Anda Ingin Raih Sukses dalam Hidup? Baca Artikel Amazing Ini…..

Apakah Anda ingin meraih sukses masif dalam hidup Anda?

Jika ya, maka simak hasil riset ini. Studi yang dilakukan oleh Prof Angela Duckworth – profesor psikologi dari University of Pennsylvania – menemukan bahwa elemen GRIT adalah pilar kunci untuk meraih sukses yang melimpah dalam sekujur hidup Anda.

Riset itu kemudian ia rumuskan dalam bukunya yang bertajuk : GRIT – The Power of Passion and Perseverance.

Apa sebenarnya grit itu? Dan bagaimana cara ampuh untuk merawatnya dalam sekujur batin kita?

Dalam buku yang sempat menjadi best-seller ini, Prof Angela menulis elemen grit jauh lebih punya peran krusial dalam menentukan arah sukses seseorang, dibanding kecerdasan akademik, IQ (kemampuan kognitif), atau bahkan kecerdasan emosional.

grit-9781501111105_hr re

Melalui risetnya bersama ribuan responden dalam beragam profesi – mulai dari atlet olympiade, para manajer sukses, hingga prajurit NAVY Seals – Prof Angela menemukan bahwa kemampuan untuk memelihara daya juang secara spartan benar-benar akan menentukan sukses hidup masa depan.

Lalu apa itu definisi GRIT?

Dalam bahasa awam, grit bisa dimaknai sebagai kegigihan untuk terus berjuang mewujudkan impian, ditengah beragam problem dan tantangan; terus punya motivasi dan daya resiliensi untuk merealisasikan impian hidup yang diangankan itu.

Grit adalah mereka yang terus berjalan ribuan kilometer meski badai tantangan terus menghadang. Grit adalah mereka yang terus melakukan continual improvement sambil bergerak maju – setapak demi setapak untuk wujudkan impiannya.

Grit bukanlah mereka yang malas bergerak, atau berjalan tanpa arah, atau berjuang namun ditengah jalan kemudian menyerah, dan lalu cuma hanya bisa bengong dan melamun.

Grit bukanlah untuk mereka yang hanya baca-baca, lalu kemudian tak pernah mau praktek dengan gigih, atau yang tak mau berjibaku tanpa lelah agar skillsnya bisa tumbuh, agar dirinya mampu menggapai impiannya.

Profesor Angela Duckworth menulis dalam bukunya ada 4 elemen vital yang akan membuat kita bisa merawat grit dalam segenap raga kita.

Apa saja 4 elemen itu? Mari kita ulik satu demi satu.

Grit Element # 1 : Passion
Menurut Prof Angela, Anda tak akan mungkin mampu bertahan dan berjuang menghadapi problem yang begitu dahsyat, jika Anda tak mencintai apa yang Anda kerjakan. Jika Anda tak punya cinta murni akan apa yang Anda impikan.

Agar Anda mampu memiliki daya resiliensi dan mampu gigih berjuang dalam jangka panjang – ditengah sergapan tantangan yang datang silih berganti – maka Anda harus punya minat mendalam, atau passion terhadap arena bidang yang Anda tekuni.

Contohnya mungkin apa yang saya lakukan dengan kegiatan bernama blogging ini.

Saya mungkin tak akan mampu bertahan menulis tanpa pernah absen, setiap Senin pagi selama 10 tahun berturut-turut jika saya tak punya passion, tak punya kecintaan mendalam dengan dunia tulis menulis tentang bisnis dan ilmu personal development.

Untuk menjadi master dalam bidang yang Anda tekuni, maka Anda harus berjuang dalam waktu yang panjang – bahkan hingga 10 ribu jam praktek yang melelahkan.

Tanpa passion, tanpa kecintaan akan bidang itu, maka Anda pasti akan berjalan gontai ditengah jalan.

Dan lalu Anda hanya akan menjadi barisan medioker (kumpulan manusia abal-abal tanpa karya dan income yang cetar membahana).

Grit Element # 2 : Deliberate Practice
Grit hanya akan tumbuh jika Anda melakukan deliberate practice.

Maksudnya : Anda mau melakukan praktek kerja yang menantang, cukup sulit dilakukan, dan Anda melakukan secara spartan agar skills Anda tumbuh setapak demi setapak.

Misal : Anda mencintai dunia training dan ingin menjadi trainer top dengan fee 20 juta/hari mengisi training. Top markotop.

Maka Anda melakukan deliberate practice : misal tiap malam selama 3 jam full Anda bicara di depan cermin sambil direkam smartphone Anda. Anda berlatih dan berlatih tanpa kenal lelah, tiap hari, tiap malam.

Lalu Anda ulangi. Dan ulangi lagi. Lalu Anda evaluasi hasil rekamannya, dan tandai apa yang harus Anda improve besok malam. Dan Anda melakukan ini semua selama ratusan minggu.

Itulah deliberate practice – demi menjadi master, demi fee 20 juta per hari.

Contoh lain : Anda mencintai dunia blogging dan ingin menjadi blogger milioner yang legendaris.

Maka Anda harus melakukan deliberate practice : misal tiap hari menulis artikel 500 kata, lalu Anda publish. Anda terus menulis 500 kata tiap hari, dan Anda ulangi ritual ini selama 365 hari lamanya tanpa henti.

Jika hingga hari 365 belum berhasil raih income yang masif, maka Anda ulangi ritual menulis 500 kata per hari itu selama 365 hari lagi. Praktek spartan. Kerja marathon.

Itulah deliberate practice – demi menjadi blogger milioner.

Grit Elemen # 3 : Purpose
Prof Angela menulis dalam bukunya, elemen ketiga yang juga harus dirawat demi tumbuhnya grit adalah : sense of purpose.

Anda akan menjadi grittier (lebih punya grit) jika Anda memiliki tujuan mulia atau noble purpose dibalik kegiatan yang Anda cintai itu.

Dan dengan itu, Anda bisa lebih mampu bertahan dalam perjuangan panjang yang melelahkan saat Anda melakukan deliberate practice.

Sense of purpose bisa Anda rumuskan sendiri, berdasar value yang bisa Anda berikan.

Contoh : saya mati-matian bertekun dalam dunia internet marketing karena saya punya purpose ingin berbagi pengetahuan praktikal tentang dunia itu; dan ingin membuat banyak orang bisa sukses menerapkan praktek internet marketing.

Purpose adalah apa manfaat positif dari apa yang kita kerjakan buat sesama dan alam semesta.

Sense of Purpose adalah something beyond money; sebuah niatan mulia yang berharap hasil kerja kita bisa bermanfaat bagi orang lain. Atau bisa membantu banyak orang.

Sense of purpose adalah sebuah perwujudan Firman Ilahi bahwa kita diciptakan di dunia ini tidak dengan sia-sia.

Kehadiran Anda di dunia ini, hasil kerja atau karya nyata Anda harus punya manfaat bagi banyak orang lain.

Grit Element # 4 : HOPE
Ini elemen penentu grit yang terakhir. Grit Anda hanya akan tumbuh jika Anda merasa punya harapan bahwa apa yang Anda lakukan akan berhasil.

Elemen ini mungkin elemen yang krusial. Banyak orang gontai dan limbung ditengah jalan, karena mungkin merasa tidak punya harapan akan berhasil. Harapannya kandas ditelan fatamorgana.

Solusi untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan menyusun “small and quick wins” atau sejenis “small goals” yang bisa diraih sepanjang Anda melakukan deliberate practice dengan gigih.

Small goals adalah perwujudan dari micro improvement atau 1% improvement. Perbaikan yang kelihatannya kecil, namun pelan-pelan akan membesar dan berdampak signifikan.

Misal : dalam deliberate practice tadi, Anda tak usah pasang target menulis 500 kata tiap hari. Tapi cukup 50 kata. Sepersepuluhnya. (contoh 50 kata adalah paragraf yang Anda baca sekarang ini + satu paragraf diatasnya).

Lalu lakukan small step itu tiap hari.

Itulah contoh small goals yang achievable, dan dalam jangka panjang akan berdampak masif bagi sukses hidup Anda. Anda bisa ambil contoh lain yang relevan dalam pekerjaan Anda sehari-hari.

Poin-nya : hope atau harapan akan bisa terus menyala jika Anda punya small goals yang relatif mudah diraih.

Jika disertai dengan konsistensi, small steps ini akan bisa membuat Anda jadi super sukses.

DEMIKIANLAH, 4 elemen kunci penentu tumbuhnya GRIT :
1. Passion (kamu mencintai apa yang kamu lakukan)
2. Deliberate Practice (praktek gigih tanpa henti)
3. Sense of Purpose (kita dilahirkan didunia ini tidak dengan sia-sia)
4. Hope (small steps agar tak terjebak harapan penuh kepalsuan).

Selamat berjuang teman.
Selamat berjalan gigih ribuan kilometer tanpa kenal lelah, demi apa yang kamu impikan.

25 thoughts on “Anda Ingin Raih Sukses dalam Hidup? Baca Artikel Amazing Ini…..”

  1. HOPE
    Salah satu elemen terpenting untuk meraih sukses dalam hidup…
    tanpa ada harapan untuk meraih kehidupan yang lebih baik maka semangat untuk melanjutkan aktivitas, semangat untuk terus bertahan, dan semangat untuk melakukan inovasi akan terhenti dan akhirnya MATI.

    so…
    daripada menyesali dan mengeluh dengan kondisi yang ada, mendingan terus berupaya dan berharap dengan kebaikan-kebaikan, sampai kesuksesan itu benar-benar tercapai atau ajal menjemput….

    Terima kasih

  2. Inspirasi Pagi yang mencerahkan, Pak Yodhia memberikan materi dari buku tentang GRIT dan memberikan contoh yang konkret sehingga mudah untuk dipahami.

    Bicara tentang kegigihan berjalan ribuan kilometer, mengingatkan kembali pada kutipan bahwa semua profesional awalnya adalah seorang amatir.

  3. Mantab.. elemen yg wajib ada dan diamalkan sepanjang hayat..

    Penasaran utk mengulik isi buku nya, Smg sudah ada edisi nasional nya..

    Ready for Grit

  4. Grit sama dengan sebuah alat / kendaraan untuk menjemput sukses yang harus selalu dirawat agar tidak kehilangan kempuan menghantarkan seseorang sampai pada apa yang diyakininya sebagai titik sukses hidupnya

  5. Terimkasih Artikel dagingnya Pak Yodhia…
    LUAR BIASA PAGI INI dengan Memegang
    4 Kunci Prof Angela Duckworth.
    1. Passion
    2. Deliberate Practice
    3. Sense of Purpose
    4. Hope

  6. spartan itu kalau ngga salah film ya pak. film perang tentang 300 prajurit melawan ribuan musuh-musuhnya setiap harinya.

    tapi Spartan mati juga sih akhirnya. he he 😉

    tapi kotanya jadi terlindung sih. he he 😉

Comments are closed.