My Business Goals in 2018. And What Are Yours?

Hari ini adalah hari pertama di tahun 2018. Apa saja goals Anda di tahun 2018 ini, dan apa saja rencana heroik yang hendak Anda lakukan, agar hidup Anda di tahun ini menjadi lebih sumringah?

Ya, demi menyongsong tahun 2018 yang lebih cetar membahana, apa saja GOALS yang ingin Anda tabalkan, baik dalam aspek karir, pengembangan personal, atau dalam aspek pertumbuhan bisnis?

Mari coba kita ulik pertanyaan diatas, dalam sajian renyah pertama di tahun 2018 ini.

Studi menunjukkan memiliki rencana masa depan yang jelas merupakan salah satu elemen kunci untuk meraih hidup yang lebih sukses dan penuh makna.

Kalaupun arahnya tidak terlalu detil, setidaknya Anda punya bayangan yang cukup jelas tentang arah perjalanan karir, bisnis atau pengembangan diri Anda di masa depan.

Dalam menyusun rencana atau goals 2018 ini, mungkin ada baiknya juga sekaligus melakukan review terhadap apa yang sudah dicapai di tahun 2017.

Saya berharap Anda bisa melakukan proses serupa : mencoba merenungkan apa saja yang sudah Anda capai di tahun 2017; dan goals apa yang ingin Anda raih di tahun 2018, baik dalam aspek bisnis, karir ataupun personal development.

Berikut adalah contoh review progres 2017 dan My Business Goals 2018 yang ingin saya raih.

Selama ini saya mengelola dua jenis bisnis yang merupakan sumber income utama bagi saya dan keluarga. Dua bisnis ini adalah 1) Bisnis Konsultan dan 2) Bisnis Online. Berikut business goals dalam dua arena ini.

My Business Goals in Consulting 2018
Bisnis konsultan manajemen SDM ini sudah saya dirikan sejak 2004 lalu, saat saya pindah kuadran dari sebelumnya bekerja di sebuah perusahaan konsultan manajemen juga.

So far bisa terus jalan, dan selama lebih dari 13 tahun ini telah membantu lebih dari 100 klien, baik dari perusahaaan multinasional, BUMN, perusahaan swasta nasional dan beragam lembaga pemerintah.

Di tahun 2017 yang baru saja berakhir, firma konsultan manajemen saya ini memiliki pencapaian yang bagus.

Dari sisi net income, pencapaiannya melampaui 2 kali dari target yang saya tetapkan. Ini mungkin karena saya termasuk orang yang konservatif kalau menetapkan target income.

Sementara dari sisi klien, kami berhasil mendapatkan sejumlah projek dari big clients seperti Pertamina, PGN, Bank BNI, Pelindo, dan juga Ditjen Pajak.

Untuk business goals 2018, saya berharap agar net income setidaknya bisa sama dengan tahun 2017 dengan jumlah klien yang sama beragamnya.

Dalam bisnis konsultan, variasi jumlah klien cukup penting agar revenue kami tidak hanya tergantung pada satu atau dua klien saja.

Di tahun 2018 ini, saya dan team memiliki rencana untuk lebih agresif melakukan pemasaran. Selama ini kami hanya mengandalkan strategi SEO (Search Engine Optimization) untuk mendapatkan klien.

Tahun ini kami punya action plan untuk melakukan Email Marketing, Facebook Marketing, dan juga Whats App Marketing untuk menjaring klien-klien baru dan memelihara loyalitas klien lama.

Selama ini saya telah menerapkan dengan intensif strategi Email/FB/WA Marketing dalam menjalankan bisnis online saya; namun sama sekali belum pernah saya lakukan dalam bisnis konsultan.

Tahun 2018 ini, saya berencana melakukan eksperimen serius untuk juga menerapkan strategi Email/FB/WA Marketing guna mendapatkan klien bisnis konsultan. Belum tahu bagaimana hasilnya nanti. Harapannya bisa memberikan hasil yang positif.

My Business Goals in Online Journey 2018
Saya mulai merintis menjalankan bisnis online sejak 2008, atau 10 tahun silam. Ada masa suka, ada juga masa duka yang terpuruk. Namun saya tetap keep moving, sambil terus melakukan improvement.

Ada 5 produk utama saya yang saya jual secara online, yakni :

1. Paket Materi Presentasi Manajemen (rilis tahun 2008, sebagai tonggak awal bisnis online saya)
2. HR Tools and Template Versi Indonesia (rilis 2014)
3. HR Tools and Templates Versi Inggris untuk Pasar Luar Negeri (rilis 2014)
4. Sekolah Manajemen Online EDUBISNIS (rilis 2016)
5. Database Supplier Bisnis (rilis 2017)

Untuk pencapaian 2017 lalu, bisnis online ini memberikan hasil yang sesuai harapan juga. Target net income terlampaui hingga 150%. Saya merasa cukup happy dengan pencapaian ini.

Di tahun 2018 ini, saya punya rencana untuk merilis dua produk online baru, yakni :

1. Paket Kumpulan Jobdes lengkap untuk semua posisi (setiap jobdes disertai dengan Key Performance Indicators dan contoh angka targetnya).

2. Panduan 50 Pertanyaan Job Interview yang Paling Sering Ditanyakan, dan Strategi untuk Memberikan Jawaban Rinci yang Amazing (versi Indonesia dan versi Inggris karena sekarang banyak perusahaan di Indonesia yang juga melakukan wawancara dalam bahasa Inggris).

Untuk bisa menyusun dan menulis dua produk baru secara optimal, saya berencana untuk mengurangi jam keterlibatan saya dalam bisnis konsultan manajemen. Saya akan lebih banyak mendelegasikan tugas-tugas bisnis konsultan kepada team saya.

Dengan demikian, saya bisa punya lebih banyak waktu untuk menyelesaikan dan merilis dua produk online yang baru ini.

Tahun 2017 lalu, komposisi net income saya dari bisnis konsultan dan bisnis online adalah 50 : 50%.

Di tahun 2018 dan kedepannya, saya berharap kedua bisnis ini terus bisa tumbuh, namun bisnis online bisa menyumbang 70% dari total net income.

Alasan kenapa ingin lebih membesarkan bisnis online : sebab bisnis online bisa dikerjakan dari rumah, sementara kalau bisnis konsultan acap mengharuskan saya datang ke kantor klien. Saya hampir selalu kena macet yang sangat menghabiskan waktu, kalau datang ke kantor klien.

Alasan kedua : bisnis online membuat saya lebih punya kesempatan untuk berjualan secara langsung dengan ribuan konsumen retail dan UKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Saya merasa bisa membantu lebih banyak orang dengan menjalankan bisnis online.

Demikianlah dua contoh business goals yang ingin saya realisasikan di tahun 2018 ini.

Saya berharap Anda bisa melakukannya juga, entah dalam aspek bisnis, ataupun aspek pengembangan karir, atau pengembangan diri yang hendak Anda lakukan di tahun ini.

Jika Anda punya usaha sendiri, maka Anda bisa menyusun goals seperti contoh diatas. Berapa target profit Anda tahun 2018 ini. Berapa produk baru yang akan dirilis. Atau juga strategi marketing apa yang akan Anda jalankan di tahun ini.

Jika Anda berkarir di sebuah perusahaan, maka Anda juga bisa menyusun Personal Growth and Career 2018 Anda.

Misal : program kerja apa yang ingin Anda wujudkan di tahun 2018 ini, yang bisa memberikan dampak positif bagi kinerja bisnis kantor Anda.

Peran apa yang ingin Anda jalankan agar pengalaman dan skills Anda bisa terus tumbuh. Aktivitas ekstra apa yang ingin Anda kontribusikan demi membawa kebaikan dan manfaat bagi kinerja team Anda (going extra miles, istilahnya).

Rezeki Anda akan tumbuh dari arah yang tak terduga, jika selama berkarir di sebuah kantor, Anda bisa menyusun Career Goals yang positif, dilandasi dengan niat positif, dengan harapan bisa membawa kebaikan bagi lingkungan kerja disekeliling Anda.

Pertanyaan berikutnya : setelah mampu menyusun Goals 2018, apa yang harus dilakukan agar goals itu bisa benar-benar terujud menjadi kenyataan?

Apa tips dan triknya agar goals itu tak hanya menjadi fatamorgana? Ini akan kita coba bahas dalam sajian minggu depan. Nantikan ya sajiannya yang renyah 🙂

Akhir kata selamat menjemput tahun 2018 dengan mindset positif dan optimisme.

Semoga di tahun 2018 ini, kita semua bisa menjadi :

Be more creative
Be more resilient
Be more grateful
Be more remarkable
Be richer
Be kinder
Be happier

27 comments on “My Business Goals in 2018. And What Are Yours?
  1. Harapan dan doa nya.dapat berhijrah menjadi lebih baik lagi.

    Apa yang belum tercapai dapat tercapai. Kesehatan, keselamatan, sedekah tetap terjaga baik.

    Konsistensi, daya juang, skill , belajar tetap di gelorakan.

    Sukses selalu di tahun 2018 bagi kita semua.

    Selamat Tahun baru 2018.

  2. Terima kasih atas sharingnya pak Yodhia.

    Mari sambut tahun 2018 dengan menyiapkan program untuk menjadikan diri jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

    Salam sehat produktif!

  3. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada pak Yodhia, karena sudah memberi banyak inspirasi kehidupan, terutama untuk saya pribadi.

    Akhir October 2017 kemaren saya gabung di Edubisnis, dengan harapan bisa mendalami dunia internet marketing, semoga tahun ini saya bisa ketularan berkah seperti pak Yodhia.

    Dan saya juga mendoakan, semoga harapan pak Yodhia dan semua teman-teman yang mengunjungi blog ini diijabahi oleh Yang Maha Kuasa, amien

    Salam Sukses Sehat dan Bahagia

  4. Terima kasih Pak Yodhya sudah berbagi inspirasi di Hari Senin pagi Hari pertama di tahun 2018.

    Semoga tahun ini lebih baik dari tahun lalu Dan tahun yang akan datang lebih baik dari tahun ini.

    Selamat beraktivitas Dan terima kasih sdh berbagi ilmu Dan inspirasi sepanjang tahun 2017 dgn konsisten di setiap Senin pagi. Sesuatu yg tdk mdh untuk dijaga yaitu konsisten atas rencana yg sdh dibuat.

    Banyak pelajaran Dan ilmu yg sdh dibagi Dan insya Alloh sangat bermanfaat khususnya bagi sy secara pribadi.

    Sekali lagi terima kasih Dan semoga semakin sukses ke depan.

    Amin

  5. sangat menarik seklali untuk ulasan dan goals nya. Saya juga mendapatkan ilham beberapa waktu lalu dimana ternyata aspek dari penggemar informasi manga juga banyak di indonesia. oleh sebab itu lewat http://kakkoiinews.com/ semoga dapat tertular kesuksesan strategimanajemen milik bang yodia

  6. Amazing, sangat menginspirasi, terima kasih Pa 🙂

    Awal tahun ini kami memberanikan diri akan me-launching produk digital pertama ke market internasional.

    Semoga semuanya berjalan lancar dan dapat memberikan manfaat bagi yang membutuhkan.

    Komen ini juga jadi salah satu jejak kami, untuk evaluasi tahun depan 😀

  7. Assalamu’alaikum Wr Wb
    Saya selalu mantengin tulisan Pa Yodhia setiap hari senin. Banyak ilmu yg bermanfaat bagi saya selaku agen asuransi Takaful.

    Semoga 2018 semakin banyak clientnya Pak..

  8. Sebuah resolusi yang inspiratif dan layak dicontoh agar hidup lebih cetak membahana. Yang menjadi point penting dalam sajian ini menurut saya adalah memberikan prioritas, fokus dan cakupan lebih besar pada bisnis online.

    Selain penggunaan waktu lebih fleksibel, lebih luas juga waktu untuk keluarga lebih panjang.

    Be creative… Terimakasih telah menulis sajian yang segar.

  9. Alhamdulillah akhirnya tahun 2017 terlewati dengan baik, ada beberapa capaian yang setelah saya renungkan terasa tidak mungkin tapi akhirnya tercapai. Terimakasih Pak Yodhia dan blog strategimanajemen.net telah menginspirasi dan menjadi suluh pembakar semangat saya dalam berkarya. Terimakasih atas sharingnya Pak, Semoga resolusi Bapak dan tim ditahun 2018 dapat tercapai…. aamiin….

  10. alhamdulillah Pak yodhia sangat menginspirasi saya, saya hanyalah seorang guru honorer dengan gaji yang sangat kecil, tapi suatu hari saya baca artikel pak yodhia dan di situ disebutkan tentang macam2 job online, saya sekarang punya kerjaan sampingan sebagai penerjemah online luar negeri dan alhamdulillah gaji saya 10 kali lipat sebagai guru honorer padahal saya sudah mendapat tunjangan sertifikasi….saya bisa bawa ajak keluarga semuanya makan2 dan jalan2…saya juga udah ngasih ilmu nya ke kaka saya dan suami saya dan alhamdulillah mereka pun dapat jatah yang sama karena kita dibayar pake dollar, terima kasih pa yodhia semoga jadi jalan masuk surga buatnpak yodhia

  11. Terimakasih Pak Yodia, sangat menginspirasi sekali ini adalah vitamin motivasi bagi saya, Goals saya di tahun 2018 adalah pindah quadran mengikuti langkah seperti anda. Insya Allah

Comments are closed.