strategy_map-re.jpgJudu Buku : Strategy Maps – Converting Intangible Assets into Tangible Outcomes. Penulis : Robert Kaplan dan David Norton

(Jika kantor Anda memiliki rencana mengembangkan KPI Karyawan, dapatkan informasi detilnya DISINI).

Buku bertajuk Strategy Maps ini merupakan ekspansi dan eksplorasi secara lebih mendalam dari karya fenomenal Kaplan dan Norton sebelumnya yang berjudul Balanced Scorecard. Seperti telah diketahui, konsep balanced scorecard telah menjelma menjadi salah satu alat manajemen yang paling populer dalam sepuluh tahun terakhir ini. Yang membuat konsep ini sangat populer barangkali adalah “kekuatan kesederhanaan dan eleganitas” yang terkandung didalamnya. Ide mengenai pengukuran kinerja melalui key performance indicators sendiri sesungguhnya telah ada sejak tahun 50-an. Yang membuat balanced scorecard menjadi powerful adalah ketika ia kemudian memetakan kinerja perusahaan dalam empat perspektif yang solid, dan kemudian melukiskannya dalam bentuk strategy maps yang koheren. That’s the beauty of balanced scorecard.

Meski demikian, mesti harus segera dikatakan bahwa balanced scorecard bukanlah lampu aladin yang mendadak akan membuat perusahaan menjadi sakti. Balanced scorecard pada dasarnya hanya sebuah cermin dengan mana kita bisa mematut diri secara utuh – apakah kita telah berpenampilan elok atau belum, dan jika belum, kita bisa tahu apa yang mesti diperbaiki. Karena itu jika setelah kita menerapkan balanced scorecard, kinerja perusahaan tak juga kunjung membaik, ya jangan seperti pepatah : buruk rupa cermin dibelah. Dengan kata lain, pemetaan strategi serta perumusan KPI dan target kinerja berdasar balanced scorecard memang sangat penting. Namun proses eksekusi untuk mencapai target-target yang telah ditetapkan dalam peta strategi itu barangkali jauh lebih penting.

Seperti disebutkan diatas, Strategy Maps mencoba bergerak lebih dalam dari buku Kaplan dan Norton sebelumnya. Secara spesifik buku ini mengeksplorasi dua perspektif yang merupakan aspek pendorong (leading perspectives), yakni perspekftif proses bisnis internal dan perspektif learning and growth.

Dalam perspektif proses binis internal, buku ini membaginya dalam empat tema utama, yakni tema mengenai proses manajemen operasional, proses manajemen pengelolaan pelanggan, proses inovasi dan tema tentang proses sosial/regulasi. Keempat tema utamalah inilah yang seyogyanya mengisi sasaran-sasaran strategi dalam perspektif proses bisnis internal. Proses manajemen pelanggan dimasukkan juga dalam perspektif proses bisnis karena ia merupakan sebuah proses internal yang harus dikelola dengan baik guna memberikan best customer value proposition. Melalui proses pengelolaan pelanggan yang optimal ini maka diharapkan akan memberi dampak positif bagi pencapaian sasaran dalam perspektif pelanggan. Pembahasan semua tema dalam perspektif proses bisnis internal ini dilakukan secara menyeluruh, dan juga diberikan contoh-contoh KPI dalam setiap tema yang dibahas.

Sedangkan dalam perspektif learning and growth, Kaplan dan Norton menyebutkan adanya tiga tema utama yang layak dijadikan sasaran strategis, yakni tema pengembangan SDM, tema pengembangan organisasi (organization development) serta tema pengembangan sistem informasi korporat. Ketiga tema ini kemudian juga dibahas secara ekstensif, serta diberikan contoh KPI untuk masing-masing tema yang diulas.

Buku Strategy Maps ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh riil strategy maps yang telah disusun oleh puluhan organisasi – baik organisasi bisnis, publik ataupun organisasi nirlaba. Dari contoh-contoh strategy maps ini kita juga bisa memperoleh pelajaran yang berharga mengenai bagaimana contoh nyata aplikasi dari konsep balanced scorecard. Melalui pembahasan yang jernih dan disertai dengan beragam kasus yang riil, buku ini akan sangat membantu dalam proses perumusan strategy maps yang jitu, dan sekaligus identifikasi KPI yang tepat. Ini tentu saja bisa menjadi bekal yang berharga dalam proses implementasi balanced scorecard di lapangan.

Note : Jika Anda ingin mendapatkan file powerpoint slides mengenai balanced scorecard, silakan datang KESINI.