Toko Buku Gramedia vs. Amazon.com

Tradisi membaca yang cukup tangguh tampaknya terus tumbuh di kalangan masyarakat, terutama di kalangan kelas menengah perkotaan. Cobalah datang ke toko buku yang banyak tersebar di mal pada akhir minggu, maka kita akan animo pembeli yang antusias memborong beragam buku baru yang ditampilkan.

Dan tentu tak ada yang lebih beruntung pada kondisi pasar semacam itu selain jaringan toko buku Gramedia. Harus diakui jaringan ini telah menjelma menjadi semacam penguasa tunggal (hegemonic leader) dalam pasar retail buku di tanah air. Setiap kali saya berkunjung ke kota-kota besar di pelosok Nusantara, saya selalu melihat kehadirannya secara mencolok di setiap mal besar yang ada di kota tersebut.

Dan memang dalam hal koleksi dan desain interior gedungnya, Gramedia tampaknya jauh meninggalkan para pesaing terdekatnya, seperti Gunung Agung atau Kharisma. Di banyak toko Gramedia, kita bakal menemukan suasana interior yang lapang, nyaman dan setiap rak bukunya menawarkan beragam buku dengan topik yang sangat variatif. Apalagi jika Anda pernah datang ke toko Gramedia terbesar di Plaza Indonesia, Jakata……wow, desain interior dan penataan bukunya sungguh spektakuler.

Namun demikian dalam kompetisi buku-buku import (buku berbahasa Inggris), Gramedia rupanya cukup mendapat pesaing yang tangguh. Begitulah kita kemudian mengenal toko buku khusus berbahasa Inggris seperti Kinokuniya, Times Book store ataupun Periplus (toko buku Periplus di Bandara Soekarno Hatta adalah salah satu satu tempat favorit saya; saya selalu mampir dan membeli buku/majalah dari toko ini setiap kali saya datang ke bandara).

Selain pesaing toko off line seperti diatas, dalam pasar buku impor, Gramedia sejatinya memiliki pesaing yang jauh lebih tangguh, yakni Amazon.com. Kios Amazon ini kita tahu merupakan toko buku online terbesar di dunia (dulunya mereka hanya berjualan buku secara online, tapi kini juga berjualan musik, DVD, gadget dll melalui situs online mereka).

Sebagai toko buku terbesar di dunia, koleksi buku mereka hampir tak terhitung (dan koleksi buku impor Gramedia nyaris tidak ada apa-apanya dibanding Amazon). Kekuatan koleksi inilah yang membuat saya memutuskan menjadi pelanggan Amazon.com sejak tahun 1997 silam hingga hari ini.

Melakukan pembelian online malalui Amazon relatif simple. Rata-rata harga buku di Amazon sekitar U$ 15 plus biaya kirim $ 5/buku (jadi harga total rata-rata $ 20). Lama pengiriman sekitar 2 minggu. Kalau Anda atau kantor Anda membutuhkan buku manajemen/bisnis dengan judul yang spesifik, saya kira Amazon.com merupakan salah satu tempat alternatif terbaik (banyak buku manajemen bagus yang tidak tersedia di Gramedia, namun dengan mudah bisa kita beli via Amazon.com).

Selain menawarkan koleksi buku manajemen/bisnis yang lengkap, situs Amazon.con juga selalu menayangkan review menarik dari para pembeli/pengunjungnya. Selain itu, mereka juga selalu mengupdate daftar buku-buku best seller bidang manajemen dengan ekstensif. Pendeknya, melakukan browsing ke situs Amazon.com selalu merupakan wisata pengetahuan yang menyenangkan.

So, omong-omong mengenai pengalaman membeli buku via amazon.com, berikut daftar tiga buku yang rencananya akan saya beli mingggu ini secara online dari mereka.

happiness-re.jpgBuku yang pertama berjudul : Authentic Happiness – Using the New Positive Psychology to Realize Your Potential. Penulis buku ini adalah Martin Seligman, profesor ilmu psikologi positive, sebuah cabang ilmu yang menawarkan kekuatan positive thinking dan spirit optimisme. Tesis utama buku ini : renggutlah kebahagiaan sejati, sebab dengan itu Anda baru bisa menjelma menjadi insan yang produktif nan mulia.

the-presentation-secrets-of-steve-jobs-re.jpgBuku kedua : The Presentation Secrets of Steve Jobs – How to Be Insanely Great in Front of Any Audience. Banyak orang bilang Steve Job, pendiri Apple, adalah salah satu presentator legendaris dan terbaik di dunia. Ia hanya melakukan presentasi ketika Apple melakukan peluncuran produk baru (iPod, iPhone, iMac, dll). Ia sendiri selalu yang akan naik panggung dan mempresentasikan kekuatan produknya. Nah disinilah, ribuan audien yang menjadi pemirsanya selalu dibuat tertegun-tegun dengan gaya presentasi Steve Jobs. Buku ini akan memberitahu kepada kita rahasia dibalik penampilan presentasi Steve Jobs yang selalu memukau itu.

coveraudacity-to-win-re.jpgBuku ketiga : The Audacity to Win -The Inside Story of Barack Obama’s Historic Victory. Buku ini ditulis oleh David Pluoffe, mantan campaign manager yang menjadi arsitek kemenangan historis Obama. Buku ini saya kira memberikan pelajaran sangat penting tentang bagaimana meracik sebuah strategi, dan bagaimana kemudian strategi itu dieksekusi dengan penuh kesempurnaan.

Akhir kata, salam selamat Senin pagi yang produktif teman. Selamat bekerja andΒ  have a wonderful week !!

Note : Jika Anda ingin mendapatkan slide presentasi yang menarik tentang Presentation Skills and Personal Development, silakan KLIK DISINI.

Photo credit by : Anna Theodoras @ Flickr.com

34 comments on “Toko Buku Gramedia vs. Amazon.com
  1. Salam Mas Yodhia,

    Menyenangkan sekali ketika sekarang kita memiliki akses untuk membeli buku secara online. Bagi saya itu merupakan penghematan waktu yang luar biasa apalagi jika sudah tau judul yang hendak dibeli. Dalam dua tahun terakhir ini saya mulai rajin membeli dengan jalur online dibandingkan offline.

    Di sisi lain saya juga mengamati minat baca orang kita masih cukup rendah bahkan di kalangan terpelajar sekalipun. Untuk itu perlu ada motivasi bagaimana membaca buku yang mencerahkan akan memperluas wawasan dan pengetahuan yang berguna dalam kehidupan.

    Atas dasar kecintaan tersebut saya mencoba menulis buku “Speed Reading for Beginners” untuk membantu siapa saja untuk memperbaiki keterampilan membaca menjadi lebih cepat, cerdas, dan efektif. Buat pembaca setia blog ini yang tertarik, silakan berkunjung ke https://www.membacacepat.com untuk mendapatkan buku tersebut gratis termasuk beberapa video tutorial yang saya siapkan.

    Buat Mas Yodhia, ditunggu sharing dari buku-buku terbaru yang segera datang πŸ™‚

  2. Sy mengikuti tulisan-tulisan mas Yodhia tiap senin pagi. Gak heran kalo tulisan2 mas Yodhia cukup bernas, berbobot namun dikemas dalam gaya yang ringan dan mengalir. Pastilah penulisnya information update, melalui buku2.
    Mungkin sungguh tepat apa yang dikatakan mas Hernowo dalam bukunya mengikat makna, bahwa aktivitas membaca dan menulis ini adl aktivitas yg hrs jalan beriringan…

    Tks.

  3. Selamat pagi Mas Yodhia, trims untuk info pagi ini,3 topik yang menarik dan khusus presentasi Steve Jobs,memang bagus baca aja enak apalagi kalau berkesempatan hadir dipresentasinya, kita bisa langsung baca bahasa tubuhnya Mr Steve, yang jelas pagi ini oleh Sang Pemilik kasih sayang dan cinta telah mengutus salah satu hambanya yang kreatif, produktif dan peduli untuk saling berbagi kasih, sayang dan cinta dalam ilmu yang dimiliki Mas Yodhia,……MACAN (h.i hari kedua tahun Macan) jadi kuat, ditakuti/disegani, diagungkan, dan berkembang karena kasih sayang dan cinta, demikian pula hendaknya dengan Mas Yodhia dan usaha Mas.Hv anice day dan selamat menikmati Hari Bulan (Monday).
    Oh Ya… trims untuk Mas Muhammad Noer atas tawarannya yang simpatik dan menarik, I’ll be arriving at ur pages.

  4. Ulasan menarik. Saya sendiri belum pernah beli langsung di Amazon. Buku asing banyak saya beli di Gramedia atau Kinokuniya. Saya hanya beli yang kira2 kecil kemungkinannya diterbitkan di Indonesia.

    BTW, buku Steve Jobs itu pernah saya lihat di Gramedia Pondok Indah (kalau tidak salah)

    Have a great monday!

  5. Dear Mas Yodhia,
    Emang kalo bicara cari referensi buku asing di Indonesia, kayaknya gramedia bukan tempatnya, masih jauh koleksinya, sekalipun di Gramedia Matraman, yang katanya terbesar di Asia Tenggara itu. Saya malah suka nyari-nyari di Kinokuniya atau ngunduh free ebook, untuk mencari buku2 yang susah saya temukan. Kalo Kinokuniya yang paling nyaman di KLCC Malaysia mas, tempatnya luas, nyaman dan koleksinya bejibun.

    salaam

  6. Dear pak yodhia,

    saya juga menggemari buku-buku impor. Ternyata skg ada amazon.com yang memudahkan pencarian buku-buku bagus. terima kasih atas infonya ya, Pak…
    Salam sukses.

  7. Mas,

    Terima kasih atas informasinya. Bangga juga dengan kondisi yang disajikan di atas, mudah2an dengan begitu indeks pendidikan di Indonesia meningkat dan dapat sejajar dengan bangsa lain. Amin.

    rgrds,
    Chairuddin

  8. toko buku favorit saya ya gramedia….kalo anak saya dah bisa jalan, pasti sy ajak jalan2 ke gramedia…meliat banyak buku dengan desain interior megah dan bagus…selalu membuat mata saya terbuka akan sumber Ilmu…:). Saya ingin putri kecil sy juga mencintai buku…
    Kadang ada pertanyaan kecil juga, “kapan ya buku karangan saya bisa berada di salah satu rak tsb…?”

    -salam

  9. Nice posting.

    Kalo bicara toko buku di Indonesia memang Gramedia jagonya, meskipun mulai bermunculan kompetitornya yg menyediakan buku dengan harga diskon seberti Togamas dan Uranus (di Surabaya). Jadi kalo mau buku dgn harga miring, sy cenderung ke Non-Gramedia.
    Untuk buku2 asing…kl di Bandung ada toko buku elvira..tp memang kurang lengkap… Jadi betul juga, Amazon jd tumpuan terakhir bagi para pecinta buku…apapun topiknya..

    Thanks Pak Yodhia

  10. btw, saya masih belum pernah belanja buku online, paymentnya rata2 pake kartu kredit semua, kalau ada pembayarannya yang lebih simpel misalkan via direct transfer saya pikir akan lebih banyak pembeli lokal yang mau, oiya sistem penjualan tiket lionair sangat menarik dan memudahkan kustomer yang tidak punya kartu kredit seperti saya ini.

  11. tampaknya kl buku steve jobs di gramedia jg sudah ada mas, sy sering lihat kok.. btw selama ini sy tertarik untuk beli buku di Amazon tp ketakutan untuk memberikan nomor kartu kredit memaksa sy untuk tdk membeli dan kejadian ini terus berulang, maklum sy msh aga ‘parno’ dgn hal2 spt itu.

  12. kalo saya minta info situs yang mau memberikan ebook secara gratis ada yg mau beri infonya gak…. (tapi situs pdf & duniadownload kurang bagus…. gak lengkap isi ebook nya)
    trims banyak kalo ada yg mau kasih info…

  13. Bang Yodhia,

    Mohon pencerahaannya perihal detil cara beli buku online di Amazon.com
    saya bingung banget terutama masalah pajak dan syarat2 + biayanya serta pengirimnya.
    Kalo toko buku import di Jakarta tidak tersedia, buku-buku import yang saya baca selama ini langsung nitip temen yg lg ke luar.

    Mohon pencerahannya Bang.

    Trima kasih banyak
    Yudi

  14. mencoba ke Amazon .com.
    Gramedia Jogjakarta .. payaah, buku-buku bestseller susah didapat, koleksi buku kurang greget, tanggapan management juga kurang asyik, sperti kurang mengupdate trend buku di internet, sekalipun hasil terbitan gramedia sendiri, saya akhirnya lebih suka ke Togamas.

    saya berharap mas Yodhia segera sharring setelah membaca buku The Presentation Secrets of Steve Jobs.

  15. Yudi (19) melakukan pembelian di amazon.com simple saja. Tinggal klik, klik….ndak ada keribetan didalamnya.

    Cuman memang sekarang sama pak pos disini nanti kita diminta tambahan uang bea masuk buku, sekitar Rp 50 – 100 ribu untuk pembelian 5 buku.

  16. Bicara tentang buku,sangat menarik, meski kadang baru sempat jadi koleksi, belum sempat terbaca.
    Saya minta pendapat mas Yodhia & teman2 lainnya. Gimana etika/hukumnya kalo kita dapet ebook trus di print menyerupai (malah mungkin lebih bagus) dari aslinya? Ada yang berpendapat, selama untuk pribadi, tidak diperbanyak & diperjualbelikan, tidak mengapa. Benarkah pendapat ini?
    Iseng cari ebooknya “The Presentation Secrets of Steve Jobs – How to Be Insanely Great in Front of Any Audience”, saya bisa dapatkan.

  17. Sony (24) saya ndak sepakat ya….kalau bisa kita membelinya….kalaupun ebook kan sekarang juga dijual dengan harga yang lebih murah.

    Jadi sebaiknya berupaya untuk membeli dengan legal….kasihan dong para penulis buku yang sudah memeras keringat menulis buku, kalau semua orang punya pola pikir semacam itu.

  18. Pingback: Toko Buku Gramedia vs. Amazon.com

  19. Pingback: Toko Buku Gramedia vs. Amazon.com

  20. Saya senang infonya tentang belanja buku import di Amazon, tapi saya sukar juga cara belanjanya.
    Tolong kalau ada yang punya buku; Its Never too late to be happy, saya butuh sekali buat tesis, Anda yang bisa saya hubungi tidak untuk mendapatkannya
    Atas bantuannya, trim’s

  21. amazon.com memang lengkap koleksi bukunya
    tapi mungkin agak sulit buat saya belanja melalui web tsb
    padahal buku yang saya perlukan yaitu Dual System Theory of Self Awareness oleh Duval ada disana
    kalau ada yang punya atau punya softcopynya, bisa tolong beritahukan saya
    terima kasih banyak πŸ˜€

  22. halo mas yodhia, saya juga tertarik untuk membeli buku di amazon.com. hanya saja saya tidak tahu caranya. saya sudah masuk ke amazon.com dan melakukan prosedur yang sesuai tetapi selalu saja ada kesalahan: this item cannot be shipped to this address. sebenarnya bagaimana sih cara pengisian alamat yang benar? terima kasih banyak sebelumnya!

  23. Jimmy (30) : kalau saya kok ndak masalah ya…..memang kadang lokasi Indonesia suka di-black list sama vendor online dunia.

    KEbetulan saya jadi pelanggan sejak 10 tahun lalu, jadi mungkin ada pengecualian. Kalau pelanggan baru mau register, kayaknya ndak bisa ya.

    Kalau begitu, Anda bisa membelinya via toko lokal, yakni di https://kutukutubuku.com

    Mereka sedia jasa pembelian buku ke amazon.

  24. buat seller yang ga mau kirim barangnya ke Indonesia,kata temenku kita bisa tetap beli barang pake jasa viaddress, gampang, barang cepat sampai, ongkos kirimnya juga lebih murah dari service pengiriman lainnya.

  25. Aku bingung neh gmn yah cara membeli buku dari amazon?
    Aku dgr2 indonesia tlh diblacklist dari rute penjualan amazon…
    Mohon pencerahannya ya…

  26. Kelvin (33) : gampang….datang saja ke http://www.amazon.com

    Saya biasa beli dari mereka….lancar saja…..memang agak lama…..kita juga harus ambil sendiri bukunya di kantor pos terdekat plus bayar bea masuk (per buku kena sekitar 20 ribu bea masuk).

    Pakai kartu kredit lokal ndak masalah…saya pake citibank visa card.

Comments are closed.