Katalog 3500 KPI untuk 20 Jenis Industri dan Bisnis yang Berbeda

Partnership and team workMenentukan KPI atau key performance indicators yang terukur dan jelas, merupakan salah satu langkah kunci untuk menganyam kinerja bisnis yang cetar membahana.

Problemnya, banyak manajemen perusahaan atau pengelola SDM yang masih belum paham bagaimana cara membuat KPI yang tepat untuk setiap posisi; atau bahkan untuk berbagai jenis bisnis dan industri yang berbeda.

Berikut adalah contoh daftar 3500 KPI untuk 20 jenis bisnis dan industri. Katalog KPI yang mungkin paling lengkap yang pernah diterbitkan di tanah air.

Katalog atau daftar contoh KPI yang sangat ekstensif untuk beragam jenis industri ini akan sangat membantu Anda dalam menyusun sistem performance management yang lebih ampuh.

Anda juga bisa melihat dalam industri apa Anda saat ini bekerja (apakah dalam industri manufaktur, online shop, fashion, hotel, rumah sakit, dll) dan kemudian tinggal mengadopsi contoh KPI dibawah ini.

Saya menyusun katalog KPI super lengkap ini untuk 20 Jenis Industri/Bisnis, yakni :

1. Asuransi
2. Consumer Goods
3. Developer dan Real Estate
4. Fashion Business
5. Hotel
6. Jasa Logistik/Pengiriman
7. Konstruksi
8. Manufakturing (Produksi)
9. Media
10. Online Store dan Online Shop
11. Pembiayaan (Financing)
12. Pendidikan (Sekolah, Kursus, Perguruan Tinggi)
13. Penerbitan/Percetakan
14. Perbankan
15. Perkebunan
16. Restaurant and Cafe
17. Retail Store/Supermarket
18. Rumah Sakit
19. Travel and Tours
20. TV Broadcasting

KPI untuk berbagai jenis industri ini bersifat spesifik sehingga bisa membantu Anda untuk merumuskan KPI yang cocok dalam bidang industri atau bisnis perusahaan Anda.

Jumlah KPI untuk setiap industri berkisar antara 150 – 200 jenis KPI yang terukur dan lengkap. Karena ada 20 jenis industri, maka total ada sekitar 3000 – 4000 KPI.

Namun demikian ada sejumlah KPI yang sama meski berasal dari industri yang berbeda. Misal, dalam bagian SDM atau bagian GA (general affairs), meski industrinya berbeda, namun jenis KPI-nya bersifat universal atau relatif sama antar berbagai perusahaan dalam industri yang berbeda.

Kantor atau perusahaan tempat Anda bekerja, menurut saya, sangat perlu untuk memiliki daftar katalog KPI super lengkap ini. Sebab isinya memang sangat bermanfaat dan very powerful.

Anda bisa mendownload Katalog 3500 KPI untuk 20 Jenis Industri DISINI.