5 Cara Powerful untuk Wujudkan Your Dream Life

freedom-1024x682The future belongs to those who believe in the the beauty of their dreams. Masa depan hanya milik mereka yang percaya dengan keindahan impian-impiannya. Kalimat yang mengggugah sukma. Kalimat yang menderaskan sekeping harapan tentang narasi hidup yang menggetarkan.

Namun pertanyaan yang lebih krusial sebenarnya adalah ini : langkah apa saja yang kudu dilakoni agar our dream life bisa mewujud dalam kenyataan. Dan bukan terus menggantung dalam bingkai fantasi dan fatamorgana.

Pagi ini kita akan menapak-tilasi 5 cara paling powerful untuk mewujudkan your dream life.

Sebelum lanjut membaca, silakan diminum dulu teh atau kopinya. Oleh-oleh kue nastar lebaran mungkin masih ada? Atau kaleng biskuit Khong Guan isi rengginang masih tersisa? Silakan dihabiskan dulu 🙂 🙂

Dari berbagai studi dan literatur tentang human performance, sejatinya ada 5 langkah yang powerful untuk membentangkan your dream life menjadi realitas. Mari kita bedah satu demi satu.

Dream Step # 1 : Writing Down Your Life Goals. Ya, sejumlah studi menunjukkan menuliskan impian atau life goals Anda terbukti membuat peluang Anda untuk mewujudkannya menjadi jauh lebih besar, dibanding jika hanya disimpan dalam angan-angan.

Namun yang tak kalah penting : impian atau life goals yang dituliskan itu harus bersifat spesifik, konkrit dan punya deadlines.

Disini kita terkenang dengan sebuah kalimat indah : your dreams are goals with deadlines.

Menuliskan impian seperti : “saya ingin sukses” atau “saya ingin bahagia” atau “saya ingin meraih kebebasan finansial” adalah goals yang terlalu abstrak dan tidak spesifik.

Contoh menulis life goals yang lebih benar adalah seperti ini : “dalam tiga tahun dari sekarang saya sudah punya blog tentang dunia fotografi dengan jumlah visitor 2000 orang per hari”.

Atau : “tiga tahun dari sekarang saya bisa sekolah S2 di luar negeri dengan beasiswa”.

Atau contoh lain : “dalam empat tahun dari sekarang saya sudah memiliki online shop jualan tas kamera dengan omzet 100 juta/bulan”.

Atau mungkin seperti ini : “dalam lima tahun lagi saya sudah harus menjadi manajer di perusahaan yang bonafid dengan gaji 40 juta/bulan”.

Contoh life goals diatas lebih spesifik, konkrit dan punya deadline yang jelas.

Saya tidak tahu apa life goals Anda. Namun akan bagus jika Anda mau sejenak merenung, dan lalu menuliskan impianmu yang konkrit itu dan menyimpannya dalam smartphone Anda. Di-save dan sesekali dibaca kembali sekedar sebagai reminder.

Can you write down your life goals now?

Dream Step # 2 : Visualisasi dan Afirmasi. Jika Anda sudah menuliskan your dream goals dengan spesifik, maka tahapan berikutnya adalah mencoba melakukan visualisasi dan afirmasi. Apa itu?

Visualisasi artinya Anda mencoba membayangkan secara visual impian Anda itu dalam benak Anda, dan membayangkan seolah-olah hal itu adalah visualisasi yang nyata.

Contoh : jika Anda punya life goals ingin kuliah S2 di luar negeri dengan beasiswa, visualkan dalam benakmu momen-momen nyata proses itu : saat Anda berteriak penuh emosi menerima kabar kamu mendapat beasiswa kuliah S2 di Inggris, saat-saat Anda mulai packing koper dan mulai bersiap take off ke London, atau momen saat kamu masuk ke gerbang kampus impianmu di University of Manchester School of Business, atau momen saat kamu berdiskusi di perpustakaan yang megah dengan rekan-rekanmu dari mancanegara.

Visualisasikan setiap detil momen itu. Dan rasakan, kamu benar-benar seperti mengalami momen itu.

Contoh lain. Jika life goalsmu adalah ingin menjadi manajer senior di perusahaan bonafid dengan gaji 35 – 40 juta/bulan, visualisasikan dalam benakmu, seperti apa perusahaan yang bonafid itu, desain interior seperti apa ruangan kerjamu dan detil ornamen di dalamnya, atau momen saat kamu menerima promosi, atau momen saat kamu berhasil membuat sejumlah prestasi kerja yang mengesankan. Visualisasikan semua ini dalam sekujur batinmu.

Studi menunjukkan visualisasi impian bisa membawa energi positif dan membangun jiwa optimisme dalam ragamu. Dan dalam jangka panjang, bisa memotivasi dan mendorong Anda untuk membangun perilaku yang sesuai dengan arah visualisasi itu.

Saat melakukan visualisasi, kita juga mesti menyertainya dengan AFIRMASI. Ini adalah proses untuk meyakinkan diri sendiri bahwa kelak kita bisa benar-benar mewujudkan secara nyata visualisasi itu.

Afirmasi adalah proses penekanan bahwa yes, we can. Ya kita bisa. Insya Allah kita bisa. Ya, kita sedang dalam proses meraih impian-impian kita, dan pada akhirnya setelah proses yang panjang ini, kita Insya Allah akan berhasil.

Untuk membuat afirmasi menjadi lebih kuat, kita juga mesti lebih sering mendengarkan “positive self talk” : saya punya kemampuan untuk mewujudkannya, saya bisa berjuang dengan gigih dan berhasil, atau saya punya kreativitas untuk menyelesaikan setiap tantangan yang ada.

Positive self talk juga mesti disertai dengan “positive comments” : lebih sering mengapreasiasi (dan bukan hanya menyalahkan pihak lain), fokus pada kekuatan dan solusi (bukan pada problem dan kesulitan); serta juga sikap mental optimis dan penuh energi positif.

Tak sedikit orang yang gamang dan diam-diam hatinya berkata. “Saya ndak mungkin bisa menjadi manajer sukses, karena ndak ada sistem karir.” Atau : “Saya ndak bisa jadi pengusaha sukses karena ndak punya modal atau ndak punya bakat”. Atau “Kenapa orang lain kok suksesnya mudah ya, sementara hidup saya kok sulit terus”.

Negative self talk seperti itu pelan-pelan bisa menyabot keyakinan Anda, dan hanya membawa energi negatif. Hidup Anda yang nyata bisa benar-benar berakhir seperti itu : serba kekurangan dan muram.

Maka selalu kenanglah kalimat ini : what you think is what you get. What you believe is what you receive.

Itulah kenapa, proses visualisasi perlu disertai dengan afirmasi yang dipenuhi dengan positive self talk yang inspiring dan empowering.

Demikianlah, dua langkah untuk meraih your dream life : 1) write down your dreams dan 2) Visualisasi dan afirmasi.

Namun dua langkah ini perlu segera disertai dengan tiga langkah kunci lainnya, yang juga amat penting. Apa saja tiga langkah itu? Kita akan ulasan berikutnya (bisa dibaca DISINI).

Sementara ini, dua langkah diatas yang perlu Anda lakoni. Malam ini renungkan your life goals yang spesifik. Lalu tuliskan your life goals Anda dalam note di smartphone Anda. Kemudian secara rutin, lakukan visualisasi dan afirmasi positif untuk membuatmu yakin bahwa life goals itu bisa diwujudkan menjadi nyata.

Write down your dream and goals. And build your epic life.

Anda pilih Misqien atau Kaya? Dapatkan Ebook yang Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Kekayaaan dan Financial Freedom. Gratis. Download DI SINI sekarang juga. Atau klik gambar di bawah.

Related Post

5 Cara Powerful untuk Raih Your Dream Life – Bagian 2 Dalam tulisan minggu lalu, kita sudah menelisik bagian pertama tentang 5 cara powerful untuk mewujudkan your dream life. Disitu kita sudah menziara...
Cara Powerful untuk Mewujudkan Impianmu melalui Teknik Visualisasi Anda punya mimpi melakukan perjalanan keliling dunia? Mungkin langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah sederhana : belilah poster peta dunia, la...
26 comments on “5 Cara Powerful untuk Wujudkan Your Dream Life
  1. Life goals saya ingin punya rumah sendiri di samping masjid, biar klo adzan suaranya kedengeran jelas, trus karena dekat, terpaksa ikut sholat berjamaah deh 😀

    Boleh ya…

  2. Betul sekali, dan itu sudah saya praktekkan sejak 30 tahun lalu, sewaktu masih berumur 25 tahun.

    Ada satu syarat lagi, mengingat waktu itu saya pengantin baru, visi tersebut harus sepakat dengan pasangan kita, sehingga apa yang kami lakukan untuk visualisasi dan afirmasi selalu selaras.

    Dan alhamdulilah, dari 2 visi kami, yang pertama mengenai karir saya, walaupun deadline mundur akhirnya tercapai juga.

    Yang kedua mengenai anak, sedang dalam progress dan masih dalam jalurnya.

    Kekuatan visualisasi dan afirmasi termasuk juga untuk visi jangka pendek, misalnya sewaktu saya ingin punya mobil, bersama istri naik sepedamotor sudah membayangkan bahwa kami sedang naik mobil merk…..

    Asyik juga, tapi yang lebih penting adalah munculnya dorongan untuk merealisasikan visualisasi tsb.

    Luar Biasa, pak Yodh.

    Sukses selalu.

  3. Akur kang Yodhia, bermimpi dan visualiasi + afirmasi. Tampa disadari, ternyata dua hal tersebut yang selama ini saya lakukan,…duduk manis lagi, menunggu no 3 hingga no 5 !

  4. Mas yod saya dari tahun 2008 sudah menjadi silent reader blog panjengen ini…

    luarrrr biasa,,,ada ilmu baru yang saya dapatkan setiap minngunya..
    moga jadi amal jariah buat panjenengen..
    thank mas yod..

  5. SAngat menggugah kalbu….terutama poin 1, yaitu menuliskan impian dengan cara yang lebih kongkrit, spesifik, dapat diukur….

    Sertai afirmasi jos, semakin menambah getaran..

    Makasih atas inspirasi pagi

    O iya, mau tanya ni Pak Yod. Apakah Visualisasi dan Afirmasi ini dapat berjalan dengan mulus bila salah fokus? Dan bagaimana mengansisipasinya?

  6. Saat ini dalam proses mewujudkan impian yang sudah dituliskan dan sudah divisualisasikan…. dan masa ini yang tersulit sehingga sering di saat-saat tertentu seperti kehilangan energi, mau lanjut, balik arah, atau ganti arah?

    Tulisan ini perlu pembuktian untuk diriku Kang Yodh 🙂

    Thanks

  7. Sajian renyah di awal pekan yang selalu worth it untuk dinanti.

    Biasanya orang-orang disana bilang, “I hate Monday!” “Uda hari Senin lagi.” dll negative self-talk lainnya, kalau saya lebih suka menunggu hari Senin karena salah satunya menunggu artikel strategimanajemen.net

    Hehe..matur nuwun, Mas Yodhia!
    Ditunggu poin 3-5 berikutnya. #cheers

  8. Law of Atraction.. dlu smpat memanfaatkan media visionboard utk menancapkan sgl goal msa depan.. slh satu tercapai dg cara tk terduga.
    Kreatif, Yakin, Gigih, Nekad, Sedekah..

  9. Saya langsung ambil kertas dan tuliskan ulang apa yang jadi cita cita.

    membayangkan dan langsung buat afirmasi.

    Ditunggu sambungan nya kang.

    nuhun

  10. skitar th 2010 setelah lulus kuliah, pernah saya menulis di buku catatan dan mengafirmasi semoga bisa masuk cpns

    alhamdulillah bisa terwujud tahun 2013 bisa menjadi abdi masyarakat di BNN.

    sekarang saya afirmasi dan menulis di blog ini :

    semoga suatu saat saya bisa menjadi penulis buku best seller dan mempunyai toko online yang laris

    amin ya Allah ya Robbal ‘alamin.

  11. Sudah lama gk buka blog ini, tulisanya selalu renyah dan inspiratif.

    Mudah-mudahan kt bisa segera mencapai target, impian dan cita-cita kita.

    Aamiin.

  12. Mimpi-mimpi akan menjadi kenyataan bila disertai dengan keyakinan untuk mewujudkannya.

    Mas Yodhia sudah memberikan resepnya agar kita bisa fight merengkuh impian.

    Ditunggu artikel selanjutnya…

  13. Terima kasih mas atas share jurus-jurus jitunya

    Ok, Mas dari dulu saya punya goal kalau sdh pensiun utk mendapat passif income saya harus sdh punya minimal 15 rumah utk dikontrakin atau kamar kost 20 bh dan asuransi minimal 10 polis dan total pertanggungan minimal 500 Jutaan.

    40 % goal sdh tercapai dengan masa mendekati pensiun tinggal 5 Thn lagi.

    Tapi Mas lama-lama bosan juga mas

    cape tenan karena kenikmatan nyatanya bukan hanya materi

    akhirnya akhir-akhir ini mandek planning yg sdh dirancang ngak jalan-jalan mandek dan terbengkalai.

    Moga-moga dengan membaca tulisan dari Mas semangat bangkit lagi.

    Trims

  14. blog yang sangaat menginspirasi.

    saya anak 19 Tahun yang sangat berjuang untuk kelak bisa menginspirasi jutaan orang dari pengalaman hidup saya.

    terimakasih pak. salam bahagia.

  15. tujuan yang dituliskan memang lebih gampang dicapai

    saya menulis 100 keinginan sebelum mencapai 24 tahun, dan semuanya masih dlam proses,,

  16. inspirasi !! tapi saya bingung mau jadi apa? :”(

    bagaimana ya, caranya supaya bisa bertahan pada keyakinan bahwa saya bisa

Comments are closed.

Pilih Kaya atau Misqien?

Dapatkan Buku yg Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Financial Freedom yg Barokah. GRATIS!