Mau Income Sampingan 20 juta/bulan hanya dari Duduk Leyeh-leyeh di depan Laptop?

Ya, apakah Anda mau mendapatkan penghasilan sampingan (selain dari gaji pekerjaan pokok) sebesar 20 jutaan per bulan hanya dari duduk leyeh-leyeh di depan laptop? Dan duduk leyeh-leyehnya hanya 2 jam per hari? Boleh pagi, siang, sore atau malam.

Sebentar lagi saya akan mendedahkan caranya – yang didasarkan pada pengalaman nyata dan juga observasi pada rekan-rekan sesama online business players.

Jujur saya, sebenarnya saya agak enggan mengungkapkan cara ini. Saya khawatir Anda semua benar-benar mempraktekkan apa yang saya utarakan disini; dan pelan-pelan bisa menjadi “my real competitors” 🙂

Namun atas nama semangat berbagi, mari kita bersama kunyah sajian renyah pagi ini.

Kalau kerjanya hanya duduk leyeh-leyeh di depan laptop, maka tentu saya sedang berbicara tentang online business.

Dan segera saya mau katakan ini : kalau bicara bisnis online, maka produk yang paling SIMPLE dan POWERFUL untuk dijual adalah produk PENGETAHUAN.

Kenapa simpel? Karena pengetahuan itu bisa dikompres dalam bentuk file digital (baik dalam bentuk PDF, Powerpoint, Word atau aplikasi lainnya); dan kemudian distribusi produk ke pembeli dilakukan semudah mengklik email. Anda tidak perlu TIKI JNE atau Kantor Pos.

Kenapa powerful ? Karena menjual pengetahuan tidak membutuhkan modal besar, bahkan nyaris nol. Zero capital. Yang diperlukan hanya OTAK Anda. Your brain. Your expertise.

Dan powerful, karena berlainan dengan anggapan umum, banyak orang di internet yang HAUS akan pengetahuan; dan mereka BERSEDIA membayar cukup mahal untuk mendapatkannya.

Ndak percaya? Produk pengetahuan saya (dalam bentuk file powerpoint presentasi) yang saya jual di www.rajapresentasi.com sudah dibeli oleh ribuan orang dari seluruh pelosok Nusantara.

Saya mau mengelaborasi cara ini dengan menawarkan sebuah contoh kasus.

Minggu lalu, ada teman lama yang mengirimkan buku bagus berjudul : A – Z Bakery : Panduan Menjadi Bakepreneur.

Namun sayangnya, teman saya itu melakukan langkah konvensional : menerbitkan buku rotinya dalam bentuk cetak dan kemudian dijual di toko-toko buku. Sebuah langkah yang menurut saya makin absurd dalam era digital ini.

Saran saya pada dia radikal : rombak pendekatan Anda. Terbitkan buku itu dalam bentuk ebook dan jual di internet. Plus bundling dengan kursus online membuat roti/membuka usaha bakery.

Begini sodara-sodara. Di internet ini, ternyata begitu banyak orang yang mencari pengetahuan dalam beragam hal. Untuk kata “cara membuat roti”, sekedar info ada 30 ribu yang mencarinya via Google tiap bulan (artinya ada potensi pasar sebesar itu untuk buku tentang roti; belum untuk pencarian dengan kata kunci lain yang berkaitan).

Tentu saja menjual ebook-nya juga jangan dengan cara garing a la web kecamatan. Harus dengan tampilan web yang membahana. Juga dengan promosi yang “menjual” plus gambar-gambar aneka roti yang menarik. Akan lebih bagus jika ebook itu dijual dengan bundling kursus online cara membikin roti (mulai dari tingkat dasar hingga lanjut). Juga ditambah konsultasi online produksi bakery sepanjang tahun.

Dengan paket seperti itu, teman saya bisa menjual ebook + kursus online-nya seharga Rp 199 ribu/paket. Dan 100% uang masuk ke kantong dia. Berbeda dengan jualan buku, yang hanya dapat royalti 10% !!

Jika ia bisa membangun blog/web tentang kuliner roti yang bagus, diisi dengan rutin, plus dibantu jasa SEO yang andal; maka trafik pengunjung akan pelan-pelan meningkat. Dan dengan itu, dia bisa menjual 100 paket per bulan atau sama dengan sekitar 20 juta per bulan. Ingat, ada 30 ribu orang yang mengetik kata “cara membuat roti” di Google setiap bulannya.

(Seorang rekan sesama online business player bisa menjual ebook tentang Online Marketing seharga Rp 250 ribu dengan cara bundling seperti itu. Dan rata-rata ia bisa menjual 200 eksemplar per bulan. Ndak usah pake kalkulator : itu sama dengan 50 juta per bulan).

Poin saya adalah : sepanjang Anda merasa memiliki “pengetahuan” yang berharga, maka segera esktrak pengetahuan itu menjadi “digital commodity” yang bisa di jual via online.

Pengetahuan itu bisa berupa pengetahuan manajemen (seperti yang saya jual di rajapresentasi.com), bisa tentang cara bikin roti, cara beternak sapi, cara membuat blog, ilmu entrepreneurship, ilmu menurunkan berat badan, hingga pengetahuan tentang online shop.

Kemas ilmu pengetahuan itu dalam bentuk ebook yang menawan. Kombinasikan dengan video learning yang keren. Lalu padukan dengan gaya menjual yang hebat. Bungkus semuanya dalam web/blog yang isinya menarik bagi pengunjung.

Jika Anda bisa melakukan itu semua, maka momen indah itu akan hadir menyapa : momen ketika uang puluhan juta masuk ke rekening setiap bulan; padahal Anda-nya hanya duduk leyeh-leyeh di depan laptop. Tanpa bolak balik ke kantor tiap pagi dan petang. Tanpa macet penuh keringat di jalanan.

Knowledge is power. And knowledge will be much more powerful, if you can SELL it online.

~~
Jika Anda ingin mendownload slide presentasi bagus tentang Wirausaha dan Strategi Bisnis, silakan KLIK DISINI.

Photo credit by : Barrie Davenport

Related Post

Middle Income Trap : Saat Penghasilan Anda Stagnan dan Tidak Bergerak Kemana-mana Saat ini pendapatan per kapita penduduk Indonesia adalah USD 3400 atau sekitar Rp 37 juta per tahun. Artinya, jika di rata-rata pendapatan per pendudu...
Mengais Rezeki dari Penghasilan Sampingan, Kenapa Tidak? Biaya hidup rasanya terus mendaki dari tahun ke tahun, dengan kecepatan yang acap membikin kita terkaing-kaing. Biaya belanja sehari-hari, biaya anak...
53 comments on “Mau Income Sampingan 20 juta/bulan hanya dari Duduk Leyeh-leyeh di depan Laptop?
  1. eitz, ini dia akhirnya dibocorin di internet rahasia-rahasianya. Terimakasih Pak, mungkin artikel selanjutnya langkah radikal dalam hal bagaimana promosi online-nya untuk memboosting visitor dan terkonversi menjadi penjualan…

  2. Muantap, gan, dah lama gak kasih, tapi 2 jam yang di maksud pastinya tidak instan lho

    tetap semua usaha butuh proses dri mulai pencarian niche word yang si butuhkan utk melakukan optimalisasi biania yang kita kerjakan

    kemudian penataan blog yang mantap dan update data atau article yang rutin dan berkesinambungan tentang uaaha yg kita geluti.

    Gtu ya bro. Tq

  3. Memang sudah terpikirkan oleh saya untuk memiliki blog yang mengulas tentang hobby dan segala sesuatu yang berkaitan dengan landscape, yang nantinya juga bisa dipakai untuk berjualan e-book.

    Beberapa materi sudah dikumpulkan, namun mengawalinya terasa sangat berat.

    Insya Allah semoga bisa saya mulai tahun ini. Thanks mas bro Yodhia saya diingatkan kembali untuk mulai merajut aktifitas onlinenya.

  4. bikin sekali, terus diduplikasi untuk meraup income… ndak perlu biaya produksi pulak… josss tenan Pak Yodh

    tetapi paling enggak kita harus belajar Desain Grafis juga ya pak, supaya ebook nya kelihatan keren gitu pak..

  5. Kalo depan laptopnya si iya, tp kalo leyeh2nya kayanya ga deh pak, apalagi di awal2nya. Hehehe.

    Jadi intinya di packaging pak ya. Sip sip

  6. eh.. tapi gimana cara memproteknya dari pembajak pak?
    kan setelah mereka beli dari kita, mereka bisa edit trus dijual lagi atau di copy-paste ke orang lain

  7. Entah kenapa saya tidak suka dengan cara berjualan ebook.
    Mungkin hanya pandangan subjektif saya sendiri.
    Saya jg tidak bgtu suka seseorg mmakai uang sbagai iming2 untuk memotivasi melakukan sesuatu.

    Saya suka pebisnis yg tidak pernah bicara ttg uang yg dimilikinya.
    Uang bukanlah segala2nya.
    Kata Tung Desem mungkin kalimat itu akan dibalik “Tapi segalanya butuh uang.”, itulah knp sy ga suka Tung Desem.

    Tanyakanlah pd perasaan Anda… jujurlah pd diri Anda sendiri…
    Jgn pernah sekalipun memanipulasi perasaan Anda…
    Karena kebohongan yg terus diulang2 akan mjd kebenaran dlm pikiran n perasaan Anda suatu hari nanti…

  8. Mas Yodhia,

    Super luar biasa, inilah yang saya angankan dari mula, dan Mas Yodhia
    menulisnya dengan baik sekali.

    Hanya memang perlu web yang betul 2 real dan tingkat keamanan tinggi.

    Terimakasih dari orang yang lagi bingung.
    Salam saya
    Yul

  9. luar biasa pencerahan pagi ini, saya ingin sekali berpindah kuadrant dari pekerja menjadi entrepreneur, minggu lalu setelah saya membaca dan saya menemukan passion saya, namun disini saya kembali berfikir apakah passion saya juga dapat dijual secara on line.

    namun overall semuanya oke bgt..!!!

    terima kasih Om Yodhia

  10. Thanks artikelnya mas Y.A. Artikel yang menggugah, tapi jangan lupa…. leyeh-leyeh baru bisa dicapai kalau dimulai dengan kerja keras dan kerja cerdas.

    Leyeh-leyeh bisa terjadi kalau jumlah pengunjung web sudah cukup banyak.

    Mendatangkan pengunjung yang banyak dan loyal butuh kerja keras dan konsisten, serta terus melakukan inovasi.

    Yang penting nikmati prosesnya. Jangan berharap instan. Selamat berjuang kawan-kawan, semoga kita semua sukses.

  11. Wow!!

    Luar biasa!!
    Motivasi yang brilliant!!

    Semua adalah sisi manis yang diberikan. Seperti memberi permen kepada anak kecil.
    Tanpa babibu dan.. Yap!! Manis kita rengkuh.

    Itulah negara kita bang. Hanya manisnya yang diberitahukan.
    Tidak memberi rambu dan bad experiencenya.
    Modal blog bisa jualan? Oke. Betul. Banyak buktinya.
    Modal web dan seo bisa jualan? Betul juga. Banyak juga buktinya.
    Bagaimana dengan deface?
    Bagaimana dengan web yang kena bandwidh luar biasa tp penuh spam?
    Bagaimana dengan modal inet?
    Knp dianggap modal nol?

    Tetep butuh modal kali bang.
    Walo ga banyak.

    Tapi, setidaknya isi bacaan kali ini bisa menggerakkan online business indonesia.

    Tetap berkarya dan tetap dinanti artikel per-management-an nya.

    Salam,
    Enoth
    Baki

  12. Mas Yodhia,

    gimana klo pengetahuan dan kemampuanya dibidang akuntansi, membuat laporan keuangan, gimana cara mempromosikan bahwa saya bisa

  13. Pak Yodhia,

    Mantap artikelnya saya jadi teringat dengan presentasi.net yang langsung dipandu oleh M. Noer, saat ini saya jadi membernya.
    Ternyata cara ini membuat saya punya pandangan baru tentang wirausaha.

    Terimakasih
    Ide

  14. Menurut saya tidak lah semudah itu, proses panjang harus kita lalui untuk bisa mencapai seperti apa yang dikatakan penulis.

    Butuh waktu, disiplin dan aktifitas lain yang mendukung. Banyak yang kecewa di tengah perjalanan usahanya.

    Bisnis online akan terus berkembang dengan cepat kedepannya karena memberikan banyak kemudahan bagi konsumen, walau tidak dapat dipungkiri banyaknya juga pelaku kejahatan di dalam bisnis online ini, ini menjadi tantanggan terbesar dari setiap penggiat bisnis online.

    Pelaku bisnis online harus mampu menyakinkan calon pelanggan, menjaga kepercayaan pelanggan dan jangan lupakan kecepatan dan kemudahan dalam melayani pelanggan. Mulailah dulu dari jaringan ???? – email kita.

    Apapun dapat kita perdagangakan dan menjadi tambahan penghasilan dalam bisnis online, pengalaman kita, jaringan kita, pengetahuan kita, hobby kita – MODAL ? – tanpa modal bisa !, karena adanya sistem dropshipper, kita hanya terima order dan kita serahkan proses penyediaan barang sd pengiriman kepada distributor kita.

    Penting bagi kita adalah mengenal distributor kita dengan baik dalam hal : reputasi – Barang original, harga, layanan purna jual dll. Agar kita dapat bersaing dan berkembang.

    Kami adalah pemain bisnis online, ini adalah pengalaman nyata.

    Fokus dan Disiplin serta Mental menjadi point penting. Maaf kami hanya berbagi pengalaman.

  15. Salam pak. Menarik sekali. Internet memang merubah paradigma masyarakat dunia, baik mencari informasi hingga mencari rezeki.

    Yang perlu diperhatikan sebenarnya adalah hal yang paling prinsip, yaitu berbisnis sesuai keahlian atau bahasa umumnya sesuai core competence.

    Ini penting mengingat tampilan web yang membahana dan SEO super canggih hingga di google halaman 1 semua, tapi tidak kompeten juga sama saja.

    semangat pagi..

  16. WRD (11) : ya, positive thinking saja ya. Serahkan ada Yang DIATAS. Rezeki semua sudah ada yang mengatur. Banyak sedekah supaya langkah kita selalu dilindung olehNYA.

    Namun benar : TIDAK ADA yang INSTAN. Kerja keras dan melelahkan harus dilalui.

  17. Qumard (20) : ilmu akuntansi juga banyak dicari di internet.

    Kalau Anda bisa bikin ebook/panduan lengkap dan praktikal + kursus online akuntansi lengkap; saya kira pasar-nya ada.

    Bikinlah blog dengan judul http://www.ilmuAkuntansi.com – isinya lengkap tuntas semua ttg ilmu akuntansi; plus contoh template/laporan keuangan/neraca….panduan menyusun laporan rugi laba.

    Bikin isinya wow….kalau perlu bisa kalahkan isi buku Akuntansi karangan Mulyadi yg selalu jadi best seller itu.

    Jadikan blog-mu sbh PUSAT ONLINE RUJUKAN AKUNTANSI se Indonesia. Pasti TOP MARKOTOP.

  18. brr….
    speechless saya pak yodhia..

    kenapa tidak kepikiran dari dulu y..
    nice share pak..
    *mikir jualan Ebook apa y? hehe
    ^_^

  19. Income sampingan 20jt/bulan
    Mauuuu donk
    😀

    tapi untuk saat ini yg mesti saya perbaiki “MINDSET”

    Heheheheee..
    baru aja liat2 artikel Pa Yodhia Antariksa,
    udah ada bayangan2 untuk action

    Terima kasih Pa Yodhia Antariksa,

    Salam,

    Renno Febrian
    ————-
    Jual Karpet

  20. Wow maknyus pak tulisanya,. tapi memang semua butuh perjuangan dan kerja keras, sampai2 kadang saya juga begadang sampai larut malam untuk terus belas terus membangun sebuah bisnis online,. 🙂

  21. Dahsyat sekali tulisan Anda pak Yodia! Sebenernya pesan dari isi tulisannya sudah pernah saya baca di blog-blog internet marketing.

    Namun disini berbeda, cara penyajiannya keren banget, simple sehingga pembaca mudah paham.

    Saya salut dengan tulisan Anda pak Yodia Antariksa.

    Blog Anda ini selalu saya jadikan refernsi untuk mencari ide baru dalam strategi manajemen yang tentunya untuk kemajuan bisnis saya. Salam Hangat Brian

  22. Terimakasih banyak Pak Yodhia, informasi ini sangat inspiratif. Bukan lagi mengajak untuk mencoba namun seakan menuntun untuk langsung bergerak. Sekali lagi, terimakasih Pak. Sukses selalu Pak 🙂

  23. Apa yang ditulis Pak Yodhia bukanlah sesuatu yang mustahil.
    Karena ingat..

    SUKSES = 1 persen IDE + 99 persen KERJA KERAS

    dan ditambah untuk saat sekarang, internet marketing tak sesulit dulu, karena telah banyak jasa seo bertebaran. Website Anda bisa dengan mudah meraih posisi top ten google. harga pembuatan website pun terbilang murah meriah.

    Jadi tak ada alasan untuk tidak sukses berbisnis online.

    Semangattttt

  24. Pak Yodhia, menjual ebook kan biasanya rentan di copy paste, misal saya jual dengan harga 50ribu, nanti kalau tiba2 yang beli menyerbarkan nya di sosial media seperti twitter dan facebook kan jadi sedih juga saya. Bisa2 tidak laku lagi.

    gimana menyiasati ini?
    bagaimana mencegahnya?

    bagaimana melindungi tulisan kita itu?

    Thanks..

  25. Clown (42) : pengalaman saya sih, kok belum ada ya yang membajak produk digital knowledge yg saya jual online. Caranya : diberi peringatan di produk itu dengan pendekatan agamis; bukan pendekatan legalistik.

    Peringatan : “Mari kita hidup jujur dengan tidak menggandakan produk ini tanpa ijin; demi keberkahan sesama. Sebab malaikat tidak tidur mencatat segala amal kebaikan/keburukan kita….” ternyata lebih ampuh dibanding peringatan : “Membajak akan dihukum 5 tahun….dst, dst…”

    Berpikir positif saja…..kalau niatnya baik, insya Allah akan baik juga. Kalau belum mulai saja sudah mikir macem2; kapan mau jalan?

    SHUT Up Your Mouth and JUST DO IT !!

  26. postingan ini memang sangat menarik dan sangat menggugah. memang benar, yang diungkapkan memang yang manis saja, walaupun dibelakang memang banyak rintangan dan cobaan. tapi setidaknya being smart reader.

    tulisan ini dibuat semanis mungkin agar 1. kita bisa terpacu dengan apa yang ditulis postingan ini. 2. agar kita tidak ragu mencoba, banyak orang seringkali ragu ketika diberikan banyak resiko yang dihadapi bukan? ya, thats it.

    dan hikmahnya ketika kita membaca apapun, bahkan ketika kita melihat tayangan motivasi ataupun mendengar motivator dan membaca postingan yang sangat menggugah semacam ini salah satunya, satu sisi otak kita tidak hanya berhenti sampai manisnya saja, tetapi bagaimana ketika kita menghadapi resiko saat menjalankannya.

    thanks for the writer, success 🙂

  27. semangat pagi!
    sebelumnya, ide itu sangat menarik bagi saya.
    dan saya ingin memulainya.
    pertanyaannya adalah bagaimana cara saya memulainya? sedangkan saya masih belum tau langkah demi langkah. karena saya masih belum paham tentang “semua berjalan secara otomatis”
    mulai dari pembayaran dan pengiriman otomatis produk yang kita jual.
    dan apa saja yang harus di persiapkan untuk mendukung semua itu?
    atas sumbang pikiran Bapak, saya ucapkan terima kasih
    semangat pagi!

  28. Terdengar menyenangkan ya, apalagi hanya membuat e-book dan tawarkan secara online bisa mencapai hingga puluhan juta per bulannya.

    Artikel ini memang menginspirasikan saya dan mungkin orang lain untuk membuat e-book dan menjualnya.

  29. Wah sangat mencerahkan…. bravo.
    Langkah selanjutnya mungkin bisa diberikan pencerahan juga bagaimana cara menulis ebook yang baik dan benar. Terima kasih.

Comments are closed.