Cara Jitu Agar Penghasilan Makin Tinggi, Hidup Bersahaja dan Bisa Memberi Lebih Banyak

Berapa income yang mestinya kita peroleh agar bisa melakoni hidup dengan penuh rasa tentram, gemah ripah loh jinawi?

Perhitungan yang pernah saya analisa disini membawa kita pada angka 16 juta rupiah per bulan. Wah lumayan tinggi juga ya.

Benar, angka itu jauh lebih tinggi dibanding UMR kota Jakarta yang hanya 3,5 jutaan per bulan.

Mengapa segitu tinggi? Pan katanya mau hidup lumayan tentram?

Eniwei, hidup di kota-kota besar rasanya memang kian mahal. Harga rumah sepetak di pinggiran kota Bekasi sudah mencapai 450 juta rupiah.

Hanya dengan mendapatkan segenggam nafkah yang memadai, kita mungkin baru bisa membangun biduk rumah tangga yang sejahtera.

Dan persis disitulah, kita dikenalkan dengan 3 kredo atau prinsip utama perencanaan keuangan yang mak nyus. Tiga kredo magis itu berbunyi : Earn more. Spend less. And Give More.

Mari kita menghampirinya satu per satu.

Kredo # 1 : EARN MORE.

Tak ada orang yang mau pendapatan atau income-nya stagnan dari tahun ke tahun. Kita ingin nafkah yang kita raih selalu bisa tumbuh, bisa growing.

Kalau kita bekerja sebagai karyawan, harapannya kita bisa terus mengembangkan karir dan mengalami peningkatan pendapatan secara memadai.

Syukur-syukur setiap tahun dapat bonus gede (minggu lalu, klien saya cerita kalau bonus mereka di tahun ini adalah 10 kali gaji. Woww. Saya selalu ikut happy kalau mendengar cerita manis semacam itu).

Kalau ternyata karir dan pendapatan kita melaju pelan di jalur lambat (dan sudah begitu, suka macet di tengah jalan) ya ndak usah ngomel dan menyalahkan pihak lain.

Daripada sibuk mengeluh, lebih baik lakukan introspeksi dan kemudian terus melakoni self improvement.

Untuk mulai melakukan perubahan nasib, start small. Tidak usah berambisi muluk-muluk. Just do it, dan do it small. Take baby steps.

Riset-riset membuktikan memulai perubahan dengan SMALL STEPS (baby steps) akan jauh lebih mungkin sukses dibanding mikir yang besar namun malah ZERO ACTIONS.

Pikirkan apa yang bisa Anda lakukan untuk mulai meningkatkan income; dan lakukan tindakan yang konkrit meski skalanya kecil. Ini jauh lebih bagus daripada tidak ada tindakan sama sekali.

Sebelum melanjutkan membaca yang bagian 2, saya mau memberikan gratis sebuah buku panduan cara EARN MORE dan Meraih Kebebasan Finansial. Anda bisa download gratis DISINI.

Kredo # 2 : SPEND LESS.

Kredo yang kedua ini ingin selalu mengajak kita untuk bertamasya dalam jalan hidup penuh kebersahajaan.

Sebutan kerennya “gaya hidup minimalis”. Maksudnya kita selalu mencoba membeli sesuatu yang memang benar-benar kita butuhkan; dan bukan sekedar memburu prestise dan gengsi.

Disini mungkin ada semacam RASIO BUDGET yang layak dikenang.

Misal jika mau membeli gadget, sebaiknya maksimal rasionya adalah 30% gaji bulanan. Jadi kalau gaji 10 juta, maksimal gadget yang bisa dibeli adalah 3 juta.

Jangan gaji cuma 5 juta per bulan, namun harga smartphone-nya juga 5 juta. Ini namanya membeli gengsi.

Sama. Kalau ada rezeki buat beli mobil, kalau bisa rasio maksimal budgetnya adalah 50% gaji tahunan.

Kalau mau beli Mitsubishi Xpander dengan harga 200 juta, maka ya penghasilan minimal setahun 400 juta. Jangan kurang.

Atau kalau mau beli Toyota Fortuner seharga 500 juta, ya penghasilan setahun minimal 1 M.

Jangan gaji cuma 30 juta tapi sok beli Fortuner. Pakai kredit lagi. Ini namanya juga membeli gengsi.

Kita selalu mengelak untuk tergelincir pada gaya hidup konsumtif yang boros dan sarat dengan hedonisme. Menjadi snob (sok tampil keren meski pendapatan pas-pasan).

Spend less juga berarti kita bijak dalam mengelola keuangan kita.

Kartu kredit yang tidak perlu sebaiknya segera kita gunting.

Alokasi pendapatan untuk kredit macam-macam (kredit sepeda motor, kredit rumah, kredit AC, kredit kompor gas, kredit mesin cuci) sebaiknya tidak lebih dari 30% total pendapatan (kalau lebih, lha kan nanti gaji kita semua habis untuk bayar kredit).

Pendapatan yang terus meningkat, disertai dengan gaya hidup yang bersahaja niscaya akan menghantarkan kita pada hidup sejahtera nan elok.

Apalagi jika dua hal itu dikombinasikan dengan kredo ketiga berikut ini.

Kredo # 3 : GIVE MORE.

Sedekah adalah kunci yang akan membuka pintu rezeki dari tujuh penjuru langit. Begitu kalimat indah yang selalu ingin kita dekap dengan penuh kesungguhan.

Salah satu ilmuwan financial behavior dari Amerika penasaran dengan kalimat itu : apakah memang benar orang yang dermawan itu akan cenderung lebih makmur dibanding yang pelit?

Begitulah, melalui riset yang melibatkan ribuan responden dan dengan uji statistik yang mendalam, ia mencoba menguji korelasinya.

Temuannya layak disimak : secara statistik, memang sikap kedermawanan punya korelasi kuat dengan tingkat kemakmuran.

Dan ini yang penting : kebiasaan untuk memberi (give more) menjadi SEBAB kenapa orang itu makin makmur.

Jadi semakin banyak Anda memberi, maka Anda justru akan makin berlimpah rezekinya.

Allah SWT sudah memberikan janji yang pasti : bersedekah akan memberikan balasan hingga 700 kali.

Maka prinsip yang layak dicatat adalah ini : the more you give, the more you get.

Temuan lain dari riset itu juga layak dicatat : orang yang suka sedekah cenderung akan lebih happy dalam hidupnya (dibanding orang yang jarang berbagi kekayaan).

Dan karena jiwanya happy, maka orang yang rajin berbagi akan lebih produktif dalam hidupnya. Dan karena makin produktif, maka orang ini cenderung akan lebih sukses hidupnya, baik dalam soal materi ataupun kehidupan spiritual.

Really interesting.

Begitulah, tiga prinsip utama atau kredo yang layak di-genggam erat jika kita mau meraih the ultimate financial freedom.

Sambil bersulang teh atau kopi hangat yang kini ada di meja Anda, mari kita bersama-sama membaca tiga kredo ini dengan sepenuh sukma : EARN more. SPEND less. GIVE more.

Jangan dibalik menjadi : Earn less. Spend more. Give nothing. Kalau begini, wah cilaka dong. Semangat, semangat.

Buku Panduan tentang Cara EARN MORE dan GIVE MORE, bisa Anda download secara gratis DISINI.

 Photo Credit by : Made Well

Anda pilih Misqien atau Kaya? Dapatkan Ebook yang Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Kekayaaan dan Financial Freedom. Gratis. Download Sekarang.

Related Post

Pelatihan BSC dan Info tentang Pelatihan Cara Menyusun Balanced Scorecard BSC Mengelola dan menselaraskan kinerja perusahaan dengan kinerja individu karyawan tak pelak lagi merupakan salah satu elemen penting bagi kesuksesan seb...
2 Cara Paling Efektif dan Penuh Barokah untuk Meraih Financial Freedom Dua minggu lalu, kita sudah telisik anak tangga pendakian menuju puncak financial freedom. Lalu minggu lalu, kita sudah jelajahi instrumen investasi y...
Cara Membuat dan Menyusun KPI – Key Performance Indicators Jika kantor Anda membutuhkan Jasa Konsultan Penyusunan KPI dan Balanced Scorecard (Konsultan BSC), silakan kontak kami dengan contact person : Yodhia ...
17 comments on “Cara Jitu Agar Penghasilan Makin Tinggi, Hidup Bersahaja dan Bisa Memberi Lebih Banyak
  1. Give More. Mantap Mas..
    semua orang sukses mengajarkan kami untuk memiliki hati sedermawan mungkin. sebab semakin kita banyak memberi, semakin banyak juga kita mendapatkan. percis seperti yg mas paparkan diatas

  2. Jleb..

    Mensyukuri nikmati, tetap berusaha, dan mampu memberi manfaat bagi sesama.. Insyaallah pintu Rejeki Allah SWT semakin di buka lebar..

  3. Yang bisa Kita lakukan untuk mulai meningkatkan income atau meraih kesuksesan sejati adalah dimulai dari
    1. positive mindset (miliki keyakinan kita bisa meningkatkan income kita)
    2. Be Persistance (miliki sikap daya juang yang tinggi untuk meraih kesuksesan walaupun itu berat)
    3. Develop Learning Spirit (terus belajar mengembangkan kompetensi kita)
    4. Do Good Things in Your Life (Berbuat kebaikan kepada manusia dan alam semesta)
    5. Be Closer to God (yang terpenting selalu berserah kepada sang pencipta kita yaitu Tuhan yang Maha Esa).
    Thanks a lot Pak Yodhia artikelnya cetar membahana.

  4. lah kalau ingin punya gadget 10 juta+laptop 15 juta+forturner, gaji UMK, piye carane Pak?

    Berarti kan (10jt+15jt+500 jt) = 1.050.000.000.

    Kapan sampai nya ya 🙂

  5. Emang beber sih pak. Kdang kita itu justru ga bisa ngukur gaya hidup dan tekanan masyarakat bikin kita memaksa terlihat kaya pdhal kreditan dimana2.

    Seruju bget kalau sedekah itu justru kunci kemakmuran. Cm blm besar sedekah saya mngkin hrus digenjot lagi ini sedekahnya

  6. Mantap powerfull min, tema ini mirip yang beberapa bulan ini saya praktekan daripada untuk utang yang tidak perlu saya alokasikan untuk berinvestasi dan sedekah supaya kedepanya pendapatan tetap mengalir terus ibarat alir mengalir di sungai.

    tambah barokah ya min dan tambah maknyuss top markotop.sukses semoga menjadi amal jariyah tak kan pernah putus.

  7. Masih setia mengikuti blog ini mlai lulus sma tahun 2009 pengahasilan 500/bln . Alhamdllh skrg sdah berada di titik aman penghasilan dengan hidup lebih bersahaja. Selalu ada ilmu2 baru yg sangat bermanfaat trmksh Pak Yodhia

Comments are closed.

Pilih Kaya atau Misqien?

Dapatkan Buku yg Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Financial Freedom yg Barokah. GRATIS!