5 Teknologi Masa Depan yang akan Menentukan Wajah Kehidupan Digital Anda

Gelombang kemajuan teknologi digital terus bergemuruh bak kendang yang dipukul bertalu-talu. Revolusi teknologi terus bergegas menjulurkan asa tentang kepingan hidup masa depan.

Dalam sajian pagi ini kita akan mencoba menziarahi 5 jalan teknologi masa depan yang kiranya akan menentukan corak kehidupan digital kita.

Apa saja lima jenis teknologi masa depan itu? Dan bagaimana contoh penerapannya dalam kehidupan digital kita?

Dari beragam wacana perkembangan teknologi terkini, ada 5 tipe teknologi yang digadang-gadang akan segera menyeruak dalam karnaval kehidupan manusia.

Mari coba kita bedah 5 jenis teknologi masa depan ini satu demi satu dengan tuntas dan renyah.

Future Tech #1 : Artificial Intelligence/AI

Artificial Intelligence atau AI acap juga disebut sebagai machine learning. Dalam konsep AI intinya kita memasok ribuan data dan clue kepada mesin komputasi. Nantinya mesin ini akan berpikir sendiri based on input yang kita berikan tersebut.

Contoh : saat ini programmer dalam Departmen People Analytics Google sedang pasok ribuan data point dan clue kepada mesin komputasi mereka. Harapannya machine learning Google ini kelak secara otomotis bisa dengan presisi mendeteksi mana calon karyawan yang hebat atau tidak.

Jadi kelak yang akan proses seleksi karyawan Google adalah articial intelligence, bukan lagi manusia. Proses interview dilakukan dengan robot artificial intelligence, yang dengan presisi akan bisa memprediksi mana calon kandidat yang bagus dan mana yang abal-abal.

Contoh lain artificial intelligence adalah Health Care Project AI. Dalam projek ini sedang dipasok jutaan data pasien dan ribuan jenis penyakit apa saja kepada sebuah mesin Artificial Intelligence.

Dengan jutaan data yang valid, kelak mesin AI ini yang akan mengganti peran dokter. Sebab mesin AI ini akan bisa mendiagnosa jenis penyakit pasien dengan lebih akurat dibanding seorang dokter.

Pelan-pelan peran dokter akan digantikan oleh artificial intelligence.

Artificial Intelligence atau machine learning intinya mau bilang : pasok gue dengan jutaan data; nanti dari jutaan data ini gue bisa menemukan pattern dan kemudian bisa mikir sendiri tanpa bantuan manusia lagi.

Teknologi BIG DATA memungkinkan terjadinya AI. Sebuah machine learning yang punya kapasitas mengolah milyaran data (big data) pelan-pelan akan bisa mikir sendiri, tanpa campur tangan manusia lagi.

Future Tech #2 : Internet of Things

Internet of things atau IoT pada dasarnya adalah seperangkat appliance yang bisa saling terkoneksi dengan sensor dan internet. Dan kemudian bisa Anda kendalikan via smartphone Anda.

Contoh IoT misalnya seperti ini.

Misalkan kulkas Anda dipasang sensor IoT. Kelak sensor itu akan paham kalau isi buah dan sayuran di kulkas Anda sudah habis. Segera secara otomatis sensor itu akan kirim pesanan buah dan sayur ke Online Shop dengan jumlah yang sesuai kebutuhan. IoT tahu berapa kebutuhan yang pas bagi Anda.

Di layar smartphone Anda akan muncul notifikasi pesanan. Anda tinggal klik approve dan pesanan akan segera terkirim ke kulkas Anda. Tak akan ada lagi kejadian Anda membuka kulkas di malam hari dan isinya kosong melompong.

Atau bayangkan ribuan mesin produksi di pabrik yang sudah dipasang Internet of Things. Kelak sensor-sensor IoT ini yang akan detect dan diagnosa potensi kerusakan mesin.

Jika ada potensi kerusakan maka segera secara otomatis sensor akan terhubung dengan aplikasi spare parts untk melakukan order penggantian spare parts.

Inilah yang disebut sebagai Industrial internet. Yakni saat semua proses pemeliharaan mesin-mesin di pabrik berjalan secara otomatis via Internet of Things. Bayangkan betapa efisien dan cepatnya proses pemeliharaan ribuan mesin di pabrik.

Atau contoh lain. Kelak mobil Anda juga akan terpasang Internet of Things. Sensor-sensor otomatis yang akan detect potensi kerusakan mesin mobil Anda. Dan secara otomatis sensor akan kirim order service ke bengkel mobil Anda, jika terdapat indikasi kerusakan.

Semua proses diatas akan terpantau melalui aplikasi MyCar di smartphone Anda. App ini pula yang akan me-record semua history perawatan mobil Anda.

Internet of Things akan membuat Anda bisa menjalankan dan mengendalikan semua perangkat Anda (mobil, sepeda, kulkas, AC di rumah, TV, CCTV, microwave, dll) hanya melalui sebuah smartphone dalam genggaman.

Future Tech #3 : Driverless Vehicle

Driverless vechicle intinya mobil, truck dan bis yang bisa berjalan sendiri tanpa perlu lagi driver yang harus mengemudikannya.

Yang kini malah booming adalah driverless trucks . Hingga saat ini di seluruh dunia, truck masih merupakan kendaraan utama untuk memindahkan barang antar kota dan pulau.

Beragam industri logistik seperti Fedex hingga Amazon Warehouse sudah sangat antusias dengan kehadiran driverless trucks. Kalau sukses, maka driverless truck akan me-revolusi bisnis logistik and trucking.

Btw, di jalanan tol Cikampek sendiri juga sudah mulai ada Driverless Truck.

Jika di luar negeri, teknologi driverless truck menggunakan teknology of sensors, maka di Cikampek menggunakan ToN – Technology of Ngorok. Truknya jalan sendiri, supirnya ketiduran sambil ngorok.

Future Tech #4 : Digital Payment

Dengan teknologi ini intinya kita bisa bayar ini itu cukup dengan smartphone kita. Caranya kita cukup tempelkan hape kita ke QR Code yang ada di counter kasir. Done. Tak perlu lagi kartu dan dompet.

Digital payment ala OVO atau Gopay atau BNIPay saat ini sudah mulai jalan. Bahkan banyak gerai makanan yang sudah bisa menerima pembayaran via QR Code dari Smartphone kita.

Tantangannya kalau terlalu banyak provider payment malah ribet bagi tokonya. Mereka harus pasang banyak QR Code yang berlainan tipenya karena beda provider.

China sukses terapkan cash-less society karena hanya ada dua player yang dominan yakni Alipay dan WeChatPay.

Harapannya Gopay bisa makin tumbuh dan menjadi player dominan dalam digital payment di tanah air.

Gopay harus segera kerjasama dengan seluruh gerai Alfamart, Indomart, semua online marketplace, hingga ratusan ribu pedagangan makanan di jalanan. Tak mudah ajak mereka mau gabung dengan Gopay.

Namun itulah kunci sukses digital payment – yakni saat semua gerai di seluruh pelosok tanah air mau menerima smartphone sebagai alat pembayaran.

Tanda digital payment sukses di tanah air gampang. Yakni saat pedagang mie tek tek di pinggir jalanan menolak dibayar pakai uang receh tapi maunya dibayar pakai digital payment. Mantapp.

Future Tech #5 : Teknologi 5G.

5G adalah generasi teknologi jaringan ponsel kelima setelah 4G. Kecepatan puncak jaringan 5G adalah 20 GB per second. Sangat cepat.

Sementara kecepatan rata-rata normal adalah 100 mb per second. Kecepatan normal yang juga cukup ekpress.

Pada sisi lain, kekuatan smartphone makin gahar.

Sebentar lagi akan hadir hape dengan RAM 10 giga dan dengan power mikroprosesor yang makin powerful. (Ingat Moore’s Law : kekuatan mikroprosesor akan naik dua kali tiap 18 bulan).

Jika dipadukan dengan jaringan 5G maka smartphone akan makin powerful. Kekuatan hape yang very powerful ini yang akan membantu perwujudan dunia internet of things yang sudah saya uraikan diatas.

Kombinasi 5G dengan IoT akan amat meawarnai kehidupan digital kita kelak.

Sebaliknya, semua smartphone yang powerful dengan teknologi 5G akan sia-sia belaka kalau cuma dipake buat chatting grup WA atau hanya buat baca medsos. Atau cuma buat nonton Tik Tok. 🙂 🙂

Sebab jika RAM Hape sudah tembus 10 mega, sementara skills usernya gak naik-naik maka yang akan terjadi adalah paradox yang kelam : smartphone-nya makin smart, sementara usernya makin goblok.

Demikianlah 5 teknologi masa depan yang segera warnai jagat kehidupan kita :

Artificial Intelligence
Internet of Things/IoT
Driverless Vehicle
Digital Payment
5G

Saat teknologi terus bergerak maju, maka SKILLS Anda harus juga tumbuh.

Be a smarter smartphone user
Be skillful
Be creative
Be innovative
Keep learning
Keep upgrading your skills
Keep embracing new technology

Related Post

Trisula Maut untuk Digital Personal Branding : Blog, Facebook dan Twitter Apapun profesi Anda, entah manajer, karyawan, pemilik bisnis, arsitek, fotografer pro, penyedia jasa les privat atau juga penyedia jasa sedot WC; maka...
Uang Saya di Paypal (Nyaris) di Curi oleh Maling-maling Digital Sebagai online business player, selama ini saya mengandalkan layanan Paypal untuk menerima pembayaran dari pembeli (terutama pembeli dari manca negara...
Telkom dan IndiHome : Raksasa Digital yang Kehilangan Arah dan Kebingungan Ditengah gemuruh revolusi digital yang terus melaju, Telkom Indonesia seperti raksasa yang limbung dan berjalan terhuyung-huyung. Setelah layanan t...
17 comments on “5 Teknologi Masa Depan yang akan Menentukan Wajah Kehidupan Digital Anda
  1. Dengan kecepatan intermet yang ‘ngedab-ngedabi’ smartphone yang semakin cerdas, bagaimana kalau sebagian besar cuma digunakan untuk main game dan ber haha hihi di sosmed serta pengisi waktu senggang di warung kopi?

    Dan hanya sebagian kecil saja yang benar-benar digunakan untuk membantu meningkatkan kehidupan yang lebih baik.

    Sayang banget bila kemajuan gahar dari teknologi tidak diikuti oleh kemajuan mindset manusianya.

    So, akhirnya hanya dimanfaatkan oleh sebagian kecil manusia yang tahu…
    Yang lain, yang buruh pabrik akan tetap menjadi buruh pabrik yang tiap tahun demo meminta kenaikan ‘beberapa’ persen kenaikan gaji.

    Berulang setiap tahun….

    Terima kasih pencerahannya kang, menambah semangat di awal pekan Senin pagi ini.

    Maturnuwun
    https://manajemenkeuangan.net / tempat asik belajar akuntansi dan accounting tools serta SOP

  2. Baru nonton film Mute, Tau dan Anon..
    Banyak teknologi keren tergambar di film ini mungkin g lama lagi akan hadir meski terbatas..

    Pagi yg menyenangkan..

  3. Manusia harus selalu belajar agar tidak tertinggal, karena dengan adanya teknologi yang kian canggih maka kebutuhan akan sumber daya manusia makin sedikit.
    Jika generasi muda terutama mahasiswa tidak membekali diri dengan skill yang mumpuni, bisa dipastikan angka penngangguran akan semakin tinggi.

    Download Gratis !! Gambar Kerja, 3D dan RAB Rumah di http://www.desaingriya.com

  4. Ya teknologi terus berkembang, beberapa sudah mulai kita rasakan, IoT, Digital Payment, sudah mewarnai kehidupan kita.

    Kita tidak akan bisa menolak kehadiran teknologi ini, yang sebenarnya hadir untuk membantu dan mengambil alih sebagian “aktivitas kerja” kita.

    Jika kita smart dan bijak, maka kehadiran teknologi akan menciptakan lompatan kemajuan dan produktivitas yang tinggi bagi kita.

    Namun jika tidak, maka kita hanya akan diperbudak oleh teknologi ini.

    contoh smartphone yang sudah canggih itu, yang bijak akan mengeksplor dan mendayagunakan untuk meningkatkan produktivitas.

    Yang kurang bijak, smartphone akan jadi teman hidup untuk tat tit tut yang gak jelas, tau sendirilah …

    Semoga kita bijak menyikapi kemajuan teknologi ini …

    Thanks atas sajian inspiratifnya …

  5. ngakak sama ToN – Technology of Ngorok wkwk

    Tapi yang jelas teknologi akan terus berkembang dan semakin mempermudah segala urusan manusia dalam kehidupannya sehari-hari.

    Kita harus mempersiapkan diri dengan munculnya teknologi-teknologi canggih di masa yang akan datang.

    Perlu diingat juga, jangan sampai teknologi yang memperalat kita, tetapi harus kita yang mengendalikan teknologi.

  6. Kalau mereka yang belum siap,
    Skill segitu aja. Mereka akan mudah menyalahkan pihak lain ..

    Contoh : Taksi konvensional VS Taksi online, Ojek konvensional VS Ojek online

Comments are closed.