Daftar UMK Terbaru di Indonesia dan Bandingkan dengan Gajimu

resUMK atau upah minimum kota dan kabupaten terbaru untuk tahun 2017 telah dirilis.

Besaran upah ini tentu akan memberi dampak signifikan bagi kesejahteraan pegawai, dan juga impak masif bagi beban biaya perusahaan.

Kota mana yang UMK-nya tertinggi di Indonesia? Jawabannya cukup mengejutkan.

Mari kita telisik peringkat UMK tertinggi di tanah air, dan apa implikasinya bagi jejak ekonomi bisnis masa depan.

Berikut daftar UMK 2017 terbaru untuk beberapa kota di Jawa Barat, dan sekaligus tertinggi di tanah air:

1. Kabupaten Karawang Rp 3.605 juta
2. Kota Bekasi Rp 3.601 juta
3. Kabupaten Bekasi Rp 3.530 juta

4. Kota Bandung Rp 2.843 juta
5. Kabupaten Sumedang Rp 2.462 juta
6. Kota Cirebon Rp 1.723 juta

Yang ini daftar UMK 2017 terbaru untuk beberapa kota di Jawa Timur :

1. Kota Surabaya Rp 3.296 juta
2. Kota Sidoarjo Rp 3.290 juta
3. Kota Malang Rp 2.272 juta
4. Kota Lamongan Rp 1.702 juta
5. Kota Kediri Rp 1.617 juta

Yang ini daftar UMK 2017 terbaru untuk beberapa kota di Jawa Tengah :

1. Kota Semarang Rp 2.125 juta
2. Kabupaten Kendal Rp 1.774 juta
3. Kota Pekalongan Rp 1.617 juta
4. Kota Surakarta Rp 1.534 juta
5. Kota Magelang Rp 1.453 juta

UMK untuk kota DKI Jakarta 2017 adalah Rp 3.355 juta.

Ada 4 catatan berkaitan dengan besaran UMK 2017 beberapa kota di Indonesia ini.

UMK Note # 1 : Karawang – Bekasi adalah KOENTJI
Tiga area dengan UMK tertinggi di Indonesia adalah Karawang, Kota Bekasi dan Kab Bekasi.

Bahkan dibanding Jakarta dan Surabaya, maka UMK Bekasi masih lebih tinggi. Apalagi dibanding UMK kota Bandung. Bekasi jauh diatasnya.

Never under estimate the power of BEKASI. Sebagai warga Kemang Pratama, Bekasi saya bangga dengan fakta ini 🙂 🙂

Pertanyaannya : kenapa tiga area itu memiliki UMK tertinggi nasional.

Jawabannya sederhana : koridor Karawang, Cikarang Bekasi dan Kota Bekasi adalah TRIO KOENTJI kawasan industri terbesar di Indonesia.

Karawang – Cikarang – Bekasi adalah segitiga emas yang memang amat menentukan masa depan industrialisasi negeri ini. Hampir semua kawasan industri papan atas berada di wilayah ini (seperti Jababeka, Delta Silicon, Karawang Industrial Estate, hingga MM2100).

Kawasan industri di tiga koridor itu adalah yang PALING MODERN, PALING LUAS dan PALING BANYAK DIHUNI PERUSAHAAN PMA dibanding kawasan industri lainnya (entah di Batam, Surabaya, atau apalagi Semarang dan Tangerang).

Maka wajar jika UMK di tiga kawasan itu tertinggi di Indonesia.

UMK Note # 2 : Kenaikan rata-rata UMK adalah 8%
Untuk UMK Jawa Barat, maka rata-rata kenaikan UMK 2017 dibanding UMK 2016 adalah sekitar 8%.

Disini memang ada ketentuan rumus dari pemerintah bahwa kenaikan upah adalah : angka inflasi + angka pertumbuhan ekonomi nasional.

Angka inflasi 2016 diprediksi 3%, sementara angka pertumbuhan ekonomi 2016 diperkirakan 5%. Maka kenaikan upah menjadi 8% (jumlah dari angka inflasi 3% + angka pertumbuhan 5%).

Rumus itu juga bisa Anda gunakan untuk kenaikan gaji karyawan di kantor Anda. Jadi tahun depan rata-rata kenaikan gaji karyawan di kantor Anda sebaiknya berkisar 8%. Lebih syukur. Kalau kurang ya nasib.

Kenaikan gaji memang rata-rata hanya 8% per tahun. Sementara kenaikan harga rumah kadang bisa 20% per tahun. Yah, makin susah dong beli rumahnya 🙁 🙁

UMK Note #3 : Kesenjangan UMK Antar Kota
Kalau dilihat daftar diatas maka terlihat kesenjangan UMK antar kota, baik di dalam satu provinsi atau antar provinsi. UMK Kota Bekasi lebih dari dua kali lipat UMK Kota Cirebon, atau kota Surakarta (Solo).

UMK memang relatif tinggi di kota-kota yang merupakan basis industri, seperti Karawang, Bekasi, Sidoarjo dan Batam (UMK Batam sekitar Rp 3,3 juta).

Ini mungkin kelak akan memicu migrasi pabrik-pabrik dari kota dengan UMK mahal ke kota dengan UMK yang lebih murah.

Misal, sekarang ada kawasan industri baru di Kendal yang mencoba menarik investor yang mau mendirikan pabrik di wilayah tersebut. Daya tariknya : UMK Kendal kurang dari separo UMK Bekasi.

Dari sisi labor cost efficiency, mungkin kota-kota di Jawa Tengah menjadi pilihan yang menarik.

Jika jalan tol Jakarta – Surabaya sudah jadi, mungkin akan banyak industri yang pindah ke Jateng, khususnya pabrik skala menengah.

Sementara pabrik skala besar dan multinasional mungkin tetap memiliki koridor Karawang – Bekasi (karena kesiapan infrastrukturnya, apalagi jika jalan tol bertingkat Jakarta – Cikampek sudah jadi).

UMK Note # 4 : Bandingkan dengan Gajimu
Jika dilihat daftar UMK diatas, maka upah operator di Karawang dan Bekasi yang baru lulus STM bisa lebih tinggi dibanding gaji lulusan S1 yang kerja di Semarang atau Bandung.

Iya, dengan UMK yang Rp 3,6 juta per bulan, seorang operator pabrik yang baru lulus STM mungkin bisa nabung lebih banyak.

Bahkan di Jakarta sekalipun, gaji lulusan fresh graduate S1 banyak yang belum nyampe angka segitu. Apalagi yang kerja di kota-kota diluar Jakarta, seperti Jogja, Semarang, Bandung dan Surabaya.

Bisa-bisa gaji lulusan S1 hanya separo upah lulusan STM yang kerja di Bekasi 🙁 🙁

Mungkin itu sekeping ironi pahit yang layak ditelan. Apa boleh buat. Hidup memang kadang tak seindah omongannya Mario Teguh 🙂 🙂

Idealnya jika UMK sudah 3.6 juta maka gaji fresh graduate lulusan S1 minimal 5 juta, syukur bisa 6 hingga 7 jutaan. Namun mungkin hanya perusahaan bonafid dan ternama yang bisa memberikan gaji awal sebesar ini. (Standar Gaji Karyawan Level Staff dan Manajer bisa di-download DISINI).

DEMIKIANLAH, empat catatan ringkas yang layak kita petik dari data UMK 2017 terbaru di berbagai kota di Indonesia.

Mudah-mudahan rezeki Anda terus mengalir dan barokah. Berapapun gajimu, itu tetap sesuatu yang layak disyukuri.

Be humble. Always be grateful. Work hard. Pray hard.

5 Buku Paling Powerful untuk Peningkatan Gaji atau Income Anda. Klik Disini untuk Download 5 buku ampuh ini secara GRATIS.

47 thoughts on “Daftar UMK Terbaru di Indonesia dan Bandingkan dengan Gajimu”

  1. seperti artikel minggu lalu, kita sendiri yg harus menaikkan gaji kita bukan orang laen

    *bosanjadipegawai

  2. saya orang karawang mas, stigma yg muncul disini ga kerja di pabrik engga keren, susah sekali mendapatkan atmosfir entrepreneur, terutama industri kreatif. kalo kerja hanya dr rumah banyak yg bilang pengangguran

    1. yup bener sekali mas.

      Saya mantan karyawan kerawang kala itu, 2007. Keluarga yang sudah terbukti berhasil menjadi karyawan pabrik, apalagi di perusahaan bonafit seperti astra, dll bisa dikatakan sukses.

      Saya waktu itu malah merasakan sebaliknya, terkekang seperti di kurung penjara emas. Padahal waktu itu lulusan STM fresh graduate seperti saya bisa mendapat 3-5 juta perbulan jika over time (lembur) rame.

      Saat ini saya cuma bisa mengenangnya 🙂

  3. Kenaikan gaji harus disertai oleh naiknya produktifitas. Karena naik gaji menimbulkan efek yg masif thd fixed costs atau overhead dri sebuah perusahaan.

    Apabila tidak menambah wawasan atau skills, ujung2 nya para pekerja akan menerima pesangon krn perusahaan trmpat bekerja tutup atau relokasi ke negara lain, atau menemukan metoda otomatisasi yg mengantikan pekerjaan repetitif.

    Jangan senang2 dulu, dgn adanya kenaikan gaji itu artinya responsibility dan kompetensi yg hrs timggi pula.

    http://Yoganeka.com – Premium Yoga Gears

  4. Kalau menurut saya, upah buruh itu jangan dipatok dengan besaran UMK karena itu akan menyulitkan para buruh akhirnya.
    Seperti yang sudah disinggung di atas ketika UMK di daerahya naik, belum tentu perusahaan bisa bayar dan memilih relokasi usahanya ke UMK yang rendah atau keluar Indonesia sekalian. Akibatnya para buruh kehilangan pekerjaan/ menganggur.

    Buat yang mau usaha juga susah. Ketika mau rekrut karyawan harus sudah pengeluaran yang besar untuk menggaji karyawan.

    Kalau upah buruh dibiarkan bebas maka akan banyak perusahaan berdiri dan akan banyak orang membuka lapangan pekerjaan… iklim usaha positif.
    Memang pada awalnya buruh dapat sedikit, namun lama – kelamaan muncul demand buruh yang tinggi sehingga ada beberapa perusahaan yang berani memberikan upah yang mungkin berkali lipat kalau UMK diterapkan.

    Demikian.

    Admin Tim Pabrik

    1. nah ini ane setuju gan

      Indsutrial manufaktur of PT. Makmur Sentosa Plastik tangerang . Head office : Jl. Rawalumbu No.17 Bekasi Suplier bahan biji plastik dengan harga terjangkau & kualitas terbaik
      whatsapp : 083870038075

    1. Ada yg di mulai sejak buka buku desember jadi untuk gjian january ..

      Ada yg di mulai dari buka buku januari atau gajian februari

      Tp yg jelas … kontrakan,warteg,stim motor, cukur rambut udah naik bln desember hehe …

      Sy krj di karawang… umks taun kmren 3,8jt … taun sekarang umks di hapus jadi .. gaji gak naik taun ini

      1. Berarti setiap tahun setidaknya gaji karyawan akan naik setara nilai inflasi + pertumbuhan ekonomi ya mas Yodhia (di luar kenaikan karena performa)?

  5. Info yang bikin saya tersenyum. Sebab, Alhamdulillah, gaji saya sudah di atas UMK (UMK Cilacap sekitar Rp. 1,7jt, di atas UMK Pekalongan, Surakarta atau Magelang).
    Ditambah dengan penghasilan non gaji lainnya, semakin Alhamdulillah-Alhamdulillah-Alhamdulillah …
    Mudah-mudahan barokah. Aamiiin.

  6. ane musti gaji manager dan operator produksi 2x lebih mahal min

    ngga masalah lah,,semua tim yg solid adalah aset , dan saya sedniri merasakan efeknya kemajuan perusahaan tsb.

    Indsutrial manufaktur of PT. Makmur Sentosa Plastik tangerang . Head office : Jl. Rawalumbu No.17 Bekasi Suplier bahan biji plastik dengan harga terjangkau & kualitas terbaik
    whatsapp : 083870038075

  7. Pantesan Bekasi Cikarang dsk padat sekali saat ini. Kurang infra strukturnya, jadi susah keluar masuk komplek hehehe…salam dari Kemang Pratama

  8. Hmm…menarik,

    Tetapi menurut saya yang penting daya beli dan gaya hidup…Kalau penghasilan besar tetapi mau beli apa-apa tidak terjangkau karena harga-harga sekitaran mahal dengan gaya hidup seperti raja minyak sih Sasa Miwon….sami mawon…

    Yang sip…upah naik, biaya hidup tidak terlalu tinggi dan gaya hidup biasa aja…

    ———————–
    https://www.teknikpersinyalan.com

  9. Padahal gajih layak minimal yah 5 juta perbulan biar bisa beli rumah . 🙁 🙁

    Tapi mau gimana lagi perusahaan di Indonesia masih belum sanggup menggajih buruhnya segitu, karna berdampak pada kenaikan produksi barang otomatis harga dinaikan .

    Dan akan menimbulkan penurunan daya beli masyarakat terus omset perusahaan menurun, sebab pendapatan rata2 masyarakat Indonesia masih rendah .

    Solusinya kalau mau dapet income tinggi. Ya, bikin bisnis sendiri saja biar hidup tidak tergantung sama gajih , seumuran jangan jadi karyawan terus berusaha lah naik jadi boss, agar hidup kita tidak di bawah telunjuk orang lain 🙂 🙂 .

  10. Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana caranya bagi mereka yang belum mencapai UMK?

    Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan karir adalah dengan terus belajar.

    Bisa belajar sendiri, kursus, atau sekolah lagi.

    Bila MALES BELAJAR, ya terima saja kondisi itu, gak usah galau dan menyalahkan faktor luar 🙂

    salam
    https://manajemenkeuangan.net/
    tempat belajar gratis akuntansi keuangan…

  11. untung jualan hiasan dinding saya masih laku keras
    Memang dibutuhkan inovasi yang kreatif biar bisa hidup dan hiasan dinding yang saya jual ini terbuat dari kayu solid yang di print dan bisa cetak foto juga buat souvenir, hiasan dll

    https://hiasandinding.net

  12. Mas Yodia,
    Menurut saya, kita juga melihat tingkat biaya hidup di Kerawang dan Bekasi. Kalau tingkat biaya hidupnya juga tinggi sebenarnya UMK yang tinggi belum tentu juga bisa menabung.

  13. Besaran salary memang selalu menjadi permasalahan tersendiri dalam dinamika kerja, bahkan tak jarang sering menjadi pemicu tinggi rendahnya motivasi karyawan dalam bekerja. Bagi saya, temukan pekerjaan yang sesuai minat untuk berkarya secara maksimal. Untuk tambahan pemasukan, lakukan bisnis sampingan.

  14. Sedikit merevisi data UMK Jawa timur, UMK tertinggi kedua seharusnya adalah Gresik dengan UMK 3,293 juta. Untuk perbandingan UMK yang jomplang, bisa dilihat di Mojokerto. UMK kabupaten Mojokerto mencapai 3,27 juta sedangkan kota Mojokerto punya UMK 1,7 juta.

  15. Upah besar disyukuri, namun jika kenaikan besar tidak diimbangi produktifitas maka perusahaan tentu akan melakukan upaya2 untuk produktifitas misalnya modernisasi, multi tasking employee dan relokasi. Dg kenaikan 10% pertahun maka sekitar 3 tahun mendatang gaji bisa mencapai 5 juta. Lulusan sma 5 juta gajinya, bagus untuk karyawan,tapi apakah banyak perusahaan yg mampu? Layak kita renungi bersama.

  16. Allah SWT menciptkan makhluknya disertai dengan rezeqinya sesuai kebutuhan dan hajat masing-masing.

  17. Kabar baik, gaji naik, yang kurang baiknya, harga barang2 sudah pada naik sebelum gaji naik…

  18. Gaji naik segerbong pula dg kenaikan biaya hidup lainnya.. atau sebalik nya..

    semangat merengkuh Financial Freedom..

    Bersyukur, Berkarya, Beribadah

  19. Untuk daerah jawa tengah UMK memang paling rendah.. padahal harga property disana relatif sama dengan di bodetabek..

    Kenaikan UMK pun tidak sebanding dengan kenaikan harga Property yang otomatis bila kita ingin memiliki rumah secara tunai tidak akan terkejar, jalan satu-satunya adalah kredit..

    http://www.indorumahsyariah.com

  20. terima kasih mas blog ini selalu menginspirasi.. semoga saya cepat bisa membuka usaha sendiri. aamiin

  21. terima kasih infonya kebetulan saya sedang mencari Rekap UMK tersebut, jika ada rekan sekalian yang mempunyai infor rekap UMK nasional mohon di share

  22. Jadi teringat beberapa tahun lalu saat masih mengharapkan berita baik kenaikan ini, pada akhirnya saya moveon dan alhamdulilah sekarang tidak terlalu mengharapkan penghasilan utama dari gaji pegawai sedikit-sedikit dapat pengahsilan lebih dari Blogger.

  23. UMK naik, kebutuhan pun ikut naik..cara untuk mendapatkan income tak terbatas adalah dengan berani memutuskan untuk berwirausaha sendiri. kerja keras, secara lahir dan batin.

    usaha lahir=kerja keras secara nyata
    usaha batin=berdoa dan tawakal kpd Tuhan.

    menggunakan sarana spiritual adalah salah satu usaha batin untuk melancarkan usaha Anda. berikut adalah pusat sarana spiritual yang mungkin bisa anda manfaatkan.

    https://www.kolektorpusaka.com/koleksi-mustika/

Comments are closed.