Peringkat 10 Perusahaan Paling Dikagumi di Indonesia

Perusahaan-perusahaan bisnis pada akhirnya merupakan elemen kunci bagi penciptaan kemakmuran sebuah bangsa. Mereka menciptakan lapangan kerja, meracik nilai tambah, dan dengan itu turut menghela laju ekonomi negeri.

Samsung telah menjadi pahlawan bagi Korea dan Toyota telah menjadi ikon kebanggaan Jepang. Lalu bagaimana dengan lansekap perusahaan bisnis di tanah air? Perusahaan apa saja yang layak menjadi ikon kebanggaan dan masuk dalam daftar perusahaan paling dikagumi se-Nusantara?

Dalam sajian kali ini, kita akan coba menjelajah ranking 10 perusahaan Indonesia paling di kagumi.

Sejak tahun ini, majalah bisnis Fortune edisi Indonesia yang diterbitkan kelompok Kompas Gramedia melakukan survei tahunan mengenai peringkat perusahaan paling dikagumi di Indonesia.

Bekerjasama dengan lembaga riset HAY Indonesia, mereka melakukan survei kepada 20,000 responden para pelaku bisnis di tanah air. Pertanyaannya simpel : perusahaan apa saja di tanah air yang layak dikagumi?

Berikut hasilnya : yakni ranking 10 perusahaan paling dikagumi di Indonesia.

1. PT Astra International Tbk
2. PT Unilever Indonesia Tbk
3. PT Garuda Indonesia Tbk

4. PT United Tractors Tbk
5. PT Bank Mandiri Tbk
6. PT Astra Agro Lestari Tbk
7. PT Adaro Energy Tbk
8. PT Semen Indonesia Tbk
9. PT Agung Podomoro Land Tbk
10. PT Bank Central Asia Tbk

Peringkat pertama perusahaan paling dikagumi di Indonesia, seperti yang terlihat jatuh pada perusahaan Astra International, sebuah perusahaan legendaris yang selama ini memang telah dikenal reputasinya.

Bisnis Astra terfokus pada industri otomotif (think Avanza, Innova, dan juga sepeda motor Honda), industri alat berat (United Tractors yang juga masuk dalam daftar), perkebunan (Astra Agro Lestari yang masuk dalam daftar juga!) serta finansial (Astra Credit Company/ACC dan Bank Permata). Semua bisnis ini terus tumbuh dengan cantik sejalan ledakan kelas menengah Indonesia.

Fondasi tangguh Astra mungkin dibangun pendirinya William Soeryadjaya yang amat peduli dengan pengembangan SDM dan sistem manajemen yang solid – pilar kunci bagi menjulangnya reputasi Astra di negeri ini.

Peringkat kedua : Unilever, perusahaan yang aslinya dari Belanda/Inggris namun sudah hampir seratus tahun berkpirah di negeri ini.

Produk mereka amat dekat dengan kita : sejak dari odol Pepsodent, sabun Lifebouy hingga sampo Clear. Kamar mandi memang panggung indah tempat Unilever mencetak laba hingga 8 trilyun per tahun (ya hanya dari jualan odol dan sampo).

Reputasi Unilever memang juga menjulang. Mereka dikenal sebagai kampus terbaik untuk mencetak manajer pemasaran/brand management dan ahli distribusi/supply chain management. Manajer-manajer Unilever hampir pasti menjadi buruan dari para headhunters yang lapar dengan “great talents”. Tentu saja, asal para headhunters itu mampu memberikan bayaran lebih tingggi.

Peringkat ketiga, Garuda Indonesia. Dibawah kepemimpinan CEO Emirsyah Satar, perusahaan airline ini memang berhasil menjalankan proses transformasi bisnisnya secara impresif.

Garuda juga berhasil menyabet pengharagaan sebagai best regional airline in the world – sebuah bukti pengakuan bahwa layanan mereka telah bergerak naik. Terakhir mereka menjadi sponsor klub Liverpool sebagai siasat untuk lebih dikenal secara internasional.

Selain tiga perusahaan diatas, daftar 10 perusahaan paling dikagumi juga diisi dengan nama yang sudah familiar seperti Bank Mandiri, Bank BCA, hingga Agung Podomoro (raja properti Indonesia).

Harapannya, daftar 10 perusahaan paling dikagumi itu bisa menjadi pilar yang kokoh bagi terus mekarnya kemakmuran di tanah air.

Visi bisnis yang cemerlang, dipadu dengan sistem manajemen yang solid serta mutu SDM/manajer yang tangguh selalu akan berakhir dengan cerita sukacita : sustainable business growth, optimum profit dan reward yang atraktif bagi para anggotanya dan manajernya.

Selamat bekerja, sodara-sodara. Semoga suatu saat kantor tempat kita berkpirah juga bisa mencatat prestasi yang layak dikagumi nan cetar membahana.

Download secara gratis 4 Buku Bisnis dan Motivasi yang sangat bagus – DISINI.

Photo credit by : Diego Silva @flickr.com

Photo credit by : Paul Bica @flickr.com

NOTE :
Mau update artikel2 mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja invite PIN BBM saya : 583 4191B. Atau invite + save no WA saya di 0812 8644 8789. Bagi yg invite, akan saya berikan BONUS tiga ebook bagus tentang mindset, kebebasan finansial dan cara meraih karir impian. Slide BiruPakar Hijau

30 comments on “Peringkat 10 Perusahaan Paling Dikagumi di Indonesia
  1. CETAR MEMBAHANA…!!!

    manis sekali, semoga saja lewat tangan-tangan para pengusaha generasi muda Indonesia, negeri kaya ini menjadi pemimpin dunia di masa mendatang, amin

    hatur nuhun pak Yod

  2. kalo di bukunya Seth Godin, ” small is big ” perusahaan besar bukan berarti “surga” bagi para pekerjanya, karena bila semua aspek kehidupan bisa berjalan ideal saat menjadi bagian perusahaan kecil, kenapa harus mencari lagi perusahaan besar ? :)

  3. Salam Hangat,

    Dalam hal ini simple question nya adalah apakah perusahaan yang di kagumi memberikan distribusi untuk negera dan masyarakat dengan dasar dari pertumbuhan profit dan asset serta motivation employee di dalamnya? kalau ini mewakili pertanyaan di atas maka perusahaan tersebut layak menjadi perusahaan yang di kagumi…….

    Salam,
    Pras

  4. Tapi sepertinya sulit tanpa sistem dan Sumberdaya Manusia yang Sinkron, mereka benar-benar bisa menyeimbangkan antara Sumber Daya Manusia dan sistem yang ada. Thanks Pa Yoda, artikelmu jadi inspirasi.

  5. Sempat tercengang membaca judulnya, tetapi setelah tidak menemukan indikator dari kriteria yang valid dalam pemeringkatan perusahaan paling dikagumi tersebut rasa penasaran saya mulai luntur.

    Seharusnya tidak melalui survey, tetapi menggunakan data primer dari masing-masing perusahaan yang sesuai dengan kriteria untuk bisa disebut sebagai perusahaan terbaik.

  6. smoga perusahaan2 besar diatas tdk menggoyahkan para manajer handal
    utk berubah haluan mjd entreprenuer sukses

  7. Sudah lebih dari 2 bulan mungkin, saya meninggalkan blog ini karena UN dan juga persiapan SBMPTN.

    terus berkarya kak yodhia! :-D

  8. Astra Agro Lestari kan anak perusahaannya astra international… Apa ga jadi rancu? United Traktor (semoga saya salah) bukannya juga anak perusahaan Astra International?

    Kriterianya apa pak? apakah bisa holding company dibandingkan dengan unit usahanya?

    Thanks

  9. waduh bingung, banyak perusahaan gede di Indonesia, tapi kita kok selalu terbelit masalah finansial, harusnya makin banyak perusahaan gede penghasilan dari pajak juga gede dong

  10. I do not even know how I finished up right here, but I thought this post was great.
    I don’t know who you are however definitely you’re going to a famous blogger should you aren’t already. Cheers!

  11. ini dikagumi dari segi apanya ya? dari besarnya laba, dari jumlah penghargaan yang di dapat, dari peningkatan laba, dari penguasaan pasar, manajemen perusahaan atau dari apa?

  12. Menurut saya yg harusnya menjadi TOP RATTING adalah perusahaan yang tidak bergerak di bidang explotasi sumber daya alam dan tidak merusak lingkungan… (y)

  13. setuju sama komen terakhir, perusahaan yang layak dikagumi yaitu perusahaan yang mampu melakukan bisnisnya untuk memberikan manfaat bagi bangsa dan masyarakat dunia dengan lebih kreatif dan berdasarkan prinsip-prinsip kemanusiaan, tidak melulu profit atau omset yang menjadi fokus.

    yang menjaga kelestarian alam, mensejahterakan masyarakat, mengedukasi masyarakat menjadi masyarakat yang lebih baik.

    mestinya indikasi yang seperti ini yang menjadi acuan penilaian.

  14. Aku paling suka Unilever, karena produk-produknya selalu bagus (terutama Pepsoden dan Lifebuoy).

    Shampo Lifebuoy paling nyaman dipakai. Rambutku tidak pernah berminyak kalau memakai shampoo Lifebuoy (tidak seperti shampo lainnya yang aku pernah pakai).

    Pepsoden juga enak dipakai untuk sikat gigi. Gigiku selalu tampak bersih dan mulut terasa segar kalau pakai Pepsoden.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!