7 Cara Kreatif Untuk Menjadi Lebih Kreatif

1601657Artikel ini merupakan kontribusi dari guest blogger bernama Kevin Gunawan.

Banyak orang yang percaya kalau proses kreativitas itu seperti datang dari langit (terjadi begitu saja). Ada yang mengatakan itu sudah bawaan lahir, atau memang otak kanannya sangat dominan.

Namun kenyataannya tidak seperti itu. Bahkan salah satu icon kreatif seperti Raditya Dika mengaku kalau semua proses berpikir kreatifnya dihasilkan dari otak kirinya.

Ibarat bermain puzzle dia akan menyusun satu demi satu pecahan puzzle yang ada sehingga menjadi sebuah karya yang utuh dan kreatif.

Jadi kreativitas itu “sangat bisa” dibentuk dan dipelajari secara logis.

Nah, jika Anda sedang buntu dan sedang tidak memiliki ide kreatif apapun, 7 cara kreatif dibawah ini barangkali bisa membawa inspirasi dan membuat Anda makin kreatif.

1. Mengambil inspirasi dari bidang atau industri lain
Steve Jobs terinspirasi membuat tipografi pada Macintosh karena pernah mengambil kelas kaligrafi saat dia kuliah di Reed College (connecting the dot).

Ia pernah bilang : kalau saja saya tidak belajar ilmu kaligrafi, maka kalian mungkin tidak akan pernah mengenai font indah seperti times new roman dan arial. Ia mengucapkan kalimat ini saya memberi sambutan wisuda di Stanford University – pidato wisuda paling legendaris dan paling banyak ditonton di Youtube.

Contoh lain : para engineer mobil Lexus pernah berkisah, mereka belajar dari interior lobby hotel-hotel paling top di dunia untuk mendapatkan inspirasi kreatif tentang desain interior mobil Lexus.

Pelajarannya : ternyata inspirasi tidak harus datang dari bidang/industri yang sama. Acakali Anda bisa mereguk sejumput inspirasi kreatif dari tempat yang tak terduga.

– Maka jika Anda adalah seorang programmmer tidak ada salahnya belajar dan mencari inspirasi dari seorang desainer atau penyanyi.

– Jika Anda adalah seorang blogger, cobalah pelajari teknik marketing para pebisnis properti dan restoran.

Jangan hanya selalu terpaku pada industri/bidang Anda sendiri. Nanti Anda malah bisa terjebak menjadi katak dalam tempurung.

Cobalah melihat pelajaran ari sisi yang berbeda, improvisasilah berbagai kemungkinan, sehingga akan memperluas potensi kreatifitas Anda sampai maksimal.

Good artist copy, great artist steal” – begitu Picasso pernah bilang.

“Mencurilah layaknya seniman” – ambil inspirasi dari berbagai bidang dan sumber, dan lalu jadikan itu sebagai pemikiran yang baru, olah lagi dan hasilkan ide/karya yang lebih baik.

2. Lupakan segalanya
Terkadang Anda perlu membuang semua yang sudah Anda ketahui dan memulai dari pemikiran seorang beginner kembali.

Mengapa? Karena seorang beginner acap jauh lebih mudah mempelajari apapun dan mencoba berbagai kesalahan. Ibarat anak-anak kecil yang selalu terus bertanya dan punya “curiosity” mengesankan.

Kenapa setelah beranjak dewasa, “children mind” yang kreatif itu lenyap tak berbekas?

Maka mungkin benar jika ada sebuah ungkapan paradoks yang kelam : semakin Anda senior dan terlalu lama berada di tempat yang sama, maka kreativitas Anda justru makin mandul.

Banyak bisnis yang kolaps dan terkena jebakan innovator dilemma, mungkin karena kutukan itu : terlalu lama berada di tempat yang sama, membuat mereka tidak bisa “melupakan keunggulan lama yang sudah usang”, dan lalu gagal beradaptasi.

Maka mulailah dari awal lagi, pelajari banyak hal, rajinlah membaca, bertanyalah pada seorang expert, coba sesuatu yang baru apapun yang membuat Anda penasaran.

Mindset “I know nothing” sangatlah penting dalam mempelajari segala hal termasuk dalam kreativitas.

Sebaliknya mindset “I already know” yang berbau kesombongan senioritas, acap akan membuatmu terpelanting dalam lubang kenestapaan.

3. Rileks
Kreatifitas tentu saja tidak bisa didapat kalau Anda hanya bengong-bengong saja.

Namun bagi mereka yang terlalu aktif dengan rutinitasnya sehari-hari, terkadang rileks dan istirahat sejenak bisa meringankan beban pikiran dan dengannya membuat Anda jadi lebih kreatif.

Kalau Anda sudah sibuk dan aktif bergerak tapi merasa sulit untuk menemukan inspirasi atau berpikir kreatif maka rilekslah, just do nothing.

Kreatifitas terbaik muncul saat ada keseimbangan antara keaktifan dan ketenangan pikiran.

Disatu sisi Anda harus aktif mencari ide namun jangan sampai pikiran Anda menjadi tidak tenang karena kebanyakan berpikir (overload).

Apalagi jika overload-nya karena informasi sampah dari social media dan media online abal-abal, seperti pernah ditulis Mas Yodhia Antariksa.

4. Jalan-jalan
Traveling adalah salah satu cara terbaik untuk merasakan pengalaman dan tempat-tempat baru yang sebelumnya belum pernah Anda rasakan.

Pelajari budaya-budaya baru, lihatlah suasana yang berbeda, ini semua akan memperkaya pengalaman Anda yang juga akan menambah kreatifitas Anda. Studi memang menunjukkan, jalan-jalan ke lokasi yang asing acap bisa memicu kecakapan kreatif Anda.

Kembali menyimak kisah Steve Jobs. Sebelum mendirikan Apple ia juga pergi berkelana ke India dan mempelajari budaya Timur.

Baginya salah satu alasan mengapa orang sulit menjadi kreatif adalah karena mereka tidak memiliki cukup banyak pengalaman sehingga mereka tidak mampu menghubungkan berbagai hal untuk menjadi suatu ide.

Karena itu legenda Steve Jobs pernah berkata “creativity is just connecting the dots” : kreativitas itu hanyalah menghubungkan titik-titik, mengkombinasikan apa yang sudah ada dan menciptakan sesuatu yang baru.

Pertanyaannya : berapa pulau dan kota di tanah air yang sudah Anda jelajahi? Dan berapa negara yang sudah pernah Anda kunjungi?

5. Mintalah ide dari orang lain
Yup, sangat simpel bukan, cukup dengan bertanya entah melalui forum, sosial media, teman, keluarga, dan siapapun.

Tidak ada salahnya meminta pendapat, ide, saran, feedback dan masukkan dari orang lain.

Setiap orang punya sudut pandang yang berbeda-beda karena itu janganlah terpaku dengan satu sisi atau sebuah sudut pandang saja, belajar untuk melihat dari sisi yang berbeda, cobalah lihat bagaimana orang lain memandang sebuah ide/keadaan.

Bahkan jika mereka tidak meresponpun Anda bisa mengerti tentang apa yang ternyata mereka pedulikan dan apa yang tidak, apa yang mendapat perhatian dan mana yang cenderung diabaikan.

6. Lakukan apa yang ingin Anda lakukan
Apakah Anda memiliki hobi yang masih belum tersalurkan?

Lakukanlah sekarang, entah itu bermain game, berenang, menyanyi, bermain musik, just relax and do it.

Lupakan soal berpikir kreatif dan nikmati saja waktu Anda dengan hobi-hobi Anda. Ini semua bisa membantu Anda melawan stress/tekanan yang dengannya akan memberikan pikiran Anda “kedamaian” untuk berpikir sebebas-bebasnya.

Belajarlah dari anak kecil yang melakukan apa saja yang mereka inginkan, jangan terlalu khawatir dengan masa depan dan hari esok, nikmati saja hari ini dan nikmati apapun yang bisa Anda lakukan sekarang.

Set your passion free, dan berpikirlah sebebas-bebasnya seperti anak kecil.

7. Coba Lakukan Eksperimen
Cobalah lakukan sebuah eksperimen. Salah satu eksperimen yang bisa dilakukan adalah dengan memulai bisnis baru.

Bisnis bukan sesuatu yang umumnya diajarkan di sekolah dan kampus. Karena itu berbisnis merupakan sebuah eksperimen yang bisa memperluas wawasan dan pengalaman kreatif Anda daripada sekedar melakukan pekerjaan rutin yang begitu-begitu saja.

Cobalah lakukan sesuatu yang menantang dan menuntut Anda untuk berpikir dengan cara yang berbeda (think different), manfaatkan waktu senggang Anda untuk mengerjakan proyek kecil-kecilan (freelance) atau berbisnis sederhana, sehingga bisa menghasilkan income sampingan.

Beberapa peluang usaha dengan modal kecil berikut ini bisa menjadi awalan yang baik khususnya bagi Anda yang baru ingin memulai dari nol.

Itulah 7 cara simpel untuk menjadikan Anda pribadi yang lebih kreatif. Lakukan salah satu atau semua langkah tadi, dan Anda mungkin akan menjadi insan yang makin cetar membahana.

Think creative. Be innovative.

Artikel ini ditulis oleh guest blogger Kevin Gunawan yang memiliki blog bagus tentang bisnis dan karir DISINI.

Anda pilih Misqien atau Kaya? Dapatkan Ebook yang Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Kekayaaan dan Financial Freedom. Gratis. Download Sekarang.

Related Post

Slide Presentasi tentang Seni Berpikir Kreatif Slide presentasi berikut ini menjelaskan dengan memikat tentang managing innovative and creative thinking skills. Setelah mengeksplorasi mengenai crea...
4 Cara Ampuh untuk Membuat Otak Anda tetap Tajam dan Sedikit Lebih Jenius Ketajaman dan kejernihan otak Anda tak pelak merupakan pilar paling kunci untuk meraih keberhasilan hidup. Kehebatan hidup Anda mungkin sebagian be...
Kiat Membangun Karakter Anak yang Kreatif dan Resilien dalam Hadapi Era Digital Apakah anak Anda memiliki kebiasaan-kebiasaan negatif seperti: - Main Gadget berlebihan hingga lupa waktu? - Boros menggunakan uang? - Kurang ber...
33 comments on “7 Cara Kreatif Untuk Menjadi Lebih Kreatif
  1. Terima kasih Kang Yodhia.
    Artikel yang selalu meng-inspirasi.

    Think creative. Be innovative.
    Sehingga tidak terjebak oleh dilema inovators ?
    Setiap kali membaca artikel-artikel di blog ini,
    semangat jadi naik lagi, wawasan jadi bertambah lagi dan mengurangi ‘gagal paham’ 🙂
    Salam
    http://manajemenkeuangan.net/
    Blog Referensi Manajemen Keuangan + Akuntansi

  2. tengkyu bro Kevin, tengkyu Pak Yod,

    Kreativitas adalah sesuatu abstrak yang mengasyikkan utk digeluti dan di explore

    how creative are you,

    mari terus hidupkan kreativitas di lingkungan rumah & pekerjaan kita,

    karena kadang orang2 tua/kita sendiri tidak suka dengan hal2 baru/dianggap aneh , padahal bisa jadi hal tsb nanti menjadi masa depan kita

  3. Think Creative. Be Innovative.

    Quote yang sangat mencerahkan pagi hari yang diguyur hujan ini. 😀

    Bisa melahirkan karya karya yang kreatif secara rutin memang sangat menantang.

    Terima kasih pak Yodh dan mas Kevin..

    Ketahui cara miliki rumah tanpa riba disini
    http://rumahsyariahberkah.com

  4. Mungkin ini semacam teknik SCAMPER yang sudah populer di kalangan dunia industri ya, dan sepertinya memang kreativitas itu dihasilkan dari proses belajar dan eksperimen.

    Thanks banget Pak Yod dan Pak Kevin, salam kreativitas

  5. Selalu ada istilah nyenengkeh berbahasa Inggris yang bisa dijadikan motto hidup…dalam artikel pak Yodhia… kali ini sy seneng dengan “Set your passion free, dan berpikirlah sebebas-bebasnya seperti anak kecil ”

    Salam hangat pak Yodh…

  6. terimakasih Mas Yodhia, terimakasih Mas Kevin. ini yang diperlukan kaosanakmimi.com untuk mengembangkan konsep bisnisnya ..
    Terimakasih

  7. WAH baru kepikiran saya Om Yodhia..
    selama ini memang mencontoh dibidang terkait atau memiliki ketertartikan yg sama. ide kreatif memang bisa datang kapan saja & dimana saja bahkan saat buang hajat pun bisa. kadang manusia itu tertutup sama egonya.
    Skr kalau saya lihat banyak perusahaan digital memberi menu khusus di halaman websitenya ” You have idea?, plase tell me now “. sprti google, facebook, automattic, dsb. mereka benar-benar paham soal ini ternyata. dan bermanfaat jg untuk bisnis segala bidang.

  8. Saya sangat setuju dengan tips yg kedua, yaitu lupakan semua pencapain masa lalu karena justru akan mengurung kreatifitas kita sehingga sulit berkemban..kita memag terus berinovasi untuk menghasilkan terobosan baru

  9. Saya setuju dengan ungkapan Pak Yodhia diatas bahwa kreatifitas itu dapat dibentuk dan belum tentu bawaan dari lahir.

    Thanks infonya, setelah membaca informasi ini saya semakin termotivasi untuk menjadi seseorang yg kreatif.

  10. Thanks untuk tulisannya, sangat bermanfaat tentunya.
    Semoga kita semua bisa menjadi manusia yang lebih kreatif lagi.
    menarik banget kutipan ini “Good artist copy, great artist steal”, hehehe…

  11. Ada satu pertanyaan yang ingin saya tanyakan kepada Pak Yodhia.

    Mengapa kita harus mengambil inspirasi atau industri dari bidang lain. Sedangkan, bidang yang sesuai dengan kemampuan kita sendiri belum tentu kita mendapatkan inspirasi dari bidang tersebut.

    Salam sukses.

  12. Apa bisa sukses dg hanya prinsip spontan ?
    Mustahil… paling banter hanya bertahan hidup. ( inilah kehidupan karyawan/buruh/self employee/PNS pd umumnya )

    Apa bisa sukses dg hanya prinsip berpikir n menganalisis ?
    Ada kemungkinan bisa.
    Misal dg cara cari modal besar dr luar : menjual barang2/harta yg skrg dipunya, ato cari investor, ato utang.
    Lalu dg otak, kita membuat sistem handal.
    Lalu kita mencari org2 yg akan menjalankan sistem itu (delegasikan).
    Lalu lakukan verifikasi setiap perkembangan, lalu ubah lagi.
    Terus lakukan verifikasi, lalu ubah lagi… lakukan terus menerus dan lakukan dg efisien sblm semua dana mengering.
    Maka km bs sukses dg cara ini.
    Notabene… inilah cara yg digunakan kebanyakan pengusaha yg akhirnya mjd sukses.

    Tp cara itu hanya untuk pengusaha dg modal yg lgsg besar : menjual harta/barang2 ( sendiri/istri ), ato investor, ato utang.

    Untuk yg self funding kita hrs mengumpulkan rupiah demi rupiah dg bergerak sendiri.

    Jika itu self funding bidang non teknis, maka itu hanya diperlukan 1 resep : kesabaran nyimpen duit hingga modal besar, baru buat sistem.

    Jika itu self funding bidang teknis, maka itu hrs juga belajar hal teknis n menyelesaikan masalah2 teknis.
    Dlm bidang teknis perlu prinsip berpikir n menganalisis bahkan di awal bisnis saat kita tdk punya apapun.
    Setelah dana terkumpul besar n ilmu cukup baru kita bs melakukan delegasi sistem.
    Klo hanya dana besar tp ilmu kurang, maka dunia teknis tdk akan bekerja, krn produk/jasa cacat.
    Klo hanya ilmu bagus tp dana kurang, maka mustahil bs mendelegasikan pd org lain… krn kita hrs bayar orang n beli alat2_bahan yg sgt mahal.

  13. Kenapa konsep mjd sukses itu penting ?
    Krn itu berpengaruh pd cara yg kita pilih untuk mjd sukses.
    Dan setiap cara memiliki konsekuensinya masing2.
    Konsep itu digunakan supaya kita siap terhadap konsekuensi dari pilihan kita.

    Cara yg tersulit dan terlama dari semua cara adl : self funding hal teknis.

  14. Jika kita gagal, paling ga kita msh bisa bertahan hidup, dan bs menafkahi anak istri.

    Jika kita berhasil…
    -kita bs menciptakan the biggest company on earth
    -kita bs menciptakan teknologi yg tercanggih yg pernah ada
    -kita bs menciptakan nuclear plant n wapon
    -kita bs menciptakan produk2 paling gila di bidang teknis
    -kita bs mengontrol semua bidang2 lainnya, termasuk bidang2 komoditi ( pertanian, perikanan, perkebunan, dll )

    Itu adl cara tersulit n terlama.
    Tp jg cara teraman dari cara yg lainnya.
    Knp ?
    Krn kita tdk berhutang pd siapapun.
    Setiap rupiah bener2 dikumpulkan satu per satu, jd jika kita gagal, kita tdk terlilit hutang.
    Dan kita tdk mengawali bisnis dr barang komoditas yg mudah ditiru, jd jika kita gagal, kita masih punya pekerjaan yg cukup stabil.

  15. Saya sangat suka sekali yang nomor urut dan mencoba melakukannya tapi terkadang otak sering melawan kata “i know nothing” menjadi “i know everything”.
    Cuma bisa berdoa untuk menyelesaikan masalah ini hahahah

Comments are closed.

Pilih Kaya atau Misqien?

Dapatkan Buku yg Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Financial Freedom yg Barokah. GRATIS!