CHINDIANESIA : 3 Raksasa Ekonomi yang akan Menguasai Dunia

shanghai-night-shanghai-nightChindianesia. China. India. Indonesia. Inilah 3 dragon Asia yang akan menjadi penguasa ekonomi dunia pada tahun 2045.

Pada tahun 2045, tiga raksasa Asia itu akan menjadi kekuatan ekonomi terbesar 1 dunia (China), 2 (India) dan 4 (Indonesia). Urutan ketiga terbesar dunia adalah USA.

Apakah implikasi kebangkitan raksasa Chindianesia bagi kehidupan bisnis kita? Mari kita ulik dengan gurih dan renyah pagi ini sambil ditemani secangkir kopi hangat.

Ya benar, pada tahun 2045 atau tepat diusianya yang ke 100 tahun, negri kita tercinta ini akan menjadi KEKUATAN EKONOMI TERBESAR 4 DUNIA (setelah China, India dan USA).

Di tahun 2045 – 2050, Indonesia akan resmi menjadi salah satu raksasa ekonomi dunia dan Asia. Indonesia akan bergerak menjadi superpower ekonomi global. Sebuah pencapaian yang lumayan top markotop.

Salah satu cara untuk mengukur size ekonomi atau kekuatan ekonomi sebuah bangsa itu adalah dengan menggunakan ukuran GDP (Gross Domestic Production) atau diterjemahkan menjadi PDB (Produk Domestik Bruto).

Bahasa awamnya, GDP ini ibarat omzet bisnis, atau pendapatan bisnis sebuah negara setiap tahunnya.

Ada dua metode untuk mengukur GDP. Ada metode GDP Nominal. Artinya semua pendapatan bisnis seluruh bangsa di dunia diukur dengan satuan mata uang dollar.

Namun karena menggunakan dollar sebagai patokan, maka metode ini mungkin kurang akurat; sebab biaya hidup di masing-masing negara kan berbeda. Ada yang mahal, dan ada yang lebih murah.

Karena itu muncul metode kedua, yakni mengukur GDP berdasar Purchasing Power Parity (disingkat PPP).

Melalui metode purchasing power parity ini, perbedaan biaya hidup tiap negara dijadikan pertimbangan juga.

Dengan metode GDP – PPP ini, maka hasil pengukuran omzet bisnis sebuah negara menjadi lebih tajam – karena menggambarkan perbedaan biaya hidup yang berbeda di tiap negara.

Nah, berdasar metode GDP PPP, maka omzet bisnis Indonesia saat ini sudah menembus Rp 40 ribu triliun (atau terbesar 8 dunia).

Dan pada tahun 2045, diprediksi omzet bisnis Indonesia akan tembus Rp 120 ribu triliun (atau naik tiga kali lipat dari angka sekarang).

Dengan GDP PPP yang besarnya Rp 120 ribu triliun pada tahun 2045, kekuatan ekonomi Indonesia akan menjadi terbesar 4 dunia.

Pada tahun 2045, urutan GDP PPP terbesar dunia adalah sbb :

1. China (Rp 600 ribu triliun)
2. India (Rp 500 ribu triliun)
3. USA 3 (Rp 400 ribu triliun)
4. Indonesia (Rp 120 ribu triliun)
5. Jepang (Rp 60 ribu triliun)
6. Jerman (Rp 60 ribu triliun)
7. Inggris (Rp 50 ribu triliun)

Seperti yang terlihat dalam daat diatas, pada tahun 2045 besaran size ekonomi Indonesia sekitar seperlima size ekonomi China.

Namun pada tahun itu, size ekonomi Indonesia akan DUA KALI LIPAT lebih tinggi dibanding Jerman atau Jepang. Iya, Jepang dan Jerman yang digdaya itu hanya SEPARO ukuran ekonominya dibanding Indonesia. Amazing juga.

Warga Indonesia saat itu mestinya harus bangga, melihat bahwa GDP negaranya jauh lebih besar dibanding Jerman, Jepang dan Inggris (tiga negara yang selama ini dianggap adidaya ekonomi dunia).

Sebuah fakta yang mestinya bisa menjadi kado yang manis dalam perayaan 100 tahun kemerdakaan bangsanya.

Nah berapa pendapatan per kapita Indonesia pada tahun 2045, atau setelah 100 tahun MERDEKA?

Cara mengukur pendapatan per kapita adalah dengan membagi GDP dengan jumlah penduduk.

Jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2045 diramalkan akan menjadi 320 juta. Wuih banyak amat ya. Mungkin karena kamu-kamu hobi bikin anak :) :)

GDP Rp 120 ribu triliun dibagi 320 juta penduduk, hasilnya adalah Rp 375 juta. Inilah pendapatan per kapita per tahun penduduk Indonesia di tahun 2045.

Rp 375 juta per tahun. Atau Rp 31 juta per bulan. Inilah sodara-sodara pendapatan per kapita Anda di tahun 2045.

Dengan pendapatan per kapita Rp 375 juta per tahun atau setara USD 28 ribu per tahun, maka dapat dikatakan Indonesia saat itu sudah masuk kategori negara maju, atau menengah maju.

Saya ndak tahu apakah, Anda bisa punya penghasilan Rp 375 juta per tahun pada tahun 2045. Sebab pada saat itu, sebagian dari Anda sudah pensiun dan tua renta (alias sudah bau tanah).

Dan karena sudah sepuh, maka penghasilan Anda mungkin malah nihil. Wah cilaka dong :( :(

Apa saja penentu naiknya GDP secara masif?

Ada lima elemen KOENTJI yang menentukan. Kita akan ulas minggu depan – sebuah ulasan yang ndak berbeda dengan kuliah ekonomi di Harvard University. Semua disajikan dengan renyah dan mudah dipahami melalui blog legendaris ini :) :)

Sekarang saya hanya mau bertanya : apakah Anda sudah siap menjemput beragam peluang pertumbuhan ekonomi bisnis Indonesia – yang akan menjadi terbesar 4 dunia?

Sejumlah studi juga meramalkan sejalan dengan trend diatas, maka pertumbuhan jumlah milioner baru juga akan terjadi paling banyak di China, India dan Indonesia.

Dengan kata lain, dibanding negara lain di dunia, bahkan dibanding Amerika dan Eropa, jumlah pertumbuhan milioner baru di Chindianesia tetap akan lebih tinggi. Apa ndak hebat?

Wajar jika pertumbuhan MILIONER BARU paling banyak terjadi di China, India dan Indonesia, sebab pertumbuhan GDP 3 negara ini memang akan terus meningkat, dan menguasai dunia dalam beberapa dekade ke depan.

Apakah Anda siap menjadi milioner baru itu?

Apakah kelak di tahun 2045, sejarah akan mencatat nama Anda sebagai salah satu milioner yang lahir dalam bentangan bumi Nusantara?

Saya ndak tahu dan ndak bisa menebak.

Namun saya tahu : saat sejarah kemakmuran bangsa dipahat, dan angka statistik GDP yang tembus ribuan triliun dipaparkan; maka didalamnya lahir jutaan anak manusia yang sukses meraih kebebasan finansial.

Pastikan bahwa Anda adalah salah satunya.

Sebab jika cerita kemakmuran bangsa terus dirayakan, sementara nasib Anda tetap stagnan, maka Anda sebenarnya telah terjebak dalam ironi kenestapaan yang penuh kepahitan.

Silakan diminum kembali kopi hangatnya. Semoga hidupmu tidak akan sepahit rasa kopi pagi ini :)

banner 6 banner 7

32 comments on “CHINDIANESIA : 3 Raksasa Ekonomi yang akan Menguasai Dunia
  1. Kalo ditinjau dr GDP ya besarlah mas ..krn jumlah penduduk chindianesia jg gede banget..tp Bila dilihat dr pendapatan perkapita dibandingkan singapura,malaysia, thailand, apalagi jepang,jerman,inggris dll pendapatan kita masih termehek2,,,BELUM Lagi kesenjangan /gap pendapatan pribumi dan non pribumi, jadi blm bisa dibanggakanlah…krn kalo dibedah lebih detail secara kualitatif baru ketahuan,,yg berperan menggerakkan ekonomi itu “SIAPA?”

    Salam dari HaniyaDecor.com

    • Makanya anda harus jadi yg 20% top spt yg saya tulis minggu lalu….

      Kalo cuma ngeluh dan nyinyir yah kapan bisa jadi milioner :) :)

      Jadilah naga naga baru Indonesia. Kalau cuma sibuk blah blah, dan melulu lihat sisi negatif, ya masa depan kita bisa suram juga.

      Pendapatan per kapita usd 28 ribu adalah sesuatu yg layak disyukuri. Sesuatu yg layak diapresiasi. Kalo bilang masih kurang, akan menjebak kita untuk fokus pd negative mindset.

      Poinnya data diatas adalah hal yy layak bikin kita bangga dan kita syukuri. Kalau masih saja ada yg nyinyir yah itu memang watak kebanyakan manusia :( :(

      Focus on hope and optimism.

  2. Dengan kekayaan SDA, SDM dan posisi strategisnya Indonesia sudah seharusnya menjadi salah satu negara raksasa Dunia sejak dlu..

    Jd bukan hal yg mengheran, sayang karena hidayah dan potensi nya itu, negri ini senantiasa menjadi incaran Asing dan Aseng..

    Jayalah NKRI

  3. Bila memang benar dan terwujud pencapaian itu, namun kondisi kita ndak berubah baik….
    so apa yang mau dibanggakan?

    so apapun kondisinya, jadi negara super power atau tidak kondisi diri kita super dan juoz markojozz…..

    Bagi yang sudah mencapai tahap itu, tularkan juga untuk orang lain, tentu bagi mereka yang mau ‘ditularin’, katanya “sukses sendirian kagak enak bro”.

    Bagi mereka yang belum mencapai kemakmuran itu, yuk BERJOEANG dengan kreatif, ndak usah mengeluh, ndak usah merengek-rengek ke mereka yang sudah makmur, dan ndak usah NYINYIR ke mereka yang sukses…..

    Terus lakukan aktivitas kreatif dalam keramaian maupun KESUNYIAN sampai batas maksimal…..

    Dan jangan lupa, persiapkan juga ‘SANGU’ untuk kehidupan setelah dunia, tentu bagi mereka yang percaya ada kehidupan setelah dunia.

    Suwun
    http://manajemenkeuangan.net|belajar gratis akuntansi keuangan|

  4. Baca pertanyaan ini : apakah Anda sudah siap menjemput beragam peluang pertumbuhan ekonomi bisnis Indonesia – yang akan menjadi terbesar 4 dunia?

    Siappppppppp untuk berusaha menjemput peluang-peluang ini. Harus sudah dimulai dari saat ini.

    Tks Om Yodhia pencerahannya


    Salam,
    Himawan

    Blog Manajemen SDM (HRD) free 3 ebook senilai 500rb
    http://www.manajemensdm.net/

  5. Ulasan yang menarik dan mudah-mudahan akan menjadi cambuk semangat buat kita agar masuk kedalam kategari 20% Garuda Baru (bukan Naga lagi)

  6. Alhamdulillah baru bisa tembus belasan juta mas/bulan.
    Ahh selalu suka dengan ulasan admin dan bikin semangat untuk menambah penghasilan halal :D ..

  7. Makasih Pak De Yodh, Anda memang inspiring! saya yakin indonesia mampu meraih itu, karena generasi muda sekarang tidak hanya hobi bersosial media tapi juga giat berwirausaha di sosial media,

    Jadi sudah ada pasar dan pelaku bisnisnya berkat warisan teknologi digital dan smartphone warisan steve jobs

    harga-harga di online sekarang juga sudah pada turun dan semakin memanjakan customernya tinggal penjualnya siap bertempur atau nggak dengan postur anggaran dirinya.

    28 tahun dari sekarang generasi milenial indonesia sekitar 48-50 thn masih belum terlalu tua.

    Dan Juga saya juga doakan Pak De Yodh masih hidup agar terus menoelarkan kami yang moeda-moeda ini

    Pentjerahannja sehingga koetnji meraih kesoeksesan itu semakin terboeka lebar agar tidak terjebak dalam hidoep yang penoeh fatamorgana yang penuh nestapa goendah dan goelana. :D

  8. Saya sangat bersyukur dan bahagia terlahir di Indonesia. Negeri yang sangat luas dan lengkap dengan kekayaan alam yang berlimpah ini.

    Bismillah…
    Saya akan berusaha menjadi yang top 20%, agar bisa membantu sesama, menikmati keindahan alam ini, dan kemajuan ekonomi Indonesia nantinya….

    Berfokus pada usaha, berdo’a, dan
    selalu melihat lebih banyak sisi positifnya…

    Kekayaan alam Indonesia ini sangat disayangkan kalau jatuh ketangan yang tidak tepat, pengolahan yang salah, dan hanya dinikmati segelintir orang saja.

  9. Nambah energi aja sharingnya!! Terimakasih mas Yodh. Mari berfokus saja ke hal yang bs kita kendalikan (wawasan, skill, networking, modal dll) dan sama-sama belajar perbaiki sikap _buang jauh-jauh yg menguras energi/ tdk manfaat/ menambah kuat rasa pesimis.

  10. Mudah2an orang2 Indonesia, 30 tahun lagi, gak lupa untuk mensyukuri kehidupan :D

    saya di tahun itu, kalau gak di dalam kubur, mungkin lagi menjabat bupati minimalnya, punya penghasilan minimal 1M per bulan :D

  11. Terima Kasih sharingnya Bang Yodh. Untuk sekarang mau ga mau harus fokus ke apa yang sudah kita miliki, baik itu skill, stamina, dan rasa optimis.

    Saya sendiri masih umur 22, ga tahu di Tahun 2045 bakal jadi negara seperti apa Indonesia ini jika memang di takdirkan masuk di dalam 5 besar negara adidaya, bersaing dengan negara super power macam China dan AS :D

  12. Aslm. Prknalkn sya agnas. Guru geografi. Sy snang baca blog bp. Mau mnta saran aja trkait investasi. Sy dtawari invest MLM yang milik salim group itu namanya lupa. P yodia pasti tau. Apakah itu aman?bagaimana saran bapa terkait invest model trsebut?trims

  13. Yes, saya percaya Indonesia akan jadi raksasa ekonomi dunia. Terlebih dengan berbagai pembenahan yang dilakukan pemerintah saat ini khususnya di sektor ekonomi dan industri kreatif

Comments are closed.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!