Perusahaan-perusahaan bisnis pada akhirnya merupakan elemen kunci bagi penciptaan kemakmuran sebuah bangsa. Mereka menciptakan lapangan kerja, meracik nilai tambah, dan dengan itu turut menghela laju ekonomi negeri.

Samsung telah menjadi pahlawan bagi Korea dan Toyota telah menjadi ikon kebanggaan Jepang. Lalu bagaimana dengan lansekap perusahaan bisnis di tanah air? Perusahaan apa saja yang layak menjadi ikon kebanggaan dan masuk dalam daftar perusahaan paling dikagumi se-Nusantara?

Dalam sajian kali ini, kita akan coba menjelajah ranking 10 perusahaan Indonesia paling di kagumi.

Sejak tahun ini, majalah bisnis Fortune edisi Indonesia yang diterbitkan kelompok Kompas Gramedia melakukan survei tahunan mengenai peringkat perusahaan paling dikagumi di Indonesia.

Bekerjasama dengan lembaga riset HAY Indonesia, mereka melakukan survei kepada 20,000 responden para pelaku bisnis di tanah air. Pertanyaannya simpel : perusahaan apa saja di tanah air yang layak dikagumi?

Berikut hasilnya : yakni ranking 10 perusahaan paling dikagumi di Indonesia.

1. PT Astra International Tbk
2. PT Unilever Indonesia Tbk
3. PT Garuda Indonesia Tbk

4. PT United Tractors Tbk
5. PT Bank Mandiri Tbk
6. PT Astra Agro Lestari Tbk
7. PT Adaro Energy Tbk
8. PT Semen Indonesia Tbk
9. PT Agung Podomoro Land Tbk
10. PT Bank Central Asia Tbk

Peringkat pertama perusahaan paling dikagumi di Indonesia, seperti yang terlihat jatuh pada perusahaan Astra International, sebuah perusahaan legendaris yang selama ini memang telah dikenal reputasinya.

Bisnis Astra terfokus pada industri otomotif (think Avanza, Innova, dan juga sepeda motor Honda), industri alat berat (United Tractors yang juga masuk dalam daftar), perkebunan (Astra Agro Lestari yang masuk dalam daftar juga!) serta finansial (Astra Credit Company/ACC dan Bank Permata). Semua bisnis ini terus tumbuh dengan cantik sejalan ledakan kelas menengah Indonesia.

Fondasi tangguh Astra mungkin dibangun pendirinya William Soeryadjaya yang amat peduli dengan pengembangan SDM dan sistem manajemen yang solid – pilar kunci bagi menjulangnya reputasi Astra di negeri ini.

Peringkat kedua : Unilever, perusahaan yang aslinya dari Belanda/Inggris namun sudah hampir seratus tahun berkpirah di negeri ini.

Produk mereka amat dekat dengan kita : sejak dari odol Pepsodent, sabun Lifebouy hingga sampo Clear. Kamar mandi memang panggung indah tempat Unilever mencetak laba hingga 8 trilyun per tahun (ya hanya dari jualan odol dan sampo).

Reputasi Unilever memang juga menjulang. Mereka dikenal sebagai kampus terbaik untuk mencetak manajer pemasaran/brand management dan ahli distribusi/supply chain management. Manajer-manajer Unilever hampir pasti menjadi buruan dari para headhunters yang lapar dengan “great talents”. Tentu saja, asal para headhunters itu mampu memberikan bayaran lebih tingggi.

Peringkat ketiga, Garuda Indonesia. Dibawah kepemimpinan CEO Emirsyah Satar, perusahaan airline ini memang berhasil menjalankan proses transformasi bisnisnya secara impresif.

Garuda juga berhasil menyabet pengharagaan sebagai best regional airline in the world – sebuah bukti pengakuan bahwa layanan mereka telah bergerak naik. Terakhir mereka menjadi sponsor klub Liverpool sebagai siasat untuk lebih dikenal secara internasional.

Selain tiga perusahaan diatas, daftar 10 perusahaan paling dikagumi juga diisi dengan nama yang sudah familiar seperti Bank Mandiri, Bank BCA, hingga Agung Podomoro (raja properti Indonesia).

Harapannya, daftar 10 perusahaan paling dikagumi itu bisa menjadi pilar yang kokoh bagi terus mekarnya kemakmuran di tanah air.

Visi bisnis yang cemerlang, dipadu dengan sistem manajemen yang solid serta mutu SDM/manajer yang tangguh selalu akan berakhir dengan cerita sukacita : sustainable business growth, optimum profit dan reward yang atraktif bagi para anggotanya dan manajernya.

Selamat bekerja, sodara-sodara. Semoga suatu saat kantor tempat kita berkpirah juga bisa mencatat prestasi yang layak dikagumi nan cetar membahana.

Photo credit by : Paul Bica @flickr.com