3 Strategi Kunci yang Kudu Diterapkan untuk Menaklukkan “Negativity Bias”

Dalam sajian artikel sebelumnya saya sudah menulis : ternyata kebahagiaan jiwa merupakan prasyarat krusial agar Anda bisa meraih sukses dalam hidup. Hanya dalam jiwa yang bahagia, maka seseorang akan bisa merajut kinerja optimal demi sukses masa depan.

Namun perjalanan meraih jiwa yang happy ternyata sungguh tidak mudah. Sebab sebagai manusia, kita itu justru lebih sering terjebak dalam “negativity bias”. Kita manusia ini ternyata lebih cepat dan lebih mudah menangkap apa-apa yang negatif di sekitar kita. Kita begitu mudah dan ahli dalam mendeteksi apa yang negatif dari pekerjaan kita, apa yang kita temui di jalanan, apa yang kita baca dari laya hape yang kita pegang, hingga apa saja yang negatif dari situasi di rumah kita.

Continue reading “3 Strategi Kunci yang Kudu Diterapkan untuk Menaklukkan “Negativity Bias””

Kenapa Momen Negatif dalam Hidup Lebih Membekas dibanding Momen Positif?

Perjalanan untuk mengulik momen yang bisa menebarkan benih-benih emosi positif sesungguhnya terasa makin terjal dengan temuan saintifik yang satu ini.

Jadi dalam serangkaian studi tentang human behavior, terungkap sebuah fakta yang rada muram. Yakni momen-momen negatif itu ternyata lebih mudah diingat oleh pikiran manusia, dan juga lebih lama membekasnya, dibanding momen atau kejadian positif.

Istilahnya adalah : bad is stronger than good.

Continue reading “Kenapa Momen Negatif dalam Hidup Lebih Membekas dibanding Momen Positif?”

Berapa Jumlah Momen Positif yang Harus Anda Alami Tiap Hari agar Hidupmu Jadi Lebih Hidup?

Tentu saja kita tidak bisa terus menerus merasa happy sepanjang waktu, 24 jam sehari. Setiap hari kita pasti akan juga menjumpai beragam hal yang acap membuat hati kita marah, sedih, kecewa atau bete. Ini hal yang wajar. Sebab manusia memang bukan alien yang selalu bisa tersenyum bahagia sepanjang waktu.

Namun demikian, ada sebuah angka rasio kebahagiaan optimal yang harus dipenuhi jika kita ingin meraih kinerja puncak, produktivitas yang tinggi dan akhirnya kesuksesan hidup. Artinya jika Anda ingin bisa meraih sukses kinerja dalam berbagai dimensi kehidupan, maka Anda harus bisa memenuhi angka rasio kebahagiaan optimal tersebut.

Continue reading “Berapa Jumlah Momen Positif yang Harus Anda Alami Tiap Hari agar Hidupmu Jadi Lebih Hidup?”

Satu Prinsip Kunci dalam Studi tentang The Science of Happiness

Sukses sejati itu sesungguhnya adalah perjalanan meraih kebahagiaan yang hakiki. Tak pelak, keberhasilan dalam menumbuhkan kebahagiaan hati merupakan salah satu ultimate goal dalam hidup, atau bahkan mungkin tujuan yang paling penting dalam sejarah perjalanan hidup yang kita tapaki.

Ada banyak orang yang kerja keras mencari dan mengumpulkan banyak uang agar punya tabungan yang banyak. Setelah punya tabungan yang banyak, ia lalu ingin bisa membeli rumah yang nyaman atau agar bisa jalan-jalan ke luar negeri. Apa tujuan akhirnya dari semua ini? Kemungkinan besar karena orang ini ingin mendapatkan kebahagiaan (bahagia bisa punya rumah yang lapang, atau bahagia bisa jalan-jalan ke Eropa).

Atau ada juga orang yang berjibaku kerja keras menulis dan menyebarkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat kepada sesama. Ia sebarkan ilmu pengetahuan melalui blog, media sosial ataupun buku-buku yang ia tulis. Apa tujuan dari semua kerja keras ini? Mungkin karena ia ingin dkenal sebagai pakar ilmu pengetahuan. Atau mungkin karena ia ingin bisa berbagi ilmu yang bermanfaat kepada banyak orang.

Continue reading “Satu Prinsip Kunci dalam Studi tentang The Science of Happiness”

Cara Mudah Membangun Personal Branding dengan Premium Content

Cara organik untuk meningkatkan trafik adalah salah satu opsi yang murah meriah (sebab praktis Anda tidak perlu mengeluarkan biaya, baik biaya promosi, biaya endorsement atau biaya iklan).  Namun demikian cara ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama, dan juga energi serta waktu yang cukup banyak.

Karena itu jika Anda ingin meningkatkan trafik Anda secara cukup cepat, maka opsi untuk meningkatkan trafik secara berbayar merupakan pilihan yang masuk akal. Dengan kata lain, kita memanfaatkan semacam premium strategy untuk melejitkan reputasi dan personal branding diri kita.

Prinsipnya adalah begini : tidak masalah mengelurakan biaya iklan atau promosi sebanyak X rupiah asal bisa menghasilkan net profit 3X.  Atau dengan kata lain return on investment (ROI) dari biaya iklan dan promosi ini idealnya adalah minimal 3 kali atau 300%. Syukur bisa 5 atau bahkan 10 kali lipatnya.

Continue reading “Cara Mudah Membangun Personal Branding dengan Premium Content”

Dapatkan Free Summary 20 Buku Bisnis Terbaik di Dunia

Banyak buku bisnis dan pengembangan diri yang diterbitkan penulis-penulis kelas dunia dari luar negeri. Sebagian judulnya bisa Anda lihat dalam gambar di atas. Semua isinya dahsyat dan pasti akan mencekam pikiran Anda semua.

Problemnya, kita sering tidak punya waktu banyak untuk membaca semua buku dahsyat di atas. Problem lain mungkin juga karena harga buku-buku berbahasa Inggris relatif mahal.

Masalah lain barangkali juga karena kemampuan bahasa Inggris kita yang belum terlampau bagus sehingga kadang kesulitan jika harus membaca buku dari luar negeri dalam edisi aslinya (sementara jika diterjemahkan, gaya bahasanya jadi suka aneh).

Semua PROBLEM di atas kini sudah ada SOLUSINYA.

Saya telah menyusun ringkasan atau summary 20 buku bisnis dan pengembangan diri terbaik di dunia.

Semuanya disajikan dalam serangkaian slides PDF yang ringkas dan padat, dan memuat poin-poin kunci isi sebuah buku.

Semuanya disajikan dalam bahasa Indonesia yang renyah dan membumi. Isinya sangat inspiring dan bermanfaat bagi pengembangan diri Anda di masa depan.

Dan semuanya bisa Anda dapatkan secara GRATIS. Mantapppp.

Selain mendapatlan summary 20 buku bisnis terbaik di dunia, Anda juga akan mendapatkan 5 ebook istimewa secara gratis. Judul kelima ebook ini adalah sbb :

    1. Financial Freedom Roadmap – Cara Meraih Kebebasan Finansial secara Barokah dan Melimpah
    2. Strategi Membangun Karir yang Sukses
    3. 21 Ide Bisnis yang Paling Menguntungkan dan Cara Memulainya
    4. Kekuatan Ajaib Personal Motivation
    5. Growth Mindset