7 Basic Digital Skills yang Harus Anda Kuasai di Era Smartphone

Dalam era digital dan smartphone seperti saat ini, kecakapan digital yang bersifat basic mungkin harus dikuasai. Setidaknya jilka Anda sudah lulus pendidikan sarjana S-1, maka 7 basic digital skills ini kudu bisa dipraktekkan.

Gaptek atau gagap teknologi mungkin masih bisa dimaafkan jika disampaikan 15 tahun silam. Not now. Menjadi gaptek di era smartphone hanya akan membuat kita tampak “aneh” di hadapan kecanggihan teknologi gadget.

Jangan biarkan kita hanya menjadi korban modernisasi gadget, tanpa pernah bisa menguasai 7 basic digital skills berikut ini.

So apa saja 7 basic digital skills yang layak kita kuasai? Berikut daftarnya.

Digital Skills 1 : Backing Up to the Cloud. Semoga Anda semua sudah tahu apa itu istilah cloud. Cloud computing atau komputasi awan bermakna : kita menyimpan seluruh data kita pada penyedia server seperti Dropbox atau iCloud atau Amazon Cloud Services.

Kita tak lagi harus risau saat file di laptop kita corrupt, atau flashdisk tempat kita menyimpan data hilang etah kemana. Dengan cloud, kita bisa setiap waktu mengakses seluruh file data kita, dimana pun kita berada, sepanjang ada koneksi internet.

Digital Skills 2 : Converting File Formats. Kadang kita ingin mengubah format file kita ke PDF agar tidak bisa di modifikasi oleh pengguna lain. Atau kita ingin mengubah format video dari MP3 ke format WMA agar video itu bisa juga kita akses dan nikmati.

Ketrampilan mengkonversi format file adalah ketrampilan dasar yang mungkin juga perlu dimiliki oleh digital generations.

Digital Skills 3 : Microsoft Office. Jangan-jangan ada diantara Anda yang masih belum bisa memakai powerpoint atau excel. Mudah-mudahan tidak begitu.

Microsoft Office pada akhirnya memang merupakan salah satu kejaiban dunia modern yang membuat jutaan pekerja kantoran terbantu. Tanpa ketrampilan MS Office, mungkin kita tak akan pernah bisa menyelesaikan pekerjaan dengan efektif.

Digital Skills 4 : Setting Up Website or Blog and Domain. Sesungguhnya generasi digital sejati kudu menguasai skill ini. Dengan itu, kita mungkin bisa ikut berperan sebagai “digital content creator”, dan bukan sekedar “passive digital consumer”.

Saya membayangkan, kecakapan nomer empat ini menjadi salah satu pelajaran wajib di setiap SMA; dan menjadi salah satu syarat untuk lulus sekolah.

Digital Skills 5 : HTML dan Basic Coding. Tak perlu yang terlalu canggih namun cukup yang mendasar saja. Misal : bagaimana memasang foto agar letaknya pas dengan halaman web kita.

Setelah bisa membuat blog atau web, ketrampilan basic coding yang akan membantu kita membuat tampilan blog menjadi lebih wow (misal seperti blog yang sedang Anda baca ini).

Digital Skills 6 : Personal Online Branding. Ada facebook, ada twitter dan ada juga LinkedIn. Dan mungkin personal blog yang kita punya. Atau layanan mini blog seperti about.me. Ada juga youtube dan slideshare (tempat berbagi slide presentasi).

Pertanyaannya : bagaimana kita memanfaatkan semua medium diatas untuk mempromosikan “our personal branding”. Jika orang meng-googling nama Anda, apa yang muncul di halaman pertama, dan apa saja isinya?

Anda harus bisa meninggalkan jejak digital yang kuat dan impresif. Sebab semuanya pasti akan tercatat dalam mesin Google.

Suatu saat, jejak digital yang kuat itu barangkali akan memberikan sumbangan besar bagi perjalanan karir atau kehidupan profesional Anda.

Digital Skills 7 : Digital Learning. Kita bisa memanfaatkan Facebook hanya untuk haha hihi atau juga untuk jadi arena pembelajaran yang monumental (ada begitu banyak sumber ilmu yang terbentang di balik ratusan PAGE facebook, asal kita tahu saja).

Youtube ternyata juga memiliki puluhan channel yang wow, dan menawarkan beragam ilmu yang rancak.

Kita juga bisa menggunakan twitter sekedar untuk celoteh, atau sebagai medium ampuh to learn digitally.

Dan tentu saja kita bisa membaca web sekedar untuk baca berita blah blah blah atau untuk menekuni web-web yang kaya akan ilmu pengetahuan.

Skills digital yang terakhir ini membuat kita menjadi “active digital learner” yang bisa memanfaatkan semua medium yang ada (FB, twitter, youtube, blog, slideshare) sebagai arena pembalajaran dengan mutu yang tinggi.

Demikianlah 7 Basic Digital Skills yang kiranya layak kita kuasai.

Era digital dan smartphone berjalan dengan penuh gemuruh. Dengan 7 basic skills ini, kita mungkin bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk merawat masa depan yang lebih indah.

———————

Anda pilih Misqien atau Kaya? Dapatkan Ebook yang Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Kekayaaan dan Financial Freedom. Gratis. Download DI SINI sekarang juga. Atau klik gambar di bawah.

Related Post

Revolusi Big Digital Data : Saat Arah Masa Depanmu dengan Mudah Bisa Ditebak Minggu lalu telah dibentangkan sejumlah fakta yang cukup mengejutkan tentang ledakan data-data digital. Misal dalam satu hari saja : terdapat 2,8 mily...
5 Digital Megatrends yang akan Mengubah Kehidupan Digital Kita Welcome to digital life. Everyone is invited. Begitu bunyi slogan yang pernah kita dengar. Faktanya, medium digital (dengan segala pernik gadgetnya) t...
Telkom dan IndiHome : Raksasa Digital yang Kehilangan Arah dan Kebingungan Ditengah gemuruh revolusi digital yang terus melaju, Telkom Indonesia seperti raksasa yang limbung dan berjalan terhuyung-huyung. Setelah layanan t...
25 comments on “7 Basic Digital Skills yang Harus Anda Kuasai di Era Smartphone
  1. Alhmadulillah saya sudah familiar semua yg pak Yodhia sebutkan, bahakan sudah bisa buat website, walaupun saya bukan basic dari tekhnologi informasi, dan syukur alhamdulillah efek positip itu sangat terasa sekali, mudah2an terus berkembang dan berefek pada penghasilan yang lebih baik.. Amiiin.

    Thanks pak Yodhia,
    Have a nice Monday 🙂

    AA’
    online publish support Puri Setiabudhi Residence Hotel Bandung

  2. nomor 7, digital learning, mungkin belum banyak digali lebih dalam oleh para mahasiswa di Indonesia.

    Semoga ada khan academy ala Indonesia 🙂

  3. Yang paling disayangkan pengguna internet khususnya kaum pelajar adalah penggunaan Facebook dan youtube pak… mulai dari nama account (misal chikacuantiqselalu dst nya) kualitas posting.. terkadang cuma posting tidak penting (menggerutu,, menyindir orang lain dsbnya… kalau youtube hanya untuk melihat video gak jelas atau download file gak jelas… saya dukung Pak Yodh… bagaimana kita memperjuangkan mapel berinternet sehat masuk kurikulum…

  4. Dimulai dari 7 basic skill…yg sgt bermanfaat ini, selanjutnya, smg ada bocoran dari pak yod untuk advance skillx..Thanks.Jazakumullahkhair

  5. Arya (5) : untuk investasi bisa masuk ke skill 7 digital learning. Ada banyak web di luar sana yang kaya akan ilmu ttg investing. Isinya bagus-bagus.

    Tema investing adaalah salah satu yang paling banyak dibahas dalam web atau blog luar negeri.

  6. Aduh, HTML dan basic coding masuk ya? Semoga skill no 7 bisa dimaksimalkan sebagai solusinya. Intinya, banyak belajar dan aktif.

    Poin lainnya, semoga dunia persekolahan (bukan dunia pendidikan) mampu menemukan/memperkuat esensi yang hanya bisa dilakukan sekolah. Dunia semakin penuh dengan pendidikan online dan para pembelajar otodidak.

  7. Terima kasih banyak pak yodhia yang baik dan super.
    Setiap senin saya selalu mendapat pencerahan dari bapak yang sekaligus dapat meng update pengetahuan saya, saya sangat berterima kasih pada pak yodhia yang sudah mau berbagi ilmu yang sangat bermanfaat bagi saya pribadi khususnya serta semua khalayak di dunia maya secara umum.
    Semoga pak yodhia selalu menjadi semakin sukses

    Sony
    advertisingbandung.blogspot.com
    Jl. Kinabalu 3 No 20
    Grand Pinus Regency
    Bandung 40294
    081 222 131 128 pin 2776AA90

  8. mantab pak yodhia, poin nomor 7 adalah hal yang paling sering saya lakukan, internet memang begitu luar biasa mendedahkan ilmu yang sakti

    namun sayang nya poin nomor 6 yang paling tidak sering saya lakukan #SaatnyaEvaluasiDiri 🙂

  9. Yang terakhir itu penting banget tuh. Kita bisa menguasai yg enam skill sebelumnya dengan belajar dari internet. Saya sering gitu soalnya. Pengen bisa ini-itu, tinggal cari caranya di Google, hehe….

  10. era digitalisasi kini mungkin menjadi ideologi tersendiri, terutama secara eksplisit berlaku untuk perusahaan besar dewasa ini.

    sebagian besar kita selama ini hanya memanfaatkan fungsi dasar teknologi yang tersedia, tidak atau belum memanfaatkannya untuk hal2 lainnya.

    seperti misalnya memanfaatkan FB untuk chatting, upload foto, dan sebagainya yang dasar.

    tetapi jika kita berpikir luas dan beraktivitas dalam gulungan serba digital, maka media sosial seperti FB sangat bisa kita manfaatkan sebagai modal untuk berbagai hal penting, seperti salah satunya seperti kata admin, Personal Branding, dan lainnya yang salah satu di antaranya tentu saja media promosi.

    nice posting

  11. nah…ini nih..ilmunya mantab…buat yang masih gaptek kayak saya gini sangat berarti ilmunya..makasih…silakan kunjungi blog saya dan berikan masukan…makasih

Comments are closed.

Pilih Kaya atau Misqien?

Dapatkan Buku yg Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Financial Freedom yg Barokah. GRATIS!