Indonesian Business Person of the Year 2013

Tahun 2013 sebentar lagi akan berakhir. Lalu siapa sosok bisnis yang telah menorehkan jejak yang mendalam di sepanjang tahun 2013 ini? Sosok bisnis yang mungkin bisa membentangkan sejumput inspirasi dan harapan akan masa depan yang gemilang?

Dunia bisnis tak pernah kekurangan figur-figur menjulang yang visioner. Dunia bisnis juga tak pernah sepi dari sosok yang selalu bisa menebarkan kejutan inovasi tak terduga.

Jadi, siapa sosok yang layak dipilih sebagai Indonesian Business Person of the Year 2013? Berikut tiga figur yang layak dinominasikan.

Tak banyak kriteria yang digunakan dalam memilih sosok Indonesian Business Person of the Year 2013, selain bahwa ia telah melakukan sejumlah gebrakan bisnis di tahun 2013 ini.

Ada banyak figur bisnis yang cemerlang di tanah air. Namun tak semuanya melakukan langkah bisnis fenomenal di tahun 2013 ini.

Tiga figur berikut dipilih semata-mata karena mereka telah menorehkan jejak yang layak dikenang dalam periode tahun 2013 ini.

Figur Bisnis # 1 : Erick Thohir. Sosok ini adalah pemilik usaha Grup Mahaka (radio Prambors, Female radio, harian Republika, dan Vivanews). Satu langkah fenomenal yang ia lakukan di tahun 2013 ini adalah : membeli mayoritas saham klub sepakbola legendaris, Inter Milan.

Nilai akuisisinya sekitar Rp 5 trilun. Bukan jumlah uang yang sedikit. Pertimbangan bisnis mutlak jadi pemicu, mengingat besarnya uang yang dipertaruhkan. Dalam jangka panjang, Erick mungkin berharap investasinya itu bisa tumbuh berlipat (dengan asumsi Inter Milan kembali menjadi scudetto).

Visi bisnis Erick Thohir benar-benar diuji, setelah ia juga terpilih menjadi Presiden Inter Milan (menggantikan sang legenda bernama Massimo Morratti). Tak mudah mengelola bisnis klub sepakbola dengan sejarah kebesaran yang mendunia.

Apapun hasilnya, gebrakan Erick Thohir dengan membeli Inter Milan membuat ia layak di-nominasikan sebagai Indonesian Business Person of the Year 213.

Figur Bisnis # 2 : Sosok kedua yang juga layak dinominasikan menjadi Indonesian Business Person of the Year 2013 adalah seorang perempuan matang nan rupawan. Namanya : Karen Agustiawan. Jabatan : CEO Pertamina.

Di tahun 2013 inilah untuk pertama kalinya ada perusahaan Indonesia (yakni Pertamina) masuk dalam Peringkat Fortune 500 (peringkat 500 perusahaan terbesar di dunia dari segi revenue). Pertamina, dengan revenue Rp 600 triliun – jauh malampaui perusahaan Indonesia lainnya seperti Astra dan Bank Mandiri – langsung duduk di peringkat 122.

Sejak didapuk menjadi CEO Pertamina, Karen gigih melakukan proses transformasi SDM dan organisasi di lingkungan Pertamina. Ia juga aktif melakukan ekspansi bisnis, dan ngotot mengambil alih pengelolaan ladang-ladang minyak yang selama ini telanjur dikuasai operator minyak asing (setelah kontrak berakhir tentunya).

Ibu muda yang masih tampak cantik ini dulunya dianggap underdog, dan banyak yang under estimate dengan kecakapannya. Namun mungkin karena sentuhan keibuannya, ia justru relatif mulus dalam melakukan proses transformasi bisnis di Pertamina.

Figur Bisnis # 3 : Sosok terakhir yang juga layak dinominasikan sebagai Indonesian Business Person of the Year 2013 adalah CEO PT. Kereta Api Indonesia, bernama Ignasius Jonan.

Jangan pernah meremehkan kekuatan kereta api : inilah sejatinya moda yang paling ampuh untuk memecah kebuntuan lalu lintas yang makin macet. Jaringan kereta api (dalam kota dan antar kota) punya potensi ampuh sebagai solusi transportasi publik di masa depan.

Semenjak jadi CEO KAI, Jonan aktif melakukan berbagai gebrakan untuk membuat layanan kereta api menjadi lebih beradab, nyaman dan efisien. Berbagai langkahnya untuk membuat KAI makin maju membuat ia tahun ini juga dinobatkan sebagai Best BUMN CEO.

Meski jalan masih panjang, Jonan relatif berhasil dalam melakukan sejumlah perubahan yang signifikan dalam mentransformasi Kereta Api Indonesia.

Itulah tiga figur yang layak di-nominasikan menjadi Indonesian Business Person of the Year 2013 : Erick, Karen dan Jonan.

And the winner goes to : Erick Thohir. Inilah sosok yang kiranya paling pas dijadikan Indonesian Business Person of the Year 2013.

Keberanian Erick untuk melakukan ekspansi global dengan membeli klub legendaris Inter Milan adalah keputusan bisnis yang fenomenal di tahun 2013 ini. Kisah pembelian Inter Milan ini layak dianggap sebagai simbol ekspansi global yang harus terus dirayakan.

Erick masih muda. Namun ambisi bisnisnya yang mendunia, dan penaklukkan Inter Milan-nya adalah “potret imajinasi anak muda yang visioner”.

Congratz Erick Thohir. Forza Interisti. Bravo Nerazzuri.

Anda pilih Misqien atau Kaya? Dapatkan Ebook yang Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Kekayaaan dan Financial Freedom. Gratis. Download DI SINI sekarang juga. Atau klik gambar di bawah.

Related Post

Indonesian Business Person of the Year 2012 Tradisi pemilihan Man of the Year (kemudian diubah menjadi Person of the Year) sejatinya dimulai oleh majalah legendaris Time, sejak tahun 1927 silam....
4 Amazing Business DECISIONS in Indonesia Business DECISIONS. Pada akhirnya, parade sejarah bisnis yang begitu panjang di jagat ini selalu berawal dari sebuah keputusan. Atau keberanian untuk...
Business Moment of the Year 2014 Senyampang dengan akan berakhirnya tahun 2014 ini, maka sajian kali ini akan menghadirkan narasi menggugah tentang Business Moment of the Year 2014. M...
17 comments on “Indonesian Business Person of the Year 2013
  1. Sedikit banyak Pak Ketut Mardjana,Ph.D juga telah mengubah wajah Pos Indonesia menjadi lebih baik..Kalo saya pribadi rasakan banyak juga Rising Star CEO periode 2009 hingga sekarang karena ‘berdjoeang’ melakukan Change Management yang ciamik di seluruh organ tubuh perusahaan..Sukses buat ketiga Business Person diatas, semoga bisa muncul juga kriteria “Startup Business Person of The Year 2013” dari kalangan muda..

  2. Langkah pak Erick sungguh kuar biasa menjadi contoh ekspansi pebisnis Indonesia yang fenomenal begitu ula dengan CEO Pertamina yang sekarang,semoga pertamina bisa menjadi salah satu perusahaan perminyakan di dunia yang bisa di perhitungkan oleh dunia luar.

  3. pak jonan memang luar biasa, saya yang rutin bolak-balik jakarta-solo merasakan tahap demi tahap perbaikan yang dilakukan oleh PT KAI, dari yang semula umpel2an, panas, banyak pedagang asongan, WC tidak sedap (u/ Kelas Ekonomi dan Bisnis) sekarang sudah berubah semua, sangat tertata, dingin (karena semua pakai AC), sudah tidak ada lagi pedagang asongan yang keluar masuk (cuma ada di bbrp stasiun setelah cirebon) dan WC tidak bau, salut buat pak jonan

  4. Cukup banyak pebisnis Indonesia yang bisa menjadikan inspirasi untuk kita semua melihat dari ekspansi bisnis yang dijalankan dan profit yang didapatkan dalam kurun waktu 2013 ini, saya yakin pasti sulit untuk menentukan siapa yang paling jumawa diantara mereka.

    Harapannya adalah semoga mereka juga bisa menjadi teladan bagi orang-orang muda bagaimana menjalankan bisnis dengan cara yang benar dan jujur serta bisa berkontribusi sosial lebih besar.

    Terima kasih pak Yodhia atas sajian rutin Senin paginya.

    Sukses untuk pak Yodhia

  5. sedihnya, prestasi bu Karen dan pak Ignatius ternodai dengan kecelakaan yang mengerikan pagi ini, KRL dan truk tangki, yang keduanya dimiliki PT KAI & Pertamina 🙁

  6. Pak Jonan luar biasa dalam menata BUMN yang sebelumnya rugi berpuluh-puluh milyard kemudian membukukan laba ratusan milyard setelah Pak Jonan memimpin.

    Dengan karyawaran berjumlah 27 ribu Pak Jonan menata BUMN ini mulai dari mental para karyawannya.

    Dia mengubah mental “dilayani” menjadi mental “melayani”. Transportasi publik wajib memiliki pemimpin seperti Pak Jonan.

    Mau desain rumah Anda nyaman dan indah silahkan kunjungi: desaingriya.com

  7. Artikel ini sudah cukup lama, berkisar 2 bulan sejak komentar ini dibuat dan memang saya telah ketinggalan.

    Tapi tak apa, toh walaupun 2013 artikel ini tetap menarik. 🙂 Soal Erick Tohir, dia memang sangat menggebrak tahun 2013 dengan mengambil saham Nerazzuri (Inter). Well, kita lihat saja nanti apakah bisnisnya menemui keberhasilan, dan semoga saja berhasil. Good luck Erich Tohir dan pak Yodhia!

    Semoga bisnisnya makin lancar. 😀

Comments are closed.

Pilih Kaya atau Misqien?

Dapatkan Buku yg Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Financial Freedom yg Barokah. GRATIS!