Sajian Podcast, Powerful Video Learning dan Infografis yang Memukau

InspireSelama ini, selama 8 tahun tanpa henti, tiap Senin pagi Blog Strategi + Manajemen selalu berusaha menghadirkan sajian teks yang bermutu tinggi dan sarat inspirasi. Mudah-mudahan selama ini isinya bisa menebarkan manfaat bagi proses pengembangan diri Anda.

Mulai minggu ini, selain Senin pagi maka konten Blog Strategi + Manajemen juga akan di-update setiap hari Kamis. Namun berbeda dengan sajian Senin pagi yang bentuknya narasi teks, maka sajian Kamis pagi hanya akan berisi sajian infografis yang menggugah, sajian video tutorial yang powerful dan juga tayangan audio podcast yang memorable.

Apa itu infografis? Apa itu podcast? Dan kapan sajian online video tutorial akan mulai ditayangkan?

Sajian Senin pagi akan tetap ditayangkan seperti selama 8 tahun ini menemui pembacanya yang setia seperti Anda. Sajian berupa teks dengan gaya bahasa yang renyah dan mudah dipahami; sajian full text yang memerlukan indra membaca yang tekun.

Dengan kata lain, sajian Senin pagi yang berkelas akan terus hadir – menginspirasi kehidupan Anda.

Namun supaya pengalaman Anda berinteraksi dengan blog ini menjadi lebih kaya dan lebih intim, maka saya akan menambahkan elemen visual yang lebih variatif berupa tayangan infografis yang mengguncang. Plus saya juga akan mulai menghadirkan tayangan audio podcast, dan kemudian menyusul sajian online video tutorial yang powerful.

Apa itu podcast? Intinya ini adalah tayangan berupa narasi dalam bentuk audio. Ya benar, mulai Kamis depan Anda untuk pertama kalinya akan mendengarkan suara saya via blog ini.

Melalui audio speaking yang durasinya pendek ini (mungkin hanya sekitar 5 menit atau 7 menit seperti kultum), saya akan bercerita beragam kisah dan ilmu inspiratif tentang karir, personal development, financial freedom, dan juga perjalanan panjang mewujudkan hidup yang penuh makna.

Di blog-blog luar negeri, tayangan podcast (audio broadcast via blog) mengalami booming, dan membantu membangun interaksi yang lebih intim antara blogger dengan pembacanya. Bagaimanapun suara terasa lebih personal dibanding tulisan teks yang kadang bersifat formal.

Melalui audio podcast yang akan hadir di blog ini, mungkin Anda bisa mengenal saya dengan lebih personal dan lebih asli 🙂 🙂 🙂

Podcast menjadi booming karena juga makin banyak orang menyimak blog via smartphone. Dengan audio podcast, Anda dengan mudah bisa memasang earphone, dan mendengarkan narasi saya via smartphone Anda. Pengalaman belajar yang mungkin akan lebih variatif, daripada hanya sekedar membaca teks.

Bahkan Anda bisa mendownload file audio podcast saya, menyimpan, dan kemudian menyimaknya saat Anda pulang naik mobil/angkutan umum. Perjalanan Anda akan menjadi jauh lebih produktif, karena dilalui sambil mendengarkan kisah-kisah inspiratif dari blogger legendaris 🙂 🙂

Jika eksperimen podcast ini berjalan dengan lancar, ke depan saya juga akan menyajikan tayangan VLOG (singkatan dari video blog). Secara reguler, saya akan menayangkan video tutorial dan video pembelajaran yang menarik tentang ilmu bisnis dan ilmu personal development.

Tayangan online video tutorial yang bersifat multimedia (kombinasi rancak antara audio, visual dan teks) mungkin menjanjikan pengalaman belajar yang amat menggairahkan.

Dan seperti podcast, Anda kelak akan bisa menikmati tayangan online video learning yang powerful dari blog ini melalui layar smartphone Anda. Proses new learning di era serba digital. Online learning in the era of smartphone explosion.

(Tapi sajian online video ini baru rencana ya. Sebab merekam powerful video tutorial dan menayangkannya ke blog ini agak ribet, jauh lebih ribet dari sekedar menulis teks, atau juga merekam audio podcast).

Selain podcast, maka sajian Kamis pagi juga akan diisi dengan tayangan infografis. Kalau podcast disajikan untuk memanfaatkan kekuatan audio skills Anda, maka tayangan infografis adalah demi pemenuhan minat Anda akan tayangan visual yang bermutu tinggi.

Sebab studi memang menunjukkan, sajian audio dan visual yang kaya kadang jauh lebih nancep di otak pemirsa, daripada sekedar teks seperti yang tengah Anda baca ini.

Studi menulis, otak Anda memproses sajian visual 60 ribu kali lebih cepat daripada memproses sajian berupa teks saja.

Namun tayangan infografis yang akan disajikan di blog ini sepenuhnya akan menggunakan bahasa Inggris.

Yah kan, katanya sekarang sudah memasuki era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Kemampuan bahasa Inggris merupakan keharusan dong. Anggap saja tayangan infografis ini merupakan sarana untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris Anda di era global seperti saat ini.

Tayangan infografis menggunakan bahasa Inggris karena bersumber dari blog-blog di luar negeri yang biasa saya simak dan baca. Banyak dari infografis mereka yang menarik dan layak disimak oleh Anda juga.

Sajian audio podcast, sajian infografis, dan kelak menyusul sajian powerful video learning, merupakan bagian dari proses continual improvement untuk membuat blog ini makin baik dan makin bermanfaat dalam proses pengembangan diri Anda.

So, ingat rekan-rekan. Setiap SENIN pagi, sajian blog ini akan tetap sama – menghadirkan narasi teks yang renyah dan membumi tentang business skills dan personal development.

Sementara setiap KAMIS pagi, akan hadir sajian audio podcast dan sajian infografis (secara bergantian) yang amat menggugah untuk membuat Anda menjadi insan yang makin produktif.

Sajian SENIN – KAMIS akan terus menemani dalam perjalanan pencerahan wawasan diri Anda.

31 thoughts on “Sajian Podcast, Powerful Video Learning dan Infografis yang Memukau”

  1. Wah benar2 mantap nih, jadi selain senin ada hari lain juga yaitu kamis, jadi makin seru aja nih Pak berkunjung ke sini.

    Selama rutin membaca setiap senin, saya merasa mendapat sesuatu yang menambah nilai diri saya, namun tidak hanya itu sih masih ada jg yang lainnya.

    Kalau ditambah lagi pasti semakin menambah wawasan. Benar2 blogger yang produktif, konsisten dan tentunya berwawasan luas, rendah hati pula karena mau berbagi.

  2. Saya sangat senang mendengar rencana Anda tersebut. Semoga, tujuan Anda tersebut dapat menginspirasi lebih banyak orang lagi!

    -good luck-

  3. Waaaah saya tunggu banget mas yodhia. Saya selalu setia from the very beginning lhoooo.

  4. Saya penasaran, pak Yodhia biasanya baca blog apa aja yang dari luar? kapan2 boleh di share dong 🙂

  5. Semakin greget aja neeh mas yodhia,
    semoga semakin berkembang dan bermutu blog nya.

  6. wow.. jadi pengen tahu podcast dan infografis nya… ditunggu…
    btw, sudah invite pin bb dan WA ya… ditunggu juga bonus nya… 🙂

  7. Baca tulisannya Pak Yodhia kali ini kok rasanya “gue banget” dan kebetulan minggu lalu saya menuliskan tentang hal yang sama yaitu manfaat konten visual di blog saya, jika berkenan silakan mampir Pak Yodhia hihi… 🙂

    Ada pro dan kontra sih sebenarnya dari beberapa komen yang masuk, terutama terkait dengan loading page kalau kita mengusung konten visual terutama gambar atau video dalam sebuah postingan kalau memikirkan sisi pengunjung katanya takut pengunjung lari alias ga sabar menunggu…

    Tapi saya setuju dengan apa yang Pak Yodhia sampaikan, sekarangkan eranya digital eranya orang lebih senang visual, ya walaupun tidak semua…Tapi kan jaman terus bergulir maju ke depankan ya pak…Tergantung juga apa yang disampaikan…Masa review makanan gak ada foto makanannya kan jadinya aneh toh? hehe…

    Salam,

  8. Wow keren Pak Yodhia. saya sudah invite via WA. semoga saya bisa banyak belajar dan bisa mengambil manfaatnya. Semoga makin sukses dan bahagia dah pokoknya … Amin

  9. Saya juga pernah menyimak ulasan mas yodhia di youtube….
    Gmna kalo sekali-kali membuka kolom tanya-jawab, untuk kemudian dipilih menjadi tema untuk dibahas di blog ini ??

Comments are closed.