Buruh Lulusan SMP itu Mengubah Nasibnya melalui Keajaiban Internet

Dua minggu belakangan, demo buruh marak dimana-mana. Tuntutan mereka sama : agar gaji UMR/UMP bisa dinaikkan secara signifikan. Meski acap membuat jalanan macet, dan perusahaan tempat mereka bekerja terpaksa tutup karena tak kuat menanggung beban biaya, demo buruh itu terus berjalan dengan penuh gelora.

Ditengah suara protes yang terus membahana itu, kita mungkin perlu menengok kisah Darmanto, buruh kasar yang hanya lulusan SMP. Dalam sunyi, ia lebih memilih mengubah nasib dengan tangan sendiri. Tidak dengan suara tuntutan yang acap memekakkan telinga.

Kisah Darmanto adalah sekeping cerita tentang kegigihan, tentang daya juang yang bertumpu pada etos kemadirian; dan bukan selalu menuntut pihak lain agar dirinya sejahtera.

Saya mengenal Darmanto dari internet. Beberapa kali saya order layanan dia untuk melakukan review dan mencantumkan backlink ke web yang saya miliki. Ongkosnya Rp 100 ribu per review. Sejauh ini, saya puas dengan hasil kerjanya.

Lalu disebuah sore yang tenang, tiba-tiba telpon saya berdering. “Hallo, mas Yodhia, ini Darmanto”.

Saya banyak memberi order kepada para blogger penyedia layanan review web dan penulis artikel. Namun hampir tak ada yang menelpon balik. Makanya saya agak terkejut dengan telpon Darmanto di sore yang teduh itu.

Ia bilang, selalu melakukan ritual untuk menelpon balik para pelanggannya : sekedar silaturahmi dan menanyakan apakah puas dengan hasil kerjanya. After sales service, begitu isitilahnya. (buruh yang hanya lulusan SMP ternyata paham benar dengan strategi customer retention. )

Lalu kemudian kami berbincang-bincang tentang sejumlah hal, dan juga tentang kisahnya.

Darmanto adalah pria dari kampung udik. Tepatnya di dusun Dusun Kranding, Warungpring, 2 jam dari kota Pemalang. Sebuah dusun yang berada di bibir hutan Randudongkal, jauh dari modernitas dan hingar bingar dunia digital.

Ia hanya lulusan SMP. Ia tak punya uang untuk sekolah ke SMA. Selepas SMP ia hanya bekerja sebagai buruh rendahan di sebuah perusahaan percetakan di Jakarta Barat.

Namun gajinya tak seberapa. Ia bosan dengan kemiskinan yang setia menemaninya. Dari komputer di kantornya, ia kemudian sekilas berkenalan dengan dunia internet – sebuah dunia yang ia pikir, mungkin bisa membuatnya terbebas dari kelas buruh rendahan.

Begitulah, tiap akhir pekan ia lalu nongkrong seharian di toko buku Gramedia, dekat kos-kosannya yang reot di kawasan kumuh Jakarta Barat. Ia betah berjam-jam di toko itu demi membaca dan menggali ilmu tentang internet (ia hanya sanggup membaca di tempat, sebab ia tak cukup punya uang untuk membeli buku-buku tersebut).

Ia nongkrong membaca begitu banyak buku tentang internet : tentang blogspot, wordpress, PHP, online reseller hingga Search Engine Optimation.

Istilah-istilah dunia online itu tak membuatnya gentar, meski ia sadar hanyalah buruh lulusan SMP dari sebuah desa nun jauh di pedalaman.

Kegigihannya untuk mengubah nasib membuat ia tekun belajar secara otodidak. Sebab hanya dengan ini, saya bisa mengubah nasib secara mandiri. Begitu ia membatin kala itu, sambil kakinya pegal-pegal lantaran ia hanya boleh membaca buku di tempat toko buku sambil berdiri berjam-jam.

Kala malam tiba, ia menghabiskan waktu di internet dengan tarif termurah. Ia tekun mempraktekkan apa yang telah ia baca. Pelan-pelan ia kemudian bisa membuat web, melakukan programming CSS, hingga mengulik teknik tentang optimasi page rank.

Dengan kemauan, tak ada yang tak mungkin bahkan bagi buruh kasar yang cuma lulusan SMP.

Dari proses itu, ia kemudian memberanikan diri memberikan layanan jasa internet : mulai dari membuat web design, jasa review blog hingga jasa SEO. Ia masih melakukannya sembari tetap bekerja sebagai buruh rendahan di kantor percetakan.

Setelah dijalani selama setahun secara sambilan, ia merasa waktunya tak lagi cukup : sebab order alhamdulilah terus datang.

Enam bulan lalu ia resmi resign dari jabatannya yang ia sandang dengan penuh kepahitan : buruh kelas rendahan dengan upah pas-pasan. Kini ia bekerja secara full time sebagai : an Internet Expert from Randudongkal.

Ia juga memutuskan untuk pulang ke kampungnya, dusun Kranding yang jauh dari keramaian. Dari desa yang sunyi itu, ia menjalani usahanya dengan penuh passion (meski desa, koneksi internet di dusunnya tergolong cepat karena masuk dalam jangkauan SmartFren).

Penghasilannya kini jauh lebih banyak dibanding saat ia menjadi buruh rendahan. Bukan hanya itu, ia bisa menjalani usahanya dari desanya yang teduh, dengan biaya hidup yang jauh lebih murah di banding di Jakarta.

Kalau melihat hasil kerjanya yang pernah saya order dari dia, saya tidak menyangka kalau ia hanya lulusan SMP. Artikel reviewnya oke, dan yang lebih penting : dampaknya bagi page rank web saya termasuk signifikan (web saya di mata Google menjadi kian cemerlang).

Sekali lagi, kisah Darmanto menyuguhkan sekeping wisdom : perubahan nasib bisa dilakukan siapa saja, tanpa melihat status pendidikan, kelas sosial ataupun apakah Anda lahir di kota atau desa kampungan.

Darmanto mungkin sejenis insan yang percaya bahwa hanya dirinya sendiri yang bisa mengubah nasib; dan bukan dengan berpangku tangan pada belas kasihan orang lain. Spirit kemandiriannya membuat ia terus gigih belajar, mengejar ilmu dan kemudian memanfaatkannya demi perubahan nasib.

Saat saya bilang mau menulis kisahnya di blog saya ini, ia tampak terkejut. “Wah jangan mas. Saya cuma lulusan SMP dan orang kampung. Ndak layak masuk di blog sampeyan”, begitu ia bicara di ujung telpon. Tidak Dar, saya menjawab. Saya juga belajar sesuatu darimu.

Sejenak ia terdiam. “Kalau begitu, terima kasih banyak mas”. Ia mengucapkan kalimat ini dengan terbata-bata, seperti menahan keharuan.

Ia memang layak terharu penuh rasa bangga. Sebab apa yang ia lakukan bisa menjadi teladan yang berharga bagi dua anaknya yang masih kecil-kecil.

Sukses Dar! Mugi-mugi sampeyan sukses terus lan barokah. Gusti Allah mboten sare.

~~~
Dapatkan materi presentasi yang sangat bagus tentang Bisnis dan Motivasi DISINI.

Author: Yodhia Antariksa

Yodhia Antariksa

111 thoughts on “Buruh Lulusan SMP itu Mengubah Nasibnya melalui Keajaiban Internet”

  1. Terimakasih pak Yod, terimakasih pak Darmanto…secercah harapan dan inspirasi bagi kami semoga bisa segera menyusul untuk bisa memiliki kebebasan waktu dengan penghasilan yang berkali-kali lipat dari buruh…

  2. mas, pengen nangis aku bacanya. terima kasih mas, sekali lagi saya bisa bilang kalau harapan itu masih ada :’)

  3. (3) Pak Darmanto boleh dong dibocorin penghasilan rata-rata sebulannya dg profesi sbg internet expert…

    Ya setidaknya bisa memotivasi rekan pekerja yang masih menggantungkan nasib dari para pengusaha yang tak rela menaikkan gaji mereka sesuai standar hidup layak.

    Untuk pak Yodhia, tulisan yang menggugah tidak hanya bagi para pekerja bawah tapi juga pekerja level atas…

    Semoga berkah untuk semua. aamiin

  4. Tks Pak Yodia, untuk inspirasi paginya, semoga Allah menciptakan dan menetapkan lebih banyak lagi insan-insan seperti Mas Darmanto, utamanya bagi kita semua serta bangsa yang kita cintai ini, Amin ya Allah Amin YRA, wass/ salam

  5. artikel yang semakin memantapkan diri untuk berada dalam jalur internet. salam kenal Pak Darmanto, Sukses terus … btw saya pernah kok ngisi training di randudongkal …

    Pak Yodhia, terimakasih. senin pagi yang selalu mengundang semangat …

  6. Mas Yodhia,

    MOHON IJIN untuk saya SHARE di mailist yg saya ikutin untuk kisah yg inspiratif dan lain dari yg sedang terjadi beberapa minggu terakhir ini. Boleh kah?
    Terima kasih.

    Salam,
    Barkah

  7. Nah ini yg bener…jangan hanya ngubek-ngubek pengusaha minta naik gaji demo sanasini dengan pemaksaan. TOP BGT

  8. Subhanallah….
    Mantap pak… walau saya termasuk kalangan buruh lulusan kuliahan
    kalah telak sama mas dar… langsung ke TKPnya mas dar…

  9. Selamat pagi bung Yodia,

    Saya terharu dan terbangun, betapa hebatnya pak Darmanto dengan segala kemandiriannya dia mencapai sukses yang luar biasa. Bisa karena ulet dan mau mengubah nasib. Selamat ya pak Dar…….sukses buatmu

  10. Mantaab ! Sebuah pembelajaran akan usaha keras untuk mandiri ! Sukses Pak Darmanto, dan terima kasih untuk Pak Yodhia atas di unggahnya cerita ttg Pak Darmanto.

  11. Luar Biasa Mas Yodhia

    Artikel yang sangat menginspirasi.ketika banyak orang “berpendidikan tinggi” justru beralasan GAPTEK & MALAS untuk belajar Internet Marketing, pak Darmanto dengan segala kekurangannya bahkan bisa menjadi Internet Expert!

    Jika boleh saya mohon ijin untuk share artikel ini. Terima Kasih mas Yodhia

    – Divinan Darmesta

  12. Kisah yang sangat inspiratif, layak untuk dijadikan panutan buat semua orang. Very very good…

  13. Kagum dan salut dengan kegigihan Pak Darminto. Inilah contoh “wong ndeso, rezeki kutho”. Internet memang telah membuka jalan bagi siapapun untuk mengoptimalkan potensinya.

  14. GILA! Bener-bener motivasi diri yang melebihi tinggi HImalaya. Salut saya dengan Mas Darmanto, juta terima kasih buat Mas Yodhia yang sudah share kisah cemerlang ini. Semoga bangsa Indonesia secemerlang Darmanto; yang mandiri sejahtera dan bertekad kuat untuk maju.

    😀 Bangsa Ini Sa Bangkit

  15. Aseem tenan Pa Yodia…..masak laki2 macho kaya saya harus ambil tissu abis baca blog bapak…(kesentil dan malu sendiri)

    Salut buat Mas Darmanto juga ya

  16. Inilah keajaiban orang Indonesia. Inilah yang dibilang Soekarno: Beri aku satu pemuda, maka akan aku taklukkan dunia. Indonesia adalah bangsa yang besar, yang lagi keblinger, yang sedang menunggu saat kebangkitannya kembali.

    Terima kasih, Mas Yodhia, atas kisah inspiratifnya. Dan juga terima kasih, Mas Darmanto, yang telah menghidupkan semangat bangsa Indonesia dalam perjuangan hidupnya. Semoga semakin banyak orang-orang Indonesia yang bangkit dari tidurnya karena kisah hidup Mas Darmanto ini.

    Mas Yodhia, saya mohon izin share ya, supaya teman-teman saya yang di luar negeri terbuka matanya, dan kembali cinta pada tanah airnya. Terima kasih sebelumnya.

    Semoga Tuhan meridhoi dan memberkahi kita semua dan ‘menyembuhkan’ Indonesia kita. Aamiinnn….

  17. Waduh salut banget Mas Darmanto, bahkan bangga melihat WEB sampean. Mudah mudahan menginspirasi banyak orang. Salam

  18. Kang Darmanto.
    Saya sebagai orang yg mengenal secara langsung walau tak terlalu lama bergaul.
    Tapi dari singkatnya kebersamaan itu saya bisa menilai dari kesederhanaan dan kegigihannya.
    Selamat dan Sukses.Kang!!

  19. terima kasih info nya..kebetulan lagi nyari jasa seo khususnya yg bisa bantu menaikkan DA (domain autority) jadi langsung masuk ke web ybs dan bisa chat secara langsung. btw, success story luar biasa. jarang sekali lulusan smp bisa memahami bahasa internet marketing yg rumit dan butuh effort keras

    salam,
    wahyudi
    http://www.habervin.com

  20. Ulasannya nanggung banget, Mas! Maksud Ingsun, profil Darmanto kurang terekspos (buktinya tidak ada foto profilnya!). Dan.. begitulah hidup, tak ada yang tak mungkin sepanjang rasa optimis tetap dijaga.

  21. Wih, tekun banget Mas Darmanto ini! Ketekunan berbuah kesuksesan. Memang, daripada menuntut ini itu, lebih baik kita fokus kepda diri sendiri, mengembangkan diri supaya hidup kita lebih cemerlang….

  22. Inspiratif sekali ceritanya.
    Banyak orang hanya sibuk memaksa untuk menjebol pintu berupa kenaikan gaji pada pengusaha.

    Dan melupakan adanya pintu-pintu yang lain..

  23. Terima kasih Pak Yodhia, kisahnya menginspirasi sekali 🙂 Di kantor juga ada OB yang kemudian dilatih menggunakan komputer, alhamdulillah, lama-lama ia bisa dan naik jadi admin data. Akan saya sharing artikel ini untuk bisa lebih menyemangatinya…

  24. Sangat menginspirasi mas, sepanjang mau berusaha dan berani ambil resiko selalu ada harapan yang lebih baik. Jadi karyawan bagus, wirausaha tidak ada batasnya tinggal kitamau memilih yang mana

  25. Mas Yodhia
    permisi ya saya mau ikut share artikelnya untuk di web saya. Saya terharu sekali bacanya.

    Sudah beberapa waktu saya mengenal Mas Darmanto, juga hanya via udara, saya minta tolong seputar seo untuk web saya.

    Beliau memang pernah bilang seperti itu, tapi hanya sekilas.

    Trimakasih Mas, salam sejahtera.

    Untuk Mas Darmanto, sukses slalu !

  26. Semoga kisah Pak Darmanto ini bisa memotivasi diri saya agar lebih tekun dan semakin menghebatkan diri. Amin.

    Sukses Mas Yodha.

  27. Saya jadi ikut tergugah dengan artikel di atas, padahal saya di dunia itu. Namun saya belum paham dengan dunia program & internet.
    Semoga bisa menjadi pembelajaran bagi saya.

  28. Sangat terharu,
    kisah Mas Darmanto mirip sekali dengan saya. Bedanya mungkin saya sedikit lebih beruntung karena tamat SMA. Mengenai bosan jadi buruh, dari kampung udik, belajar otodidak hampir semuanya persis.

    Mas Dar, selamat berjuang semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Salam untuk seluruh keluarga.

    Buat Mas Yod, terimakasih banget atas ulasannya yang sangat menginspirasi. Blog ini dapat dikatakan yang paling memotivasi saya untuk berani berusaha mandiri.

    Salam.

  29. saya terharu mendengarnya…

    sungguh perjuangan hidup yg hebat, bisa membuktikan walau cm lulusan SMP tp bisa bekerja tanpa minta belas kasihan orang lain

    sebenarnya memang banyak orang di luar sana yg seperti Mas Darmanto

    semngatnya memang pantas untuk ditiru walau dengan modal pas2an tp mendapatkan hasil yang luar biasa

  30. Salut, the power of kepepet istilahnya kalo kata pengusaha Jaya S. yang langka disini adalah Kegigihan, ketekunan dan keyakinan mas Darmanto yang lulusan lulusan SMP. patut diacungi jempol dan patut ditiru anak muda sekarang.terima kasih inspirasi paginya mas Yodhia.

  31. insporatif sekali keren Mas Damarto , patut di contoh gan ,,,, !!! apapun keadaan kita asalkan kita mau dan melakukan tindakan pasti allah melihat kita Mas Damarto ini contohnya

  32. Super sekali…cerita yang inspiratif membuat orang semangat.., bisa menjadi contoh untuk semua orang. Dengan kegigihan dan semangat bisa membuat orang sukses.

  33. dalam kondisi dan kapasitas yang berbeda saya juga sedang berproses meniti buih seperti yang sudah dilalui mas Darmanto, yakin akan kerja keras dan ketekunan akan mendatangkan hasil terbaik… terimakasih mas Yodhia telah menuliskan kisah ini, semoga mas Darmanto tambah sukses ke depan

  34. Mangstap pak..semoga Darmanto lain juga lahir dan tergerak batinnya untuk berwirausaha lewat internet. Di kota kecil seperti Klaten ini masih banyak yg perlu disadarkan betapa sangat powerfulnya internet pak

  35. Paduan do’a ketulusan dan kegigihan tentu Allah tidak akan menyia-nyiakan sekecil apapun usaha dan kebaikan yang dilakukan sang hamba. Apalagi kerja keras sambil berdoa seperti itu, sudah sepantasnya dapat reward dri Allah. sangat memotivasi

  36. Artikel seperti ini mesti dishare di banyak forum dan social media agar bisa dibaca oleh banyak kalangan.

    Saya sendiri banyak belajar dari internet dan menguatkan prinsip saya untuk tidak pernah meminta belas kasihan kepada pemerintah, perusahaan, dan bos untuk menaikkan pendapatan kita, melainkan kita sendirilah yang harus mencari cara agar pendapatan naik.

    Thanks Anne Ahira, Sukarto dan Hianoto, dan guru2 lain. you all heroes.

  37. kisah yang bisa kita ambil hikmahnya dan bisa untuk penyemangat, selagi kita bisa mencari rejeki yang lebih banyak keanap tidak?
    makasih mas sudah berbagi.

  38. aww pak Yodhia Antariksa, msc
    salam kenal pak , saya bahkan baru tahu profile lengkap pak darmanto ..
    saya juga konsumen setia pak darmanto pak , alhamdulillah kalo ada apa-apa semisal minta bantuan tentang blog , konsul blog dll saya selalu percayakan sama pak darmanto , dan alhasil saran dan teknik pak darmanto selalu mantab hehehe sukses terus pak darmanto …

  39. Merinding mas bacanya juga….salut mulai dari nol banget……terutama kerja kerasnya dan tekad yang kuat

    mudah-mudahan saya juga bisa mengikuti jejak dia….

  40. Inspiratif, dan luar biasa, semoga pak Darminto tambah sukses, terus ditekuni dan bertambah ilmunya………..

  41. Kisah yang sangat wow ya! Benar2 menjadi inspirasi saya saat ini. Mudah2an aku juga bisa kayak mas Darmanto.

  42. Inspiratif, Motivatif, dan Beyond Expectation!

    Dear Mas Yodia,

    Tolong sampaikan salam buat Mas Darmanto. Boleh dong kapan2 ada acara sharing dan copdar dengan beliau. Dan kalau boleh saya bersedia menjadi calon ‘murid’ mas Darmanto.

    Siapa tahu mas Yodia atau mas Darmanto bisa bikin buku:” Long walk to ‘financial’ freedom…

  43. Cerita ini akan saya ceritakan ke teman2. Bagus sekali, saya sendiri seorang pengusaha yang awalnya sama sekali nol, dan pendidikan formalnya tak sampai lulus SMA.

  44. Sukses terus buat pak darmanto . . Tulisan yg bagus pak yodia
    Good job ! Sangat memotivasi 🙂

  45. Saya kalah KO dengan Mas Darmanto!
    Saya asli Mulyoharjo, Pemalang sekitar 40 Km dari Warungpring.
    Sudah bertahun-tahun kerja sebagai operator internet tapi belum bisa seperti MaS Dar…
    Malu………

  46. Kisah yang sangat menarik dan memotivasi, ketika seseorang ingin berubah, belajar dengan tekun dan berbuat. Focus hasilnya dapat memuaskan.

  47. sangat motivatif … inspirasi buat teman-teman lain …. masih banyak mereka diluar sana terlalu menggantungkan pada juragan atau bos perusahaan … semoga saya sendiri bisa mengambil hikmah dan manfaatnya …

  48. Sangat inspiratif dan bermanfaat buat anak negeri. Semoga tercipta DARMANTO-DARMANTO lainnya diseantero negeri ini. Buat yang posting salut dan apresiasi banget….sukses anak negeri !!!

  49. Mengapa bisa seperti itu ?
    bisa tuh ditanyakan pada narasumber kami,
    bagaimana mengubah kualitas hidup lebih baik.

    kebanyakan orang tidak mengetahui secara lebih baik
    tentang bakat dan minatnya, sehingga posisinya tidak
    seperti macet ditengah jalan.

    Pelajari minat dan bakat anda lebih detail bersama kami
    di http://www.pusatseminarpendidikan.com

    Sorry gan ya, bukan maksud hanya sekedar promosi,
    tetapi agar kualitas hidup masyarakat kita semakin
    meningkat… 🙂

  50. Mas Darmanto ini punya akun di ads.id kan? klo gk salah ID nya Darmok…soalnya dulu pernah pakai jasa sampeyan buat blog he.he

    kisah hidupnya menarik, saya jadi tambah semangat 🙂

  51. Mas darmanto saya salut atas apa yang sampean kerjakan semoga menjadi penyemangat saya dalam menjalankan usaha dan karier moga bisa ikut sukses..

    Agar kita warga pbg sukses selalu amin ya robb.. Biar kita generasi purbalingga bisa bali ndeso mbangun deso ..

    Salut mas salam dari saya dan keluarga ..

  52. sangat motivatif … inspirasi buat teman-teman lain …. masih banyak mereka diluar sana terlalu menggantungkan pada juragan atau bos perusahaan … semoga saya sendiri bisa mengambil hikmah dan manfaatnya …

Comments are closed.