Berapa Aset Kekayaan Ideal yang Harus Anda Miliki dan Bagaimana Cara Meraihnya?

Setiap orang mungkin punya keinginan untuk bisa memiliki aset finansial yang cukup memadai. Aset finansialnya tidak perlu yang sampai melimpah ruah, tapi cukup saja (cukup buat beli rumah dua lantai ukuran 200M2, cukup buat jalan-jalan keliling Eropa, atau cukup untuk menyekolahkan anaknya ke luar negeri 🙂 ).

Lalu berapa aset finansial ideal yang harus Anda miliki? Dan yang lebih penting lagi adalah : bagaimana cara meraihnya secara barokah?

Mari kita ulik di pagi hari ini, sambil menjalankan ritual Puasa dan WFH (semoga puasa dan WFH Anda lancar jaya ya).

Sebenarnya saya sudah pernah menulis tentang aset finansial ideal ini, namun kali ini saya melakukan update standar ideal untuk tahun 2020.

Aset finansial sendiri sering juga disebut dengan Individual Net Worth – atau aset bersih kekayaan Anda.

Aset bersih kekayaan diukur dengan menjumlahkan semua aset kekayaan Anda (seperti aset rumah, tanah, tabungan di bank, emas yang dimiliki, aset reksadana kalau ada, hingga aset fisik seperti mobil dan sepeda motor).

Semua nilai aset ini kita jumlahkan dengan mengacu pada harga pasar saat ini, bukan harga saat pembelian. Misal Anda punya emas 100 gram dan dibeli setahun lalu. Maka nilainya diukur berdasar nilai pasar hari ini. Demikian juga dengan aset keuangan lain seperti saham, reksadana, rumah, atau mobil. Semua diukur dengan harga pasar saat ini.

Lalu Anda hitung juga piutang lancar yang Anda miliki (kalau ada). Misal Anda memberi hutang pada saudara, dan kemungkinan besar akan dikembalikan, maka Anda hitung juga piutang lancar ini sebagai aset kekayaan finansial Anda.

Nilai total aset kekayaan + piutang lancar itu lalu dikurangi dengan jumlah hutang yang Anda miliki (misal hutang KPR, atau hutang kredit mobil, hingga hutang ke saudara atau orang tua).

Maka rumus untuk mengukur nilai aset finansial Anda adalah =
(Aset Kekayaan + Piutang Lancar) – Hutang

Nah, sekarang berapa ASET FINANSIAL yang IDEAL untuk setiap level usia?

Berikut adalah daftar aset finansial yang menurut saya cukup ideal untuk setiap jenjang usia.

Aset Finansial Ideal untuk tahun 2020

Usia 30 – Ideal Net worth > Rp 250 juta
Usia 35 – Ideal Net Worth > Rp 500 juta
Usia 40 – Ideal Net Worth > Rp 1 Milyar
Usia 45 – Ideal Net Worth > Rp 2 Milyar
Usia 50 – Ideal Net Worth > Rp 4 Milyar

Dari skala aset finansial ideal di atas kita bisa melihat bahwa selayaknya nilai aset kekayaan kita bisa naik 2 kali setiap 5 tahun sekali.

Target aset kekayaan naik 2 kali setiap 5 tahun sekali rasanya merupakan target yang layak dikejar dan diwujudkan.

Artinya posisi aset finansial Anda mungkin belum sesuai dengan angka ideal di atas (sesuai dengan skala usia Anda saat ini). Fine. No problem.

Namun kalau bisa upayakan agar lima tahun lagi, aset finansial Anda bisa naik dua kali dari posisi saat ini. Artinya aset finansial Anda saat ini, berapapun jumlahnya, harus naik dua kali dalam lima tahun ke depan.

Pertanyaannya adalah : bagaimana agar kita bisa memenuhi skala aset finansial ideal seperti di atas? Ataupun jika belum bisa, setidaknya aset finansial kita bisa naik dua kali lipat dalam lima tahun ke depan. Bagaimana langkah dan rutenya?

Saya menjawab pertanyaan itu dalam video renyah di bawah ini. Durasinya hanya sekitar 9 menit, namun isinya amazing dan amat mencerahkan.

Silakan luangkan waktu sejenak untuk menyimak sajian video renyah berikut ini. Sebab di dalamnya saya menyajikan dua strategi fundamental agar aset finansial kita bisa terus naik secara positif.

Enjoy this inspiring video for your better life.

Related Post

Cara Cerdas Mengelola 3 Jenis Kekayaan Hidup sejahtera lahir batin adalah sejenis angan yang mungkin ingin kita raih dengan sepenuh sukacita. Dalam konteks inilah kemudian kita dikenalkan d...
5 Mitos Berbahaya yang Wajib Anda Ketahui tentang Uang dan Kekayaan Ini mungkin sebuah kalimat magis yang ingin diraih oleh kebanyakan orang. Kemakmuran. Prosperity. Keberlimpahan. Pada akhirnya, kita semua berjibak...
Mengapa Hanya 20% Populasi yang Selalu Menguasai 80% Aset Kekayaan? Kita semua mungkin sudah mengenal Pareto Principle : hampir selalu hanya 20% populasi yang akan menguasai 80% aset kekayaan atau resources yang ada. F...
12 comments on “Berapa Aset Kekayaan Ideal yang Harus Anda Miliki dan Bagaimana Cara Meraihnya?
  1. Saya 2 tahun setengah lagi umur 30 tahun.. untuk punya net worth mencapai 250 juta sepertinya butuh kerja keras dalam mencari penghasilan sampingan

  2. Alhamdulillah dengan target diatas yaitu 250 Jt, dengan usia 30 thn sudah 70% di usia 26. Tidak sia2 saya rutin baca artikel sejak 5 tahun kebelakang.

    Kuncinya tentunya saja sederhana , nabung 60% gaji bulanan, selanjutnya di Investasikan. Belanja dari hasil investasi.

    Sukses selalu untuk semuanya

  3. Saya umur 42 tahun.lahir 78..tapi ahhamdulilah aset saya udah diataa 5M .tepat net worth 7.8M..saya selalu ikutin artikel ini bagus sekali..INSPIRASI good

    • Perkenalkan saya Mas Arif dari developer pengembang 5 perumahan strategis dan prospek invest di 1Km Kota Jogja

      Monggo Pak Fauzi, mau invest property untuk hunian/pensiunan/kontrakan/guest house perumahan kami cocok ?

      Info lengkap bisa WA 0821-1956-0269

Comments are closed.