Pelajaran Bisnis dari Mas Sandiaga Uno

Mas Sandiaga Uno mungkin adalah sosok pria yang digandrungi banyak kaum perempuan : muda, very handsome, kaya raya dan rendah hati. Sosok Sandi memang merupakan salah satu fenomena dalam jagat bisnis di tanah air.

Dalam usianya yang masih terbilang muda, yakni 42 tahun, ia telah dinobatkan oleh majalah internasional Forbes, sebagai orang kaya nomer 29 di Indonesia. Total kekayaannya sekitar Rp 8 trilyun (wow).

Melalui perusahaannya yang bergerak di bidang investasi, yakni Saratoga Capital, Mas Sandi telah meneguhkan dirinya sebagai anak muda cemerlang dengan visi bisnis yang mak nyus.

Dalam tulisan kali ini, kita akan mencoba mengenal lebih dekat dengan mas Sandi yang handsome ini. Didalamnya kita mau menelisik dua pelajaran bisnis yang barangkali bisa kita petik.

Sejatinya, yang juga membuat banyak orang tertegun, adalah sikap rendah hati dan kehidupan religius Sandi yang amat kental. Ia dikenal sebagai pria yang melakoni ritual puasa sunah Daud (puasa setiap dua hari sekali, sepanjang tahun). Orang yang kaya raya ini ternyata begitu akrab dengan dunia ukhrowi (dunia akherat). Subhanallah.

Ia juga tak pernah berhenti sholat sunnah Dhuha setiap pagi. Dalam sebuah perbincangan informal, Mas Sandi memberikan pengakuan seperti ini :

Jadi begini, ibadah itu kalo sudah rutin kita lakukan bukan lagi menjadi sebuah kewajiban tapi menjadi sebuah kebutuhan. Jadi kalo aku gak sholat dhuha aja sekali, tiba-tiba ada sesuatu yang hilang, aneh rasanya. Walaupun itu sunnah jadi terasa wajib. Dan aku ngerasain sekali hikmahnya, sudah 7-8 tahun ini rutin aku lakukan, rejeki itu seperti gak aku cari, semua datang sendiri…….seperti dianter rejeki itu”.

Kalau kalimat diatas diucapkan pak ustadz, kita biasa mendengarnya. Namun kalau yang bilang adalah anak muda dengan kekayaan delapan T, now that’s the power of Ibadah.

Sekarang mari kita simak pelajaran bisnis pertama dari mas Sandi.

Lesson # 1 : Timing is everything. Sandi mendirikan perusahaan di bidang private equity persis pada saat Indonesia mengalami krisis moneter pada 1997 (private equity adalah perusahaan yang mengakuisisi saham perusahaan lain yang dianggap masih murah, lalu diperbaiki kinerjanya, dan kemudian dijual kembali degan harga yang lebih tinggi).

Pada saat krisis itu, beragam peluang investasi bermunculan lantaran banyak perusahaan mau dijual dengan harga yang relatif murah. Disinilah timing serta keputusan bisnis Sandi mendapatkan tempat yang pas. Bisnis dia melesat karena berhadapan dengan timing yang pas, yakni pas kondisi krisis moneter.

Moralnya : pengambilan keputusan menjadi jelek bukan karena mutu keputusannya yang buruk, namun mungkin timing-nya yang tidak tepat. Dan sebaliknya : keputusan menjadi sangat berharga karena dilakukan pada momen waktu yang tepat.

Sekarang, renungkan : apa keputusan penting dalam bisnis atau karir yang pernah Anda lakukan? Dan apakah timing keputusan itu pas? Sebab jika tidak pas, maka mungkin Anda akan menyesal berkepanjangan. (Misal banyak orang bilang, kalau mau bikin bisnis sendiri maka timingnya – lakukanlah sebelum usia 35 tahun. Sebab diatas usia itu, Anda akan masuk area comfort zone, dan akan makin takut untuk mengambil risiko).

Pelajaran bisnis kedua dari Mas Sandi adalah ini : pentingnya menemukan partner atau rekan yang kerja yang memiliki chemistry dengan kita, dan bisa membangun sinergi. Sandi pertama kali membangun usaha dengan rekannya pas duduk sekolah SMA. Sahabat lama biasanya cenderung telah memiliki ikata emosi dan chemistry yang kuat. Jadi nyambung dan klik.

Sama dengan kita. Dalam bekerja kita biasanya akan lebih enjoy dan produktif kalau bisa menemukan partner atau rekan kerja yang cocok dan pas dengan kita (jadi ada chemistry yang kuat). Team work yang kokoh memang bisa kita bangun kalau ada ikatan atau kohesi yang solid diantara para anggotanya.

Demikianlah, dua pelajaran bisnis ringkas dari Sandiaga Uno. Sosok profesional muda yang kaya, rendah hati dan punya sikap religius yang kuat.

Mas Sandi, doa saya agar keberkahan dari Sang Pemberi Rezeki terus mengalir pada diri Anda dan keluarga.

Baner Tools
46 comments on “Pelajaran Bisnis dari Mas Sandiaga Uno
  1. banyak anak muda mahasiswa yang tidak lagi mikir buat nyari kerja dan lebih mikir untuk buka usaha menjadi entrepreneur.

    Salah satu faktor pendorongnya adalah karena sosok mas sandi ini, entreprener muda yang inspiratif.

  2. jadi ibadah tidak bertentangan dengan kesuksesan dunia bisnis, oleh karena itu, jangan sampai kesibukan kita dalam bisnis, melalaikan kita dari ibadah kepada Allah subhanahu wata’ala..

  3. Inspirasi bagi kaum muda Indonesia dan dunia pendidikan. Terimakasih juga buat mas Yodhia yang tidak bosan-bosannya mendengungkan gelora entrepreneur melalui blog ini. Go young Indonesian Entrepreneur !!

  4. Smg bs menjadi inspirasi banyak genrasi muda saat ini.pilihan menjadi entrepreneur maupun kary. profesional sama mulianya.

    keduanya punya seni tersendiri tergantung cara menikmatinya.sedikit yg membedakan adalah kalo dunia entrepreneur senantiasa berhadapan dengan hal yg tidak pasti.

    dengan kondisi yg serba tidak pasti itu membuat kita senantiasa waspada sehingga cenderung lbh survive untuk kondisi diluar yg kita prediksi.

    Salam.
    Wahyudi
    http://www.whjobs.info

  5. Barakallah…

    Semoga menjadi jalan kemulian diri di sisi Allah Ta’ala bagi Mas Sandiana Uno, Mas Yodhia, pembaca blog http://www.strategimanajemen.net dan diriku.

    Sehingga dengan harta dan kekayaan yang dimiliki dapat memuliakan Islam dan membantu sesama.

    Seperti mulianya sahabat Ustman bin Affan dan Abdurahman bin Auf yang memuliakan Islam dengan hartanya sehingga menjadi orang-orang terkaya yang dapat memuliakan diri, dihadapan Allah Yang Maha Pemberi Rizki.

    Tetap semangat dan istiqomah saudaraku.

    – Ismed Daulay –
    (GA & HRD Manager PT. Xirka Silicon Technology)
    http://www.xirkachipset.com

  6. pelajaran yang saya petik dari mas sandiaga uno, yaitu:
    pertama: puasa senin kamis (puasa nabi daud as)
    kedua: shalat dhuha
    ketiga: timing is everything
    keempat: mitra/partner yang sejalan/sepaham

    terima kasih atas pelajaran mas sandiaga uno

  7. muda kaya raya, tua sejahtera, wafat masuk surga.

    Allah Swt. melebihkan mahluknya dengan segala potensi dan keunggulannya tentunya dengan sebuah tanggungjawab yang besar, semoga bisa berbagi rahmat dan keberkahan kepada bangsa yg sedang terpuruk ini….

  8. “Ia dikenal sebagai pria yang melakoni ritual puasa sunah Daud (puasa setiap dua hari sekali, sepanjang tahun)”.
    Pak yodia, sepengetahuan saya puasa Daud dilaksanakan sehari puasa, sehari tidak sepanjang tahun, jadi hanya diselingi satu hari. Tks

  9. Tip sederhana untuk hasil luar biasa…merupakan suatu motivasi yg tak dapat di pendidikan formal, patut dicontoh, di amalkan, dilaksanakan…insyaalloh berkah…amien

  10. berita positif akan menghasilkan output yang positif pula..

    Pada hakekatnya semua adalah ujian saudaraku, tujuannya bukanlah berapa banyak kekayaan bisa kita kumpulkan dalam kesempatan hidup ini, orang “lemah” diuji dengan kekurangannya begitu jg sebaliknya orang “kuat” diuji dengan segala kelebihannya..

    Semoga Allah ridlo pada setiap ikhtiar kita, selamat berjuang mencapai cita, bersyukur dan nikmatilah kurniaNya
    GO..GO..GO..

  11. terus terang saya jadi takut beribadah karena takut ada niat menjadi kaya dalam ibadah tsb seperti dalam cerita diatas, jadi niat ibadah saya tidak 100% untuk mengabdi kepada Sang Khalik, namun lebih karena agar Dia banyak memberikan rejeki kepada saya…bagaimana ini rekan..??

  12. Pak Santo (31) : ya saya concern juga….jangan sampai ibadah kita juga menjadi tergelincir menjadi “transaksional”. will be dangerous.

    Penginnya mungkin seperti kisah sufi Rabiah Al Adawiyah yang legendaris itu : betapa ia ber-ibadah murni karena cinta yang amat sangat dengan Sang Khalik, bukan karena janji surga atau takut neraka.

    Ibadah semata-mata karena Sang Ilahi. No more. No less.

  13. subhanallah jika semuanya diserahkan kepada Allah maka akan mudah segala urusan yang kita jalani, salahsatu konsep yang di ceritakan di atas memang luar biasa sebuah konsep rizki yang benar-benar yakin bahwa izki itu datang dari Allah SWT.

  14. Saya hanya bisa berdecak kagum dgn keberhasilan pengusaha yang satu ini

    kita turut mendoakan semoga keberhasilannya itu menjadi barokah untuk kehidupannya di dunia dan diakhirat nanti, dan kita sangat berharap dan memohon kepada-Nya keberhasilan yg dia peroleh dapat segera dilimpahkan juga kepada kita (dgn usaha yg ulet dan doa tentunya, semoga Allah Swt.

    meridhoi dan memberikan yang terbaik untuk kita, Aaamiin

  15. Pak Santo (31) dan Pak Yodia yang Insya Allah selalu dirahmati Allah, menurut saya Jangan lah ada kekhawatiran terhadap pelaksanaan ibadah.Riya thd Allah adalah sesuatu yang manusiawi (asal jangan sampai Riya ke mahluknya). Jangan pula khawatir atau takut akan niatan ibadah kita. Ibadah/Shalat adalah pengharapan, doa. Dan berdoa kepada siapa lagi kalau bukan kepada Khaliq. Jadi pengharapan kita dapat rezeki, atau diberikan jodoh (dg terms transaksional) merupakan sesuatu yg sangat dilakukan. Kita semua belum pada taraf keimanan Rasul dan sahabatnya yang Ibadah murni karena cinta (mgkn). Yuk mari kita lanjutkan dan meningkatkan lagi ibadah kita dg pengharapan apapun. Wallahu ‘alam bissawab.

  16. mohon maaf, setahu saya puasa Daud adalah puasa yg dilakukan sehari puasa sehari tidak puasa. mohon koreksi kalo saya salah.

    Allah mengumpulkan kebaikan pada diri pak Sandi. Subhanallah
    Semoga Allah memberikan hidayah dan mengumpulkan kebaikan bagi kita semua.

    Amin.

  17. Dewasa ini, ada indikasi munculnya para pebisnis spiritualis dalam percaturan bisnis dunia, yang tidak hanya mengandalkan pikiran bisnis matematis belaka, tetapi juga mengasah laku spiritual pembuka pintu rezeki. Di antaranya ialah melakukan shalat Dhuha.Mantaabs…Luar Biasa. Salam dahsyat Mas…

  18. Sumia aesthetic clinic, dirintis, bertumbuh dan terus berkembang dengan semangat kemandirian dan wirausaha dari mas uno. Semoga selalu istiqomah di jalan Nya.

    Sukses dan berkah untuk Indonesia.

  19. Nanda Sandi, saya penulis buku “Sukses Berbasis Talenta Alami” terbitan PT Elex Media Komputindo (Grup Gramedia).

    Di halaman 247 ada kisah sukses kisah hidup Anda (Wirausaha).

    Di halaman 192 ada kisah Kebangkitan Hidup anda. belilah beberapa buku ini (Rp.52.800.-) dan mohon bagikan kepada siapa pun yg Anda inginkan. Inti dari buku, adalah Finger Print berdasar Surah 75 (Al-Qiyamah).

    Salam buat Ibu Anda (mbak Mien Uno). Saya mantan wartawan Femina, dulu setiap Minggu bertemu dg Mbak Mien *Sahabatku”. salam, Tut

  20. Puasa daud adalah termasuk amalan nabi daud yang di sunnahkan oleh nabi muhammad disamping sholat malam, dua amalan ini lebih dicintai allah Swt. faedahnya kita akan di cintai Allah Swt, amalan lain itu untuk kita pribadi, sedangkan puasa untuk allah Swt sehingga allah Swt yang akan memberikan pahalanya itu sendiri kepada kita yang berpuasa, baik berupa harta, tahta dan lainny, namun perlu diingat bahwa cinta allah swt tetap menjadi utama.

    salam dari Komunitas Sunnah Daud Sumatera Selatan. M. Hamdani, AMKep, SKM, M. Kes (Biomed)….

    buat kawan-kawan pencari cinta allah swt kita buat acara buka bersama yoo…

    tanggal 20 Mei 2013 di sekretariat KSD Sumsel. infak Rp 10.000,- kalau mau ikut sms ke 0711 790 8 790 aja. target kita ada 500 orang pengamal sunnah daud, sholat malam dan puasa daud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>