3 Gaya Hidup Sehat demi Produktivitas Kerja

river-re.jpgKini kelihatannya kian banyak orang yang relatif masih berusia muda (dibawah 40-an tahun) yang terkena serangan beragam penyakit : entah itu serangan jantung mendadak; terkena stroke, asam urat, hepatitis, hingga kanker paru-paru.

Banyak pihak menduga semua itu tak lepas dari gaya hidup masyarakat modern yang tergelincir dalam belantara kenestapaan : tekanan pekerjaan yang stressfull, pola makan yang sembarangan, dan kegagalan melakukan ritual olah raga secara rutin.

Akibatnya mungkin bisa berujung pada sederet petaka bagi Anda dan juga bagi kantor Anda: produktivitas kerja menurun drastis, klaim biaya kesehatan yang melambung; dan mungkin juga, tubuh Anda bisa tergeletak tak berdaya di ruang bangsal rumah sakit yang penuh dengan bau khas itu.

Jangan. Jangan biarkan tubuh dan raga Anda terpelanting dalam ruang bangsal serba putih itu. Sebab, seperti kata Pak Hendrawan Nadesul, sehat itu murah. Berikut 3 kiat sederhana yang mestinya bisa kita lakoni bersama-sama.

Kiat yang pertama tentu saja adalah : pola makan yang sehat. Sebuah anjuran yang amat sederhana, namun persis disitu pula kita acap tergolek tak berdaya. Semua makanan disantap, yang penting rasanya mak nyoss, begitu mungkin Anda berkilah. Sayangnya kini banyak makanan yang justru pelan-pelan membawa kita pada lorong kematian yang memerihkan.

Fast food, makanan instant, penyedap rasa, bahan pengawet, makanan penuh lemak, dan kawan-kawannya barangkali memang sedap untuk dikudap. Tapi mungkin deretan makanan inilah yang kelak akan mengantar kita ke ruang ICU, jika terus disantap penuh nafsu.

Saya sendiri juga terus mencoba berikhtiar untuk melakoni ritual makan sehat. Setiap pagi, saya selalu sarapan bubur oat meal yang katanya kaya serat dan sehat itu, sambil ditemani empat potong tempe (setiap hari saya setidaknya makan 16 potong tempe). Setelah itu minum susu kalsium satu gelas.

Jika tidak ada jadwal mengajar dan konsultasi, saya lebih banyak ngantor dirumah, dan karena itu saya selalu makan siang dan malam di rumah. Istri saya kebetulan ndak doyan daging (baik daging sapi atau apalagi daging kambing), sehingga kombinasi makan siang kami selalu tak jauh dari ayam kampung atau ikan. Begitulah, menu mingguan kami selalu tampak miskin variasi dan tak menggairahkan : ikan gembung plus sayur bayam plus tempe, berikutnya ayam, lalu ikan tengiri, lalu ikan lele, lalu ikan gembung lagi. Begitu seterusnya. Tak begitu menggairahkan memang; namun mungkin cukup menyehatkan.

Kiat yang kedua adalah : lakukan ritual olah raga secara teratur. Kata ahli kesehatan, olah raga yang baik adalah yang dilakukan secara rutin minimal 30 menit sehari selama 5 kali seminggu (lebih baik setengah jam tapi rutin, daripada lama tapi ndak rutin). Cuman sialnya, banyak orang yang males melakukan riual ini. Alasanya : ndak punyak waktu-lah, ndak ada fasilitasnya-lah, atau mungin ndak punya motivasi.

Padahal, jika sudah menjadi kebiasaan, olahraga setengah jam setiap hari itu sungguh akan menjadi sebuah kenikmatan yang menghanyutkan (dan tentu juga menyegarkan). Saya sendiri merasa, salah satu momen yang selalu saya tunggu-tunggu setiap harinya adalah melakoni kegiatan olah raga harian ini. Begitulah, dikeheningan pagi hari, dalam udara yang masih segar, sambil ditemani alunan music melalui headphone, saya rutin melakukan olahraga jogging threadmill. Sebuah  momen yang sungguh menyegarkan. (Dan inspirasi tulisan untuk blog keren ini acap saya temukan melalui kegiatan olahraga yang menghanyutkan ini…..).

Kiat yang terakhir adalah ini : stop smoking bagi Anda yang kebetulan merupakan smokers. Saya sendiri termasuk orang yang aktif merokok sejak usia belia. Namun beruntung, saya bisa berhenti merokok sejak dua tahun silam. Goodbye, fucking A-Mild !! Alasan berhenti merokok? Well, saya kira tak perlu dipaparkan disini.

Begitulah tiga kiat sederhana yang barangkali bisa mengantarkan kita untuk mereguk raga dan jiwa yang sehat. Sehat jasmani. Sehat rohani. Jadi, jika Anda belum melakukan tiga hal diatas, maka pesan saya adalah : lakukanlah mulai dari diri Anda sendiri. Dan lakukanlah mulai hari ini juga!!

Note : Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi tentang management skills, business strategy dan HR management silakan klik DISINI.

Photo credit by : Sebastien.Mamy @Flickr.

NOTE :
Mau update artikel2 mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja invite PIN BBM saya : 2B18E347. Atau invite + save no WA saya di 0812 8644 8789. Bagi yg invite, akan saya berikan BONUS tiga ebook bagus tentang mindset, kebebasan finansial dan cara meraih karir impian. Slide BiruPakar Hijau

53 comments on “3 Gaya Hidup Sehat demi Produktivitas Kerja
  1. Dear Sir,

    Tulisan yang menginspirasi dan memotivasikan ini sangatlag bagus bagi upaya mempertahankan dan meningkatkan kualitas dan kinerja karyawan guna menjaga produktivitas perusahaan tetap berjalan optimal.

    salam,
    John

  2. Selain ketiga hal diatas, ditambah lagi dengan menjaga pikiran tetap positif. Karena tanpa disadari pikiran yang negatif juga mendatangkan penyakit.

  3. memang sepertinya kebiasaan yang d luar kebiasaan kebanyakan orang yang biasa biasa akan menghasilkan efek yang luar biasa (nah lho saya bingung,,bener ga mas ??!!!)

  4. Setuju Mas, membuat “pola sehat” dalam hidup menjadi rutinitas itulah perjuangan kita. Sebab, “dimana banyak alasan disitu ada kemalasan”. So, do it or ready to penitent

  5. Nabi Muhammad SAW : Berhentilah makan sebelum engkau merasa kenyang.
    Dr. Mehmet OZ ( OPRAH SHOW ) : Berhentilah makan setelah 80 % kenyang
    Ustadz Yusuf Mansyur : Hadapilah hidup dengan IKHLAS
    Berdoalah supaya bisa berhenti MEROKOK; jangan remehkan kekuatan DOA.
    Bangunlah sepagi mungkin, lakukan sesuatu yang positif ( bagi yang muslim pergi ke mesjid yang agak jauh dan jalanlah cepat-cepat )
    THX

  6. pilihan selalu menyulitkan…jika mau enak “biasanya” gak sehat, sebaliknya mau sehat…harus nahan dengan yang gak enak, katakanlah seperti mas Yodhia ungkapkan diatas “miskin variasi dan tak menggairahkan” hehe….yah…kita sebagai manusia hendaknya berpedoman bukan hidup untuk makan…tapi makan untuk melangsungkan kehidupan supaya bisa lebih banyak berkontribusi untuk masyarakat banyak.

  7. Saya tambahkan : Istirahat yang Cukup. Jangan terlalu lama tapi juga jangan kurang istirahat.
    Itu secara jasmani.
    Secara Rohani mungkin seperti ini
    1. Beribadah secara rutin dan tenang (perhatikan waktunya dan tidak terburu-buru)
    2. Positif thinking (spt ditulis oleh Wiwid)
    3. Menjauhi stress, karena banyak penyakit yang berasal dari pikiran.

  8. Tambahan hidup sehat lainnya adalah
    * rajin berpuasa misal senin kamis.. agar lambung dibersihkan seminggu dua kali serta dapat merasakan bagaimana kaum yang tidak berkecukupan (dhuafa) tidak bisa makan karena tidak punya uang…
    * Mencoba berbuat sesuatu agar bermanfaat untuk keluarga dan orang lain…
    sehingga pikiran kita tidak fokus kepada kepuasan diri sendiri tetapi memahami orang lain bahkan menjadi bermanfaat untuk orang lain…

    Insya Allah hidup kita akan semakin sehat dan bermakna

  9. Beberapa Bulan terakhir saya selalu membaca Blog Anda, Untuk kesehatan masalah olah raga yang kadang biasanya malas untuk saya kerjakan,….

    O ya saya sungguh senang melihat anda sukses, bahkan saya kagum banyak orang yang sukses, tapi dari beberapa itu semuanya berpendidikan tinggi, Bagaimana dengan saya yang notebene hanya lulusan madrasah aliyah.. bisa sukses layaknya banyak pengusaha, yang mungkin juga berpendidikan rendah? mungkin besuk2 anda bisa posting, tentang bagaimana orang biasa jadi sukses,

    thanks pak Yodhia

  10. Heuheuheu…tulisan yang mak jleb ketika minggu kemarin, harian saya dipenuhi dengan kata : lelah, marah, sakit kepala, nyeri pinggang, jenuh, dkk. Dan hari ini, saya memutuskan berhenti berlari dengan diam sebentar mengambil nafas panjang.

    Termasuk absen dulu dari edaran dunia virtual. Lha, pas iseng cek dashboard wordpress, muncul avatar Mas Yodhia di sana. Gagal deh puasa virtual saya :D

    Terima kasih udah mengingatkan, Mas. Termasuk juga komentar-komentar di sini. Hmm, jadi refresh lagi..

    *Puasa kok ngintip-ngintip ya, hehe

  11. Nice Artikel p yodhia,,Saya ingin sharing saja bahwa Pola Makan,Pola Hidup,Pola Pikir adalah variabel yg sangat berpengaruh pada kesehatan ..yg kita cari sebenarnya adalah Kebugaran bukan umur Panjang ( Thats god Authority krn banyak perokok umur lebih panjang dari yg tdk perokok)..sedangkan pola 2 diatas ini semua dibawah kendali (controllable)kita sendiri..Health is a matter of our chioices.. MeReframe kesenangan yg sesaat dari makanan

  12. Mungkin bisa ditambahkan, beraktifitas di kegiatan lingkungan masyarakat (interaksi) dan kegiatan rumah tangga bisa juga menghilangkan stress.

    So, jangan terlalu memikirkan / terforsir pada pekerjaan. Nggak ada habisnya ..

  13. Sempat juga alami nggak seimbang, memang akibatnya bener2 jatuh di ruang bangsal kamar (untung nggak sampe rs). Seimbang jasmani dengan pola hidup sehat, ruhani yang di jaga (misal puasa senin kamis atau yang lainnya). Berfikiran positif juga membantu terapi yang efektif bagi yang sakit…

  14. Untuk olahraga…
    Coba deh ajak teman sekantor main futsal, kan di tengah kota sudah mulai berjamur tuh tempat2 olahraga futsal. ^^
    Murah meriah dan bikin sehat, mainnya rame2 lagi hehehe puas deh! ^0^
    Main futsal gak cukup cuma sekali pasti ketagihan lagi… dan lagi… ^^

  15. Trims mas Yod, sy udah baca beberapa bukunya pak Hendrawan Nadesul diantaranya Sehat itu murah, memang untuk melakoni ritual untuk hidup sehat yang ajeg kadang sulit juga ya he he

  16. nikmat sehat sungguh luar biasa. baru kita sadar saat sakit datang. maka, mesti pinter2 jaga kesehatan, dan bersyukur atas nikmat itu. mksh mas yodh..! pola tidur/istirahat juga penting buat kesehatan… dan suplemen madu plus habasauda… waslm.

  17. Yang namanya sehat, kita secara langsung dapat “BLA” (Bantuan Langsung Alloh), yg besarnya tidak terkira. Kalau BLT cuma 200 ribu,dan berdesak2-an sampai pingsan, BLA bisa jutaan. Coba anda dirawat di RS.Pondok Indah, sehari sewa kamarnya berapa. Tindakan dokternya berapa. Ngga keitung kan ?. Makanya agar kita “lumintu” dapat BLA, ya jaga kesehatan kita. Bersyukurlah kita selalu pada Alloh.

  18. Pak Yodhia yth..
    Salah satu GAYA HIDUP SEHAT untuk meningkatkan etos kerja yg bapak sampaikan adalah BERHENTI MEROKOK.!!!. Wah.. kalau stop SMOKING, berat bos…Kayaknya lebih besar resiko kena stress ketimbang kena asp rokok…
    he..he..he… (mudah mudahan aja saya dpt berhenti merokok secepatnya.. ngeri juga pak)..
    Trims info nya pak..
    abanggeutanyo

  19. semua yang dikatakan mas Yodhia bener, saya termasuk yg terinspirasi dengan tulisan tulisan anda….tantangannya cuman satu …sanggupkah kita melakukan aktifitas dan pemikiran pemikiran positif ini ….saya pasti bisa…

  20. Mas Yodh, setelah menilik kembali aktivitas saya belakangan, mengamati kondisi fisik, kemudian membaca posting ini, akhirnya saya memutuskan untuk menjada gaya hidup agar senantiasa sehat.

    Untuk mental, saya kembali ke ritual lama : menulis catatan harian dan menjalankan ibadah sunah yang lama saya tinggal gara-gara asyik facebook-an :D

    Untuk fisik, saya mengambil kelas malam untuk aerobik 2x/minggu dan fitness yang dilanjutkan berenang 1x/minggu. Masing-masing hanya membutuhkan 1-1,5 jam saja ternyata.

    Dan memang terasa sekali perbedaannya setelah 8 tahun ngga pernah olahraga : badan enteng, segar, peredaran darah lancar. Meski pegel, tapi pegelnya tu enak, pegel rileks gitu deh. Bikin ketagihan! Akhirnya, pola makan pun ikut-ikutan sehat.

    Niat saya sih hanya menjaga kebugaran dan agar proporsi badan tetep seperti perawan ;)Yap, sejak masuk SMA (means 11 tahun yll), BB saya selalu diangka yang sama. Padahal sekarang beranak dua loh.

    Terimakasih untuk inspirasinya (again)…

    *Yang belum ada adalah niat puasa. Piye ki, hehe. Padahal lambung saya berhak untuk rehat sejenak ya.

  21. Pingback: 4 Rahasia Kunci tentang Cara Otak Kita Bekerja | blog strategi + manajemen

  22. u/ tambahan wawasan ttg pola makan sehat dan lifestyle bisa membaca karangan Dr Hiromi Sinya ” the miracle of enzyme “… ternyata tubuh kita diciptakan memang sudah sempurna.. shg dengan pola makan yang sehat maka kita tidak memerlukan obat obatan karena bisa meminimasi resiko kanker dan penyakit degenatif

  23. Mas Yodhia, mesti dipastikan dulu, tempe, ikan kembung, ikan tenggiri dan ikan lelenya di goreng apa enggak..? kalo digoreng ya hati2 kolesterol bisa meningkat…

    O ya just sharing…selain 3 point dari mas Yodhia, dan resep puasa dari yg lain boleh nambahin 1 resep, yaitu sholat tahajud setiap hari secara istiqomah enggak usah lama2 bangun 15 menit sebelum subuh trus selesai tahajud Adzan subuh, setelah sholat subuh bisa jalanin resep Mas Yodhia, enggak bakalan rugi kekurangan tidur…krn dengan membiasakan mendahului tidur 15 menit dari biasanya dan mempercepat bangun 15 menit dari biasanya…kan impas…?…(untuk yg muslim)…Insya Allah ini ada kaitan juga dengan perbaikan enzim dan hormon yg terkait dgn penyakit degeneratip.

  24. Pingback: Leofold Butar Butar 1978 - 2009 » 4 Rahasia Kunci tentang Cara Otak Kita Bekerja

  25. SEPAKAT….. kebiasaan hidup SEHAT sangat menunjang prestesi kerja ku. Kesehatan bukanlah kewajiban tetapi HAK ASASI MANUSIA yang very important

  26. saran yang sangat bagus, tapi susahnya adalah menerapkan hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari, karena kalau lagi ikut pelatihan atau pertemuan pola makan langsung berubah.tapi memang harus dicoba,kalau mau hidup sehat

  27. klo saya sehhh,…

    rokok adalah salah satu penunjang produktifitas kerja,…
    and aku minta ijin copi artikel dari situs anda untuk tugas kuliah saya,…

    tanks

  28. Mas yodhia, olahraga itu memang sangat penting.Saya dulu termasuk orang yang ogah berolahraga, setelah lulus kuliah dan sambil menunggu pekerjaan, saya mengubah kebiasaan buruk saya, bangun setiap jam 04.30, minum 2 gelas air putih, beralan kaki tanpa sepatu atau sandal selama 60 menit bolak balik ke sekitar perkebunan. ajaib, saya merasakan dampaknya yang sangat luar biasa, batuk alergi saya sembuh dan nyeri menstruasi saya berkurang setiap bulannya, tidurpun menjadi lebih nyenyak dan tentunya lemak perut saya berkurang menjadi lebih rata. Ayo mulai sekarang kita biasakan hidup sehat!!!!!go go go

  29. 3in1 Alat test gula darah, colestrol dan asam urat..

    Jual alat test 3in1 untuk test kadar gula darah, colestrol dan asam urat dalam darah.. Rp. 750.000/unit

    Hubungi :
    Indra Djaya
    0819700507
    081225707074

    Rek BCA : 462 0340 311
    Rek Mandiri : 135 000 480 4728

  30. Infonya Oke juga.

    Kadang orang mengejar harta menyepelekan kesehatan karena tidak tahu bahwa sehat adalah harta yang sangat berharga. ketika sakit harta akan habis buat mencari sehat, tapi kalau sehat kan bisa ngejar harta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!