Cara Menata Desain Ruangan Kantor yang Epik dan Wow

Artikel ini merupakan tulisan dari Guest Blogger bernama Cahyo Prasetyo dari Epoxy.

Tahukah anda bahwa kantor merupakan rumah kedua Anda, atau sepertiga hari Anda akan dihabiskan di ruangan kerja. Jika ruangan terlihat sangat membosankan tentu dapat mengurangi produktivitas kerja sehingga Anda bekerja serasa kurang maksimal.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka Anda perlu melakukan cara ampuh membuat ruangan kerja nyaman dan terlihat lebih indah dari sebelumnya.

Pada dasarnya beberapa perusahaan terkenal pasti sudah menyiapkan tampilan ruangan kerja yang sangat indah sekali.

Hal ini sudah tidak dapat kita pungkiri lagi, karena dengan desain yang indah bisa membuat semangat kerja lebih semangat, bahkan tidak hanya itu saja, akan tetapi ruangan kerja bisa lebih nyaman dibanding rumah Anda sendiri.

Apabila sekarang ini anda sedang mencari artikel tentang cara menata ruangan kerja kantor yang nyaman, maka informasi yang kami suguhkan ini sudah memberikan jawaban yang sangat tepat sekali bagi pembaca, karena ada beberapa penyajian tips untuk meningkatkan produktivitas kerja lebih hebat.

Cara Mudah Membuat Ruangan Kerja Nyaman

1. Buatlah Tampilan Layar Komputer Setinggi Mata

Untuk tips pertama kali yang bisa anda coba ialah membuat tampilan layar komputer hingga setinggi mata, tips sederhana seperti ini dapat memberikan dampak yang sangat bagus karena mata anda tidak akan lelah ketika memandang layar komputer. Caranya sangat mudah sekali, tempatkan komputer hingga datar atau sesuai dengan pandangan mata masing-masing.

Sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa layar komputer yang terlihat terlalu rendah ternyata dapat mengakibatkan rasa capek pada leher dan kepala, tentu permasalahan seperti ini bisa membuat aktivitas kerja terganggu dan tidak cukup produktif. Maka dari itu Anda perlu mengatasi masalah seperti ini dengan menempatkan layar kompter datar atau bisa dibilang sesuai dengan tinggi mata.

Untuk membuat lebih nyaman lagi, anda bisa mengatur posisi layar komputer sedikit miring ke belakang, sekiranya 10-15 derajat, hal ini dapat membuat pandangan mata tidak akan lelah dan lebih nyaman untuk di pandang.

2. Anda Menempatkan Papan di Sisi Meja Kerja

Tips kedua ini yaitu anda bisa menempatkan papan pada sisi meja kerja, papan seperti ini bertujuan untuk menempel kertas layaknya magnet atau paku kecil sebagai target kerja anda, contohnya ialah hal apa saja yang dapat dilakukan ketika ingin menyelesaikan pekerjaan maka anda bisa mecatat pada sekarcik kertas kecil setelah itu bisa menempelkannya pada papan kerja tersebut.

Tidak hanya itu saja, akan tetapi anda bisa membuat sticky notes dengan menempelkan beberapa target pekerjaan yang perlu anda selesaikan pada papan tersebut, sticky notes tersebut bertuliskan apa saja hyal yang perlu di kerjakan, jika sudah selesai, maka lepas kertas tersebut dari tempelan papan, kemudian anda bisa melanjutkan pekerjaan lainnya sesuai dengan jadwal yang ada di sticky notes.

Namun jangan lupa juga pada samping meja kerja anda bisa menempatkan kalender kecil yang bisa ditandai sebagai tugas harian yang perlu diselesaikan dan apa saja hari yang tepat untuk menjadwalkan pekerjaan anda supaya lebih produktif lagi.

3. Tambahkan Tanaman Hidup

Menurut beberapa penelitian bahwa tanaman hidup dapat membuat semangat kerja lebih produktif, karena ruangan kerja terlihat lebih nyaman dan profesional dibandingkan desain sebelumnya, untuk pemilihan tanaman hidup tidak perlu kategori besar, anda bisa menggunakan tanaman jenis kecil yang mudah sekali untuk dirawat contohnya ialah kaktus, ataupun tanaman bumbu cina.

Tahukah anda bahwa tanaman jenis kaktus memiliki jenis spesies yang bisa dibilang sangat unik sekali, dengan warna hijau yang nyaman dipandang, bahkan untuk perawatan jenis tanaman ini pula tidak terlalu ribet, anda cukup menempatkan tanaman kaktus dekat dengan meja kerja namun usahakan terkontaminasi dengan cahaya matahari.

Tidak hanya itu saja, namun dengan adanya tumbuhan dapat memberikan energi positif untuk ruangan kerja anda, jadi pilihlah tanaman yang benar-benar hidup sehingga bisa membuat produktivitas lebih baik.

4. Tambahkan Foto Keluarga

Dengan menambahkan foto keluarga ternyata dapat membuat ruangan kerja lebih nyaman, hal ini sudah tidak dapat kita pungkiri lagi karena foto keluarga bisa membuat susana kerja lebih nyaman dan terlihat fresh dibandingkan sebelumnya, anda bisa menghias foto keluarga tersebur dengan tampilan bingkai cukup indah, kemudian letakan di meja kerja ataupun bisa digantung ke tembok ruangan anda.

Apabila ruangan anda adalah termasuk kubikel, maka anda bisa menambahkan foto bersama keluarga, teman kerabat dekat, sahabat, dan lain sebagainya yang dapat membuat mood kerja anda lebih semangat. akan tetapi tidak cuma itu saja, anda bisa memberikan energi positif pada ruangan dengan menempel kertas berwarna yang disukai.

Agar lebih kreatif lagi, maka anda bisa menggunakan foto momen bersama keluarga untuk menjadikannya sebagai wallpaper di komputer kerja, jadi ketika anda memulai aktivitas seperti biasa, maka keluarga anda akan menanti kesuksesan anda untuk kedepannya.

5. Rapikan Segala Sesuatu

Sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa meja kerja yang terlihat amburadul atau bisa dikatakan berantakam tentu dapat mengurangi semangat kerja, contohnya seperti pulpen, kertas, bekas rautan pensil, selotip, dan lain sebagainya. Benda yang berantakan dan tidak disusun tersebut bisa membuat kenyaman kerja terasa berkurang.

Jika anda tidak menata semua benda yang berantakan tersebut maka akan sangat sulit sekali untuk berkonsentrasi dalam memulai suatu pekerjaan. Pada dasarnya untuk menata ruangan kerja lebih nyaman cara sederhananya ialah membersihkan semua kotoran yang ada di meja kerja anda.

Solusi terbaik bagi pekerja kantoran yang terikat dengan ruangan berantakan ialah menyiapkan kotak khusus untuk menyimpan berbagai macam benda kerja anda, seperti pensil, penghapus, peraut, pulpen, dan lain sebagainya. Simpanlah pada kotak yang ada supaya tidak berantakan dan membuat mood semangat kerja lebih meningkat.

6. Buatlah Tempat Duduk Nyaman

Untuk tips keenam ini yaitu membuat tempat duduk atau bisa dibilang kursi kerja lebih nyaman lagi, tentu hal ini sangat penting sekali untuk diperhatikan karena dengan nyamannya tempat duduk bisa membuat aktivitas kerja lebih enak, akan tetapi begitu juga sebaliknya jika kursi kerja anda tidak nyaman tentunya mood kerja akan menurun.

Cara sederhana untuk membuat kursi anda nyaman ialah dengan menambahkan bantal ketika ingin duduk, tidak hanya itu saja, tetapi ada solusi lain yaitu anda bisa memberikan selimut kecil yang lembut pada kursi tersebut agar kursi yang sebelumnya terasa keras dan pegal lebih nyaman untuk di duduki.

Anda harus berpikir kreatif untuk mewujudkan ide yang lebih cemerlang dalam menghiasi ruangan kerja tersebut, salah satunya ialah pada kursi tempat yang sering di duduki tiap harinya, buatlah senyaman mungkin.

7. Pasang Wallpaper

Mungkin tips ketujuh inj terdengar unik sekali, namun dengan cara memasang wallpaper pada tembok kerja ternyata sangat efektif sekali untuk membuat ruangan kerja semakin nyaman dan lebih produktif, hal ini berlaku bagi anda yang sedang memulai pekerjaan dirumah / seorang freelancer.

Tentunya anda bisa menambahkan berbagai macam wallpaper yang menurut anda keren, memberikan perubahan kecil seperti ini ternyata dapat membuat tampilan ruangan yang tidak membosankan.

Ternyata bukan hanya di tembok saja yang bisa anda aplikasikan wallpaper keren, namun pada laci meja kerja juga bisa ditempelkan jenis wallpaper yang menurut anda keren, contohnya ialah animasi, ataupun gambar kata-kata motivasi lainnya yang bisa membangkitkan rasa semangat bekerja.

8. Tambahkan Kaca

Kaca memang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai cermin, oleh karena itu kebanyakan orang memanfaatkan kaca untuk melihat wajah ataupun hal lain yang ada disekeliling mereka, pastinya kaca bisa anda gunakan sebagai cara untuk membuat ruang kerja nyaman dan indah, cara sederhana ini berlaku bagi ruangan kubikel yang terlihat sangat sempit sekali.

Anda bisa menempatkan cermin di bagian samping meja kerja, maka dengan itu pandangan mata anda akan terlihat lebih luas lagi ke beberapa ruangan, tidak hanya itu saja, namun dengan menatap cermin bisa membangkitkan rasa semangat dalam memulai pekerjaan.

9. Perbaiki Pencahayaan

Perlu diketahui bahwa pencahayaan ternyata dapat mengurangi aktivitas produktivitas kerja anda, hal ini memang benar sekali, contohnya ialah ketika anda memulai pekerjaan dan tersajikan dengan pencahayaan yang kurang terang, tentu bekerja pada ruangan remang bisa membuat mata lelah dan terasa sangat membosankan sekali.

Pencahyaan yang kurang juga bisa menyebabkan mata terasa mengatuk sekali, alangkah lebih baiknya anda perlu mengatur kontras cahaya pada ruangan kerja agar lebih nyaman dan indah, caranya pilihlah lampu duduk dengan kontras terang dan tempatkan di meja kerja anda.

10. Aquarium Kecil

Sebelumnya kita sudah membahas poin tanaman hias dalam pembahasan cara membuat ruang kerja nyaman, akan tetapi sebagai alternatif lain yang lebih efektif ialah anda bisa menambahkan aquarium kaca kecil di meja kerja anda, nah ternyata cara seperti ini dapat membuat produktivitas kerja lebih semangat lagi bahkan dapat membangkitkan mood semangat.

Anda bisa menaruh ikan-ikan jenis kecil yang mudah untuk dipelihara, ketika kala anda bosan, pastinya bisa untuk meluangkan waktu memberi makan ikan tersebut dengan jenis makanan kecil yang dinamakan pelet, tentu rasa bosan sedikit demi sedikit akan menghilang.

11. Perhatikan tampilan lantai

Untuk cara terakhir kali ini ialah anda perlu memperhatikan tampilan lantai ruangan kerja, bila terlihat kotor alangkah lebih baiknya pel terlebih dahulu menggunakan kain basah dan gunakan pengharum ruangan agar tidak tercium aroma bau yang tidak sedap. Jadi, sebelum anda memulai pekerjaan, tentunya harus menyapu permukaan lantai tersebut agar tidak berdebu.

Perhatikan juga tampilan lantai atau kualitas lantai yang dipiliih, bila saat ini anda memakai lapisan permukaan lantai keramik yang terlihat keretakannya, pastinya harus diganti dengan kualitas lapisan yang lebih baik agar terlihat profesional. Kami sarankan anda perlu memilih lapisan permukaan cat epoxy lantai, karena pengaplikasian epoxy sangat dianjurkan bagi perusahaan.

Baca juga : Jasa Epoxy Lantai Paling Murah 60rb/m2 Berkualitas dan Berpengalaman

Epoxy memiliki sifat licin dan mengkilap, sehingga bila sudah diaplikasikan pada permukaan lantai tentu terlihat sangat mengkilap sekali, kelebihan lainnya yaitu lebih mudah untuk dibersihkan dari berbagai macam noda/nat yang menempel pada permukaan lantai. Website www.rajaepoxy.com sebelumnya sudah menyediakan jasa pengecatan epoxy lantai dengan tawaran harga murah bagi pelanggan pertama. Hal ini dapat memberikan pengaruh positif terutama dapat membuat ruangan kerja lebih nyaman.

Penutup

Demikianlah artikel yang sudah kami bagikan tentang cara membuat ruang kerja nyaman dan indah, semoga artikel yang sudah kami publikasikan kepada banyak orang ini bisa memberikan manfaat, bila dirasa lebih informatif anda juga bisa share ke media sosial lainnya. Terima kasih.

Laydown

Related Post

Metode 5S : Membuat Kantor Anda seperti Hotel Bintang Lima Sebagai konsultan, saya sering berkantor di ruangan kantor klien saya. Karena klien saya beragam, saya jadi menemui lingkungan kantor yang beragam pul...
Data Statistik Mengejutkan tentang Makna Persahabatan dengan Teman Kantor Dalam edisi infografis dan podcast kali ini, kita akan melacak sejumlah data statistik mengejutkan tentang makna persabahatan dengan teman kantor. ...
Merindukan Ruangan Kantor yang Wow Faktanya, setiap hari para pekerja kantoran menghabiskan mayoritas waktu kehidupannya di tempat kerja. Rata-rata setiap hari selama 7 – 9 jam mereka ...
6 comments on “Cara Menata Desain Ruangan Kantor yang Epik dan Wow
  1. WOW.. Ganti tahun sepertinya kudu ganti suasana kantor juga nih biar makin FRESH dan kinerja cetar membahana.
    dan 11 cara ini layak untuk dicoba.

    Satu pertanyaan sederhhana yang ingin saya sampaika adalah:
    Berkaitan dengan pencahayaan dan jenis serta warna lantai. bila lantai kantor menggunakan granit dengan warna kuning putih mengkilat, bagaimana kombinasi pola pencahayaan yang tepat? selama ini sumber pencahayaan utama dari lampu listrik karena mengingat lokasi kantor yang sempit dan cahaya matahari hanya dari jendela depan.
    dengan posisi dan kondisi seperti itu enaknya gimana nih?

    jika memang tidak nyaman, apa perlu dijual lalu cari yang lebih bagus 🙂

    Terima kasih

    | Accounting Tools + SOP | manajemenkeuangan.net |

Comments are closed.

Pilih Kaya atau Misqien?

Dapatkan Buku yg Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Financial Freedom yg Barokah. GRATIS!