Cara Baru Mencari Pekerjaan Impian Melalui Talent Marketplace

Artikel ini merupakan kontribusi Guest Blogger dari Team Ekrut – Sebuah Start Up Inovatif di bidang Talent Recruitment.

Cari kerja memang bukan perkara yang mudah, terkadang meski lowongan kerja ada di mana-mana, tetap saja rasanya sulit mendapatkan yang tepat. Agar tidak terus terjebak dengan kondisi ini, kamu perlu tahu apa saja cara baru cari kerja yang paling efektif.

Dulu, mungkin kamu perlu kesana-kemari untuk melamar pekerjaan. Mulai dari walk-in interview, sampai dengan menyebarkan surat lamaran ke beberapa perusahaan. Lalu, seperti apa cara yang baru?

Begini cara mencari kerja saat ini.

Cara yang sering digunakan akhir-akhir ini di antaranya adalah, melalui situs job portal, dan situs talent marketplace. Berikut ini adalah penjelasan mengenai keduanya.

Job Portal

Job portal atau career portal merupakan salah satu cara konvensional atau yang umum bagi karyawan untuk mencari kerja, dan perusahaan untuk mendapatkan karyawan.

Di situs ini terdapat beberapa informasi, seperti lowongan pekerjaan, keterangan deskripsi pekerjaan, informasi mengenai perusahaan, hingga kontak email dan nomor telepon perusahaan tersebut.

Kamu bisa langsung melamar pekerjaan melalui job portal tersebut, atau langsung mengirimkan surat lamaran dan CV melalui email yang tertera di kontak perusahaan. Meski kamu bebas ingin melamar ke perusahaan yang mana, sayangnya beberapa kandidat justru terjebak ke dalam lowongan kerja palsu.

Cara ini pun tidak menjamin para pencari kerja akan mudah dan cepat dalam mendapatkan pekerjaan baru. Terlebih lagi, saingan yang banyak, dan proses mencari kerja yang menyusahkan karena kamu mungkin harus apply ke banyak perusahaan untuk mendapatkan satu perusahaan yang cocok.

Setelah kamu melamar ke beberapa perusahaan di job portal, umumnya tidak ada notifikasi atau pemberitahuan mengenai sejauh mana proses aplikasimu. Sehingga mungkin hal ini dapat cukup membingungkan untukmu.

Selain itu, meski beberapa job portal tidak berbayar, jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan terbaik dan pelayanan terbaik, kamu tetap perlu berpindah ke premium yang tentunya berbayar.

Talent marketplace

Berbeda dengan job portal, talent marketplace sendiri adalah wadah bagi perusahaan untuk mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan kecanggihan data science yang dimiliki oleh talent marketplace, dapat memudahkan perusahaan untuk menemukan kandidat yang cocok. Begitu juga sebagai pencari kerja, kamu juga akan dengan mudah ditemukan oleh perusahaan yang cocok dengan kamu.

Melalui situs talent marketplace, kamu tidak perlu susah payah melamar kesana-kemari, atau bahkan takut terjebak oleh lowongan kerja palsu.

Pasalnya, di situs talent marketplace, baik perusahaan maupun talent akan melalui proses verifikasi terlebih dahulu. Sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika mendapatkan panggilan interview melalui situs talent marketplace ini.

Selain tak perlu melamar kesana-kemari, talent marketplace umumnya tidak memungut sepeser pun biaya kepada talentnya. Jadi, kamu juga tidak perlu lagi berpindah ke premium untuk mendapatkan pekerjaan terbaik, dan dilirik oleh perusahaan.

Tertarik bekerja di startup unicorn? Mendaftarkan diri di situs talent marketplace bisa menjadi salah satu langkah awal yang efektif. Kenapa? Karena umumnya, perusahaan-perusahaan unicorn ini telah mempercayai jasa talent marketplace untuk mendapatkan kandidat terbaik.

Baca juga: Sudah mantap kerja di startup? Berikut cara meniti karier terbaiknya

Cara baru cari kerja dengan EKRUT

Sekarang kamu sudah tahu beberapa pilihan cara yang bisa kamu ambil untuk mendapatkan pekerjaan, bukan? Jika kamu tertarik dengan mendapatkan kerja melalui situs talent marketplace, maka EKRUT bisa menjadi pilihanmu.

Cara kerja EKRUT dapat dikatakan mudah, dan sangat membantu dalam mendapatkan pekerjaan. Kamu hanya perlu melalui beberapa langkah mudah, di antara lain seperti mendaftarkan dirimu dengan menggunakan akun LinkedIn, kemudian mengisi data diri kamu.

Setelah itu? Kamu akan melewati proses verifikasi berbasis data science dan talent consultant dari tim EKRUT. Setelah itu, jika kamu lolos verifikasi, kamu bisa langsung dilirik oleh ribuan perusahaan yang telah terdaftar. Kamu pun akan mendapatkan notifikasi baik melalui email otomatis maupun telepon.

Tujuannya adalah untuk memberitahukan bahwa kamu mendapatkan tawaran interview dari perusahaan tertentu, dan memastikan kamu sudah membaca email tersebut. Jadi, tidak perlu khawatir kehilangan kesempatan interview hanya karena tidak membaca email panggilan. Tentu hal ini akan sangat membantu, bukan?

Kamu juga tidak perlu khawatir mendapatkan panggilan kerja palsu. Karena proses kerja EKRUT telah memastikan bahwa perusahaan yang terdaftar adalah perusahaan yang valid dengan melakukan verifikasi perusahaan terlebih dahulu.

Selain itu, perlu kamu ketahui jika setiap talent marketplace memiliki fokus bidangnya masing-masing. Sedangkan untuk EKRUT sendiri, EKRUT memiliki fokus bidang di beberapa pekerjaan yang termasuk paling banyak dicari saat ini. Misalnya saja seperti, komunikasi, informasi, dan teknologi.

Di EKRUT sendiri terdapat setidaknya lima kategori utama, yaitu Software Engineering, Data Scientist atau Analyst, Marketing Communications, Operations, dan Product Management.

Adapun pekerjaan yang paling banyak dicari di EKRUT antara lain seperti, Software Engineer, Product Manager, dan UI/UX designer.

Meski begitu, tentu tidak menutup kemungkinan dan tidak terbatas pada pekerjaan itu saja. Banyak perusahaan yang mencari kandidat untuk beragam posisi. Misalnya saja seperti HRD, Graphic Design, Social Media Marketing, Content Marketing, atau bahkan juga Brand Marketing.

Itulah beberapa cara baru untuk mencari kerja.

Tertarik untuk mendapatkan kerja tanpa kerja keras? Tentu akan lebih mudah dan efektif jika kamu mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace.

Cukup melakukan langkah sederhana, pekerjaan terbaik akan menghampirimu.

14 comments on “Cara Baru Mencari Pekerjaan Impian Melalui Talent Marketplace
  1. Sebuah alternatif yang bisa dicoba.
    Barangkali akan menjadi salah satu jalan untuk mencapai impian hebatmu.

    Tapi yang lebih penting lagi, penuhi kualitas skill-mu dengan mantab agar gak seperi ” tong kosong yang nyaring bunyinya” kata, Slank.
    Ikuti training dan kursus yang berbobot.

    Berkunjung ke sumber-sumber berkualitas, seperti ke blognya Pak Yodhia ini.

    Faktor ‘bejo’ juga akan berpengaruh.

    Pokoknya terus ber-ikhtiar tuk menggapai impian-impian hebatnya.

    Tak ingin kan, jadi manusia yang tiap hari mengeluh “nasib oh nasib” 🙂

    Salam sukses penuh keberkahan.

    • Ya setuju sekali dengan komentar @wadiyo .. karena sebelum masuk talent marketplace tentu kompetensi job seeker perlu diupayakan untuk layak kalo perlu diupgrade, dan diupdate apalagi daftarnya harus punya LinkedIn

  2. Wah bagus ini mas. Kalau job portal emang sudah cukup ama pernah denger, tapi yang ini baru aja tahu…

    Namun setelah saya kok sepertinya ga asing ya… apakah ini kaya situs-situs buat para freelance?

    terima kasih sebelumnya

  3. Pada artikel di atas lebih banyak disebut bidang berbau digital seperti : Software Engineer, Product Manager, UI/UX designer, Graphic Design, Social Media Marketing, Content Marketing dan Brand Marketing.

    Lalu untuk pekerjaan yang berbasis hardskill tau fieldskill apakah aplikasi ini juga bisa membantu?

    Sektor-sektor riil seperti manufaktur, power, mining dan oil&gas adalah bidang-bidang usaha yang juga diburu banyak orang. Karena gaji dan karir yang menjanjikan masa depan.

    Nah, apakah aplikasi Ekrut ini juga support pada kebutuhan di atas?

  4. Wah keren juga ya ada EKRUT, jadinya kita gak perlu apply-apply lagi. Lebih enak sih gak buang-buang waktu buat yang lagi cari kerjaan.

  5. yups..,
    Saat ini memang eranya serba mudah, cepat dan praktis, termasuk dalam urusan cari kerja.

    Jadi model bolak-balik kirim aplikasi sudah waktunya ditinggalkan.

    Keberadaan Talent Marketpalce seperti Ekrut sudah menjadi sebuah kebutuhan, baik bagi perusahaan maupun bagi jobs seeker.

    Sukses selalu EKRUT, Cara baru cari kerja.

    Sukses juga buat bang Yodha, yang selalu memberikan sajian yang inspiratif …

  6. Berburu pekerjaan selama mengandalkan kepada bantuan mediator, apa pun namanya, jelas hanya membuat si pencari kerja dalam posisi yang pasif.

    Padahal para pencari itu seharusnya dapat mengaplikasikan langkah-langkah dan metode ilmiah saat mereka merampungkan skripsinya kedalam proses berburu pekerjaan yang agresif dan berhasil.

  7. Sy sangat ingin berbisnis melalui internet, tapi sy msh lemah dan kurang sekali pengetahuan termasuk penggunaan internet ini dalam melaksanakan kegiatan bisnis..

  8. Jadi sy masih merasa kesulitan berbisnis melalui internet.. mungkin sy masih perlu belajar lebih banyak mengenai internat dan penggunaannya dalam dunia busnis.. Terima kasih..

Comments are closed.

Pilih Kaya atau Misqien?

Dapatkan Buku yg Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Financial Freedom yg Barokah. GRATIS!