampir nggak punya tabungan sama sekali yang cukup dan saya dengan berani dan yakin visualisasikan masa depan saya pada saat itu bahwa pada tahun 2012 saya akan punya asset tanah dan mobil….

    Alhamdulillah saya diberi rezeki ratusan juta halal tahun ini dan apa yang dulu saya visualisasikan dapat terjadi tahun ini.

    Terima kasih pak Yodhia angkat menjadi tulisan untuk memberikan kita semua ingatan untuk selalu bersyukur. Sukses dan sehat terus untuk pak Yodhia

  9. Gratitude Act # 2. Dulu ketika menjadi seorang striker dalam usia belasan pada sebuah kompetisi di Lombok Barat. Saya visualisasikan diri saya adalah Marco Van Basten.

    Alhamdulillah sering berhasil mengeliminasi rasa gentar sebelum bertanding dan sering menggentarkan gawang lawan:) Alhamdulillah….

  10. Alhamdulillah, Pak Yodhia telah mengingatkan kembali kepada Kita semua pembaca setia Blog Strategi + Manajemen akan pentingnya BERSYUKUR yang hampir-hampir terlupakan dalam menjalani Kehidupan Dunia yang fana ini.

  11. rasa syukur itu adalah :

    ” bagaimana kita bisa bahagia dengan apa yang kita miliki, bukan apa yang harus kita miliki supaya bahagia “

  12. Alhamdulillahdan tks Pak Yodia untuk inspirasinya yang dahsyat pagi ini, semoga kita semua dapat menjadi orang-orang bersyukur, Amin

  13. Rasa syukur tidak hanya diucapkan lisan melainkan harus diimplementasikan dengan amaliah(perbuatan)…hati-hati dengan rumput tetangga yang selalu hijau di mata ini, sehingga rasa syukur menghilang dalam kehidupan kita.

    salam syukur slalu bang yod..

  14. Terimakasih pak… Teknik ini sama dengan buku “The Secrets”. Tarik menarik di dunia ini adalah apa yang kita inginkan dan visualisasikan…

    selamat….

  15. Pada akhirnya manusia kembali ke jalan fithrahnya. Ingin lepas dari belenggu duniawi yg terlalu mengikat, mengekang dan membebani langkah manusia. Diantara car efektif melepas itu semua adalah Syukur Nikmat yg telah Allah anugrahkan kepada kita.

  16. Saya sepakat dengan Future Visualization with Gratitude. Ketika mulai mem-publish Website, saya mensyukuri seolah-olah isinya akan berguna bagi orang lain. Ternyata ada beberapa orang yang bersedia menyumbangkan pemikirannya, sehingga benar-benar bisa bermanfaat (saat ini mungkin masih bagi sebagian orang).

    Kalau orang Jawa bilang (ini kearifan lokal), semakin kita bersyukur dan berpikir positif, maka hasilnya juga akan semakin positif.

  17. alhamdulillah pak yodhia, saya sangat bangga pada pak yodhia, ternyata pak yodhia adalah alumni UII dan embrio dr UII msh melekat pd diri pak yodhia, harumnya nama pak yodhia jg membawa harum nama UII krn saya jg alumni UII

    sayang dulu kita tidak pernah ketemu meskipun sekarang saya bersyukur bisa bertemu didunia maya.

    keep inspiring…
    keep istiqomah..
    <>

  18. Kalau saya bahkan sering membuat visualisasi atas harapan, misalnya ketika ingin membeli mobil, saya sudah membuat visualisasi mobil jenis apa yang akan saya beli,

    bagaimana seatnya, kelemahan & kelebihannya, saya bahkan sudah hapal seluk beluknya sebagaimana saya sudah memiliki mobil itu, dan anehnya di sepanjang jalan yang saya lalui, seolah-olah hanya terlihat mobil yang saya harapkan itu ada dimana-mana.

    Visualisasi itu mampu menjadi motivator.

  19. Salam kenal mas, sudah lama saya mengikuti tulisan di blog ini dan kali ini tuisannya bagus banget. Saya jadi inget doa untuk selalu diingatkan kepada Allah, selalu bersyukur dan khusyu dalam beribadah. Semoga kita selalu diberikan itu semua.

  20. Subhanallah walhamdulillah sy bs kesasar di blog manfaat ini, dan yg plg brsyukurnya bs berbisnis dengan bisnis kaos..dan akhirnya sy bs punya pnghasilan tambahan dr gaji dikantor.

  21. Thanks mas Yod…. seseorang akan mengerti arti syukur jika Allah sudah mengambil sesuatu yg harus disyukuri… entah masa muda, kesehatan, kelapangan rizki, kesempatan dan hidup kita di dunia yg hanya sesaat ini…

  22. teori yang simpel namun memang dasyat… saya sudah mempelajari dari buku ‘the secret’ dan ternyata dari SD saya sudah mengimplementasikan teori2 tsb. Alhamdulillah :)

  23. Rasa syukur yang selalu ada ini akan terus bersemanyam dijiwa ini sambil terus melindungi jiwa dan raga ini ..

  24. Alhamdulillah. Tulisan ini seolah menyadarkan saya. Terima kasih Pak Yodhia. Selama ini memang kita terutama selalu banyak mengeluh, sehingga melupakan begitu banyak nikmat yang diperoleh. Terima kasih. Salam.

  25. Setuju mas Erik. Hukum ketertarikan alam dan kekuatan pikiran. Bahwa happiness is state of mind. by the way mau koreksi dikit, itu ayat Qur’an nya harusnya QS 55: 13 bukan 12.. “maka nikmat Tuhanmu manakah yang engkau dustakan”

  26. Dengan pernah mencintai orang yang salah adalah salah satu cara, kamu mendapati orang yg benar-benar mencintai kamu.

    Jika tak mampu membuatnya tertawa, cukuplah jangan membuatnya terluka. Mungkin itu sederhananya cinta.

    Ketika orang lain melakukan kesalahan padamu, ingatkan dia, maafkan kemudian mohonkan ampunan Tuhan untuknya.

    Terkadang kebahagian harus diraih dengan pengorbanan. Tetapi setiap pengorbanan belum tentu mendapatkan kebahagiaan.

    Pribadi yang baik bukan hanya pribadi yang berlaku baik, tetapi juga yang menghindari keadaan untuk diperlakukan dengan tidak baik.

    Setiap wanita harus tahu: Pria yg tulus mencintaimu, tak akan pernah biarkanmu pergi. Tak peduli apapun rintangannya

    Tuhan tidak pernah membiarkan hambanya terlarut dalam kesedihan, pasti ada rencana indah untuk membayar semua air mata.

    Tuhan, beri aku kebahagiaan yg cukup untuk membuat aku tersenyum. Kebahagiaan yang mampu membuat aku bersyukur. (Doaku hari ini)

  27. Cinta tidak menyedari kedalamannya dan terasa pada saat perpisahan pun tiba. Dan saat tangan laki-laki menyentuh tangan seorang perempuan mereka berdua telah menyentuh hati keabadian.

    Sahabat andai kau masih ada dalam penglihatanku dan masih ada dalam hari-hari indah ini, aku akan memelukmu dan berkata “jangan pernah tinggalkan aku” tapi itu hanya impianku yang tak akan pernah terwujud lagi. Mungkin itu semua akan terwujud disaat aku tertidur dan bermimpi tentang dirimu.

    Sahabatnya sejati akan selalu disamping sahabatnya dalam keadaan apapun, dan juga mampu memperbaiki segala sesuatu yang sudah kurang baik antara dirinya dan sahabatnya.

    Hendaknya sahabat sekalian menjadi seorang sahabat yang selalu ada disaat sahabat anda sedang dalam sebuah kesulitan.

    Sahabat sejati tak selalu menjadi Super Hero yang selalu datang di saat kita butuhkan, tetapi sahabat sejati akan datang seperti Mata Hari yang akan selalu datang di saat yang tepat.

    Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi mencari perhatian, pertolongan dan pernyataaan kasih dari orang lain, tetapi justru ia berinisiatif memberikan dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya

    Persahabatan diwarnai dengan berbagai pengalaman suka dan duka, dihibur-disakiti, diperhatikan-dikecewakan, didengar-diabaikan, dibantu-ditolak, namun semua ini tidak pernah sengaja dilakukan dengan tujuan kebencian

    Seorang sahabat takkan pernah menusukmu dari belakang, tetapi seorang sahabat akan menamparmu dari depan saat kau melakukan sesuatu yang salah.

    Saat Sahabatmu tidak mendengarkanmu, bukan berarti dia melupakanmu, namun, mungkin saat itu dia sedang memiliki masalah yang lebih besar dari Anda, dan juga tidak ingin menambah masalahmu dengan menceritakan masalahnya kepada Anda.

    Persahabatan merupakan suatu anugrah yang harus di jaga sepanjang usia kita.

    Dalam hidup, akan selalu ada orang yg tak menyukaimu, namun itu bukan urusanmu. Lakukan apa yg kamu anggap benar dan ENJOY

  28. Alhamdulillah. Di malam hari ini saya masih bisa menikmati indahnya ciptaan Allah, Sesungguhnya Mensyukuri apa yg telah di sediakan sama Allah itu indah. Jangan lah engkau mengeluh disaat kamu susah, dimna dlam kesusahan itu Allah sedang menguji iman mu.

  29. Setiap kali saya selalu bersyukur masih diberikan kesehatan dan kekuatan sehingga masih bekerja dan tentunya masih ada nafas untuk tetap berkarya..

    terima kasih atas segala topik2 yang cemerlang.

  30. Selamat pagi semuanya, terima kasih pak yodhia atas pencerahan dari artikel yag tertulis di blog ini.

    Memang benar, satu-satunya hal yang dapat merubah hidup seseorang adalah dengan bersyukur dan selalu ingat dan banyak bersyukur

    banyak yang terjadi dalam kehidupan kita, misalnya ditengah-tengah masyarakat

    banyak ujian dan cobaan yang lebih peka terhadap masalah ekonomi ataupun kesehatan dan pendidikan..

    Banyak juga problema yang terkadang terjadi di tengah-tengah kehidupan kita, salah satu yang wajib ditanamkan dalam diri kita adalah rasa syukur, baik anda seorang yang kaya ataupun orang yang miskin..

    dan ingat juga untuk selalu bersedekah, karena itu juga pintu untuk membuka pintu rezeki yang mungkin selama ini kadang kita melupakan disaat hati sedang mengalami kesempitan..

    Di saat lapang ataupun sempit, marilah kita tidak lupa untuk selalu bersedekah..

    Agar kemudahan dalam hidup selalu bisa kita dapatkan..

Comments are closed.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!