The Power of Positive MINDSET

Putaran jarum jam terus berjalan, dan roda kehidupan terus berkelana. Lalu, disela-sela perjalanan waktu itu, kita mungkin punya sekeping angan untuk bisa menjalani sejarah kehidupan dengan selaksa makna. Kita barangkali ingin menjadi insan-insan yang “berhasil” : sukses secara finansial, juga sukses secara spiritual.

Namun sungguh tak ada jalan instan menuju kesana. Dan mungkin justru juga disitu letak keajaibannya : proses menuju kesuksesan acap justru jauh lebih indah untuk dinikmati, dibanding hasil kesuksesan itu sendiri.

Proses perjuangan yang berliku, proses yang memaksa kita untuk berjibaku, proses yang membikin kita jatuh dan terpelanting, lalu bangun, jatuh lagi, dan bangun kembali……..semua ini acapkali merupakan momen-momen yang membikin kita ketagihan untuk menjalaninya (dibanding hasil kesuksesan itu sendiri). Proses – betapapun melelahkan — selalu merupakan an amazing journey.

Oke, kalau proses itu sedemikian panjang dan kadang melelahkan, lalu elemen apa yang mesti diringkus dan dijadikan bantal untuk ditiduri? Dan persis disinilah kita disapa dengan sebuah tema yang bertajuk the power of positive mindset.

If you can DREAM it, you can ACHIEVE it. Inilah sepotong mantra yang mungkin bisa meringkas apa itu makna positive mindset. Itulah sebuah keyakinan tentang sikap mental positif untuk merajut sejarah kehidupan. Itulah sebuah keyakinan tentang pentingnya membangun impian-impian dan imajinasi yang positif tentang masa depan hidup.

Sejatinya, tema tentang positive mindset ini mengajak kita untuk selalu mengguyur diri kita dengan self talk dan self feeling yang positif. Sebab seperti yang pernah ditulis oleh para pakar Positive Psychology, pikiran dan perasaan yang ada dalam diri kita, akan memantulkan efek balik yang dramatis dalam perjalanan hidup kita.

Kalau pikiran dan perasaan kita selalu dilimpahi dengan prasangka positif, dengan sudut pandang yang positif, dengan kosa kata yang positif (hebat, bisa, yakin, bahagia, menakjubkan, bersyukur, berterima kasih, dst) maka jalinan hidup kita cenderung akan bergerak kearah tersebut. Sebaliknya, jika hidup kita acap diguyur dengan sikap mental negatif dan kosa kata yang negatif (mengeluh, kacau, stres, bete, gagal, marah, menyalahkan pihak lain, dst), maka rajutan nasib dan kehidupan kita bisa terus berada pada jalur tersebut.

Hanya sialnya, sebagian besar orang acapkali lebih banyak memikirkan/membicarakan hal-hal negatif dan yang tidak mereka sukai, ketimbang memikirkan dan membicarakan hal-hal positif (orang lebih banyak bicara hal-hal yang tidak mereka sukai tentang pekerjaan, tentang nasib, tentang lingkungan kerja, dst, dst).

Padahal membicarakan yang tidak disukai atau hal-hal negatif semacam itu, justru akan menarik energi negatif ke dalam hidup kita. Ujungnya : roda kehidupan akan terus menerus berada dalam lorong kegelapan, dan tenggelam dalam nasib yang tidak kita impikan.

Jadi alih-alih membicarakan banyak hal yang tidak kita sukai, kita justru harus banyak-banyak memikirkan dan membicarakan tema-tema yang positif : tentang masa depan yang lebih baik, tentang keberhasilan, dan tentang keindahan hidup yang terus menerus layak di-syukuri.

Selain positive mindset, atau sikap mental yang positif, pada akhirnya keberhasilan hidup yang sejati hanya bisa dipahat manakala kita juga bisa menjelujurkan serangkaian positive action.

Dan persis disitulah kita berpelukan dengan hukum karma : apa yang Anda berikan dalam hidup ini adalah apa yang akan Anda terima kembali dalam hidup. Berikan tindakan positif, maka Anda akan menerima yang positif. Berikan hal-hal dan tindakan yang negatif, maka Anda akan mendapatkan yang negatif.

Karena itu, ketika kita hendak meraih kesuksesan hidup yang positif, menebar benih kebaikan adalah sebuah keniscayaan.

Maka, bentangkan selalu tindakan yang positif dan penuh kemuliaan : tekuni setiap pekerjaan dengan niat ibadah, hadirkan amal kebaikan kepada sesama, dan tentu saja, selalu ikhlas berbagi dan bersedekah kepada yang membutuhkan : sedekah ilmu, sedekah tenaga, dan sedekah kekayaan.

Itulah dua pilar kesuksesan hidup yang hakiki : Positive MINDSET dan Positive ACTION.

Selamat bekerja, teman. Mudah-mudahan Anda semua bisa selalu menebarkan dua pilar itu dalam jejak kehidupan yang fana ini.

Note : Jika Anda ingin mendapatkan kaos keren dengan desain Android, Apple, Blackberry dan Firefox, silakan KLIK DISINI.

Photo credit by : Shawn van Daele @flickr.com

Anda pilih Misqien atau Kaya? Dapatkan Ebook yang Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Kekayaaan dan Financial Freedom. Gratis. Download Sekarang.

Related Post

Ratio 3 to 1 : Magic Formula behind Positive and Happiness Life Hasrat untuk diguyur kuyup dengan kebahagiaan di dunia dan akherat. Demikian lantunan doa dan harapan yang terus menerus kita suarakan dengan sepenuh ...
Download Gratis – Ebook Dahsyat tentang Passion, Mindset dan Personal Development Buku ini berisikan sejumlah kisah nyata yang menggugah tentang passion, mindset dan personal development. Secara inspiratif, buku ini menguraikan c...
3 Langkah Kunci Menjadi Top 20%, Bukan Nyungsep dalam Bottom 20% Minggu lalu, kita sudah membahas sajian berjudul Kenapa Hanya 20% Populasi yang Selalu Menguasai 80% Aset Kekayan. Lalu ada pembaca yang nanya : ba...
44 comments on “The Power of Positive MINDSET
  1. sebelum kebaikan ada pada lisan dan tangan kita, maka kebaikan harus ada pada otak kita dulu. yah,benar sekali positive tinking

  2. nice banget pak, prinsip ini sangat membuat hari-hari terasa sangat bahagia.. ikhlas bekerja untuk Ibadah.. smangat..

  3. Sajian yang renyah dan mantap Pak Yodh, memang betul seperti yang diutarakan diatas, yang terpenting dalam hidup ini adalah positive thinking, terhadap siapapun itu, bukankah ajaran agama sudah mengajarkan seperti itu..?? Terima kasih atas sharingnya yang maknyuss…

  4. subhanaLLAH, pak tulisan anda membuat hari senin saya begitu indah.

    “Harus ada manfaat yang kita berikan dengan kehadiran kita, dimanapun kita berada.”

    eniwei Apakah pak Yodhia sudah menulis buku pak? Karena tulisan2 bapak sangat layak dibukukan. Trus akun twitter juga belum ada yah pak?

    Terima kasih

  5. Terimakasih pak Yodhia, saya selalu senang membaca tulisan Bapak dan yang satu ini sangat mengena di hati saya.

    Saya memiliki keyakinan tinggi terhadap Hukum Karma, bahwa kita akan menuai apa yang kita tanam dalam menjalani kehidupan.

    Semua berpusat pada prilaku kita. Dan ibadah, dalam rangka menuju jalan Tuhan juga dapat dilakukan dengan cara bekerja yang halal, berbagi ilmu yang pisitif, menjadi pemimpin yang bijaksana dan terakhir mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa.

    Dekat dengan Tuhan akan membuat bathin menjadi tenang dan tentu saja dalam ketenangan bathin kita akan bisa berfikir positif untuk menuju tujuan hidup yang baik dan mulia.

  6. Slamat pagi pak,

    saya setuju banget,kalau kita berpikir positif maka hasilnya pun akan positif dan action positif membuat hidup kita bahagia…..beutyfull days

  7. Ya betul tuh Pak, dalam setiap proses akan ditemui berbagai hal “menakjubkan” yang dapat menjadi bahan pembelajaran kita. And our positive mind can make our dream come true with ACTION ….

  8. terus terang sulit sekali melaksanakan 100% positive mindset dalam pekerjaan saya di bidang legal pak..hehehehhe…..thanks atas tulisannya yang selalu saya ikuti setiap senin pagi…

  9. ” proses menuju kesuksesan acap justru jauh lebih indah untuk dinikmati, dibanding hasil kesuksesan itu sendiri”

    Kata-kata yang menyemangati dan menambah bekal sabar bagi yang sedang berjuang. Thanks a lot Pak Yodhia.

  10. sebetulnya saya pun memiliki pengertian mengenai hal itu,namun sering saya abaikan

    terima kasih telah mengingatkan saya untuk berfikir dan bertindak benar dlm menjalankan sisa hidup ini……semangat

  11. Sangat setuju pak… dan positive thinking harus dilakukan secara kongruen, artinya baik pikiran maupun perasaan/ emosi harus sama-sama bergerak kearah positif. jika tidak, positive thinking bisa menjadi bumerang.

  12. Yang paling penting tidak hanya cukup berteori saja, saya langsung action. Hasilnya spektekuler se spektakuler kita berpikir positif setia hari setia saat setiap detik kapan saja dimana saja dengan memperbesar kadar kuantitas apalagi kualitas. Salam positif semua. . . . . .

  13. dengan positife thinking hidup terasa lebih indah dan semua masalah menjadi mudah, peluang ada dimana-mana, solusi ada didepan mata, semangat…!

  14. saya berkali-kali menggunakan kekuatan mind-set ini dengan se izin Allah, hampir sering terkabulkan. mulai dari hal terkecil sampai terbesar.

    kunci utama adalah keikhlasan tatkala gagal, dan berfikir Allah akan ganti dgn yg lebih baik, dan yg ke 2 …. paling penting nih…yaitu DO…LAKUKAN apa yg pertama kali terbesit…jangan tunggu ragu atau hampa….

  15. Yth Pak Yodia,

    Saya sudah cukup lama mengikuti website bapak dan menurut saya tulisan di website anda sangat bagus.

    Berkaitan dengan tulisan anda kali ini, ada sesuatu yang saya masih belum terlalu tahu jawabannya. Apa yang membedakan antara bersikap positif dan bersikap Objektif?

    Sebab ketika kita ingin objektif, kita mungkin harus memberikan penilaian yang buruk terhadap sesuatu hal. Sementara terlalu bersikap positif rasanya seperti memberikan ‘angin surga’ kepada orang lain, sesuatu yang sangat saya hindari karena saya tidak ingin orang memiliki ekspektasi terlalu tinggi sehingga pada akhirnya kecewa jika keadaan tidak berjalan sesuai kondisi.

  16. Rudiyanto (28) : positif, artinya punya ekspektasi yang positif….artinya bahkan ditengah situasi yang penuh tantangan berat sekalipun, kita tetap optimis….

    Tentu saja sasaran positif yang kita patok, juga tetap challenging dan “optimal” — artinya challenging namun kita tetap punya harapan untuk meraihnya. Bukan sekedar wishful thinking belaka. Ini fantasi. Bukan optimisme.

    Yang paling penting, optimis lantaran memang ditopang oleh resource yang tangguh : ada skills, ada kreativitas, ada kegigihan.

  17. dahsyat….sebuah motivasi hidup yg layak dimiliki oleh setiap insan agar hidup menjadi sukses, tidak kenal lelah dan menyerah, senantiasa selalu berdo’a dan berusaha….bravo atas tulisannya.

  18. Dengan berpikir positif, perilaku akan ikut positif, dan akhirnya akan tercipta atmosfir yang positif,,,

    Pak Yodh, bagaimana dengan positif feeling? efeknya seperti apa ya?

  19. Pak Yodhia, saya pernah bersama orang yang positif mindset-nya luar biasa. Tp ia melupakan ritual ibadah kpd Tuhan. elok_kah yang seperti itu pak?

  20. dahsyat pak.. saya mahasiswa S1 dan sudah tertarik dengan human resource, bagaimana caranya saya bisa langsung mendapatkan direct update ke email saya pak?
    terimakasih pak.

    best regard..
    Flory

  21. Terima kasih mas, berpikir positif membuat kita terus bersemangat menyongsong hari esok meski kadang lingkungan kurang support

  22. Hebat Luar Biasa, tulisan pak Yodia tentang kekuatan berpikir positif. Itu benar, karena Alloh swt selalu berkata IYA, dari setiap hal yang kita pikirkan. Kalo kita berpikir positif maka DIA pun akan membuatnya jadi nyata, dan sebaliknya.

    Salam,

    Brian

  23. sip
    sering juga sy dengar kalimat seperti ini … tp saya sungguh terkesan dengan kata A AMAZING JOURNEY… hal ini punya makna yg sangat mendalam bagi saya

Comments are closed.

Pilih Kaya atau Misqien?

Dapatkan Buku yg Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Financial Freedom yg Barokah. GRATIS!