Kiat Sukses Menjual Pengetahuan secara Online

Dalam ulasan pekan lalu, kita jadi paham ternyata salah satu jenis produk yang paling simpel dan powerful untuk dijual secara online adalah “produk pengetahuan” (knowledge-based product).

Disitu, terbuka peluang untuk mendapatkan passive income yang terus mengalir. Tanpa kenal lelah, “produk pengetahuan” itu akan terus bekerja secara autopilot : dengan setia mengalirkan jutaan rupiah ke rekening Anda setiap bulannya (dan Anda hanya bisa tertegun-tegun menikmatinya. Ohh).

Namun sayang, tak pernah ada jalan tikus menuju Roma. Keindahan passive income itu tak akan pernah mendadak muncul dari langit. Perjuangan keras, doa, dan mungkin air mata kudu diperas untuk mewujudkannya.

Dan kini, ijinkan saya untuk berbagi kiat sukses menjual pengetahuan secara online : agar impian menuju Roma itu tak hanya berhenti pada fatamorgana.

Sejatinya, hanya ada dua tahapan krusial yang harus dicermati agar bisa sukses menjual pengehuan melalui media internet. Mari kita ulik satu per satu dengan seksama.

Kiat # 1 : Ciptakan Knowledge-based Product yang Cetar Membahana. Sebab memang dari sinilah perjuangan habis-habisan Anda dimulai : setiap jejak pengetahuan, pengalaman dan expertise Anda kudu diperas habis-habisan demi menghadirkan produk pengetahuan yang layak jual.

Dan berdasar pengalaman, produk pengetahuan yang laku dijual secara online adalah “pengetahuan yang aplikatif; pengetahuan praktikal yang bisa langsung di-aplikasikan oleh user; dan mampu memberikan manfaat nyata dalam kehidupan mereka”.

Contoh sederhana : bayangkan kita akan mendesain produk pengetahuan dengan judul “Sembilan Cara Ampuh untuk Menembus Tes WAWANCARA KERJA” (sekedar infor, keyword “wawancara kerja” setiap bulan di-googling sebanyak 35 ribu – potensi pasar yang lumayan besar).

Segera panduan itu harus kita isi dengan 9 langkah kunci untuk melalui tes wawancara kerja (mulai dari cara berbicara, body language, hingga sapaan yang harus dihadirkan).

Ada yang lebih penting : sajikan juga 10 jenis pertanyaan wawancara yang paling sering diajukan; DAN panduan untuk memberikan jawaban yang efektif bagi pertanyaan itu.

Akan lebih keren jika juga diberikan bonus dua video simulasi wawancara secara nyata. Yang satu menunjukkan cara menghadapi tes wawancara dengan salah (dan tunjukkan dimana salahnya. Riset membuktikan orang lebih cepat belajar dari melihat kesalahan). Dan video yang lainnya contoh proses wawancara yang sempurna (juga tunjukkan dimana poin keunggulannya).

Supaya lebih afdol, tambah dua bonus lagi : panduan ampuh untuk melakukan negosiasi gaji. Dan juga panduan untuk mendesain CV yang dahsyat; lengkap dengan contoh-contohnya.

Bungkus semua itu; dan jual secara online dengan harga Rp 99 ribu per paket.

Anda tertarik membuatnya? Jujur saja; saya sendiri tiba-tiba juga tertarik untuk membuatnya. Sebab feeling saya, ini produk pasti laris manis (ingat : jutaan sarjana baru antri melamar pekerjaan setiap tahunnya).

Btw, pesannya adalah : apapun topik pengetahuan yang hendak Anda jual, maka kemaslah semuanya secara aplikatif, praktikal dan mampu memberikan solusi nyata bagi pembelinya.

Kiat #2 : Ciptakan Website dengan Trafik yang Lumayan Tinggi. Berdasar pengalaman, Anda hanya bisa mulai menjual “sesuatu” secara online, jika web Anda dikunjungi minimal oleh 1000-an visitors per hari.

Dan alamak : mendatangkan trafik visitor setinggi itu ternyata tak semudah bikin indomie rebus. Kabar baiknya : kini banyak tersedia layanan Jasa SEO yang bisa mendrive jumlah pengunjung web.

Jasa SEO membantu Anda agar ketika orang mengetik kata tertentu di Google, web Anda bisa nangkring di urutan pertama hasil pencarian.

Melanjutkan contoh diatas : Anda bisa order jasa SEO agar ketika orang mengetik kata “tes wawancara kerja” atau “wawancara kerja”, maka web Anda bisa muncul di nomer satu hasil pencarian Google. Berapa biayanya? Sekitar Rp 3 juta per kata kunci (dengan durasi selama 12 bulan ada di peringkat no 1 terus). Harga yang masuk akal jika melihat manfaat yang dihasilkan.

Itulah sekilah dua kiat krusial yang layak dijalani agar sukses menjual produk pengetahuan di internet. Mudah-mudahan ada manfaatnya; sebagai salah satu alternatif cara untuk mendapatkan passive income secara barokah.

Dan mudah-mudahan, suatu saat Anda juga bisa melancong jalan-jalan menuju Roma.

NOTE :
Mau update artikel2 mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja invite PIN BBM saya : 583 4191B. Atau invite + save no WA saya di 0812 8644 8789. Bagi yg invite, akan saya berikan BONUS tiga ebook bagus tentang mindset, kebebasan finansial dan cara meraih karir impian. Slide BiruPakar Hijau

30 comments on “Kiat Sukses Menjual Pengetahuan secara Online
  1. Nice….tapi menurut saya tidak perlu traffik 1000 org pengunjung per hari Pak untuk menjual sesuatu, karena web saya sih rata2 100 orang…tapi hasilnya mantab….

    Nah kalau trafik 1000 berarti mantabnya dikalikan 10 perhari atawa per bulan 300x mantab….hahaha…..

    Jadi mungkin trafik 1000 org bukan bukan menjual sesuatu, tapi menjual sesuatu lebih Mantabb….hehhee….salam

  2. Betul. Memang banyak yang bisa kita jual melalui jalur online ini. Bisnis barang fisik pun bisa makin tinggi omsetnya kalau sudah masuk jalur online ini.

    Tapi mas Yodhia, bagaimana mengamankan ebook yang kita buat agar tidak mudah dibajak selain dengan memberikan password.

    Tks sharingnya.

  3. Dony (2) : ya berdasar pengalaman; memang kalau jualan barang fisik, biasanya rasio pengunjung yang jadi membeli; lebih tinggi dibanding jualan produk digital knowledge.

    Tapi kalau web sampeyan bisa dapat seribu visitors/day; hidup Anda pasti akan lebih mak nyos…:)

    Iwan (5) : pengalaman saya sih, kok belum ada ya yang membajak produk digital knowledge yg saya jual online. Caranya : diberi peringatan di produk itu dengan pendekatan agamis; bukan pendekatan legalistik.

    Peringatan : “Mari kita hidup jujur dengan tidak menggandakan produk ini tanpa ijin; demi keberkahan sesama. Sebab malaikat tidak tidur mencatat segala amal kebaikan/keburukan kita….” ternyata lebih ampuh dibanding peringatan : “Membajak akan dihukum 5 tahun….dst, dst…”

    Rizalar (7) : that’s the power of online knowledge. Buatnya sekali. Royaltinya berkali-kali secara otomatis…..hingga anak cucu Anda….

  4. mak nyoss artikelnya mas ,

    tapi disana akan lebih baik lagi apabila lebih di tambahkan porsi untuk kiat sebelum meningkatkan trafik dengan SEO , yaitu bagaimana membuat website ataukah blog yang lebih maknyus untuk online store ini :)

    salam

  5. Pak. yod coba bikin modul layaknya modul perkuliahan tentang manajemen tapi dikemas lebih praktis supaya bisa langsung diterapkan..

    atau pak yod bikin aja universitas jarak jauh layaknya universitas terbuka..

    mungkin lebih jos,,pak. (sekedar saran)

  6. Memang bisnis online tidak mudah,
    dan satu kali kalau kita ingin sukses dalam bisnis jualan informasi dan pengetahuan di internet, kita perlu dapat kepercayaan dari calon pembeli.

    Barangkali jika kita adalah orang yang dikenal di bidang ilmu yang kita jual, kepercayaan akan lebih cepat digapai :)..

    Tetap semangat.

  7. Dan berdasar pengalaman, produk pengetahuan yang laku dijual secara online adalah “pengetahuan yang aplikatif; pengetahuan praktikal yang bisa langsung di-aplikasikan oleh user; dan mampu memberikan manfaat nyata dalam kehidupan mereka”.

    Yang ini bener bangeet! *catetdinotepad*

  8. ya bisnis online untuk 10 tahun kedepan atau mungkin sampe kiamat kali he, he masi menjadi primadona pemburu dolar, kaya Pa Yodia ini …..Subhanallah melimpah kali yah rizqinya dari yg Online sampe yg ofline ngaliirrrr….

    T shirt logo club duniapun laris manis, makasih pa sdh kasi saya kesempatan buat masarin productnya, moga besok bisa ketemu di Kemang pa ada pesanan lagi ni

    mudah2an berkah

  9. Traffic pengunjung menentukan, tapi trust terhadap website dan product berarti lebih banyak lagi.

    Pengalaman saya, dengan traffic rata-rata sekitar 20 visitor setiap hari sudah bisa mendapatkan income jutaan setahun. Asal ada trust dari pengunjung, sehingga konversi ke penjualan akan lebih baik.

    Kalau punya traffict di atas 5000 sehari, penghasilan di atas 1 Milyard setahun sudah akan jadi kenyataan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!