Business Moments of the Year 2013 : 4 Momen Bisnis Paling Historis di Tahun ini

Momen bisnis historis apa saja yang telah terjadi di sepanjang tahun 2013 ini? Yang layak dikenang dan ditabalkan sebagai Business Moment of the Year 2013?

Peristiwa bisnis yang dramatis bisa mendedahkan berkeping pelajaran tentang strategi inovasi, siasat bisnis ataupun juga tentang tren masa depan. Juga tentang bagaimana kejadian bisnis itu telah ikut membentuk wajah peradaban dunia.

Maka di penghujung tahun 2013 ini, kita layak melakukan refleksi : mengenang memorable business moment apa saja yang telah terjadi di tahun ini.

Berikut daftar kejadian-kejadian bisnis historis yang layak dikenang di tahun 2013.

Ada dua kategori business moment yang mau diulik disini, yakni yang terjadi pada skala internasional ataupun juga di level nasional (dalam negeri).

Dalam skala global, salah satu babakan bisnis yang paling bersejarah di tahun 2013 ini adalah kejatuhan Nokia, yang kemudian resmi dicaplok oleh Microsoft.

Bulan September 2013 akan selalu dikenang sebagai sejarah muram oleh jutaan penduduk Finlandia. Sebab di bulan itulah, ikon kebangaan mereka yang telah berusia ratusan tahun, resmi dijual ke Microsoft.

Sejarah Nokia yang pertama kali berdiri di tahun 1871 (atau 142 tahun lalu) mungkin akan berubah secara signifikan setelah mereka di-akuisisi oleh raksasa pembuat aplikasi komputer.

Kejatuhan Nokia adalah kisah klasik yang selalu berulang dalam perang inovasi. Babakan historis ini kian meneguhkan kredo yang kudu terus dipeluk erat : either you innovate or die.

Tanpa kecepatan merilis produk baru yang inovatif, sebuah bisnis niscaya akan terkubur digilas roda kompetisi. Tanpa ampun. Tak peduli perusahaan itu adalah sang legenda seperti Nokia, Blackberry atau Kodak.

Kejatuhan tragis Nokia layak dinobatkan sebagai Business Moment of the Year 2013.

Peristiwan lain dalam skala global yang layak dikenang, juga dengan duka yang lirih adalah ini : kematian Winamp.

Pada bulan November lalu, Winamp resmi mengumumkan bahwa layanan mereka akan ditutup selamanya pada tanggal 20 Desember minggu ini. RIP Winamp (April 1997 – Desember 2013)

Pada masanya, Winamp adalah legenda. Siapa yang tak kenal namanya. Digital music berutang budi begitu banyak pada layanan pemutar musik MP3 ini.

Kotak aplikasi Winamp yang terkenal itu pasti telah banyak menghiasi laptop di segenap penujuru jagat. Jutaan orang mendengar alunan musik dari aplikasi ini. Thanks Winamp for your great contributions.

Itulah babakan bisnis historis yang terjadi dalam arena global. Lalu, apa saja peristiwa bisnis bersejarah yang terjadi dalam lansekap bisnis di tanah air?

Sejatinya, tidak ada peristiwa bisnis yang amat menonjol di tahun 2013 ini, dalam panggung bisnis nasional. Namun demikian, ada dua momen yang mungkin layak dikenang, sebab ia akan memberikan dampak dramatis hingga puluhan tahun ke depan.

Yang pertama adalah peristiwa diresmikannya jalan tol yang melayang diatas laut, di pulau Bali (pertama kali di Indonesia). Diresmikan pada September 2013, jalan tol ini membentang indah di atas laut pulau Bali yang sudah terkenal eksotis.

Pembangunan jalan tol itu dilakukan oleh konsorsium BUMN seperti Jasa Marga, Adhi Karya dan Hutama Karya. Semua dilakukan oleh insinyur-insinyur lokal, dan pembangunan selesai lebih cepat dari target waktu yang ditetapkan (sebuah prestasi yang layak di-apresiasi).

Beberapa kali saya melewati jalan tol di atas laut itu. Keren memang. Membuat bangga dan sekaligus menerbitkan optimisme akan masa depan ekonomi Nusantara.

Pembangunan jalan raya atau jalan tol itu pasti akan berdampak signifikan bagi ekonomi tanah air, khususnya lagi pulau Bali.

Sebab kita tahu, jalan raya + rel kereta api + pelabuhan adalah tiga pendekar sejati dalam pembangunan ekonomi bangsa. Bukan mal. Atau toko gadget.

Momen historis yang kedua baru terjadi minggu lalu. Tepat tanggal 9 Desember 2013, proses ground breaking Pertamina Energy Tower dimulai. Bismilah. Menara ini akan menjulang setinggi 99 lantai, 530 meter dan menjadikannya sebagai menara tertinggi ketiga di dunia (mengalahkan menara kembar Petronas juga).

Tak pelak, Pertamina Energy Tower yang dibangun di kawasan Rasuna Said Jakarta ini, kelak akan menjadi landmark baru Indonesia. Mungkin bisa jadi simbol kebangkitan ekonomi Indonesia yang akan menjadi nomer 7 dunia di tahun 2030 (menara Pertamina ini butuh waktu 7 tahun untuk selesai. Rencana akan diresmikan Desember 2020).

Dua momen bisnis tersebut, peresmian jalan tol yang melayang di atas laut dan menara Pertamina 99 lantai tertinggi ketiga di dunia, niscaya akan memberikan dampak dramatis yang amat panjang bagi wajah bisnis Indonesia di masa depan.

Demikian sejumlah babakan bisnis historis yang telah terjadi di sepanjang 2013 ini, baik pada skala global ataupun skala nasional.

Ada duka lirih yang menyelinap. Ada optimisme masa depan yang terus di-selebrasikan. Pada akhirnya, sejarah bisnis akan terus melangkah. Dan akan terus memberi jejak bagi perjalanan peradaban dunia.

Photo credit by : Paul Bica at Flickr.com

Anda pilih Misqien atau Kaya? Dapatkan Ebook yang Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Kekayaaan dan Financial Freedom. Gratis. Download DI SINI sekarang juga. Atau klik gambar di bawah.

Related Post

Business War : Taman Kematian bagi Bad Management Skills Padang kurusetra bernama perang bisnis itu selalu saja meninggalkan duka bagi mereka yang terluka. Microsoft sudah lama mengalami stagnasi. Dell kini...
Business Moment of the Year 2014 Senyampang dengan akan berakhirnya tahun 2014 ini, maka sajian kali ini akan menghadirkan narasi menggugah tentang Business Moment of the Year 2014. M...
Business Book of the Year 2014 Buku bisnis apa yang layak dinobatkan sebagai Business Book of the Year 2014? Buku bisnis yang ditulis oleh penulis Indonesia, yang bisa dipilih sebag...
18 comments on “Business Moments of the Year 2013 : 4 Momen Bisnis Paling Historis di Tahun ini
  1. jalan tol yang melayang diatas laut, di pulau Bali (pertama kali di Indonesia),jalan tol ini membentang indah di atas laut pulau Bali yang sudah terkenal eksotis, apalagi saat sunset, ????

  2. Ada juga peristiwa yang masih kita rasakan dan belum tahu kapan ujungnya di tahun 2013 ini, di ranah nasional kita, yaitu melemahnya nilai rupiah hingga kisaran Rp 12,000 terhadap US Dolar ………yang juga merepotkan penjual tempe.

  3. mengenaskan
    itulah kenapa kita di tuntut untuk selalu “berinovasi”, biar tidak termakan yang namanya jaman.hehehe

  4. Renyah banget… dan selalu renyaaahh gak pernah melempem. Keep writing and keep sharing for the light here and after…

  5. Pak Yodhia… Saya mohon izin unduh bahan2 serial presentasi manajemen yang Bapak punya ya.
    Tks, Salam sukses.

    -irfan-

Comments are closed.

Pilih Kaya atau Misqien?

Dapatkan Buku yg Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Financial Freedom yg Barokah. GRATIS!