Kalau Sampai Usia 35 tahun Kamu Masih Miskin, Salahkan Dirimu Sendiri !!

Depressed man slumped on the desk with his hands holding credit“Kalau Sampai Usia 35 tahun Kamu Masih Miskin, Salahkan Dirimu Sendiri !! ” Demikianlah sebuah kalimat lugas dan makjleb, yang pernah disampaikan Jack Ma, bilioner pendiri imperimum online Alibaba.com.

Konon Bill Gates juga pernah bilang kalimat yang mirip : kalau Anda terlahir dalam keadaan miskin itu memang bukan salahmu. Namun kalau Anda kelak meninggal dalam keadaan miskin, maka salahkan dirimu sendiri.

Pertanyaannya : apa sih ukuran miskin itu? Dan kenapa kalau kita miskin, kita harus menyalahkan diri kita sendiri?

Ukuran miskin memang relatif, namun sayangnya, kini semua harga kebutuhan pokok dan harga rumah terus melangit. Harga sebuah rumah di pinggiran kota Bekasi Barat sudah tembus 400 – 500 jutaan.

Maka saya pernah menulis, kalau income Anda hanya 7 juta per bulan, mungkin sampai pensiun Anda akan sulit membeli rumah (yang kenaikan harganya lebih cepat dari kenaikan income Anda. Realitas yang muram nan pahit bagi jutaan keluarga muda).

7 tahun lalu saya juga pernah menulis di blog ini sebuah artikel yang menimbulkan kehebohan (karena yang komentar jumlahnya ratusan; dan di-share hingga 21 ribu kali).

Dalam artikel tersebut, saya menulis agar tidak dikategorikan miskin, maka kalau Anda punya dua anak dan hidup di Jakarta atau kota besar lainnya di Indonesia, maka income Anda minimal harus Rp 15 juta per bulan.

Tulisan itu di-publish 7 tahun silam ketika rupiah sempat berada pada angka Rp 8500 per dollar (wah nyesek dong lihat rupiah sekarang jadi 13.000).

Meski demikian, saya merasa patokan Rp 15 juta/bulan itu rasanya tetap relevan untuk hari ini (segini saja banyak yang protes, apalagi kalau dinaikkan).

Dan seperti yang saya tulis 7 tahun silam, inilah patokan income untuk menunjukkan bahwa Anda bisa hidup dengan nyaman, dan tidak miskin.

Karena itu jika hari ini usiamu sudah 35 tahun, dan income Anda belum memenuhi patokan 15 juta/bulan, maka mungkin ada yang salah dengan strategi hidup dan action-mu. Sorry guys. You better blame your self.

Oke, namun saya ingin lebih mendedikasikan tulisan ini untuk Anda yang usianya masih 25-an tahun.

Kalau usiamu sudah 35 tahun, kamu sudah terlalu tua, dan asumsi saya, sampeyan semua sudah punya tabungan minimal 350 juta. Boleh dong punya prasangka positif 🙂

Baik. Jika usia Anda sekarang adalah 25 tahun, dengan asumsi gaji atau income-mu 5 juta per bulan – maka apakah dalam periode 10 tahun mendatang, income Anda bisa dinaikkan 3 kali lipat?

BISA. Target yang sangat achievable. Kalau gagal, agak keterlaluan. Berarti sampeyan yang memang abal-abal.

Jika Anda bekerja sebagai karyawan, berikut strateginya. Analisa apakah kantor Anda sekarang menjanjikan peluang karir yang bagus?

Jika ya, bekerjalah dengan tekun, lalu tebarkan PRESTASI KERJA yang wow, dan yakinlah, karirmu akan melesat. Dalam usia 35 tahun, gajimu dengan mudah akan tembus 15 juta.

(Standar Gaji Karyawan Indonesia bisa Anda pelajari DISINI)

Jika potensi gaji dan peluang karir di kantormu agak muram, tetaplah bekerja dengan tekun, dan tetap tebarkan prestasi kerja yang cemerlang. Why?

Sebab prestasi yang wow itu yang akan membuat CV-mu cemerlang, dan membuat perusahaan lain tertarik meng-hiremu dengan kenaikan gaji signifikan. Inilah “mentalitas kaya” : terus bekerja dengan hebat dan tetap yakin, suatu saat jalan rezeki yang lapang akan datang menghadang.

Namun, sayangnya sejumlah karyawan punya “mentalitas miskin”. Karena merasa karirnya stuck, jadi bekerja dengan biasa-biasa saja, dan tidak kreatif membangun inisiatif kerja.

Karena prestasinya biasa saja > CV-nya menjadi tidak meyakinkan > lalu mana bisa dia pindah ke perusahaan lain yang bagus, posisi yang tajir dan dengan gaji yang jauh lebih tinggi > nasib tetap muram.

“Mentalitas miskin” membentuk lingkaran setan yang membuat nasibnya stagnan.

Oke, itu strategi untuk Anda pekerja kantoran. Sementara jika Anda punya usaha sendiri, ini strateginya.

Misalkan Anda jualan kaos premium melalui online shop. Profit bersih Rp 30.000 per kaos. Jadi untuk mendapat income Rp 15 juta per bulan, artinya Anda harus jualan 500 kaos per bulan. Target yang achievable.

Bagaimana caranya? Desain produk harus wow dan unik. Caranya? Gunakan kreativitasmu. Sebab kreativitasmu itu harganya lebih mahal dibanding sebuah Toyota Alphard. Asal tau cara berpikir kreatif ya.

Strategi lain : clothing online store-mu harus bisa dikunjungi minimal 30.000 orang per bulan (bisa-lah, blog ini saja pengunjungnya 150 ribu visitors per bulan).

Itu hanya sekedar ilustrasi strategi untuk mendapatkan income Rp 15 juta/bulan jika Anda usaha sendiri.

DEMIKIANLAH, jalan strategi yang harus Anda lakoni untuk mendapatkan income Rp 15 juta per bulan kelak pada usia 35 tahun – entah Anda bekerja sebagai karyawan atau punya usaha sendiri. Dan saat ini usia Anda masih sekitar 25-an tahun.

Saya juga telah menyusun panduan yang lebih detil tentang tahapan untuk meraih financial freedom sebelum usia 35 tahun. Anda bisa download panduannya secara GRATIS DISINI.

Baca, pelajari dan praktekkan.

Selamat berjuang kawan. Selamat bekerja keras meraih rezeki yang barokah dan melimpah.

Related Post

100 Langkah untuk Tidak Miskin : Ayunan Langkah Jitu untuk Membuat Anda Makmur Anda orang idealis dan ingin ikut membantu program pemberantasan kemiskinan di tanah air? Ada satu cara paling jitu yakni : membuat diri Anda sendiri ...
Jika Sampai Usia 35 tahun Anda Masih Miskin Salahkan Dirimu Sendiri – Bagian 2 Artikel yang minggu lalu saya rilis di blog ini dengan judul Jika Sampai Usia 35 Tahun Anda Masih Miskin, Maka Salahkan Dirimu Sendiri, ternyata menua...
Jika Anda Suka Hidup Susah dan Miskin, Tulisan ini Tidak Perlu Anda Baca Tulisan saya minggu lalu yang berjudul : “Kenapa Saat Berusia 55 Tahun, Anda Harus Punya Tabungan Minimal 3 Milyar”, banyak di-share oleh pembaca dan ...
87 comments on “Kalau Sampai Usia 35 tahun Kamu Masih Miskin, Salahkan Dirimu Sendiri !!
  1. thanks mas Yodia, Inspiratif banget…Tentukan impianmu saat ini juga….5 atau 10 tahun ingin punya target apa…

  2. 7 tahun lalu, saat membaca harus punya penghasilan 15jt untuk bisa disebut kaya kayaknya itu merupakan angan2 yang sangat sulit untuk digapai.

    Ternyata dalam 4 tahun hal itu bisa diwujudkan dengan pindah ke 2 perusahaan dan kerja keras tanpa kenal menyerah.

    Thanks bang Yodhia atas blognya yang sangat inspiratif dan membuat saya berani untuk terus bermimpi dan mewujudkannya.

    Jika suatu saat kita bertemu, saya punya kewajiban untuk mengundang anda makan dan membagi kisah dalam mewujudkan mimpi2.

    Thanks.

  3. Luar Biasa… Bukan biasa di luar.
    Sangat inspiratif. Mudah-mudahan Allah memberi kemudahan untuk mencapai target bahkan bisa melampauinya.
    Bismillah.

  4. InsyaAllah Bang yod

    umur 35 thn yg akan dtg, income udah lebih dr 15jt/bln…….

    skrg umur saya 27…..

    Makasih. Sangat menginspirasi dan buat Semangat lg..:-D

  5. Target pembaca lebih dibatasi dan isinya lebih hati-hati….
    Sehingga jadi kurang memecut semangat kawula muda (usia 25 tahun dan mungkin ada yang lebih tapi mau mencoba, apa salahnya).
    Trims pak Yodhia, sudah memberi bahan untuk memotivasi karyawan.

  6. Bro. Blog anda sih oke. Konseptual. Mjrip beberapa buku motivasi. Tapi agak aneh kalo ternyata anda hrd majority nya.

    Krn seharusnya u know. How many people will get 15 millions in company???

    Can u imagine?

    Realistis nya di sudirman only 15% yg diatas “standard” yg anda bilang :).

    So apakah itu realistis atau hanya sekedar biar blog anda laku. Only you know..

  7. Artikelnya sungguh menginspirasi kita semua.

    Pada intinya sukses adalah keputusan kita untuk mengubah keadaan kita saat ini untuk lebih baik lagi.

    Masalah kaya dan miskin tidak selalu diukur dengan banyaknya uang yang kita miliki saat ini, tapi bagaimana kita mampu mempunyai kebebasan finansial yang lebih baik.

  8. Saya baca blog ini pertama kali umu 28 tahun, dan sangat terinspirasi. Skrng diusia ke 31 saya mendapatkan penghasilan diatas 15 juta perbln. Trims bang

  9. Alhamdulillah. Artikel ini sangat relevan dengan keadaan saat ini. Jadi keingetan masa bujang yang tiap kali berpindah tempat kerja karena ingin mencapai target gaji yang diinginkan. Saya tinggal di Bekasi jadi nilai segini ini memang relevan.

  10. Sangat inspiratif, artikel 7 tahun lalu sudah saya baca saat umur saya 23. Dan sekarang umur 29 membuat saya termotivasi mas.

    Pendapatan saya saat ini memang belum sampai 15jt/bln (sedikit lagi sampai) tetapi saya sudah memiliki rumah 5 tahun lalu dan baru menikah tahun lalu.

    mungkin bisa dibuatkan artikel juga mas Yod, seperti judul “Punya rumah sebelum umur 25”.

    hehehe..

  11. baca tulisan di atas, tapi jangan minum kopi ya, kan lagi puasa.
    walau penghasilan masih jauh di bawah angka standar, tetapi masih ada waktu untuk berusaha. tulisan motivasi untuk lebih baik

  12. Ass,Wr,Wb
    Mas Yodha, tulisan-tulisannya sangat aspiratif, sejak saya mengikuti tulisannya kalau tidak salah sejak 5 yahun yang lalu.

    Mungkin ide yang cukup bagus kalau Mas Yodha bisa berkenan kopi darat dengan teman-teman yang lain kalau bisa sambil acara buka bersama.

    Semoga dengan pertemuan langsung, silaturahmi kita bisa terjalin lebih baik, dan tidak tertutup kemungkinan bisa terjalin benih-benih peluang bisnis yang baru, setuju pak Yodha dan teman-teman semua?

  13. Alhamdulillah mas, berapa pun penghasilan saya, sy tetap bersyukur dan terus membaca artikel blog anda yg mak nyus, thx.

  14. Saya sekarang 25 th mas, do’akan bisa mencapai dan bahkan melampaui 15 jt/bln di usia 35 th, Aamiin

    Nuhun mas inspirasinya

  15. 20 Tahun aja belum nih Pak Yodh.. Tapi Alhamdulillah Pernah ngerasain dapat penghasilan +30Juta sebulan. Dari hasil usaha online saya 🙂

    Saya mau Action lagi supaya bisa rutin dapat income diatas 15jt/bulan.

    Kalau sekarang masih turun naik gak stabil hehe..

    Terimakasih Pak Artikelnya Makjleeb..

    Jadi Pecutan buat saya untuk berusaha lebih baik lagi..

    Ditunggu kopdarnya ya 🙂

  16. Mas Yod….
    Saya mengikuti artikel anda sejak 2-3 thn lalu

    yang saya dapati apa yang anda tuliskan sudah terjadi pada diri saya.

    Namun kadang saya berkeinginan menyadarkan orang lain disekitar saya yang selalu “nerimo” berapa pun yang didapat karena “rejeki sudah ada yang ngatur”.

    Sbgai motivasi tambahan, penghasilan saya sudah diatas 25jt pada usia 32thn sekarang ini. Usaha, kerja keras dan seabrek motivasi harus selalu jadi modal utama kita.

    Lanjutkan terus sharing ini, supaya setiap anak muda dan para karyawan selalu “do the best” dan ber-investasi pada pengetahuan.

    Salam/Panji

  17. Saya senang membaca tulisan ini, biar nggak terus terlena sih…..apalagi kondisi sekarang makin merosot dan terkesan mundur, perlu strategi jitu untuk menghadapinya.

    O iya, untuk wilayah mana kira2 gajinya segitu Pak Yod?

    Mohon gambaran untuk kami yang tinggail di Pontianak, berapa gaji minimal?

    terima kasih sebelumnya

      • usia saya hampir 28, saya belum menikah, saya trlahir dari keluarga broken dan miskin, saya sekarang bkerja sebagai seorang guru honorer di SMP dimana gaji full saya hanya 1 Jt sebulan.

        waktu luang saya gunakan aktif dlm organisasi-organisasi yg kalaupun ditotal penghasilan saya hnya 1,5jt perbulan.

        sempat tergiur dngan bkerja di PT akan tetapi merasa sayang dngan masa kerja yg sudah 8 tahun.

        mohon masukan dan pencerahan.

  18. Alhamdulilah di usia 27thn penghsilan sudah 15-17juta per bulan.

    Artikelnya sangat bagus. Sangat memotivasi utk terus maju. Merasa sudah di track yg benar stelah baca artikel2nya.

    Siap menuju target berikutnya. Usia 35 diatas 100juta.

    Bisa insyaAllah

  19. Selalu tersasar disini akibat dishare teman, pak Yod saya 26 th, income 20 jt tapi dibagi ke karyawan tinggal 7-8 jt saja.

    Kantor dan makan masih numpang di rumah orang tua. Itu gimana yaa hehe.

  20. saya partner IT di perusahaan asing, retainer, kecil sih 3jt-an per bulan, tp klo full time 16.5jt/bln, di samping itu ada usaha sendiri, sekarang masi RT/RW net

    smoga bsa punya izin ISP, income dari usaha sendiri bsa sampe 25jt/bln

    pls advise, focus kembangin usaha sendiri or retainer di bbrp tempat jga diambil, coz sy selain IT, punya skill accounting

  21. Hihihihi saya udah 40 thn bro. Kayaknya income saya mulai stagnan di angka segitu. Wkwkwkwkwk.

    Gpp. Biar tua, saya masih muda terus kalau usaha. Ganbatte!

  22. Pak Yod,

    Usia saya 23 tahun saya asst.Manager di perusahaan sepatu penghasilan saya 6.5 jta perbulan.

    Dan ingin punya usaha sendiri pak Yod.
    biar bsa capai target pak Yod, hehehe

  23. Ah….
    Pagi ini ‘ditampar’ bang Yodh lagi.
    Thanks ats ‘tamparannya’. Saya jadi kembali semangat menekuni aktifitas online saya.
    Pokoke setuju lah!

  24. Umur saya sekarang 26thn income 8jtan, tapi saya pastikan sebelum umur saya 30thun min income saya 20jt…thanks for u’re inspiration

  25. Blog ini bikin semangat lagi dan lagi….

    Saya selalu percaya, selalu ada pengecualian.

    Normalnya, kehidupan itu terus bertumbuh, termasuk pendapatan. Demikian harapan setiap manusia yang masih normal 🙂

    Ada saat di mana seseorang di-uji, jatuh, atau apapun istilahnya di mana ketika berada pada trek pendapatan yang benar, tiba-tiba terkena sakit parah atau bencana.

    so tabungan habis dan harus memulai lagi dari bawah, padahal umurnya sudah di atas 35 thn.

    Lalu… apakah besok gak usah baca blog ini juga 🙂

    tega benar Bang Yodhia ini hihihi…..

  26. ok deh..kalau gitu saya tantangin Mas Yod utk bikin artikel, kasih motivasi –benerin strategi hidup & action nya– teman2 yg udh 35 tapi lom punya penghasilan min. 15jt hayyo…monggo mas

  27. Saya baca blog ini dri punya gaji 500rbu/bkn, now blm smpe 15jt, msh punya wktu 5th lg buat kejer sgtu di usia 35

    now 1/3nya bru smpenya n dengan usaha sndri

    well harus ttep keep moving 😀

  28. Alhamdulillah berkat Allah penghasilan saya sudah kisaran 15juta lebih per bulan, saya mau 27 tahun. Cuma tabungan memang belum bs namun dg baik.

  29. Gaji saya memang belum 15juta sebulan, alhamdulillah masih kurang dari separonya. Pas umur masih 28 saya sudah jadi COO. Sekarang umur 29, masih bisa mengejar mimpi itu. Semoga ada perusahaan impian yang bisa saya pinang.

    Trimakasih pak Yodh atas inspirasinya.. Jangan lelah menebar inspirasi pak. Banyak orang yang tercerahkan berkat bapak.

  30. Artikel mas Yod diatas seakan mengingatkan akan perjalanan hidup saya selama ini.

    Just share,

    Saya terlahir di keluarga miskin dan dengan pendidikan terbatas di kota Jogja.

    Mulai dari 0 memberanikan diri pergi dr rumah dan saya hanya bermodal mimpi.

    Mimpi saya dulu simple…ingin jadi manager.
    Dan Puji Tuhan saat ini saya sudah membawahi para manager di tpt saya bekerja…

    Usia saya saat ini 31thn.

    Saya mengerjakan apa yg saya suka dan saya selalu menyukai apa yg saya kerjakan.

    Secara tidak sengaja saya menemukan blog ini…dan Puji Tuhan blog ini sangat menginspirasi saya.

    Trimakasih banyak mas Yod..

    Salam sukses untuk anak muda Indonesia.

  31. Thanks artikelnya
    Inspiratif pak !!!
    Memotivasi saya

    Usia saya 18 tahun insya allah bisalah 15 juta ,
    Target saya 25 juta per bulan
    yah kalo bisa Mudah mudahan di usia 25 tahun tercapai

    Work hard
    Pray hard

  32. Brati suami ud kaya dunk, d umur 28 ud ngrasain gaji 20 jtaan dgn lbh dr 18 kali gaji, tp ttp tdk bs membandingkan hdup kt dgn hdup org lain

    ortu guru smpe mau pensiun gajinya 4juta dtmbh sertifikasi jd 7jta perbulan

  33. Usia dah 35th kalo pemghasilan di gabung ama istri sih nyampe 15 jt tapi kalo sendiri belum sampe

  34. Saat ini Penghasilanku Baru 4 Jt perbulan, berarti sudah jelas sy berada diposisi mana. Untuk berubah sangat sulit mas meski sy lihat banyak peluang lain. Tp saya mencintai pekerjaan saya yang sekarang, dan suli untuk keluar…

  35. Saat Ini Penghasilanku Masih 2,5 jta dengan Umur 21th. Kira-kira dalam Posisi mana.

    karir di tempat kerja juga Bagus. Tetapi ada 1 hal yang Belum saya Lakukan.

    yaitu mencoba Uang Tambahan dengan Jualan Online tentunya yang saya Inginkan. ada saran untuk saya ?

  36. Ini pertama kali sy berkunjung kesini.

    Usia sy skrg 29th, masih 8jt/bln. Semoga di 35th sy bisa mencapai target minimal 25jt/bln, tentunya ikhtiar dr sekarang utk mencapai target itu.

    Terima kasih mas sangat menginspirasi.

  37. Wah, telat baca blog sampeyan Mas …

    saya sudah over 35.

    Dan gaji belum sampai segitu. Berarti pekan depan gak boleh mampir lagi ke sini ya.

    Apa yang dipaparkan oleh Mas Yodhia banyak benarnya.

    Saya bekerja lebih dari 10 tahun di sebuah perusahaan PMDN. Dan boleh dibilang bekerja dengan dedikasi penuh. Pulang bawa kerjaan, sering lembur tanpa disuruh tapi ya hasilnya baru segitu.

    Saya sekarang lagi berfikir untuk resign nih… Doakan ya Mas

  38. Alhamdulilah, Umur saya 24 tahun gaji dah 15 jt sebulan, insyaallah tiap tahun naik 6%

    terimakasih bang Yodhia

    sangat menginspirasi

    mohon doanya 8 tahun lg (umur 32) saya bisa jadi pejabat eselon IV dengan gaji 30 jt sebulan

    aamiin

  39. Saya rasa umur 35 dengan gaji 15 jt sudaj tidak cukup ya. Bisa dianalisa ulang lagi mungkin.

    Sekarang dengan umur 29 saya sudah mencapai 15 jt dengan 30x gaji selama setahun

  40. Ini benar sekali. Seharusnya sebelum 30thn, penghasilan harus sudah mencapai 15jt/bulan.

    Usia 35thn kalau masih di angka 15jt/bulan malah ada yg salah menurut saya. Too slow….

    And we’re talking about gaji pokok yaaaa… Bukan gaji + fasilitas + tunjangan. Kalau plus ini itu harusnya lebih.

  41. penulis yang dulu miskin. Dengan ide dan tulisan yang ber mental miskin.
    Angka2 standard sampiyan ngawur dlm justify kemiskinan seseorang.

  42. Saya baru baca artikel ini….oks banget…

    Sekedar sharing….7 th yang lalu gaji saya reset dari 6.5 ke 3 juta karena saya memilih pindah perusahaan yg dekat dengan rumah dengan alasan agar bisa memberika asi eksklusif untuk buah hati kedua saya…

    Setelah itu saya bekerja dengan sebaik baiknya….dan karena ridho Allah hingga akhirnya saya mendapatkan promosi dan kenaikan gaji….

    5.5 th di perusahaan ini star 3 juta as a section head to be ass mgr with 11 juta….

    Berbekal pengalaman 5.5 th saya pindah kerja…alhamdulilah sekarang sudah lebih 15 juta di umur 34 th…

  43. Numpang bookmark mas yod, biar saya bisa liat lagi pas nanti saya umur 35, income saya berapa jadinya.

    Semoga masih live yah blognya sampe 2021, atau team mas yod mungkin yang nulis2 blognya,atau juga udah banyak kontributor yang nulis ke blognya..
    semoga.. 🙂

  44. Menurut saya tepat sekali pak, saya akan berusaha meraihnya..

    Saat ini usia saya baru 23 Tahun.. Saya yakin 5 Tahun dari sekarang bisa meraih kemapanan, dan 10 Tahun kedepan meraih Financial Freedom…

  45. Hahaha..
    Luar biasa..
    Yg nulis ini pasti gila luar dalam..
    Kejam, tapi inilah faktanya..
    Hebat!!

  46. saya 31 th gaji alhamdulilah pernah nembus 16 jt/bln, maklum tu dah + lembur..rata2 seh 9-10 jt
    dan itu gwe peroleh slama 6 th dgn 4x ganti perusahaan. hidup hrs makin kedepan maikin naek dunk..
    moga2 aja sblum 35th dah pny pkerjaan tetap dgn pnghasilan diatas 15 jt. amin…
    *ps: belum menikah

  47. merasa tertampar sekali mambaca artikel ini, usia saya sekarang 24 tahun, penghasilan dari gaji hanya 2 juta per bulan

    alhamdulilah udah nikah, rumah pun ada karena orang tua sudah menyediakan

    bukannya tidak bersyukur atas rejeki yang di kasih, tapi saya sering merasa tertinggal sekali jika melihat usaha orang lain yang mendapat income puluhan juta perbulan

    dalam hidup kita harus selalu mencoba segala kemungkinan

    karena kita tidak akan tahu apakah akan menjadi kaya jika tidak memulai dari usaha, saat ini rasanya ingin berhenti kerja dan memulai membangun usaha sendiri..

  48. Hi saya zai,

    Umur saya saat ini 33 tahun, saya lulusan D3 periklanan UI.

    Saya mempunyai mimpi untuk menjadi General Manager sebelum umur 30 tahun.

    6 tahun lalu penghasilan saya di angka 12.5 juta di umur 27 tahun.

    Alhamdulilah mimpi saya tercapai dan saya menjadi GM di umur 30 tahun (GM termuda di perusahaan saya) dan sekarang saya diangkat menjadi managing director termuda di APAC region, dengan penghasilan pertahun diatas 1 M, memiliki beberapa property dengan total nilai 5 M.

    Tapi apakah terus kita berpuas diri? Karena semua ini tentunya adalah berkah dari yang diatas.

    Saya hanya ingin berbagi saja, kenapa kita terhambat di posisi kita sekarang?

    Aku selalu bertanya kepada diri sendiri, apakah saya sudah melakukan yang terbaik?

    Dan apakah yang saya lakukan itu adalah sesuatu yang saya bisa banggakan?

    Dan apakah hal itu sudah termasuk dalam kategori “overachieve” menurut standar perusahaan? Standar industri nasional? Standar industri international?

    Dengan menyadari posisi kita, maka kita selalu bisa untuk tumbuh, walau saya harus memperingatkan bahwa perjalan untuk mencapai level itu sangat berat dan anda akan dihajar jatuh berkali2.

    Ada sebuah pepatah, di dalam tinju, yang terpenting bukan seberapa keras anda bisa memukul atau menerima pukulan.

    Yang terpenting adalah seberapa kuat anda berdiri lagi setelah anda dijatuhkan.

    Misalnya saya baca diatas ada yang berprofesi guru, apakah anda bisa mencapai profesi guru yang paling bagus di Indonesia?

    Misalnya prof surya, dia sekali memberikan les, orang harus membayar 1 juta per 1 kali datang yang hanya 2 jam.

    Kenapa? Karena dia telah membuktikan nilainya di dunia international.

    15 juta bisa menjadi patokan, tetapi yang penting adalah selalu menantang diri anda sendiri dan tidak pernah menyerah.

  49. Yang belum dapat pekerjaan jangn patah semangtt trus cari dan cari.. yg telah dapat..

    mari ttp menjaga dn mengembngkan talenta yg dibrikan Tuhan..

    berapapun umur mu tetap berpikiran positif dan hidup punya penghrpan kepada Tuhan..

    khidupan bukan hnya mengejar materi namun memuliakan sang Pencipta yg utama..

Comments are closed.

Pilih Kaya atau Misqien?

Dapatkan Buku yg Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Financial Freedom yg Barokah. GRATIS!