3 Financial Literacy yang Wajib Anda Kuasai agar Tidak Terjebak dalam Kemiskinan Permanen

Financial literacy artinya adalah melek finansial, atau sejenis kecerdasan finansial yang akan bisa membuat hidupmu menjadi makmur dan rezekinya berkelimpahan.

Sayangnya, financial literacy ini acap gagal dijalani oleh kebanyakan orang. Akibatnya, orang-orang ini jadi terjebak dalam apa yang layak disebut sebagai kemiskinan permanen. Forever Poverty.

Jadi apa saja jenis financial literacy yang krusial? Mari kita ulas di pagi yang cerah ini.

Dari penelusuran terhadap literatur dalam dunia personal finance (atau keuangan personal), setidaknya terdapat tiga financial literacy yang bersifat fundamental, dan wajib kita kuasai jika kita tak ingin kondisi keuangan kita serba terbatas (sementara biaya hidup makin naik).

Mari kita bedah satu demi satu secara ringkas.

Financial Literacy #1 : Make Money Skills

Pintar mencari uang. Demikian ujaran lama yang pernah bergaung. Sayangnya tak banyak orang yang memiliki skills yang amat fundamental ini.

Tragisnya, sistem pendidikan dan kuliah kita tak pernah secara sistematis ajarkan skills to make money ini.

Mari coba tanyakan pada ribuan sarjana yang baru wisuda : apakah kalian bisa mencari uang sendiri mulai besok atau 24 jam setelah wisuda ini selesai?

Saya agak yakin : sebagian besar sarjana baru itu akan gelagapan.

Kecakapan to earn more itu sejatinya sangat ditentukan oleh kejelian kita untuk menemukan high-paid skills, dan kemudian bisa menguasai high-paid skills ini dengan ekselen.

Pertanyaannya adalah : bagaimana cara bisa mengidentifikasi high-paid skills itu?

(clue jawaban : ada begitu banyak high-paid skills di sekitar kita dan jarang kita sadari kehadirannya; dan yang pasti Anda tidak perlu ijazah sarjana S1 untuk bisa menemukan beragam high-paid skills ini).

Pertanyaannya kedua : jika sudah bisa mengidentifikasinya, lalu bagaimana cara menguasainya agar kita bisa hasilkan banyak duit?

(Kembali clue jawabannya : agak mengejutkan, sejumlah high-paid skills ini bahkan bisa dikuasai hanya dalam durasi 6 bulan, dan tak perlu harus nunggu bertahun-tahun lamanya).

Jawaban detil atau dua pertanyaan kunci itu itu akan saya berikan dalam bagian bawah artikel ini. Stay tuned.

Financial Literacy #2 : Investing Skills

Prinsin elegan nan indah orang kaya itu adalah ini : mereka bisa menggunakan uang yang sudah mereka hasilkan untuk kembali menghasilkan uang.

Dengan kata lain : mereka bisa membuat uang mereka bekerja keras menghasilkan uang lagi bagi mereka.

Sementara Anda mungkin prinsipnya terbalik. Sampeyan bekerja keras matian-matian demi mencari uang; dan itupun hasilnya tidak memuaskan.

(Sing sabar yo Le……)

Investing skills adalah kecerdasan untuk menginvestasikan uang, agar uang ini makin menghasilkan uang lebih banyak lagi.

Investing skills adalah financial literacy untuk membuat uang bekerja keras demi kemakmuran Anda sebagai pemiliknya.

Disini juga ada dua pertanyaan amat krusial yang layak ditabalkan.

Pertama : strategi investasi apa yang terbukti berdasar histori, punya validitas tinggi, dan proven bisa menghasilkan ROI (return on investment) hingga 100 kali?

(Investasi naik 100 kali itu artinya kalau Anda invest Rp 10 juta, uang Anda akan menjadi Rp 1 milyar).

Pertanyaan kedua : pola investasi semacam apa yang akan bisa memberikan hasil yang konsisten; sebab dalam dunia investasi, konsistensi adalah kunci.

Jawabannya sebentar lagi akan saya hadirkan.

Financial Literacy #3 : Spending Money Skills

Ternyata, membelanjakan uang itu ada ilmunya. Ada skills-nya. Banyak orang yang terjebak jadi setengah kere meski gaji lumyana banyak karena tidak menguasai apa yang disebut sebagai “Spending Money Skills”.

Again, ilmu krusial tentang menggunakan uang atau spending money skills ini tidak pernah diajarkan secara sistematis selama ini. Saya sudah mencari kurikulum di semua jurusan kuliah di semua kampus di Indonesia, dan tidak ada satupun mata kuliah tentang “Ilmu Menggunakan Uang” (Personal Money Management Skills).

Tidakkah itu absurd, sebuah ilmu dan skills yang begitu krusial dan amat menentukan nasib hidup banyak orang, sama sekali tidak pernah diajarkan secara sistematis dalam sistem pendidikan kita.

Bicara tentang spending skills, ada dua pertanyaan kunci yang kudu dijawab.

Yang pertama : metodologi skills semacam apa yang mesti dikembangkan agar kita bisa memiliki “self-disicipline” dalam menggunakan uang yang sudah kita dapat?

Yang kedua, behavior skills semacam apa yang layak ditumbuhkan agar kita bisa menaklukkan sikap ingin terus membelanjakan uang kita?

DEMIKIANLAH, tiga financial literacy krusial yang wajib Anda kuasai demi hidup yang makin makmur. Tiga financial literacy ini adalah :

1. Make Money Skills
2. Investing Skills
3. Spending Skills

Dalam ketiga area itu, juga terdapat beragam pertanyaan penting yang wajib dijawab dengan tuntas demi hidup yang makin berkelimpahan.

Jawaban atas beragam pertanyaan yang saya tuliskan di atas, semuanya sudah saya rangkum secara tuntas dan super elegan dalam buku yang saya tulis berjudul : FINANCIAL FREEDOM BLUEPRINT : Menapaki Jalan Menuju Kebebasan Finansial yang Barokah.

Buku Financial Freedom Blueprint merupakan salah satu dari trilogi buku yang saya tulis. Judul dua buku lainnya juga sangat menarik dan perlu Anda simak, yakni :

1. Change Your Habits, Change Your Life : Kiat Memanfaatkan Kekuatan Habit untuk Meraih Kesuksesan

2. LIFE SKILLS : 8 Kecakapan Hidup demi Masa Depan yang Epik

Saya me-launch kembali Paket Trilogi 3 Buku ini, karena saat launching pertama bulan lalu, masih banyak banget yang tidak kebagian karena stoknya habis.

Nah, sekarang Anda bisa kembali order karena stok sudah ready.

3 Buku Amazing ini dijual dalam PAKET PROMO BUNDLING (3 buku sekaligus dalam satu paket).

Untuk HARGA PROMO, Trilogi 3 buku itu bisa Anda dapatkan HANYA dengan HARGA Rp 195.000 SAJA + GRATIS ONGKIR Seluruh Indonesia.

Sebenarnya harga normal 3 buku ini adalah Rp 360.000 (karena 1 buku harga normalnya Rp 120 ribu).

Namun dalam masa promosi ini ada DISKON 45% menjadi hanya Rp 195.000,-

DISKON 45% dari Harga Normal. Plus gratis ongkir kemana saja.

Buruan order sekarang juga.

Oh ya jika Anda order SEKARANG, maka Anda juga akan mendapatkan bonus gratis berupa 3 audiotalk (atau audiobook) yang cetar membahana dengan topik yang sama dengan judul 3 buku di atas.

Jadi 3 audiotalk ini akan menjadi teman pelengkap yang hebat bagi ketiga judul buku di atas. 3 bonus audiotalk ini bisa didengarkan secara santai, misal saat Anda mengunggu sesuatu, saat rebahan di rumah, atau saat di jalanan mengalami kemacetan.

Cara order mudah sekali. Silakan transfer dana Rp 195 ribu ke rekening :

• Bank BCA – No. Rek. 568 038 9995 a/n Yodhia Antariksa; atau
• Bank Mandiri – No Rek. 167 000 112 3057 a/n Yodhia Antariksa

Setelah itu tuliskan isian pesan Anda dengan format sbb :

Nama :
Alamat dan Kode Pos :
No WA/HP :

Lalu lampirkan pula bukti transfer (bisa berupa foto struk atau notifikasi mobile banking).

Kirimkan form pesanan Anda ke WA saya di no :

0817.4823.235

Segera setelah kami menerima order Anda via WA, pesanan akan kami kirimkan ke alamat Anda. Link download bonus audiobook akan kami kirimkan via WA.

Oke, saya tunggu orderannya ya teman-teman…..

Salam sukses mulia,
Yodhia Antariksa

Related Post

3 Langkah Kunci Agar Anda Bisa Menabung Rp 10 Juta/Bulan Apakah Anda sudah puas dan happy dengan level penghasilanmu saat ini? Well, saya tidak tahu berapa total pendapatan Anda saat ini. Berapapun jumlahnya...
Kenapa Lulusan SMP Bisa Lebih Kaya dan Lebih Makmur dibanding Lulusan S1 dan S2? Sudah dua kali blog ini menampilkan profil anak ingusan yang cuma lulusan SMP, namun hidupnya relatif makmur dan melimpah. Yang pertama, anak ndeso...
3 Mentalitas Miskin ini yang akan Bikin Kita Kere dan Nestapa Selamanya Kenapa kebanyakan orang belum sanggup meraih kemakmuran seperti yang diharapkan? Mungkin karena diam-diam ada mentalitas miskin yang bersemayam dibali...