5 Jalur Kreatif untuk Meningkatkan Aset Kekayaan Anda secara Masif

emas_sukasuki1 reMinggu lalu saya telah menulis tentang standar Net Worth Ideal (Aset Kekayaan Ideal) yang layak Anda miliki saat usia Anda tembus 30, 40 dan 45 tahun.

Pertanyaannya adalah : bagaimana cara kreatif untuk bisa melampaui standard net worth tersebut, agar kondisi keuangan kita tidak termehek-mehek dalam kenestapaan?

Dalam sajian maknyus berikut ini, kita akan men-ziarahi lima jalur yang layak dilakoni demi masa depan finansial yang lebih cetar membahana.

Sebelum melacak lima kiat ampuh untuk meningkatkan net worth, ada baiknya kita renungkan kembali standar Ideal Net Worth yang saya tulis minggu lalu.

Net Worth Standard :
Usia 35 – Ideal Net Worth > Rp 750 juta
Usia 40 – Ideal Net Worth > Rp 1 Milyar
Usia 45 – Ideal Net Worth > Rp 3 Milyar
Usia 50 – Ideal Net Worth > Rp 5 Milyar

Ada satu catatan sederhana yang PENTING.

Saat pertama kali Anda melihat angka-angka diatas, apa yang segera muncul dalam pikiran Anda?

What you believe is what you get.

Jika pikiran atau hati kecil Anda langsung berbisik : wah, nggak mungkin rasanya saya mencapai standar itu; maka apa yang ada dalam PIKIRAN Anda itu pelan-pelan bisa menjadi realitas.

Itulah yang acap disebut sebagai MENTAL BLOCK. Keraguan, rasa gentar, dan pesimisme, acap adalah MUSUH UTAMA yang bersemayam dalam sekujur batin kita.

Mental block ini yang kadang mensabotase willpower kita untuk bertindak secara kreatif; dan akhirnya membuat nasib kita terus stagnan dalam kegelapan yang penuh duka dan kepahitan 🙁

Baiklah, sekarang kita mulai jelajahi lima jalur untuk bisa meningkatkan net worth atau aset kekayaan secara barokah, kreatif dan masif.

Saya membagi lima jalur ini ke dalam dua kategori, yakni : 3 jalur bagi yang sekarang bekerja sebagai pekerja kantoran (karyawan) dan 2 jalur bagi yang saat ini menjalani usaha sendiri (wiraswasta).

3 Jalur Peningkatan Net Worth bagi Karyawan

Rich Employee # 1 : Accelerate Your Career Path
Agak bodoh kalau ada yang bilang tak mungkin jadi kaya kalau hanya jadi karyawan. Statement itu mungkin benar dan hanya berlaku bagi karyawan level rendahan (dan itu artinya yang ngomong memang masih karyawan level rendahan dengan gaji UMR).

Faktanya kini makin banyak anak muda usia 35an tahun yang sudah menjadi VP atau bahkan level GM; dengan gaji yang berlimpah.

Dengan SKILLS dan KOMPETENSI yang bagus, saya amat percaya setiap orang bisa memiliki karir yang cemerlang dan gaji yang cetar membahana. Sekali lagi, asal skills-nya bagus. Bukan abal-abal.

Dengan kompetensi yang bagus, saya percaya pada usia 40-an tahun, seseorang harusnya sudah menjadi Direktur dengan gaji 80 hingga 150 juta per bulan.

Saya punya lima teman yang dulu pernah kerja bareng satu angkatan pada sebuah firma konsultan manajemen ternama di Jakarta.

Saat ini, lima-limanya sudah menjadi Direktur pada berbagai perusahaan besar dan multinasional di Jakarta. Usia mereka rata-rata 40-an tahun. Gajinya mungkin minimal 80-an juta per bulan, dengan fasilitas mobil Toyota Alphard.

Poin saya sederhana : sepanjang Anda punya kompetensi, maka dengan mantap Anda bisa kembangkan karir Anda hingga level GM atau bahkan Direktur – entah di perusahaan yang sekarang, atau di perusahaan lain yang mau membayar Anda lebih mahal karena kompetensi Anda yang hebat.

Rich Employee # 2 : Find Side Income
Kalau Anda merasa karir Anda di kantor remang-remang; ya jangan putus asa. Gunakan kreativitas Anda untuk mulai mencari income sampingan.

Kini dengan internet, segalanya jauh lebih mudah untuk mulai generate side income. Anda bisa mulai berjualan secara online disela kerjaan utama Anda (caranya agar sukses dalam memulai bisnis sampingan, bisa Anda pelajari dengan detil disini).

Saya punya contoh seorang teman yang bekerja sebagai trainer di perusahaanya. Nah tiap Sabtu ia manfaatkan untuk mencari income sampingan dengan mengadakan traning publik yang terbuka untuk umum. Hasilnya sangat lumayan, dia bilang.

Ada juga teman yang disela kerjaannya, berjualan produk-produk digital secara online. Jualan produk digital tidak ribet karena bisa dikirim via email, dan bukan melalui Tiki JNE yang butuh waktu untuk memprosesnya.

Hanya dengan 2 jam tiap malam kerja di depan laptop, selepas pulang kantor, hasilnya bisa nggak kalah dengan gaji utamanya.

Poinnya : sebenarnya ada banyak waktu luang disela kesibukan kerja yang bisa kita manfaatkan untuk menambah side income.

Cuma kadang banyak orang habiskan waktu untuk hal-hal yang tidak produktif (main game online, browsing sana sini tanpa hasilkan apapun, atau jalani hobi yang malah justru habiskan uang belanja).

Rich Employee # 3: Pindah Kuadran
Dalam jalur ini intinya, seseorang pindah kuadran dari profesi sebagai karyawan kantoran menjadi orang yang punya usaha sendiri.

Jika sukses, jalur ini memang bisa meningkatkan NET WORTH dengan dramatis. Asal sukses ya. Kalau gagal ya malah bisa bangkrut dan terjebak hutang.

Jalur inilah yang saya jalani dulu, di tahun 2004, saat saya resign dari kantor konsultan manajemen, dan kemudian mendirikan firma konsultan sendiri.

Terus terang, keputusan yang historik itu memang mampu meningkatkan income saya secara dramatis. Income saya di tahun berikutnya bisa naik 10 kali atau 1000 persen dari gaji terakhir saya sebagai pekerja kantoran. Otomatis, personal net worth saya pelan-pelan bisa naik juga.

Dari pengalaman saya, kunci sukses pindah kuadran mungkin ini : Anda sudah punya pengalaman dan jaringan dalam bisnis yang mau Anda rintis; dan tentu saja juga skills yang dibutuhkan agar sukses dalam bidang usaha tersebut.

Banyak orang nekat resign tanpa bekal SKILLS yang bagus untuk memulai usaha yang akan dia jalankan. Tak heran jika nasibnya malah makin nyungsep.

Dikira modal sukses bisnis itu hanya dengan SEMANGAT doang.

Semangat gundulmu alus Le 🙁 🙁 🙁

2 Jalur Peningkatan Net Worth bagi Wirausahawan/wati

Rich Entrepreneur # 1 : Creative Promotion and Great Products
Kunci sukses bisnis itu amat sederhana : jualannya laku. Sesederhana itu.

Yang tidak sederhana : bagaimana agar jualannya laku terus hari demi hari.

Sejatinya hanya ada dua pilar kunci agar jualan laris dan bisnis sukses, yakni : 1) promosi kreatif dan 2) produknya memang bagus.

Sejumlah orang gagal jualan bukan karena produknya jelek; namun karena ia tidak kreatif melakukan proses promosi. Atau tidak berani spend budget untuk promosi. Tak heran jika jualannya sepi dalam kesunyian yang kelam.

Begitu banyak online reseller atau olshop yang nggak laku karena memang kebanyakan orang bodoh dalam melakukan internet marketing and promotion.

Yang lebih kelam : sudah tidak tau, tapi tak mau belajar dengan gigih; dan yang tragis, enggan melakukan praktek promosi dengan konsisten.

Wajar, jika NET WORTH orang itu stagnan. Aset kekayaannya malah makin tergerus angka inflasi.

Rich Entrepreneur # 2 : Multiple Income Stream
Kalau bisnis utama sudah lumayan sukses, tidak ada salahnya melakukan diversifikasi usaha. Idealnya, diversifikasi ini masih berhubungan dengan produk utamanya.

Dengan cara itu maka Anda bisa membangun pilar MAUT untuk meningkatkan net worth, yakni apa yang disebut sebagai multiple revenue stream. Sumber penghasilan Anda tidak hanya satu, tapi bisa 2 atau bahkan 3 sumber penghasilan.

Misal, setelah saya cukup solid membangun bisnis konsultan manajemen sejak tahun 2004, maka mulai tahun 2008 saya merintis bisnis online jualan materi Presentasi and Management Tools; dan lalu juga melaunch sekolah manajemen online pada tahun 2016 lalu.

Dengan multiple revenue stream, Anda bisa melipatgandakan income Anda secara cepat. Dengan begitu, maka personal Net Worth Anda juga bisa naik wuzz, wuzzz.

DEMIKIANLAH, lima jalur yang bisa Anda lalui untuk bisa meningkatkan ASET KEKAYAAN (NET WORTH) Anda dengan masif dan penuh barokah.

Lima jalur itu adalah :
1. Accelerate Your Career Move
2. Find Side Income
3. Pindah Kuadran
4. Create Great Promotion and Great Products
5. Develop Multiple Revenue Stream

Anda bisa melakukan lebih dari satu jalur diatas. Apapaun pilihan jalur Anda, semua harus dikerjakan dengan TEKUN dan penuh DAYA RESILIENSI.

Explore. Read and Learn.
Apply what you read.
Practice what you learn.
Improve every single day.
See you at the TOP.

Dapatkan Gratis - 5 Buku Bisnis dan Ilmu Pengembangan Diri yang Super Amazing. Download Now.

Laydown

Related Post

5 Mitos Berbahaya yang Wajib Anda Ketahui tentang Uang dan Kekayaan Ini mungkin sebuah kalimat magis yang ingin diraih oleh kebanyakan orang. Kemakmuran. Prosperity. Keberlimpahan. Pada akhirnya, kita semua berjibak...
3 Langkah Kunci Menjadi Top 20%, Bukan Nyungsep dalam Bottom 20% Minggu lalu, kita sudah membahas sajian berjudul Kenapa Hanya 20% Populasi yang Selalu Menguasai 80% Aset Kekayan. Lalu ada pembaca yang nanya : ba...
Millionaire Mind : Jalan yang Harus Anda Lalui untuk Menjadi Milioner Sajian pagi ini akan membedah sebuah buku dahsyat bertajuk : SECRETS of the MILLIONAIRE MIND karya T. Harv Eker. Didalamnya kita akan menjelajah da...

21 comments on “5 Jalur Kreatif untuk Meningkatkan Aset Kekayaan Anda secara Masif
  1. Ketekunan dan memiliki daya resiliensi yang penuh, akan menjadi salah satu jalan seseorang memiliki net asset yang diinginkan.

    Benar bila artikel di atas menuliskan bahwa sebenarnya banyak waktu luang yang dimiliki oleh seorang pekerja kantoran, tinggal karyawan itu mau memanfaatkan untuk hal-hal baik atau terbuang percuma…

    So..
    Terus belajar dan tekun mempraktekkan apa yang dipelajari serta jangan mudah putus asa.

    Terima kasih

  2. Kalau hanya mengandalkan gaji sebagai seorang karyawan, maka penghasilannya kita terbatas.
    Cara paling ampuh, ya punya side income atau punya usaha sendiri yang limit penghasilannya tak terbatas.

  3. What you believe is what you get.

    Pernyataan ini sangat berlaku buat siapapun. Asal mentalnya ada, konsisten dan tekun serta mau terus belajar, niscaya target tercapai.

  4. Mantap, setiap senin pagi selalu di sajikan tulisan positif menggugah. Hanya saja memang kalau senin pagi masih lemot akses blog nya, mungkin banyak yang akses ya kalau senin pagi.
    Makasih Mas Yodhia Antariksa.

  5. Artikel menarik, membuat kita punya pengetahuan untuk meningkatkan net worth kita, bukan modal semangat aja

  6. Practice what you learn! kalau cuma baca strategi di blog ini tapi gak take action ya sama aja, kapan bisa meningkatkan aset kekayaan kita? so lets take action! 🙂

  7. Positive mindset, kerja keras dan cerdas, serta doa yang tak henti agar target bisa tercapai apapun jalur yang dipilih.

    Terima kasih Pak Yod, atas artikel yang selalu menggugah.

    Salam sukses selalu.

Comments are closed.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!