Minggu pertama bulan Januari sudah kita jemput, mungkin dengan segumpal harapan. Mungkin juga dengan setangkup optimisme : bahwa tahun ini mestinya kita semua bisa menjelahahi perjalanan waktu dengan penuh kesuksesan.

Lalu tren bisnis apa yang layak dicermati di tahun ini? Tren yang mungkin akan terus bergerak, membawa perubahan dalam cara kita mengolah hidup dan menjemput rezeki. Tren yang mungkin akan terus menyeruak, menghadirkan sejumlah peluang yang layak di-ringkus.

Di hari Senin pertama tahun ini, di tengah rintik hujan yang terus merinai, sambil di temani secangkir teh yang masih hangat, saya mau menghadirkan sajian tentang 4 Tren Utama. Sajian yang akan mengajak kita menjelajah 4 tren bisnis penting yang layak disimak di tahun 2013 ini.

Berikut 4 Tren yang mestinya kudu dicermati. Siapa tahu dibaliknya ada peluang yang bisa ditangkap.

TREN # 1 : The Explosion of Mobile Internet. Tren ini adalah tentang your digital behaviors. Sejumlah lembaga riset memprediksi suatu saat akan jauh lebih banyak orang yang meng-akses internet via smartphone, bukan melalui PC ataupun laptop.

Faktanya, dengan kian canggihnya Android, BB dan Other Smartphones; kita melihat dimana-mana orang begitu asyik dengan gadgetnya itu. Apa yang mereka lakukan, kala mata mereka begitu asyik dengan screen smartphone : browsing berita sepakbola terkini, menelisik timeline di media sosial, ataupun sekedar berbalas email penting dari kantor mereka.

Saya sendiri begitu : sudah lama saya membaca berita-berita bola Detik.com dari smartphone yang saya miliki; tidak pernah lagi dari laptop. Begitu juga, kegairahan saya untuk berbagi ilmu di Twitter juga dipicu oleh tren itu : tentang the explosion of mobile internet.

Tentu saja tren ini akan membawa implikasi, antara lain : kian lenyapnya koran/majalah model lama nan jadul yang memakai kertas; juga peluang bagaimana cara memasang iklan di mobile internet secara lebih efektif; atau juga tentang makin hilangnya relasi sosial yang hangat (sebab semua orang sudah terlalu asyik dengan mobile internet phone mereka).

TREN # 2 : Apartemen di Pinggiran Kota. Dulu, apartemen hanya ada di pusat kota (Jakarta/Surabaya). Kini, makin banyak apartemen yang dibangun di kota pinggiran (hinterland city) seperti Bekasi, Tangerang dan Depok. Dan tren ini akan makin berkembang di masa mendatang.

Kenapa bisa seperti itu? Sebab : harga tanah dan rumah yang kian melangit, bahkan di wilayah kota pinggiran. Harga rumah ukuran 70 M2 di Bekasi sekarang sudah menembus 400 jutaan. Kapan Anda bisa beli rumah kalau gajinya cuman 5 juta/bulan?

Sementara, apartemen dengan ukuran yang sama di Bekasi Barat, bisa ditebus dengan harga “hanya” 150 jutaan. Jauh lebih murah dibanding landed house.

Tren harga rumah dan apartemen yang terus melambung akan jadi problem serius bagi jutaan pasangan muda yang baru menikah. Tanpa penghasilan memadai, selamanya mereka akan tetap tinggal di Pondok Mertua Indah atau Griya Kontrakan Kencana.

TREN # 3 : Entrepreneurship becomes lifestyle. Tiga empat tahun belakangan ini, gairah entrepreneurship atau wirasauah memang seperti tengah menanjak. Buku, kursus dan seminar tentang wirausaha selalu laris dimana-mana. Festival wirausaha juga terus berlangsung.

TREN diatas tampaknya akan terus melambung di tahun ini. Komunitas khusus wirausaha seperti Komunitas Tangan Di Atas akan terus berkembang pesat sejalan dengan tren ini.

Tren ini akan makin bagus jika juga merasuk ke dunia kampus. Dengan begitu akan lebih mudah dikembangkan sarjana dengan gelar job creators, bukan sarjana job seekers.

TREN # 4 : E-Commerce – It’s Time. Oke, gelombang e-commerce dan online business itu mungkin tak lagi terbendung. Tren ini, dikombinasikan dengan ledakan mobile internet, akan makin memberikan lentingan yang ampuh bagi munculnya ribuan pebisnis online yang sukses.

Memang kisah spektakuler seperti Amazon.com (yang diprediksi suatu saat akan mengalahkan retailer offline terbesar di dunia, Walmart, dari sisi penjualan) belum terjadi di tanah air. Namun ini mungkin hanya soal waktu. Akan ada masa dimana orang berbelanja tidak lagi ke Giant atau Carrefour, namun cukup mengklik smartphone mereka dari rumah sambil duduk leyeh-leyeh.

Demikianlah 4 TREN penting yang layak disimak di tahun 2013. Kita melihat 4 Tren ini mungkin akan terus mewarnai jagat kehidupan bisnis hingga beberapa tahun ke depan.

Memang, kadang sulit untuk memprediksi masa depan. Maka cara paling mudah untuk meramal masa depan adalah dengan menjadi trend-makers, bukan sekedar penonton.

The Best Way to Predict the Future is to Invent It.

Photo credit by Paul Bica @flickr.com