7 Tips Sukses Bisnis Franchise dengan Profit Melimpah

Artikel ini merupakan kontribusi dari Himawan Pradipta – Blogger Bisnis pada MOKAPOS.

Tahukah Anda bahwa tips sukses bisnis franchise merupakan salah satu kata kunci yang paling banyak dicari di Google?

Hal yang wajar mengingat sebagian besar orang mulai tertarik untuk terjun ke dunia bisnis. Terlebih, setelah bisnis waralaba berkembang pesat dan menjadi tren di kalangan pebisnis.

Jika Anda tertarik mencoba peruntungan di dunia bisnis, mulailah dengan menjalankan usaha waralaba. Lalu, mengapa harus usaha franchise?

Mengapa tidak berinvestasi dengan membuka gerai sendiri? Karena tingkat kegagalan usaha waralaba sangat minim. Risiko bangkrut atau pailit juga bisa ditekan lebih banyak. Modalnya pun relatif kecil dengan potensi keuntungan yang besar. Belum lagi, Anda akan mendapatkan dukungan penuh dari pemilik waralaba, atau yang disebut sebagai franchisor.

Tips Sukses Bisnis Franchise
Kendati bisnis waralaba menawarkan tingkat keberhasilan yang relatif tinggi, tetapi ini tidak menutup kemungkinan usaha Anda mengalami kegagalan. Untuk itu, diperlukan langkah-langkah strategis yang cerdik dalam membaca pasar serta target pembeli Anda sedini mungkin. Nah, untuk mencapai itu, simak sejumlah tips sukses usaha franchise berikut ini.

1. Ambil Peluang
Jika dibandingkan dengan negara lain, angka pertumbuhan pebisnis di Indonesia masih tergolong rendah. Sementara peluangnya sangat terbuka lebar. Gunakan kesempatan ini untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Lihat tren terbaru yang sedang terjadi dalam dunia pewaralabaan, lalu cari celah yang bisa dijadikan sumber penghasilan dengan membuat analisis bisnis Anda yang komprehensif.

Jika perlu, kumpulkan data sebanyak-banyaknya tentang bisnis waralaba serupa yang ingin Anda buka. Misalnya, jika Anda ingin membuka waralaba KFC, maka Anda juga harus mempertimbangkan bisnis waralaba restoran cepat saji lain seperti McDonald’s, A&W, atau Flip Burger. Pertimbangan ini memberikan hasil analisis yang lebih mendalam dan alasan yang kuat untuk Anda membuka bisnis waralaba restoran cepat saji yang kuat.

2. Sesuaikan dengan Keahlian
Sebenarnya Anda bebas memilih jenis usaha yang akan dijalankan. Namun, akan lebih baik jika bisnis tersebut merupakan keahlian Anda atau setidaknya sesuatu yang Anda sukai. Misalnya Anda memiliki kemampuan memasak yang baik, Anda dapat memilih usaha kuliner. Jika Anda seorang pecinta kopi, pilih usaha minuman kopi alih-alih makanan.

Menjalankan sesuatu yang Anda sukai atau kuasai akan meningkatkan potensi keberhasilan. Selain itu, Anda akan lebih bersemangat dan tidak mudah menyerah sekalipun menghadapi kendala Tahukah di tengah jalan. Ini juga bisa menjadi pelajaran bagi Anda untuk tidak cepat kecewa atau menyerah jika ada masalah yang rasanya sulit untuk dipecahkan.

3. Pilih Waralaba yang Tepat
Di pasaran terdapat banyak sekali usaha waralaba yang dapat Anda pilih. Harga paketnya pun bervariasi, mulai dari satu jutaan hingga puluhan juta. Sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Pilih waralaba yang telah mengantongi izin usaha untuk menghindari masalah hukum di kemudian hari. Jika produk yang ditawarkan adalah makanan atau minuman, lakukan pengecekan terkait kehalalan dan izin dari Dinas Kesehatan.

Pilihan Bisnis WARALABA 6 Jutaan yang bisa Anda jalankan ada disini.

Ini juga membuat kredibilitas bisnis waralaba Anda lebih bisa dipercaya dan punya nilai lebih ketika orang bertanya tentang produk Anda atau membanding-bandingkan bisnis Anda dengan bisnis serupa lainnya.

4. Pilih Lokasi Strategis
Pemilihan lokasi merupakan salah satu tips sukses bisnis franchise yang paling penting. Pasalnya, hal ini berkaitan erat dengan penghasilan yang akan Anda raih nantinya. Agar mendapat hasil maksimal, pilih tempat usaha yang berada di tengah keramaian.

Coba bandingkan, usaha minuman dingin yang berlokasi di pusat perbelanjaan dan area perumahan. Meskipun menjual satu produk dan produk yang sama, tetapi omzet keduanya berbeda. Penjualan di pusat perbelanjaan lebih tinggi daripada di area perumahan. Terlepas dari seberapa laku atau laris produk Anda di area perumahan, nilainya tidak akan sama tinggi dengan produk lain yang tidak terlalu laris di pusat perbelanjaan.

Memilih lokasi yang strategis bukan hanya memudahkan pelanggan untuk menemukan tempat usaha Anda, melainkan juga meningkatkan potensi keuntungan. Cara ini pun efektif dalam menjaring lebih banyak konsumen dan memperluas cakupan bisnis Anda. Tentu, bukankah mimpi semua pelaku usaha adalah untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya?

5. Ambil Tanggung Jawab
Meskipun bisnis waralaba dapat dijalankan oleh orang lain, akan lebih baik jika Anda tetap terlibat secara langsung. Ambil tanggung jawab penuh, setidaknya sampai bisnis Anda menghasilkan omzet yang stabil. Anda tak perlu berada di lokasi setiap saat, cukup lakukan kunjungan secara berkala setiap hari.

6. Beri Pelayanan yang Baik
Produk berkualitas tidak ada artinya jika pelayanan pada konsumen buruk. Ingat, pembeli adalah raja. Kepuasan pelanggan adalah nomor satu. Oleh karena itu Anda wajib untuk memberikan pelayanan terbaik pada konsumen.

Sapa pelanggan dengan senyum. Jadilah pribadi yang ramah dan sopan. Meskipun tampak sepele, tetapi tindakan tersebut membuat konsumen merasa lebih dihargai. Tidak menutup kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan setia Anda.

7. Lakukan Pemasaran
Pernahkah Anda bertanya-tanya mengenai rahasia sukses pebisnis handal? Jawabannya adalah pemasaran. Sebuah usaha tidak akan dapat berkembang tanpa pemasaran yang baik. Sebagus atau selezat apa pun produk yang Anda tawarkan, hasilnya tidak akan maksimal tanpa trik-trik pemasaran yang cerdik dan tepat guna.

Salah satu cara untuk mempromosikan usaha Anda adalah dengan memberi kejutan diskon pada pelanggan. Misalnya, untuk pembelian 5 item, pembeli akan mendapatkan potongan harga Rp10.000,00. Bisa juga dengan promo buy 3 get 1 free atau undian berhadiah. Selain bertujuan meningkatkan omzet, cara ini akan membuat pelanggan senang.

Dengan mengikuti sejumlah tips sukses bisnis franchise di atas, Anda tidak akan mengalami kesulitan menjalankan usaha waralaba. Ternyata berbisnis waralaba tidak sesulit yang dibayangkan. Yuk, mulai bisnis Anda sekarang!

Penulis artikel ini adalah Himawan Pradipta – silakan kunjungi blognya yang KEREN pada Blog Bisnis Mokapos.

6 comments on “7 Tips Sukses Bisnis Franchise dengan Profit Melimpah
  1. Bagaimana kabarnya kawan?

    Senin pagi buka blog ini selalu ada yang baru…

    Dulu bisnis waralaba berkembang pesat, membuka gerobak / lapak berjalan di beberapa wilayah sudah membuka program waralaba, akhirnya apa yang terjadi?

    Bisnis berjalan beberapa saat dan setelah itu NYUNGSEP tak bisa tegak kembali.
    “Sudah kadung keluar duit banyak, bisnis tidak berkembang dan tidak ada support dari franchisor” 🙂

    Terus aku kudu piye Mas?

    Semangat boleh, kehati-hatian juga perlu.

    Coba amati, berapa waralaba yang saat ini bisa eksis, bijian bro!

    So, sebelum penyesalan itu datang, keputusan mengambil bisnis waralaba harus benar-benar didukung dengan DATA akurat.

    Selamat berbisnis, moga sukses penuh keberkahan.

    https://manajemenkeuangan.net | Accounting Tools + SOP |

  2. Terima kasih atas inspirasi pagi nya Mas Yodhia.
    Kami memilih untuk mengembangkan usaha sendiri ketimbang berbisnis waralaba. Pilihan ini lebih dilatari oleh besarnya modal yang dibutuhkan untuk berbisnis waralaba.
    Kami memulai dengan menjadi reseller beberapa produk kuliner sejak 2 tahun lalu. Berawal dari produk Rendang dan Dendeng Balado yang diproduksi rekanan kami di Payakumbuh, kemudian kami memasok Kacang Sangrai Premium ke beberapa coffee shop di Jakarta dan Surabaya, dilanjutkan dengan produk Madu Hutan asli Pasaman yang ternyata memiliki demand yang lumayan besar di wilayah Jakarta.
    Usaha kami berlanjut dengan memproduksi aneka produk Kepiting dan Udang dengan Branding “Kepiting Depok” yang saat ini masih diproduksi berdasarkan orderan pelanggan.
    Saya berharap suatu saat dapat ikutan sharing di Blog yang luar biasa ini, yang sudah 10 tahun lebih setia menemani pagi senin saya sebelum memulai aktivitas kerja sebagai karyawan.
    Jika penasaran dengan produk kami, anda bisa follow IG @Kepiting_Depok dan @bundarei_kitchen atau akun twitter kami di @akhyarsulhan.
    Terima kasih.

  3. Waralaba cocoknya utk orang yang tdk mau dipusingkan dengan development sistem dari nol, tetapi jangan harap bisa tumbuh cepat karena ada pemilik franchise yang bisa jadi penghalang…

    Bagi yang berniat usaha sambil cari pengalaman sendiri untuk handle operasional, hands on terhadap permasalahan dan solusi nyata, dan manage finance+resource yang ada, lebih baik untuk rintis usaha dari awal, sendiri tanpa franchise dan bertahap pelan pelan. Semoga sukses. Salam

    http://umrahjogja.com

Comments are closed.

Pilih Kaya atau Misqien?

Dapatkan Buku yg Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Financial Freedom yg Barokah. GRATIS!