Strategi agar tetap Produktif Menghadapi Libur Panjang Lebaran

Mulai minggu ini, selama hampir dua minggu sebagian besar warga tanah air akan menjalani libur panjang menyambut hari raya Idul Fitri 2018.

Alangkah bagusnya jika libur panjang ini tak hanya dihabiskan buat leyeh-leyeh sambil scroll-scrol hape tanpa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi proses pengembangan diri kita.

Jadi kiat apa saja yang layak dilakoni agar dalam libur panjang kali ini kita bisa tetap produktif?

Sajian ringkas nan renyah pagi ini akan mencoba mengulasnya.

Saya sendiri akan mudik liburan ke kampung halaman saya di Pekalongan. Biasanya saya mudik selama 10 hingga 12 hari. Kalau Anda apakah juga akan mudik, dan pulangnya kemana?

Acara silaturahmi dengan keluarga besar biasanya hanya akan menghabiskan waktu 3 hari-an. Karena itu saya pasti akan punya banyak waktu luang (7 hingga 9 hari) untuk mengisi liburan ini.

Saya jarang mengisi libur lebaran untuk pergi ke tempat-tempat wisata yang biasanya malah overcrowded dan macet. Saya lebih banyak memiliki tinggal di rumah saja di kampung halaman.

Namun ya itu tadi, kalau berhari-hari di rumah cuma bengong, lalu scroll-scroll hape baca beragam aneka informasi di media sosial, tanpa menghasilkan sesuatu yang berguna, kok rasanya juga bukan hal yang afdol.

So what? Berikut tiga tips atau tiga kiat yang mungkin bisa dilakukan untuk mengisi libur panjang kali ini agar jiwa kita bisa tetap produktif dan bermanfaat bagi sesama.

Productivity Plan # 1 : Personal Project
Hampir setiap tahun menjalani libur panjang lebaran, saya selalu punya personal project yang saya tuntaskan.

Personal project maksudnya adalah semacam kegiatan produktif personal yang mungkin bisa menambah income, atau sekedar buat proses pembelajaran pribadi.

Contoh personal project yang pernah saya lakukan saat mengisi libur panjang lebaran misalnya : membuat materi promosi untuk perusahaan saya; atau menyiapkan bahan kursus online yang akan saya rilis, atau hal-hal sejenisnya.

Untuk libur lebaran panjang kali ini saya menyiapkan personal project berupa : menyelesaikan ebook High Impact Job Interview Skills : Bagaimana Melakukan Great Job Interview agar Lulus dalam Tes Wawancara Kerja.

Saya kira Anda juga bisa melakukan personal project serupa yang berguna.

Mungkin personal project Anda bisa berupa : mencari bahan-bahan yang lebih lengkap untuk wujudkan ide bisnis Anda. Atau mungkin bisa juga berupa penyusunan proposal bisnis untuk sebuah usaha yang ingin Anda kembangkan. Atau mungkin Anda mau mulai menulis buku tentang bidang pekerjaan Anda – berbagi pengalaman dan pengetahuan Anda.

Bisa juga personal project-nya berupa proses pembelajaran : di liburan panjang kali ini Anda ingin belajar fotografi misalnya. Atau belajar membuat video editing, atau membuat blog, atau belajar tentang cara membuat kue, atau jenis aktivitas lainnya yang Anda sukai.

Apapun jenisnya, melakukan personal project untuk mengisi libur panjang adalah sebuah aktivitas yang inspiring dan sangat berguna bagi proses pengembangan skills Anda.

Dengan kata lain, libur panjang tak hanya berlalu dengan sia-sia.

Productivity Plan # 2 : Reading Time
Cara lain untuk mengisi waktu liburan adalah bisa dengan membaca buku-buku atau novel bagus yang berkualitas.

Saya sendiri rutin membaca buku tiap hari, tanpa harus menunggu hari libur. Namun hari libur lebaran bisa membuat waktu membaca menjadi lebih banyak. Saya biasanya membaca malam hari setelah sholat Maghrib dan sholat Isya.

Mungkin Anda bisa menyiapkan satu buku bagus yang akan Anda bawa mudik, dan dibaca untuk mengisi libur lebaran.

Untuk mengisi reading time liburan kali ini, saya mungkin akan membawa dua buku saat mudik, yakni buku biografi tentang Albert Einstein dan novel karya Dewi Dee Lestari berjudul Aroma Karsa.

(Kata pakar kreativitas, sesekali Anda perlu baca karya sastra agar pikiran bisa tetap imajinatif dan kreatif).

Kalaupun Anda kurang suka membaca buku untuk mengisi libur lebaran, bisa juga Anda cukup membaca majalah atau blog secara online di smartphone Anda.

Maksudnya, ada banyak media majalah online atau blog pengembangan diri yang bagus yang layak dibaca. Media-media ini menyajikan artikel panjang, serius dan mendalam tentang topik tertentu.

Membaca sajian mendalam seperti itu tentu jauh lebih bermanfaat daripada sekedar baca status Facebook yang isinya cuma foto halal bihalal, dan celoteh tentang opor ayam, atau curhat ditanya kapan lulus, kapan nikah atau kapan punya anak.

Membaca blog serius seperti yang Anda baca ini tentu lebih berguna daripada cuma scroll Instagram lihat Insta stories tentang cara tutorial make up dan foto liburan entah kemana 🙂 🙂

Productivity Plan # 3 : Doing Useful and Meaningful Activities
Kegiatan produktif yang terakhir untuk mengisi waktu liburan adalah bisa juga melakukan aktivitas yang berguna bagi orang lain. Sebab seperti Sabda Nabi : sebaik-baik manusia adalah yang berguna bagi orang lain.

Bentuk kegiatan yang berguna ini bisa bermacam-macam : misal menjadi volunteer (relawan) untuk sebuah kegiatan sosial di kampung halaman Anda. Atau berbagi ilmu yang bermanfaat via media sosial (bisa via youtube, FB, twitter atau blog).

Atau mungkin Anda cukup melakukan ini : menggantikan peran pembantu yang lagi mudik. Jadi tiap hari Anda ikut membantu mencuci piring, menyapu seisi rumah dan mencuci baju anggota keluarga Anda. Dan membantu memasak di dapur 🙂 🙂

Kalau saya sendiri mungkin akan mengisi waktu luang liburan ini dengan lebih banyak membikin thread berkualitas via Twitter. Thread adalah twit bersambung yang mudah diakses dan dibaca oleh followers.

Saya termasuk aktif di Twitter, dan secara rutin menulis thread panjang dan bergizi tentang beragam topik yang menarik tentang bisnis dan life skills.

Saya memang selalu memperlakukan semua akun media sosial yang saya miliki (entah di FB, Twitter, Youtube, Linkedin atau Instagram) sebagai media untuk berbagi ilmu pengetahuan yang berguna bagi sesama. Slogan yang saya suka gunakan : Sharing extremely useful contents via social media.

Nah untuk libur panjang lebaran kali ini saya sudah berencana untuk menulis sejumlah thread berkualitas via Twitter, antara lain tentang : etika menulis email bagi generasi milenial (ini dipicu seringnya perusahaan komplain tentang tata krama email yang buruk dari anak-anak muda gen digital).

Saya juga menyiapkan thread mind-blowing tentang Global Brand Value, dan juga tentang ranking perusahaan terbesar di dunia.

Harapannya Anda bisa melakukan hal yang sama.

Jika Anda punya akun media sosial, maka isilah dengan konten yang berguna dan inspiring tentang bidang yang Anda kuasai (dan bukan malah share berita hoax dan informasi yang hanya menebarkan perpecahan dan kebencian).

DEMIKIANLAH, tiga kiat yang bisa dilakukan untuk mengisi libur panjang lebaran Anda, yakni :

1. Doing Personal Project
2. Read Amazing Books or Magazines
3. Doing Extremely Useful Activities for Others

Selamat menjalani libur panjang lebaran.
Selamat Hari Raya Idul Fitri 2018. Mohon maaf lahir dan batin.

Photo credit by : Thrive Global

Related Post

Mengapa Desain Blog Berubah? Demi Revolusi Smartphone Blog Strategi + Manajemen ini resmi diluncurkan pada Juli 2007. Selama 7 tahun lebih itu, isi blog ini selalu di-update tiap Senin pagi dengan penuh d...
3 Kiat Ampuh agar tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah (Work From Home) Penyebaran wabah yang makin luas membuat sebagian besar kantor menerapkan kebijakan Kerja Dari Rumah atau Work From Home (WFH). Pertanyaannya bagaiman...
Sajian Podcast, Powerful Video Learning dan Infografis yang Memukau Selama ini, selama 8 tahun tanpa henti, tiap Senin pagi Blog Strategi + Manajemen selalu berusaha menghadirkan sajian teks yang bermutu tinggi dan sar...
11 comments on “Strategi agar tetap Produktif Menghadapi Libur Panjang Lebaran
  1. Tepat sekali, intinya tidak boleh membuang waktu untuk sesuatu yang tidak berguna.

    Diluar acara silaturahmi, saya pribadi akan punya banyak waktu luang.

    Personal project sudah saya siapkan, meski sebenarnya bagian dari project utama.

    Dan untuk Pak Yodhia,
    saya mengucapkan terima kasih atas semua hal, termasuk artikel-artikelnya yang inspiratif.

    Selamat Berlibur,
    Selamat Berlebaran,
    Selamat Hari Raya Idul Fitri,
    Mohon Maaf Lahir Bathin

  2. Liburan kali ini tetap ada slot pekerjaan tambahan..
    Sisanya buat mudik, baca buku, nonton film dan yang rutin tetap ngeblog.
    Waktu memang begitu berharga, tak bisa dinanti dan ditunggu

    Taqabbalallahu Minna Wa Minkum
    Minal Aidzin Walfaidzin
    Mohon Maaf Lahir & Batin

    Selamat Hari Raya IDUL FITRI 1439 H.

  3. Iya bosan juga libur kelamaan, setelah liburan malah males-malesan.

    Mau ke tempat wisata pun sudah bosan, lah piye tiap liburan ya ke sana.

    Apalagi ke mal, malah pusing lihat orang berlalu lalang.

    Ke tempat kuliner, di rumah sudah buanyak makanan, bahkan cenderung tidak kemakan.

    Tiga tips yang disajikan dengan renyah ini sangat membantu untuk tetap produktif dan semangat dengan libur panjang.

    Salah satunya melakukan aktivitas yang selama ini jarang dilakukan, bisalah cangkru’an berlama-lama di warkop 🙂

    Apa pun aktivitas yang anda lakukan, semuanya moga bermanfaat.

    Terima kasih

  4. Maaf lahir batin yah All,

    semoga selepas Ramadhan tambah melejit performance dunia & akhiratnya,

    “Orang yang sukses adalah orang yang dapat memanfaatkan waktu luangnya”

    thanks
    ck

  5. Thanks for sharing Pak Yodhia dan selamat berlibur dan juga buat semua.

    Saya pribadi fokus untuk READING TIME. Sambil mudik dari Jakarta ke Riau, saya bawa 2 buku bergizi yaitu Manusia Ide (Otobiografi Mochtar Riady) dan Marketing Revolution. Bagaimana dg teman-teman?

    Salam hangat

  6. Terima kasih atas sharing dan tips-tipsnya Pak. Setuju, bahwa waktu luang saat libur harusnya jadi momentum untuk tetap produktif dan melaksakan personal project kita yang tertunda di hari-hari kerja.

  7. Thanks sharing dan tips nya mas Yodhia.

    personal project, IMO waktu luang lama dan banyak paling cocok banget digunakan buat nambah ilmu agama, menggenjot ketaqwaan atau sekedar wisata religi… :=)

    Salam sukses

  8. informasi yang bermanfaat. Kita umumnya sering terlena dengan musim libur panjang lebaran. Terlalu banyak bersantai yang membuat kita tidak produktif. artikel diatas bisa memotivasi kita bagaimana memanage waktu kita biar optimal.

Comments are closed.