Yodhia Antariksa Konsultan Manajemen Kinerja dan Pakar dalam Penyusunan KPI serta BSC

Yodhia Antariksa adalah founder PT. Manajemen Kinerja Utama, dan sekaligus konsultan senior dalam bidang manajemen kinerja, KPI dan Balanced Scorecard.

Selama karirnya ia telah membantu lebih dari 100 klien dalam proses pengembangan kinerja SDM dan kinerja bisnis. Klien yang pernah dibantunya mencakup baik perusahaan swasta nasional, perusahaan multinasional, dan juga beragam lembaga kementerian di tanah air.

Yodhia Antariksa telah menjadi konsultan pengembangan kinerja di berbagai organisasi, antara lain Pertamina, PGN, Otsuka Indonesia, Ernst & Young, Angkasa Pura, Summit Oto Finance, Asahimas Glass, Pelindo, Bank Indonesia, Bank Mandiri, Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian dan beragam organisasi lainnya.

Yodhia Antariksa juga dikenal sebagai salah satu pakar KPI di tanah air. Ia telah menyusun katalog super lengkap berisikan 300 daftar KPI untuk 25 departemen atau fungsi dalam perusahaan. 300 KPI ini merupakan KPI pilihan yang lazim digunakan oleh beragam world class companies dalam mengelola kinerjanya.

Bidang keahlian Yodhia Antariksa memang dalam proses penyusunan KPI atau key performance indicators – baik untuk level korporat ataupun level individu karyawan. Ia menyusun KPI korporat dan karyawan melalui pendekatan balanced scorecard. Pendekatan balanced scorecard atau BSC adalah upaya untuk menyusun KPI pada empat perspektif kunci bisnis, yakni aspek keuangan, aspek pelanggan, aspek proses bisnis dan aspek pengembangan SDM dan pembelajaran.

Yodhia Antariksa telah berpengalaman sangat luas dalam proses penyusunan KPI dan BSC untuk beragam industri. Yodhia telah menyusun KPI dan BSC untuk industri manufakturing, perbankan, asuransi, consumer goods, retail, department store, bandara, pelabuhan, rumah sakit, hotel, lembaga pendidikan, penerbitan, perkebunan, energi, batubara, lembaga keuangan, farmasi, bisnis restoran, hingga industri bahan baku makanan.

Yodhia Antariksa juga telah menyusun BSC dan KPI atau IKU (indikator kinerja utama) untuk beragam lembaga pemerintahan – mulai dari kementerian keuangan, perindustrian, kementerian dalam negeri, kementerian pekerjaan umum, BPPT, BKKBN (Keluarga Berencana), kementerian BUMN, Komisi Yudisial, badan pengelola jalan tol hingga lembaga badan sertifikasi nasional.

Tak heran jika salah satu media online nasional – Portal HR – memberi julukan kepada Yodhia Antariksa sebagai the Father of Indonesian KPI atau Bapak KPI Indonesia.

Selain menjalani profesi sebagai konsultan terdepan dalam bidang manajemen SDM dan manajemen kinerja, Yodhia juga menjalani profesi sebagai professional blogger.

Yodhia Antariksa mengelola blog di www.strategimanajemen.net. Blog ini pernah dinobatkan sebagai blog bisnis terbaik no 1 dalam Pesta Blogger Indonesia tahun 2010. Blog ini rutin diupdate setiap Senin pagi, dan memiliki puluhan ribu pembaca.

Saat ini Blog Strategi + Manajemen telah memiliki pelanggan lebih dari 40 ribu pembaca. Selain itu, setiap bulan blog ini rata-rata mendapat kunjungan hingga 150 ribu visitors.

Kenapa banyak pengunjungnya? Karena memang isi Blog Strategi + Manjemen sangat bemutu, renyah dan mampu memberikan inspirasi kepada segenap pembacanya.

Melalui aktivitasnya dalam menulis dan blogging, Yodhia Antariksa telah menerbitkan 5 buah buku dalam bidang manajemen SDM, karir, motivasi, strategi bisnis dan personal development.

Selain menekuni Blog Strategi + Manajemen, dan menjadi konsultan manajemen kinerja terkemuka di tanah air, Yodhia Antariksa juga memiliki online store yang menjual beragam tools and template dalam bidang HR Management.

Secara rinci, terdapat 9 powerful HR tools and templates yang telah Yodhia kembangkan, mulai dari form kuesioner untuk mengukur kepuasan karyawan, tools untuk tes asesmen kompetensi karyawan, form penilaian kinerja berbasis KPI, hingga katalog KPI lengkap untuk beragam fungsi manajemen SDM.

Jika perusahaan Anda membutuhkan layanan konsultasi penyusunan BSC dan KPI, maka figur Yodhia Antariksa adalah pilihan konsultan yang tepat, andal dan mampu memberikan hasil yang powerful bagi peningkatan kinerja bisnis Anda.

Yodhia Antariksa sendiri menyelesaikan pendidikan S2 dalam bidang HR Management dari Texas A&M University, USA atas beasiswa Fulbright – salah satu jenis beasiswa paling prestisius di dunia. Sementara pendidikan S1 Yodhia diselesaikan di bidang Manajemen dari Universitas Islam Indonesia, Jogjakarta.

Latar pendidikan yang kuat, disertai dengan pengalaman praktikal yang luas dan ekstensif, membuat Yodhia Antariksa layak dianggap sebagai konsultan manajemen kinerja terdepan di Indonesia – lebih khusus lagi dalam bidang pengembangan KPI, BSC dan kinerja bisnis perusahaan.

banner 4

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!