5 Sumber Income Menjanjikan untuk Anak Muda Generasi Milenial

Artikel ini merupakan kontribusi dari guest blogger bernama RICO HUANG.

Generasi millenial saat ini memiliki banyak akses kemudahan dalam memiliki income yang luar biasa.

Semua ini terjadi karena kecepatan akses internet yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh banyak anak muda positif yang selalu memiliki ide untuk menghasilkan income.

Ingat ya, saya bilang anak muda positif. Kalo kerjaan Anda cuma scroll timeline Facebook atau Instagram setiap hari tanpa ada faedahnya, saatnya Anda tobat.

Percuma waktu terbuang berjam-jam tapi tidak menghasilkan apa-apa. Jangan jadi generasi konsumtif yang cuma menghabiskan waktu di internet, tapi jadikan kebiasaan berinternet untuk menghasilkan income.

Saya akan share 5 sumber income yang cocok untuk anak muda seperti Anda:

1. Jadi Blogger atau Youtuber

Menjadi blogger atau youtuber adalah salah satu sumber income untuk anak muda yang suka menulis dan membuat karya melalui video. Mereka ini akan mendapatkan income dari Google Adsense.

Semakin rajin dan konsisten dalam membuat karya berupa tulisan atau video, maka akan semakin besar peluang mendapatkan income yang besar saat banyak pengunjung datang ke dalam konten Anda tersebut.

Jika traffic website atau traffic yang menonton video Anda sudah banyak dengan banyaknya subscriber, maka besar peluang Anda mendapatkan income lain selain dari Google adsense. Sumber lain tersebut bisa berasal dari sebuah “brand” yang akan mempromosikan produknya melalui konten yang Anda buat.

Income seorang blogger atau youtuber bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran perbulan. Tergantung dari banyaknya orang yang melihat, membaca, dan juga jenis konten yang dibuat.

Tapi ingat, tidak ada yang instan. Anda perlu konsisten dalam melakukan hal ini, karena konsistensi adalah yang terpenting dalam hal apapun.

2. Menjadi Selebgram

Selain jadi blogger atau youtubers, banyak juga anak muda sekarang yang memiliki income besar dengan cara menjadi selebgram atau selebrity instagram. Yaitu suatu akun personal di instagram dengan jumlah followers yang banyak.

Perlu Anda pahami, karena kekuatan utama instagram ada pada “visual” maka diperlukan pengambilan foto, gambar, atau video untuk menjadi seorang selebgram. Anda tidak bisa asal-asalan dalam menata feed Instagram Anda.

Selain itu, saat munculnya Instagram story, value Anda bukan hanya diukur dari foto atau gambar yang diposting. Karena kini melalui Instagram Story, Anda juga bisa berikan edukasi yang menarik dan mendidik kepada followers Anda.

Nah, semakin menarik dan mendidik akun Anda maka semakin banyak orang tertarik untuk follow Anda.

Saat followers Anda sudah banyak, maka Anda bisa menghasilkan income dengan cara menjadi endorser yaitu mempromosikan sebuah produk atau jasa orang lain melalui akun Anda.

Income yang Anda terima biasanya ditentukan dari engagement yang terjadi di akun Anda, serta foto produk yang Anda promosikan. Semakin bagus foto dan engagement yang terjadi, maka akan semakin tinggi harga jual Anda sebagai endorser.

Dan yang terpenting adalah, Anda tidak perlu modal terlalu besar untuk menjadi seorang selebgram, cukup menjadi orang yang kreatif dan memiliki value agar bisa menjadi selebgram.

Dari selebgram ada yang membuat bisnis sendiri, ada juga yang menjadi youtubers, dan ada yang menjadi artis. Sangat banyak pengembangannya bukan?

3. Supplier di Marketplace

Saya teringat salah satu bisnis kawan saya adalah menjadi supplier aksesori handphone di marketplace dengan omset 10-13 milyar / tahun.

Income besar tapi modalnya juga besar, karena saat itu teman saya stok barang yang sangat banyak.Alhasil membutuhkan modal yang cukup masif.

Anda juga bisa mencari barang di pasar senen dengan jumlah besar agar mendapatkan harga sangat murah, lalu menjual di marketplace dengan ambil untung tipis.

Volume penjualan bisa banyak dan Anda mendapat keuntungan dari penjualan produk tersebut di marketplace. Tapi pola ketiga ini berbeda dari nomor 1 dan 2, karena menjadi supplier Anda harus siap modal besar di awal memulainya.

4. Menjadi Reseller

Menjadi reseller ini, Anda harus stok barang walaupun dengan jumlah kecil. Menjadi reseller akan sulit diterapkan jika Anda bermain di marketplace, karena banyak kriteria pembeli mencari barang di marketplace dengan mencari “harga termurah.” Oleh sebab itu saya sarankan Anda bermain di sosial media seperti Facebook dan Instagram agar produk yang dijual bisa laku keras.

Menjadi reseller ini diperlukan modal juga walaupun tidak terlalu besar dan memiliki resiko yang lebih kecil jika dibandingkan dengan supplier.

5. Menjadi Dropshiper

Cara ke lima ini adalah cara yang paling saya sukai, karena Anda tidak perlu stok barang dan tidak perlu packing barang. Yaitu menjadi dropshiper. Dropshiper adalah seseorang yang menjual barang dengan sistem “dropship.” Jika Anda belum paham apa itu dropship, saya akan jelaskan sekilas.

Dropship adalah Sistem dimana Anda menjual barang supplier dengan cara meminta supplier untuk mengirimkan barang/ orderan ke pembeli Anda dengan mencantumkan nama, alamat, No. HP/ toko Anda sebagai pihak pengirim. Sehingga Anda tidak perlu repot stok dan packing barang.

Tapi Anda harus waspadai, jika ingin menjadi seorang dropshiper, carilah suplier dengan kriteria terbaik. Suplier dengan kriteria terbaik itu banyak poin yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah:

Fast Respons
Kecepatan supplier dalam membalas chat atau pertanyaan kita adalah poin penting dalam pemilihan supplier. Semakin cepat respon mereka kepada kita, semakin cepat juga respon kita kepada calon pembeli.

Karena masalah yang ada dalam proses penjualan itu banyak, dari pertanyaan stok barang, pertanyaan fitur produk, benefit produk, dan lain sebagainya.

Pilihlah supplier dengan kemampuan cepat membalas pertanyaan kita, semakin cepat semakin baik.

Berani Memberikan Garansi Produk
Supplier yang baik adalah supplier yang berani menggaransi produknya. Karena dalam prakteknya nanti kemungkinan akan ada kesalahan dalam pengiriman barang, atau cacat produksi yang membuat pembeli Anda ingin merefund barangnya. Jika supplier Anda berani memberikan garansi, maka retur barang pun mereka akan melayani dengan baik.

Jika Anda menemukan supplier yang berani menggaransikan produknya, maka Anda adalah orang yang beruntung. Karena banyak supplier tidak melakukan pelayanan sebaik ini, kebanyakan dari mereka fokus menjual barang murah tanpa memperhatikan pelayanan.

Padahal yang terpenting dari penjualan adalah sebuah pelayanan, jika pelayanan supplier Anda baik, maka secara otomatis pelayanan Anda kepada customer pun akan baik. Karena telah membentuk support system yang bagus.

Update Stok Online
Kriteria supplier yang bagus selanjutnya adalah selalu update stok barang.

Dengan updatenya stok barang secara real time, akan memudahkan Anda sebagai dropshiper mengetahui produk mana saja yang masih banyak, tinggal sedikit, dan sudah habis. Karena jika Anda sebagai dropshiper tidak mengetahui stok barang, akan kewalahan meretur orderan dari customer saat stoknya ternyata habis.

Dengan update stok secara real time, akan mudah bagi Anda mengalokasikan waktu dan energi untuk memasarkan produk yang stoknya masih banyak. Sehingga energi Anda tidak terbuang sia-sia.

Group Premium
Dalam dunia online akan selalu terjadi perubahan yang cepat dalam hal pola pemasaran, ataupun algoritma sosial media dimana tempat tersebut adalah chanel penjualan Anda.

Dengan adanya group premium yang dimiliki oleh supplier, akan memudahkan Anda dan supplier untuk berbagi informasi dan ilmu sehingga ilmu digital marketing Anda bisa selalu update dan tidak ketinggalan zaman.

Memang tidak mudah menemukan supplier dengan support system seperti ini, tapi sekali saja Anda menemukannya, maka Anda menjadi orang yang beruntung karena bisa mendapatkan dual benefit, yaitu keuntungan menjual produk dan juga keuntungan upgrade ilmu secara gratis.

Marketing Kit Lengkap
Dalam dunia online, kekuatan terbesar untuk menjual barang adalah sisi visual. Carilah supplier yang memiliki katalog foto produk lengkap beserta banner dan juga bisa memberikan tutorial dalam editing gambar secara mudah. Dengan marketing kit yang lengkap, akan mudah untuk Anda sebagai dropshiper dalam melakukan penjualan.

Harga Kompetitif
Tujuan kita mencari supplier adalah agar bisa menjual barang dan mendapatkan untung. Oleh sebab itu carilah supplier yang memiliki harga bersaing, tapi jangan asal murah. Carilah yang kompetitif dan juga memenuhi kriteria yang sudah saya jelaskan panjang lebar diatas atau bahasa mudahnya, carilah supplier yang murah dan pelayanannya prima.

Sharing Ilmu Penjualan
Supplier yang baik adalah supplier yang support dropshipernya untuk maju dan berkembang, salah satunya adalah menyediakan materi berupa ilmu penjualan di dunia digital.

Nah Anda harus menemukan supplier yang memiliki support system seperti ini, agar Anda tidak berhenti di tengah jalan karena tidak tahu cara menjual barang di dunia online.

Ketujuh kriteria tersebut saya temukan di dropshipaja.com yaitu suplier produk custom yang produknya sangat beragam dengan banyak dropshiper sukses di berbagai kota yang bisa mengambil keuntungan 100% – 200% dari harga modal.

Disamping itu dropshipaja.com juga sudah memiliki komunitas dropshiper di berbagai kota yang rutin mengadakan kopdar untuk saling sharing dan menyerap vibrasi positif antar member.

Saya tidak akan merekomendasikan sesuatu secara asal-asalan sebelum riset terlebih dahulu.

Jika Anda ingin memulai bisnis online dengan modal minim tapi income luar biasa, Anda bisa join sekarang di dropshipaja.com.

Start making actions. Jangan hanya terus menerus menjadi generasi digital konsumtif yang menghabiskan waktu berjam-juam di depan screen hape, namun tak ada dampak sama sekali bagi peningkatan skills dan income.

12 thoughts on “5 Sumber Income Menjanjikan untuk Anak Muda Generasi Milenial”

  1. Saat ini sedang menjalani no 1 menjadi blogger dengan niche finance dan invesment sesuai dengan passion. Semoga bisa konsisten dan menjadi jalan baru mendapatkan rezeki diluar gaji bulanan di kantor 🙂

  2. Terimakasih mas Yodhia hal ini akan memberikan suatu yang positif bagi semua kalangan pembisnis tentunya bagi blog yang sedang mas Yodhia bangun.

Comments are closed.