Aplikasi KPI Terbaik : Digitalisasi Pengelolaan Kinerja dan KPI Karyawan

If you can’t measure it, you can’t manage it. Ini sebuah pepatah lama yang pernah digaungkan oleh begawan manajemen Peter F. Drucker.

Maksudnya : kalau Anda tidak bisa mengukur hasil kerja Anda dan team, maka pengelolaan kinerja hanya akan menjadi omong kosong.

Jadi bagaimana cara merumuskan indikator kinerja yang terukur, dan kemudian melakukan proses pengelolaannya secara digital?

Proses manajemen kinerja seharusnya memang selalu berbasis pada data yang terukur. Sebab proses pengelolaan kinerja yang terukur (measurable) akan membuat proses pengelolaan SDM dan bisnis di kantor Anda menjadi lebih obyektif.

Sementara pengelolaan kinerja dengan “perasaan” hanya akan membuat penilaian kinerja menjadi kental dengan elemen subyektivitas yang kelam.

Pengelolaan kinerja yang terukur dimulai dengan penyusunan KPI atau key performance indicators yang tepat. KPI adalah serangkaian indikator atau parameter yang terukur untuk menilai kemajuan bisnis Anda.

Contoh : dalam bisnis online yang saya kelola, saya punya sejumlah KPI fundamental yang saya selalu lacak.

Berikut beberapa KPI yang saya selalu pantau dengan seksama tiap bulan, bahkan tiap minggunya :

– Jumlah visitor blog (target total visitor harian 5.000)
– Jumlah pelanggan email (target pelanggan email sebulan mencapai 3000 pelanggan)
– Jumlah penjualan bulanan (target penjualan sebulan : Rp XXX)
– Conversion rate atau persentase jumlah visitor web yang terkonversi menjadi pembeli produk saya (target conversion rate XX %).

Nah Anda sebaiknya juga menyusun KPI yang terukur di kantor Anda.

Entah Anda bekerja di Departemen Marketing, HRD, Produksi atau Finance, maka setiap bagian harus punya KPI yang tepat. Setiap manajer idealnya memiliki antara 7 – 10 KPI, lengkap dengan target yang terukur dan menantang.

Setiap KPI juga harus memiliki kepastian data realisasinya. Maksudnya data realisasi KPI ini juga sudah tersedia mekanismenya. Misal KPI saya diatas, tentang jumlah visitor dan jumlah pelanggan email. Dengan mudah saya bisa melacaknya setiap hari dengan aplikasi blog dan aplikasi email yang saya miliki.

Yang sering menjadi kendala penerapan KPI adalah team Anda kadang tidak memiliki mekanisme untuk mencatat data realisasi KPI secara akurat dan periodik. Kalau belum ada, ya disiapkan dulu. Sebab jika tidak, maka tiap bulan akan kosong data realisasinya.

Kendala kedua yang acap menjadi tantangan dalam penerapan KPI adalah proses pelaporannya.

Selama ini, sejumlah kantor atau perusahaan yang telah menerapkan KPI masih menggunakan EXCEL Spreadsheet untuk melakukan proses pencatatan dan pelaporannya. Tentu saja proses ini agak jadul, ribet dan kurang efisien.

Agak gimana gitu, di era smartphone yang serba canggih ini, tapi pengelolaan KPI-nya masing menggunakan teknologi abad lalu (abad 20 maksudnya, bukan abad 21).

Beragam aplikasi di hape Anda sudah canggih. RAM hape Anda sudah 3 giga keatas. So powerful.

Namun kenapa mengelola KPI-nya masih pakai excel? So jadul gitu.

Nah untuk mengatasi problem abad 20 itu, kini sudah ada sebuah aplikasi KPI atau aplikasi pengelolaan kinerja yang bersifat digital dan user-friendly.

Aplikasi atau software pengelolaan KPI ini juga bisa digunakan sebagai aplikasi BSC atau software aplikasi pengelolaan Balanced Scorecard.

Aplikasi KPI tersebut bernama HIPRO. Aplikasi KPI ini bersifat web-based sehingga mudah digunakan dimana saja, bahkan hanya dari layar smartphone Anda.

Dengan aplikasi KPI ini, Anda bisa memantau pencapaian kinerja team Anda secara digital, efisien dan mudah pelaporannya.

Tidak seperti excel yang perpisah dan terpencar-pencar filenya, maka dengan aplikasi KPI ini Anda bisa mengintegrasikan semua laporan KPI setiap divisi atau departemen dengan simpel dan powerful.

Berikut beberapa sampel tampilan aplikasi KPI yang lazim kita temui dalam software aplikasi KPI dan aplikasi BSC.

Saran saya, Anda bisa usulkan kantor dimana Anda kerja untuk segera mengadopsi sistem pengelolaan kinerja berbasis KPI. Dan kemudian untuk mempermudah pengelolaaanya, juga usulkan agar segera menggunakan aplikasi KPI yang modern dan canggih. Bukan hanya dengan excel jadul.

Nah, jika kantor Anda berminat untuk menerapkan aplikasi KPI ini, silakan langsung hubungi partner saya yakni Bapak Widodo Aryanto pada HP : 0818.2150.77. Atau email : widodomgt@gmail.com.

Sekali lagi, jika kantor Anda berminat untuk menerapkan Aplikasi KPI HIPRO yang POWERFUL ini, silakan langsung hubungi Bapak Widodo Aryanto pada HP : 0818.2150.77

Related Post

Kumpulan Jawaban Terbaik dalam Job Interview Test Salah satu fase krusial dalam proses seleksi untuk mendapatkan pekerjaan yang diharapkan adalah job interview test. Fase job interview test ini biasa...
Brain Drain : Saat Para Manajer Terbaik Indonesia Eksodus Ke Luar Negeri Empat minggu lalu saya menulis tentang ancaman serbuan manajer asing dari Asean yang menyerbu ke Indonesia, merebut peluang karir dan pekerjaanmu. Tre...
3 Buku Bisnis Terbaik di tahun 2015 Apa saja buku bisnis terbaik yang ditulis oleh penulis Indonesia dan terbit di sepanjang tahun 2015 ini? Dan buku bisnis hebat apa yang paling layak d...
12 comments on “Aplikasi KPI Terbaik : Digitalisasi Pengelolaan Kinerja dan KPI Karyawan
  1. Menyimak bagian atas paragraf pertama saya jadi ingat mata kuliah Penghantar Manajemen Industri tentang teori Management By Objective oleh Peter Drucker, apakah orang yang sama Pak Yodhia ?

    Hmm, btw pembahasan KPI karyawan.
    Sebagai seorang karyawan Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS), sepertinya ini sangat bagus bila diterapkan di perusahaan tempat saya bekerja. Bagaimana pak ?

Comments are closed.

Pilih Kaya atau Misqien?

Dapatkan Buku yg Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Financial Freedom yg Barokah. GRATIS!