Elon Musk dan Ide-Ide Bisnis Gila tentang Masa Depan Dunia

Kita mengenal para technopreneur legendaris dunia seperti Bill Gates (pendiri Microsoft), Steve Jobs (Apple), Sergey Brin (Google), Mark Zuckerberg (Facebook) hingga nama seperti Jeff Bezon (Amazon) dan Jack Ma (Alibaba).

Diantara nama-nama besar itu, kita kemudian juga mengenal nama Elon Musk – sosok technopreneur yang mungkin paling gila ide pengembangan bisnisnya.

Sebab saat yang lain hanya berpikir tentang dunia, Elon sudah punya rencana untuk membuat perumahan di Planet Mars.

Nama perumahannya mungkin Griya Mars Indah.

Elon Musk sejatinya lahir dan besar di Afrika Selatan. Ia kemudian migrasi ke California saat remaja.

Ia dikenal sebagai salah satu pendiri Paypal – sebuah layanan online payment system paling besar di dunia. Elon mendapatkan dana triliunan saat saham Paypal dijual ke eBay.

Melalui dana penjualan sahamnya di Paypa itulah, Elon Musk kemudian melakukan petualangan bisnisnya yang fenomenal. Ia utarakan gagasan bisnis yang gila dan dengan penuh ketekunan mencoba merealisasikannya.

Berikut 4 ide bisnis fenomenal Elon Musk yang sebagian baru tahap gagasan awal, dan sebagian sudah full direalisasikannya.

Elon Radical Business Idea 1 : Electric Car Tesla

Nama Elon Musk mencuat sejalan dengan kesuksesan mobil Tesla – sebuah teknologi mobil yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik (harapannya sumber listriknya berasal dari renewable energy).

Saat pertama kali mengutarakan niatnya untuk membuat mobil listrik, Elon Musk bilang : pada tahun 2050, semua mobil di dunia sudah tidak ada yang pakai BBM jadul. Semua pakai mobil listrik.

Saat itu, pabrikan mobil besar seperti BMW, Mercedes dan Toyota agak meremehkan ambisi Elon. Biasa – penyakit khas incumbent players memang suka menganggap enteng rival. Sebelum mendadak digilas mati.

Kini Tesla sukses membuat elecrtic car yang bagus dengan harga terjangkau. Mobilnya laris manis, dan perlahan pabrikan besar mulai bergerak untuk mengejarnya.

Elon juga sudah mulai membangun pabrik baterei terbesar di dunia – yang kelak akan menjadi komponen utama mobil electric.

Faktanya, banyak negara yang kini mengeluarkan kebijakan akan melarang mobil berbahan bakar BBM. Banyak negara di Eropa dan juga China akan mulai melarang mobil BBM mulai tahun 2030.

Pada akhirnya mungkin prediksi Elon Musk akan benar : pada tahun 2050, mobil tak akan lagi pakai BBM yang jadul, kotor dan mencemari udara.

Kelak pom bensin akan mati satu demi satu. Diganti dengan station charger listrik mobil.

Elon Radical Business Idea 2 : Hyperloop

Gambar hyperloop bisa Anda lihat di atas.

Hyperloop intinya adalah kereta berkecepatan tinggi yang bergerak dalam tabung hampa udara. Kecepatannya 1000 km per jam, lebih cepat dibanding pesawat dan juga bullet train seperti Shinkasen Jepang (yang hanya 500 km per jam).

Dengan Hyperloop, maka jarak Jakarta – Surabaya bisa ditempuh hanya dalam 1 jam kurang. Sedikit lebih cepat dibanding pakai pesawat yang agak ribet harus check in dan take off/landing.

Elon Musk mulai merancang teknologi Hyperloop di California sana. Ambisi dia adalah bisa membangun jaringan Hyperloop antar kota utama di Amerika – sehingga bisnis airline bisa mendapat pesaing berat.

Btw, ada investor dari Amerika yang mencoba menerapkan teknologi Hyperloop ini di Indonesia dan mereka tengah melakukan studi kelayakan.

Harapan saya kelak akan ada jaringan Hyperloop Bekasi – Jakarta PP agar lama tempuh ke Bekasi yang nun jauh disana itu bisa dipangkas hanya menjadi 1 menit saja. Baru duduk langsung nyampe 🙂

Elon Radical Business Idea 3 : Perumahan Griya Mars Indah

Gagasan Elon Musk untuk membangun koloni baru di planet Mars adalah ide bisnis yang mungkin paling mind-blowing.

Memang jumlah penduduk di bumi makin padat.

Ndak usah jauh-jauh. Di kota-kota besar Jawa saja sekarang tiap pagi selalu macet. Rasanya begitu padat manusia di jalanan dengan sepeda motor, mobil dan angkutan umum. Jalanan terasa makin crowded. Bandung, Jogja, Surabaya, dan Jakarta makin sesak dengan manusia.

Maka harga tanah di bumi makin mahal. Ini hukum alam. Makin banyak anak baru lahir, jumlah penduduk makin banyak, sementara luas tanah di bumi tidak bertambah, maka harga komoditi tanah pasti akan makin selangit.

Itulah kenapa ide memindahkan sebagian manusia ke planet Mars menjadi ide yang menarik.

Membangun perumahan Griya Mars Indah barangkali adalah ide bisnis yang profitable – sebab harga tanah di Mars mungkin ndak semahal harga tanah di Pondok Indah atau Menteng, Jakarta. Karena disana masih minim penduduk 🙂 🙂 🙂

Namun jarak Bumi ke Mars amat jauh. Kedua planet ini saling bergerak mengeliling matahari, maka jarak keduanya menjadi berubah-ubah sepanjang waktu.

Jarak rata-rata kedua planet ini adalah 200 juta KM. Beuh. Jauh bangett.

Sementara roket tercepat sekarang baru punya kecepatan 60 ribu KM per jam. Artinya butuh waktu 133 hari lamanya agar manusia bisa terbang ke Planet Mars.

Elon Musk tetap yakin, ide mendirikan properti di Planet Mars adalah sesuatu yang mungkin. Everything is possible. Sebab disana memang juga terdapat adanya potensi kehidupan.

Btw, sekedar info : bumi yang kita tempati ini memang hanya sebutir pasir dalam galaksi semesta alam yang maha luas.

Kalau Anda rajin melihat video tentang astronomi di Youtube, Anda akan tercengang betapa bumi ini benar-benar hanya seukuran satu butir pasir.

Ada jutaaan planet lain yang ukurannya 10 ribu kali lipat bumi, dan sedang bergerak di luar sana.

Sangat mungkin ada makhluk lain di planet sana, di semesta galaksi yang jauh, yang saat ini mungkin berpikir sama dengan kita : “Ada nggak ya makhluk lain selain kita di panet ini.”

Maka kolonisasi baru di Planet Mars adalah langkah awal untuk memasuki semesta peradaban lain di Galaksi Alam Raya ini.

Elon Radical Business Idea 4 : Roket Antar Benua
Ide bisnis yang gila ini baru dirilis Elon Musk dua minggu lalu. Idenya begini : menciptakan roket kecepatan tinggi, yang akan mengantar orang pergi pulang antar benua dengan cepat.

Roket ini didesain berkecepatan 7000 KM per jam – jauh lebih cepat daripada peasawat Boeing terbaru yang rata-rata hanya punya kecepatan 1000 KM per jam.

Cara roket itu terbang adalah ya seperti roket : melesat keatas menembus atmosfer bumi, terbang di luar angkasa (di luar lingkaran bumi), kemudian balik lagi menembus bumi, dan lalu mendarat di kota tujuan.

Dengan kecepatan 7000 KM, maka jarak Jakarta – Mekah yang 8000 KM hanya akan ditempuh dalam waktu 1 jam lebih sedikit (bukan selama 9 jam seperti perjalanan konvensional).

Dengan roket penumpang antar benua, maka hubungan cinta gaya LDR mungkin tak lagi masalah 🙂

Meski pasangan kita tinggal di London atau Paris, hanya dalam hitungan menit kita bisa bertatap muka dengannya. Mungkin lebih cepat daripada lama tempuh Bekasi ke Tangerang yang butuh waktu 3 jam gara-gara macet di jalanan 🙁 🙁

DEMIKIANLAH, 4 ide bisnis gila dari seorang Elon Musk. Ide-ide bisnis yang radikal barangkali telah membuat dirinya lebih fenomenal dibanding technopreneur lainnya.

Pada akhirnya, untuk membuat perubahan sejarah peradaban, acap dibutuhkan orang-orang gila seperti dirinya.

Crazy people with crazy ideas will change the world.

Anda pilih Misqien atau Kaya? Dapatkan Ebook yang Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Kekayaaan dan Financial Freedom. Gratis. Download DI SINI sekarang juga. Atau klik gambar di bawah.
24 comments on “Elon Musk dan Ide-Ide Bisnis Gila tentang Masa Depan Dunia
  1. Artikel renyah nan mencerahkan di Senin pagi saat berjubel manusia menuju tempat aktivitasnya, padat maka ide Elon Musk untuk tinggal di Perumahan Mars Indah menjadi peluang yang baik.

    Dan yang pasti harus ada Action!, sebuah ide akan tetap menjadi ide tanpa ada tindakan.

    Dan sekali lagi Ia piawai dalam mewujudkan ide-idenya.

    Terima kasih
    https://manajemenkeuangan.net

  2. Artikel ini secara tidak langsung mengajarkan kita para entrepreneur dan technopreneur untuk berfikir kreatif dan punya gagasan yang tak terduga dalam menjalankan roda bisnis masing-masing.

    Terimakasih untuk artikel gurihnya di pagi ini mas Yodh.

  3. Untuk di perkotaan, mobile listrik mudah diterapkan. Tetapi kalau diaderah, apalagi geografis Indonesia yang pegunungan saya belum yakin mudah diaplikasikan.

    Daya tahan baterai, lamanya charge baterai point penting yg mesti dipikirkan serius.

  4. Wow rasanya mungkin ini yang diajarkan oleh motivator, yaitu hidup untuk mengejar impian.., Elon Musk mendedikasikan seluruh hidupnya untuk impiannya, yang sangat luar biasa…

  5. Untuk roket antar venue, sudah ada ujicoba menerbangkan roket n kembali mendarat, sudah berhasil…. Tinggal dikembangkan lagi oleh spacex

  6. Mantap di bahas tentang elon musk
    Kebetulan saya juga sebentar lagi menamatkan baca buku biografi elon musk karangan Ashlee vance, elon musk adalah Tony stark / Iron man sebenarnya yang menginspirasi film ironman masa kini jadi film layar lebar,
    Karakter elon musk pekerja keras dan punya watak keras sehari tidur hanya 4 jam dia mengajarkan karyawannya agar selalu berpikir keras bila perlu sampai kepala sakit, Misinya memang mengubah Sejarah Dunia. Bukan hanya sekedar buka usaha lalu ditinggal tidur2an atau ditinggal jalan2.

  7. Dengan ide yang cukup cemerlang tentu saja akan menjadi penemuan2 baru yang sangat menginspirasi manusia khususnya dalam hal kesejahteraan.

    Yang perlu diingat bahwa bermanfaat adalah kuncinya . Semakin kita menghasilkan hal-hal yang bermanfaat itu semakin baik untuk diri sendiri dan orang lain .

  8. Jangan lupa SolarCity, perusahaan yang digagas Elon Musk yang memiliki spesialisasi di bidang energi surya yang ramah lingkungan.

    Kehebatan Elon Musk, selain visinya yang jenius dan kerja kerasnya, adalah kemampuannya menyelaraskan kemajuan teknologi demi kualitas kehidupan manusia dan kondisi bumi yang lebih baik lagi.

    Tanpa terobosan yang signifikan dalam industri otomotif dan energi yang terbarukan, planet bumi tentu akan semakin sulit menopang kehidupan milyaran manusia di dalamnya.

    Semoga apa yang Elon Musk perjuangkan, adalah bagian dari langkah yang baik bagi kita sekalian menuju masa depan yang lebih baik.

  9. Elon Musk memang seorang pebisnis yang revolusioner, radikal dan sedikit keluar dari pakem kebanyakan bisnisman konvensional.

    Tesla, Hyperloop, Space X menjadi bukti tak terbantahkan betapa briliant nya Elon Musk.

    Mencoba mengikuti pola pikir Elon, tidak ada salahnya kalo saya menawarkan diri untuk meminta 1 link saja pada mas Yodhia yg baik hati, mengingat ada beberapa artikel di blog saya yg mungkin saja sesuai, tentang Elon Musk, Hyperloop.

    Ya namanya saja mengikuti pola pikir radikal, tidak berarti mengesampingkan etika. Tapi to the point, saya rasa lebih etis ketimbang saya mencantumkan link aktif 🙂 .

    Toh apa yg saya tulis disini bkn sekedar komentar sampah, paling tidak komentar ini bermanfaat juga bagi pembacanya, ya minimal tertawa geli, dan jikapun jengkel itu tandanya anda harus melatih kesabaran lebih dalam lg..

    Mas Yodhia dan strategi manajemen nya yg hebat, sajian yg renyah dan maknyus setiap senin pagi, adalah menu istimewa yg sangat jarang saya lewatkan sejak beberapa tahun ini.

    So.. Ndak ada salahnya kan kalo nama blog saya ikut numpang tenar disini.. :-).

    Akhir kata, matur nuwun, semoga Tuhan memberkati.

  10. Hanya sedikit orang yg memiliki keberanian spt Ellon Musk. Krn memang berani bermimpi saja tidak cukup. Dia dan bnyk technopreneur radikal lainnya tentu memiliki ekosistem yg mendukung. Hal ini lah yg perlu dikembangkan lbh lanjut di Indonesia. Great post Pak Yodhia Antariksa.

Comments are closed.

Pilih Kaya atau Misqien?

Dapatkan Buku yg Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Financial Freedom yg Barokah. GRATIS!