9 Powerful Tools untuk Mengembangkan Kompetensi dan Mengubah Nasibmu

Every great company is always built by great people. Kompetensi SDM yang cetar membahana adalah kunci untuk melejitkan kinerja perusahaan ke arah masa depan yang gemilang.

Apple. Astra International. Citibank. Uniliever. Inilah contoh nama perusahaan kaliber dunia yang unggul karena selalu fokus dalam membangun kekuatan human capital-nya.

Problemnya : tak banyak pengelola SDM di tanah air yang cerdik dalam menumbukan kompetensi pada karyawannya. Akibatnya, banyak karyawan yang kompetensinya mandek dan nasibnya menjadi muram. Kenyataan yang teramat pahit.

Maka kita nikmati sajian ini dengan seduhan pahitnya secangkir kopi yang hangat.

Kenapa Departemen HRD atau HRD Manager acapkali galau dalam mengelola dan mengembangkan kompetensi SDM di perusahaan tempat mereka bekerja?

Mungkin karena mereka terlalu sibuk dengan urusan administratif, absensi, ijin cuti, urusan seragam, dan hal-hal rutin yang menyita waktu (meski mungkin tak terlalu important. Urgent but not important).

Sebab lain – yang lebih fundamental – adalah karena acapkali para pengelola SDM di banyak perusahaan tidak punya tools dan instrumen yang powerful untuk mengelola kompetensi.

Ibaratnya mau pergi perang tapi tanpa perlengkapan dan amunisi yang memadai. Lhah kapan bisa menangnya?

Nah, kini ada kabar gembira untuk Anda semua.

Untuk membantu para pengelola HRD di berbagai perusahaan, saya mencoba menghadirkan 9 Powerful Tools to Enhance People Competency.

Sembilan toosl, templates dan instrumen ini dibangun berdasar standar kelas dunia, dan punya manfaat ampuh untuk melejitkan kinerja SDM di organisasi Anda (atau bahkan diri Anda sendiri).

Dengan kata lain, Anda bisa mengubah nasibmu jika benar-benar tekun menerapkan 9 Powerful Tools ini dalam pekerjaan Anda sehari-hari.

9 Powerful Templates and Tools ini adalah sbb :

1. Kampus Kompetensi Soft Skills dan Hard Skills. Bagaimana Anda bisa mengembangkan kompetensi, kalau jenis kompetensi yang Anda perlukan tidak tahu?

2. Employee Satisfaction Survey – Kuesioner dan Laporan Lengkap Survei Kepuasan Karyawan. Bagaimana Anda bisa meningkatkan produktivitas karyawan, kalau tingkat kepuasan kerja mereka termehek-mehek?

3. Dua Set Lengkap Instrumen Assessment Center. Dua set instrumen yang amat powerful untuk mengukur level kompetensi Anda dan tim, serta juga jajaran manajer di perusahaan Anda. Setelah tahu kamus kompetensinya, ya instrumen ini yang harus di-aplikasikan.

4. Program Strategis Departemen HRD. Kalau selama ini Anda bingung bagaimana menyusun program HRD yang smart dan powerful, ya ini contoh nyatanya. Contoh riil. Langsung bisa Anda gunakan untuk mendesain your strategic programs.

5. Training Plan lengkap dengan silabus dan kurikulumnya. Butuh berbulan-bulan kalau Anda mau menyusun tools powerful seperti ini. Kalau Anda mau meniru langkah sistematis Astra dalam membangun SDM-nya, tools ini adalah bekal yang amat berharga untuk memulainya.

6. Daftar Pertanyaan Competency-based Interview. Contoh lengkap pertanyaan interview berbasis kompetensi untuk 10 jenis kompetensi paling kritikal.

Ssst, kalau Anda mau pindah kerja dan tes wawancara, Anda dilarang keras mempelajari tools rahasia ini (bocoran : sebab pertanyaan dalam tools ini yang biasa digunakan perusahaan-perusahaan multinasional dalam menseleksi para pelamarnya).

7. Tabel Salary Grade dan Skala Compensable Factors. Woohoo. Kalau Anda penasaran kenapa gaji Anda cuma sekian, ya inilah formula dan biang keladi dibalik penentuan besaran gaji Anda. Tools ini sebaiknya HANYA diketahui oleh HR Managers; jangan dibuka untuk semua karyawan.

8. Katalog KPI untuk Beragam Fungsi dalam Organisasi/Perusahaan. Jujur saja, kalau saya di-hire untuk menyusun daftar KPI di berbagai perusahan, saya mengenakan fee sebesar Rp 60 jutaan untuk membuatnya. Sekarang saya menghadirkan katalog KPI lengkap ini untuk Anda. Keren kan?

9. Template Form Performance Appraisal Berbasis KPI. Kalau penilaian karyawan di kantor Anda masih memiliki unsur like and dislike, ya segeralah pakai form  ini. Tools ini secara lengkap menyajikan cara menilai karyawan berdasar KPI yang obyektif dan terukur.

Penasaran kan dengan isi 9 Powerful Tools ini? Wajar karena memang 9 Tools ini yang biasa dipakai perusahaan multinasional untuk mengembangkan kompetensi SDM-nya.

KABAR GEMBIRA KEDUA untuk ANDA SEMUA.

Anda bisa mendownload semua powerful tools itu DISINI.

Segera KLIK DISINI untuk mendapatkannya. Lalu, pelajari dan terapkan 9 Tools itu untuk kejayaan organisasi Anda. Juga demi mengubah NASIB hidup Anda.

Salam sukses mulia.

banner 6 banner 7

6 comments on “9 Powerful Tools untuk Mengembangkan Kompetensi dan Mengubah Nasibmu
  1. Apa yang pak Yodhia berikan semuanya aplikatif, bagus sekali
    Semua artikel atau slide presentasi, semua saya kumpulkan.

    Akan saya jilid jadikan buku, dengan covernya foto pak Yodhia

    Wawasan saya jadi terbuka. Ilmunya mau saya sebarkan ke teman-teman saya di lingkungan RUmah Sakit.

    Sapai jumpa pak

    Heru Kusumanto

  2. Benar2 bacaan wajib yg sebenarnya mudah diimplementasikn oleh para manager terutama HRD manager.

    Betul sekali, HRD-manager lebih sering disibukkan oleh hal2 yg “urgent but not-important” plus paham-pragmatis yg gak-etis, getolnya cuma nego-komisi dg perusahaan out-sourching dan perusahaan asuransi kesehatan.

    Salut buat mas-Yodia…

  3. ternyata selain hanya modal semangat tapi ke 9 materi diatas sangatlah dibutuhkan.

    apalagi untuk sebagai karyawan dan juga calon pekerja supaya mengerti akan pentingnya kualitas dan juga bagaimana keinginan perusahaan dalam menyeleksi karyawannya.

    artikel yang bermanfaat sekali pak yodhia

Comments are closed.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!