Membongkar Kesalahan Motivator dalam Cara Berpikir Positif

Positive reMantra tentang positive thinking mungkin tetap merupakan sebuah prinsip yang penting. Hampir semua motivator selalu menyerukan kalimat-kalimat bijak nan positif tentang hidup. Tak ada yang salah dengan hal itu.

Namun ternyata hidup tidak seindah omongan para motivator.

Ya ternyata mantra positive thinking saja tidak cukup. Ternyata ada kesalahan mendasar dalam cara kita memahami positive thinking selama ini.

Apa jenis kesalahan itu? Dan bagaimana cara membangun pikiran positif yang benar, based on science?

Rethinking Positive Thinking_3 reDalam video wow kali ini saya mengulik buku memikat bertajuk Rethinking Positive Thinking : Inside the New Science of Motivation karya Prof Gabrielle Ottingen, guru besar Psikologi dari University of Pennsylvania.

Buku ini menarik karena secara saintifik membongkar kesalahan (para motivator) tentang cara berpikir positif. Makanya judul bukunya rethinking positive thinking.

Dalam video ringkas nan powerful ini saya mencoba membedah sejumlah tema penting yakni :

1. Kenapa mantra positive thinking malah bisa membuat Anda terjebak dalam ilusi dan men-demotivasi hidup Anda dalam jangka panjang?

2. Bagaimana tahapan untuk melakukan positive thinking yang benar dan efektif?

Dalam buku itu, Prof Gabriella merilis teknik tentang tahapan positive thinking yang akurat (yang berdasar riset yang dia lakukan terbukti jauh lebih efektif dalam memandu kita meraih kesuksesan).

Apa nama teknik itu? Dan bagaimana tahapan untuk melakukannya? Saya juga membedahnya secara aplikatif dalam video kali ini.

Materi sajian video ini mungkin value-nya sama dengan seminar-seminar motivasi di luar sana yang harganya ratusan ribu atau jutaan.

Atau mungkin value-nya lebih besar, sebab semua sajian video yang saya hadirkan selalu berbasis SCIENCE (bukan omongan retorika dan blah blah ala motivator).

Dan aha, semuanya bisa Anda nikmati secara gratis via blog ini atau via Youtube. Now, that’s the power of digital learning.

Silakan klik menu PLAY video dibawah ini. Dan temukan pelajaran yang amat berharga tentang Rethinking the Positive Thinking.

9 Ilmu Online yg Membuatmu Makin Tajir dan Kaya. Pelajari Sekarang.

Laydown

17 comments on “Membongkar Kesalahan Motivator dalam Cara Berpikir Positif
  1. ulasan yang menarik mas, koq bisa ya? apa para motivator tau tentang problem ini!!!! jdi penasaran juga pgn baca bukunya.

    kalo gitu saya cek video nya dulu deh, seperti apa sih teknik-teknik yang tepat dalam mengaplikasikan berfikir positif itu menurut versinya prof. Gabriella ini. :)

  2. Bagus. Inspiratif.
    Usul.
    Jika membahas 1 buah buku atau tema, dibikin berseri saja. Misal, membahas 1 buku ada 8 point pembahasan, maka sampaikan semuanya walaupun dalam 3 – 4 video. Jadi, tuntaskan 1 buku dalam 2 – 3 – 4 seri video. Jangan cuma disampaikan 3 saja.
    Bagaimana?

  3. Mantap…tapi rumus WOOP nya kurang lebih sama saja dengan Analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, &Threat) tinggal setting Goal dan Setting Plan nya saja dri hasil analisa……..

    if the plan doesn’t work…change the plan,, but never The Goal

  4. Yang gak kalah penting, setelah kita menyusun rencana mantap, jangan lupa untuk mewujudkannya.

    ACTION!

    Jadi WOOP tambah action jadi WOOPA, haha.

    Vlog keren lainnya dari Blog Strategi Manajemen

    Salam,

    Digitalinbro.com – blog belajar bisnis & digital marketing khusus pengusaha muda

  5. Wah bangus banget videonya Mas… :-)

    Saya sering kunjungi blog ini StrategiManajemen ini dan juga tonton video dari Mas Yodhia di Youtube.

    Dari 5 video yang sudah dibuat, ini yang paling berkesan bagi saya, karena sesuai dengan kenyataan yang ada.

    Impian saja memang tidak cukup, cerdik melihat tantangan yang akan kita hadapi dan bagaimana strategi terbaik menghadapinya memang HARUS diperhitungkan dengan matang…

    Terimakasih untuk edisi vlog nya kali ini, ditunggu video kerennya yang lain :-)

  6. Wah keren mas Vlognya..

    Memang benar gak cukup hanya dengan Positif Thinking saja, namun juga butuh menilai obstacles/ hambatannya, dan apa Plan yang akan dilakukan ..

    Dan klo bisa cerita, saya adalah orang yang sering ikut seminar2.. dan banyak orang yang sudah mempraktekkan dan ternyata berhasil..

    trus, sy bertanya ke diri sendiri: kenapa setelah ikut seminar ini dan ikut seminar itu, ada yang berhasil dan ada yg belum berhasil ya?

    ternyata setelah sy introspeksi, sy menemukan bhw setelah sy dapat ilmu dari para motivator itu, ada ilmu2 yg sudah sy praktekkan, dan ada yg belum sy praktekkan..

    dan kalau sy lihat, knp ada ilmu yg belum sy praktekkan, atau sudah saya praktekkan tapi kemudian kurang berhasil, ternyata krn:

    1. “Why”nya saya kurang kuat. “Why” ini sangat penting utk melakukan PR setelah seminar/ training tsb. Mungkin karena dulu wkt sekolah, sy agak malas ngerjain PR ya.. sehingga kebawa sampai dewasa :)

    “Why” ini juga sangat penting sehingga ketika ada Obstacles ditengah jalan, kita bisa berusaha sekuat tenaga utk mengatasinya. disinilah butuh Creative Thinking.

    So, bisa dibilang “Why” adalah Motivasi Internal dari dalam diri sendiri.. “Why” menjadi seperti “bensin” utk melakukan apa yg harus kita lakukan..

    2. Ternyata seminar atau training saja gak cukup, kita sendiri mesti bentuk semacam komunitas diantara teman2 sehingga bisa saling dukung ketika ketemu obstacles2, dan saling sharing apa yg bs dilakukan ketika ketemu obstacles2 tsb. Dan tentu saja, Plan atau What’s Next nya apa yg bisa kita lakukan sehingga kita bisa mencapai Wish & Outcome kita..

    3. Ternyata setelah kita mendapatkan ilmu dari para motivator itu, kita perlu untuk menyesuaikan dengan situasi kondisi kita sendiri.. Jadi tidak cukup hanya dengan menerapkan bulat2/ mentah2 semua ilmu tsb, namun kita perlu menyesuaikannya dengan diri kita sendiri.

    Demikian sharing sy..

    Salam,
    Simon
    http://www.supergreatmemory.com

Comments are closed.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!